8 Cara Biar Burung Kenari Cepat Gacor Setelah Mabung

Siapa yang tidak kenal dengan burung kenari? Ya, ini adalah burung yang paling banyak di pelihara atau di lestarikan di Indonesia. Karena bisa menghasilkan suara yang sangat merdu.

Selain itu burung kenari juga memiliki bentuk fisik yang sangat indah, warna khas kuning yang dimiliki bulu burung kenari semakin membuat pecinta burung menjadi tergila-gila untuk memelihara burung yang satu ini.

Menurut sumber di Wikipedia burung kenari atau dalam istilahnya Serinus Canaria merupakan burung yang pertama kali di temukan oleh seorang pelaut di Prancis yang bernama Jean de Berthan Cout.

Lebih tepatnya burung ini di temukan pertama kali di kepulauan canary pada abad ke 15 masa lalu. Sehingga nama burung kenari ini sendiri sebenarnya di ambil dari nama sebuah pulau tempat ditemukannya burung tersebut.

Oke, mari kita lanjutkan...

Banyak orang yang memelihara burung kenari itu karena burung kenari sering mengeluarkan suara-suara yang sangat bagus. Suara-suara yang di keluarkan oleh burung kenari di jamin sangat merdu dan gacor.

Apa itu gacor?

Di Indonesia sendiri, suara-suara yang dikeluarkan oleh burung ini sering dibilang dengan sebutan gacor. Maksud gacor adalah kicauan-kicauan yang dihasilkan dari burung itu sendiri.

Seperti pada burung kenari, banyak orang yang memeliharanya itu karena burung ini sering gacor. Namun sebagian burung kenari, masalah gacor ini kerap kali menjadi masalah yang paling buruk.

Karena tidak semua burung kenari bisa gacor atau berkicauan layaknya kenari-kenari lainnya. Terutama hal ini terjadi apabila burung kenari baru saja melewati masa-masa mabung.

Apa itu mabung?

Mabung adalah proses rontoknya bulu-bulu yang sudah tua untuk di gantikan dengan bulu muda yang lebih baru, dan ini terjadi secara alami. Oleh sebab itu fenomena burung tidak lagi gacor sering kali terjadi setelah mabung.

Maka untuk mengatasi masalah burung yang tidak mau gacor atau berkicau diperlukan keahlian atau perawatan khusus, seperti yang akan kita bahas disini.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Biar Burung Kenari Cepat Gacor


Berikut 8 Cara Biar Burung Kenari Cepat Gacor Setelah Mabung :


1. Berikan burung kenari telur puyuh

Telur puyuh adalah telur yang berasal dari unggas puyuh yang miliki segudang protein buat burung kenari. Ini adalah makanan tambahan untuk burung kenari, jadi bukan untuk di berikan setiap hari.

Telur puyuh hanya boleh di berikan kepada burung kenari sebanyak 3 kali dalam seminggu saja. Kandungan protein yang terkandung dalam telur puyuh benar-benar akan membuat burung kenari lebih sehat dan cepat gacor.

Cara menyajikannya cukup mudah, yaitu hanya tinggal merebus telur puyuh kemudian di haluskan lalu di berikan kepada burung kenari menggunakan lidi atau mencampurkannya dalam makanan pakan.

Tujuan tidak berlebihan dalam memberi telur puyuh pada burung kenari adalah supaya untuk menghindari kegemukan pada burung kenari itu sendiri. Sebab bila burung kenari sudah terlalu gemuk maka burung akan malas untuk gacor.

Jadi seperti yang kami katakan di atas, bahwa telur puyuh wajib di berikan itu paling tidak sebanyak 3 kali saja dalam 1 minggunya. Dan pastikan telur rebus yang sudah di haluskan itu tidak ada pasir di dalamnya.

Jangan sampai telur di taruh di tempat kotor yang berpasir, pastikan tempat makanannya itu sudah kita bersihkan sebelumnya. Karena telur rebus yang sudah di haluskan ini mudah sekali dilengketi oleh pasir.


2. Berikan burung kenari air mengkudu tua

Mengkudu adalah buah yang dikenal buah kesehatan alami, sering kali buah ini dijadikan bahan utama untuk mengatasi berbagai masalah penyakit terutama pada manusia.

Tapi yang membedakannya buah mengkudu yang di gunakan pada manusia adalah buah mengkudu yang masih muda, sedangkan untuk burung kenari adalah buah mengkudu yang sudah tua atau sudah agak busuk.

Mengkudu tua sangat bagus diberikan kepada burung kenari tujuannya adalah supaya burung kenari bisa lebih sering berkicau. Selain itu makanan ini juga biasanya sangat disukai oleh burung kenari itu sendiri.

Meskipun baunya sangat menyengat bagi kita, tapi tidak untuk burung kenari. Namun untuk memberikan kepada burung kenari harus dilakukan dengan benar, tidak boleh sembarangan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...

Caranya :
  • Cari mengkudu yang sudah tua
  • Kemudian di parut sampai halus
  • Lalu di campur air hangat
  • Setelah itu airnya di saring
  • Terakhir air mengkudu di berikan pada burung kenari

Begitulah cara memberi mengkudu tua kepada burung kenari, jadi yang kita berikan ini bukan buahnya, melainkan air mengkudu itu sendiri. Jangan lupa pastikan mengkudu yang kita siapkan itu adalah mengkudu yang sudah tua.

