8 Cara Mengatasi HP yang Sangat Lambat dan Sering Macet

Apa kalian pernah mengalami saat sedang enak-enak main hp, terus tiba-tiba hp kalian itu jadi lambat dan terkadang sering macet-macet?

Pasti sangat menjengkelkan bukan? Ya, pada kesempatan kali ini team LapanCara akan membahas secara tuntas bagaimana cara mengatasi hp yang lemot.

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali macam-macam tipe hp saat ini, mulai dari spek yang rendah hingga hp dengan spek yang tinggi.

Hp dengan spek yang tinggi biasanya jarang mengalami hal ini, itu karena fitur-fitur hp spek tinggi lebih banyak kelebihannya.

Misalnya seperti RAM nya lebih besar, dan prosesornya juga lebih bagus ketimbang hp dengan spek yang rendah.

Jadi wajar-wajar saja apabila hp dengan spek yang tinggi itu jarang mengalami masalah lambat ataupun macet-macet meskipun banyak membuka aplikasi sekaligus.

Ya, sudah jelas hp dengan spek yang tinggi sudah pasti juga harganya lebih mahal, sehingga penggunanya juga terbatas.

Jadi buat kamu yang menggunakan hp spek rendah, masalah lemot ini memang sering sekali terjadi. Maka jangan heran bila hp sering lambat dan bahkan macet-macet.

Apalagi kalau banyak aplikasi yang terinstal di hp kita, maka sudah pasti ada saja masalah di hp kita yang terjadi.

Dan yang paling menjengkelkan itu apalagi di saat kita sedang main game, terus tiba-tiba hp sering macet. Sudah pasti ini yang menjadi masalah besar buat gamers pastinya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena disini kita akan sama-sama mengatasinya. Ya, paling tidak kita bisa meminimalisir kemacetan pada hp kita.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


8 Cara Mengatasi HP yang Sangat Lambat dan Sering Macet - LapanCara


8 Cara Mengatasi HP yang Sangat Lambat dan Sering Macet :


1. Pindahkan foto dan video ke memori eksternal

Memori eksternal adalah memori tambahan hp, bukan memori bawaan hp. Jadi dengan memindahkan foto serta video ke memori eksternal maka memori hp tidak banyak digunakan.

Memori hp sebaiknya jangan sampai penuh, karena memori ini menurut saja cuma penting untuk menjalankan proses aplikasi saja, sehingga hp kita tidak neglag karena kehabisan memori.

Untuk file-file data seperti foto dan video sebaiknya di simpan pada memori eksternal saja, sebab lebih aman jika suatu saat hp kita rusak.

Bila hp sudah rusak, biasanya akan diperbaiki dan itu kebanyakan proses yang dilakukan harus menginstal ulang hp anda.

Nah, proses instal ulang ini dapat mereset data pabrik, sehingga seluruh data termasuk foto dan video kita juga akan terhapus.

Oleh sebab itu, kami rekomendasikan untuk memindahkan saja data-data pribadi kita ke memori eksternal, selain lebih aman hp kita juga akan lebih lega.


2. Hindari menggunakan tema launcher

Launcher adalah tema yang bisa menghiasi hp kita lebih cantik dan terlihat lebih keren, tapi sayangnya launcher ini bisa memberatkan hp.

Jika selama ini hp kalian menggunakan launcher atau tema lain yang bukan bawaan hp, maka sebaiknya di hapus saja.

Pastikan selalu gunakan tema default bawaan hp. Sebab launcher ini selain dapat menguras memori internal, launcher juga biasanya banyak menghabiskan RAM hp kita.

Ditambah lagi, launcher juga biasanya membutuhkan proses latar belakang yang tanpa anda sadari selama ini.

Proses latar belakang inilah yang menyebabkan launcher bisa membuat hp kita lambat, apalagi di saat kita main game.

Jika anda seorang gamers yang profesional, sudah pasti anda mengetahui hal semacam ini. Seorang gamers sejati tidak membutuhkan tampilan, tapi membutuhkan kecepatan...


3. Matikan sinkron data otomatis (akun)

Sinkron data otomatis berguna untuk membackup data-data kita ke google seperti kontak, foto dan file-file data lainnya yang berhubungan dengan akun google atau akun .

Tapi jangan salah ya...

Fitur sinkorn otomatis ini hanya untuk akun-akun yang berhubungan dengan notifikasi email  atau gmail serta fungsinya untuk membackup data-data akun media sosial kita saja.

Bukan untuk membackup data-data pribadi yang ada di hp seperti foto, video dan kontak. Oleh sebab itu fitur ini kurang penting menurut saya.

Meskipun kita baru beli hp, biasanya fitur ini aktif. Sehingga kita harus mematikannya secara manual. Karena proses sinkron otomatis ini bisa membuat hp lambat.

Proses ini akan berjalan ketika koneksi di hp kita sudah tersambung dengan internet, tapi kita tidak bisa menyadarinya karena berjalan di proses latar belakang hp.

Menurut saya sinkron otomatis ini tidak begitu penting, sehingga perlu di matikan sebab bisa membuat hp lambat ketika koneksi internet kita aktif.

Cara mematikannya :

- Buka menu setelan/setingan.
- Masuk ke menu Akun.
- Setelah itu nanti anda akan melihat beberapa akun yang terhubung sepert akun gmail, facebook dan whatsapp jika memang anda sudah menggunakan aplikasi tersebut.
- Lalu scrol paling bawah nanti disana ada tulisan Otomatis sinkron data.
- Nah, silahkan di geser ke kiri atau di matikan saja fitur ini.

Namun perlu anda ketahui, meskipun mematikan fitur sinkron data otomatis ini kita tidak mendapatkan lagi pemberitahuan terbaru dari email.

Tapi kita masih bisa mengecek email dengan cara membukanya secara manual, sehingga tidak perlu ada notofikasi yang muncul secara otomatis di hp kita.

Selain itu data-data foto yang masuk dan yang terkirim dari media sosial tidak perlu di backup atau disimpan secara otomatis, karena memang tidak begitu berguna untuk kita.


4. Matikan backup otomatis (data)

Selain mematikan fungsi sinkron data otomatis, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Kita juga dapat mematikan fungsi backup otomatis.

Backup otomatis ini hampir sama fungsinya dengan sinkron otomatis, hanya saja cara kerjanya yang berbeda.

Kalau sinkron data otomatis, itu lebih di khususkan pada data-data dari akun google dan sosial media saja, namun kalau untuk backup otomatis ini lebih ke data pribadi kita.

Misalnya saja data-data kontak hp dan foto-foto serta setingan hp kita. Dan menurut saya ini juga kurang beguna karena banyak memakan RAM serta bisa membuat hp lebih cepat habis baterai.

Selain itu...

Jika backup otomatis ini aktif, hp kita juga bisa cepat panas dan bisa membuat hp lebih lambat. Lagi-lagi karena adanya proses latar belakang yang sedang berjalan dan tidak kita ketahui.

Biasanya proses latar belakang ini aka berjalan ketika koneksi internet di hp kita sudah aktif, jadi jangan heran apabila setiap kita terhubung dengan internet, hp kita sering lambat sendiri.

Maka dari itu, jika menurut kalian fitur ini tidak penting maka dimatikan saja. Selain bisa mempercepat hp, mematikan fitur ini juga bisa menghemat baterai loh teman-teman.

Cara mematikannya :

- Buka menu setelan/setingan..
- Selanjutnya masuk ke menu Sistem.
- Setelah itu klik pada menu Backup.
- Silahkan di scrol ke kiri atau di hilangkan centangnya, jika memang belum di matikan.

Setelah di matikan, sebaiknya lakukan restart satu kali di hp kita supaya latar belakang yang sudah berjalan sebelumnya sudah hilang sepenuhnya.

Dengan begitu hp kita akan lebih ringan dan lebih lancar saat terutama saat sedang menggunakan koneksi internet...


5. Matikan GPS / fitur lokasi

Gps atau lokasi biasanya fitur ini terus aktif di hp kita, fitur ini berguna untuk mengetahui lokasi kita saat ini.

Namun seperti yang anda duga, bahwa jika fitur ini selalu aktif maka kecepatan hp kita juga akan berpengaruh.

Sebenarnya fitur ini tidak perlu diaktifkan setiap hari, selama kita tidak menggunakan aplikasi google map. Karena fungsinya cuma untuk melacak lokasi saja.

Tapi jika terus aktif, maka secara tanpa kita sadari lokasi kita berada juga akan terus aktif dan proses ini membutuhkan kapastias RAM yang pastinya akan digunakan secara otomatis.

Jika memang anda anggap ini tidak penting maka matikan saja, karena bisa dihidupkan lagi nanti jika memang diperlukan.

Namun mematikan fitur GPS ini juga ada kekurangannya di hp kita, karena apabila suatu saat hp kita hilang maka kita dapat melacaknya melalui internet.

Tapi jika di matikan bisa membuat hp kita lebih enteng karena dapat menghemat RAM...

Cara mematikannya :

- Buka menu setelan/setingan.
- Selanjutnya pilih menu Keamanan dan Lokasi.
- Lalu klik pada menu Lokasi dan silahkan di scrol geser ke kiri atau di nonaktifkan.
- Jangan lupa restart ulang hp kita, supaya histori-histori lokasi sebelumnya hilang.


6. Hapus aplikasi yang tidak penting

Sekarang anda harus berhati-hati lagi saat sedang browsing atau menggunakan internet, karena bisa saja tanpa sengaja kita sudah menginstal aplikasi yang tidak penting.

Hal ini bertujuan supaya kita menggunakan aplikasi tersebut yang hanya untuk keuntungan si pemilik aplikasi itu saja.

Pernah gak kalian merasakan hal seperti ini...? Pada saat pertama beli hp itu hp kita masih sangat cepat dan kencang.

Tapi kenapa sekarang sangat lambat...? Ya, itu karena ada aplikasi-aplikasi yang tidak penting sudah banyak terinstal di hp kita.

Oleh sebab itu menu kita semakin penuh dan semakin banyak jika di lihat...

Bagi orang yang belum menguasai hp nya, pasti ia akan merasa takut jika salah-salah menginstal aplikasi.

Padahal tidak perlu khawatir, karena selama itu bukan aplikasi bawaan pabrik dari hp itu sendiri maka kita bebas untuk mencopotnya.

Namun bagi anda yang tidak tahu cara mencopot aplikasi yang tidak berguna maka silahkan simak di
bawah ini.

Cara hapus aplikasi yang tidak penting :

- Buka menu setelan/setingan.
- Lalu pilih menu aplikasi & notifikasi.
- Setelah itu perhatikan aplikasi yang ingin anda copot.
- Silahkan klik di aplikasinya, nanti ada tulisan copot pemasangan.
- Maka setelah di klik copot pemasangan, secara otomatis aplikasi yang sudah kita copot akan hilang.
- Jangan lupa sebelum di uninstal tekan juga hapus juga penyimpanannya, yang sudah tersedia di menu copot pemasangan.

Tujuan mengklik hapus penyimpanan adalah supaya data-datanya bersih semuanya termasuk di memori hp kita.

Karena kalau tidak di lakukan hapus penyimpanan, maka meskipun aplikasi sudah di uninstal tapi folder serta data sebelumnya masih tersimpan di memori internal hp kita.

Tidak perlu takut untuk melakukan uninstal aplikasi, karena semua aplikasi di hp kita bisa kita hapus kecuali yang aplikasi bawaan pabrik. Itu memang tidak bisa kita klik atau di sentuh...

Jika memang ada aplikasi penting dan berguna yang tidak sengaja kita hapus, maka cukup kita instal lagi di playstore.


7. Matikan notifikasi otomatis

Semakin banyak aplikasi maka semakin banyak pula notifikasi yang muncul dengan sendirinya di hp kita.

Oleh sebab itu, kira-kira notifikasi yang tidak penting harus di hentikan. Tujuannya supaya tidak memperlambat hp kita.

Karena semakin banyak notifikasi yang muncul di hp maka semakin lambat juga kinerja hp kita teman-teman...

Ada bermacam-macam notifikasi yang muncul di hp kita, sesuai dengan manfaatnya masing-masing.  Misalnya saja contoh notifikasi facebook, whatsapp, instagram dan lainnya.

Maka sudah pasti kita akan selalu menerima pemberitahuan dari teman-teman sosial media saat hp kita terkoneksi dengan internet.

Namun jika, rasa notifikasi ini tidak penting maka cukup di matikan saja, apalagi jika anda banyak masuk ke grup-grup di media sosial maka semakin banyak pula notifikasi yang muncul.

Untuk cara mengatasinya adalah ketahui terlebih dahulu kira-kira notifikasi apa yang paling mengganggu dan paling banyak masuk ke hp kita.

Jika memang itu pemberitahuan dari notifikasi facebook, maka matikan saja fitur notifikasi nya yang selalu aktif secara otomatis.

Caranya begini :

- Buka menu setelan/setingan.
- Klik pada menu aplikasi & notifikasi.
- Lalu setelah itu anda akan melihat menu uninstal, paksa berhenti, penyimpanan, penggunaan data dan menu notifikasi.
- Maka klik saja di menu notifikasi, lalu hilangkan centang otomatis pada menu notifikasi tersebut.

Dengan melakukan hal ini maka kita tidak akan menerima lagi pemberitahuan dari aplikasi tersebut, untuk cara mengetahuinya kita harus membuka aplikasi tersebut secara manual.

Namun sebaiknya di nonaktifkan saja yang sekiranya tidak begitu penting untuk kita, sehingga dengan melakukan ini hp kita tidak akan macet-macet oleh pemberitahuan yang tidak penting.

Tapi kekurangannya seperti yang saya bilang diatas, karena untuk mengetahui pemberitahuan di aplikasi tersebut maka kita harus membukanya secara manual.

Perlu anda ketahui juga...

Ada juga notifikasi yang muncul dari aplikasi yang memang sangat tidak penting, yaitu notifikasi yang bukan dari sosial media kita gunakan.

Seperti notifikasi yang tidak senonoh dan semacamnya, maka sebaiknya dilakukan copot pemasangan sekaligus untuk menghindari hp kita dari ngelag.

Biasanya notifikasi yang aneh-aneh itu bukan hanya dari aplikasi tapi bisa dari browser seperti chrome dan browser lainnya yang kita gunakan.

Cara mematikannya sama seperti diatas, hanya saja kita memilih aplikasi browser nya seperti chrome dan web browser lalu matikan notifikasi otomatisnya.

Ada banyak browser selain chrome yang pada umumnya sudah ada di hp kita, bisa jadi itu browser dari opera mini, mozilla, uc browser dan semacamnya...


8. Update hp ke versi baru

Terkadang kita tidak peduli sama sekali tentang masalah update, padahal sering sekali mungkin kita lihat pemberitahuan bahwa hp kita harus di update.

Sebab lambatnya hp juga bisa dipengaruhi karena hp kita belum di lakukan update sama sekali, padahal di hp kita sudah tersedia update versi terbaru.

Tujuan update ini tentu saja untuk mengurangi bug-bug atau masalah kecepatan di hp kita, meskipun tidak semua hp terkadang mendapatkan update secara otomatis.

Namun kita masih bisa melakukannya dengan cara manual, pada setiap android biasanya terdapat menu update di setingan masing-masing.

Lebih lengkapnya begini :

- Buka menu setelan/setingan.
- Lalu pilih menu Sistem
- Selanjutnya anda pilih menu Update sistem.
- Lalu silahakan di klik, pastikan hp anda sudah terkonesksi dengan internet.

Dengan melakukan update setidaknya hp kita sudah pada versi terbaru dan yang pastinya lebih baik dari versi yang lama.

Namun jangan lupa, untuk melakukan update itu membutuhkan koneksi internet. Kalau bisa gunakan wifi karen kalau menggunakan paket data akan sangat banyak paket data kita yang digunakan.

Itu pun kalau paket data kita cukup, kalau tidak cukup malah proses update akan gagal. Maka sebaiknya gunakan wifi saja sebelum mengupdate hp.


Demikianlah 8 cara mengatasi hp yang sangat lambat dan macet-macet, bila semua cara di atas sudah anda coba tapi tidak ada hasilnya maka sebaiknya lakukan reset ulang atau kembalikan pada setelan pabrik.

Namun perlu di ingat, sebelum melakukan riset ulang atau reset pabrik maka lakukan backup dulu terhadap data-data di hp anda seperti foto dan file-file yang penting, karena biasanya proses ini akan menghapus data pribadi anda.

Tambahan :

Bila hp sering macet saat sedang di cas itu biasanya charger yang digunakan bukan bawaan asli dari hp tersebut. Jadi pastikan selalu gunakan charger dan tali cas usb yang asli.

Semoga bermanfaat....
Newer Post
Older Post