Biasanya reaksi setelah memberikan air mengkudu ini akan terlihat setelah 3 hari kedepannya dari pemberian sejak hari pertama. Dimana burung akan lebih berkicau dan gacor dari biasanya.


3. Berikan burung kenari daun mengkudu

Selain air dari buah mengkudu ternyata ada lagi ni yang bisa membuat burung kenari lebih berkicau dan gacor. Yaitu dengan memberinya daun dari buah mengkudu itu sendiri.

Jika di alam liar burung kenari hidup bebas dan sering menyinggahi pohon mengkudu. Selain mematuk buah mengkudu itu sendiri burung kenari juga sering mematuk atau memakan daun mengkudu.

Daun mengkudu sendiri memang terasa pahit, namun nutrisi yang terkandung di dalamnya memang sangat bagus untuk burung kenari. Tak heran apabila burung kenari sering mematuk daun ini.

Kita juga sering melihat burung kenari suka berkicauan saat berapa di pohon mengkudu. Itu karena daun dan buahnya ini memang sangat di senangi oleh burung kenari.

Kamu juga bisa memberikannya kepada burung kenari yaitu dengan cara mengambil 1 lembar daun mengkudu yang masih muda kemudian daun di iris-iris sedikit, lalu di gantungkan dalam sangkar burung kenari yang mudah di jangkaunya.

Jika nanti setelah beberapa hari daun mengkudu sudah mulai layu dan terlihat kering maka gantilah dengan daun mengkudu yang baru seperti cara diatas.

Dengan cara ini bukan tidak mungkin burung kenari anda lebih bugar dan fresh sehingga akan sering berkicau-kicau dalam sangkar.


4. Berikan burung kenari telur semut (kroto)

Telur semut atau yang lebih sering disebut dengan kroto atau rangrang ini adalah makanan favorit kebanyakan burung, termasuk burung kenari. Ini karena rasanya cukup lezat bagi burung.

Kroto ini sendiri juga memiliki banyak manfaat jika di berikan kepada burung, salah satunya itu adalah supaya burung cepat gacor. Biasanya burung-burung yang kebanyakan pendiam akan lebih berkicau setelah diberi kroto ini.

Banyak para master burung yang sudah memanfaatkan kroto sebagai makanana tambahan untuk di berikan kepada burung kenari. Namun untuk bisa mendapatkan kroto ini sekarang kita tidak perlu harus mencarinya di sarang semut.

Karena biasanya kroto ini sudah di jual di toko-toko makanan burung. Namun meskipun demikian kroto atau telur semut ini tidak boleh di berikan secara berlebihan.

Apalagi di saat burung baru saja mabung atau masa-masa pergantian bulu. Sebab kroto bisa membuat suhu tubuh burung cepat panas. Sehingga pada saat sedang mengalami mabung maka bulunya akan lebih banyak rontok.

Oleh sebab itu pemberian kroto ini harus sewajarnya saja, tidak perlu berlebihan. Dan akan lebih baik lagi apabila kroto disisipkan atau dicampur dengan pakan yang merupakan makanan pokoknya.


5. Berikan burung kenari tulang sotong

Apa itu sotong? Sotong adalah cangkang yang berasal dari jenis ikan nus. Yaitu jenis seafood yang hampir mirip dengan cumi-cumi. Binatang ini bisa hidup di peraian air asin dan air tawar.

Sering kali sotong di samakan dengan cumi-cumi karena fisiknya yang agak mirip. Tapi sebenarnya sotong ini mempunyai cangkang yang keras yang terbentuk dari kapur sedangkan cangkang cumi-cumi itu lunak.

Cangkah sotong lebih berwarna putih dan lebih tebal, nah cangkang sotong inilah yang biasanya sangat di sukai oleh burung kenari. Selain itu cangkang sotong ini mempunyai sumber kalsium dan protein.

Tidak sedikit kita lihat cangkang sotong ini sering kali ada dalam sangkar burung yang sudah terikat. Sehingga burung dapat mudah memakan dengan cara mematuk-matuknya.

Sumber kalsium dan protein inilah yang sanga berguna untuk membantu pertumbuhan burung kenari agar lebih gacor lagi. Kamu bisa mendapatka cangkang sotong inii di toko-toko burung.

Cara pemberiannya pun cukup mudah, yaitu cangkang sotong tinggal di gantung di dalam sangkar burung kenari. Lalu biarkan cangkang tersebut berada di dalam sangkar kenari. Pastikan pula cangkang yang kita gantung tadi mudah di jangkau oleh burung.

Selain bermanfaat cangkang sotong tentu saja bisa membuat kita lebih hemat saat memeberi makanannya. Sebab cangkang ini biasanya sangat lama habis, tapi jangan sampai kita tidak memberik makanan utamanya. Karena cangkang sotong hanyalah makanan tambahan untuk kenari.


6. Berikan burung kenari buah-buahan

Selain pemakan biji-bijian dan dedaunan, ternyata burung kenari juga suka memakan buah-buahan layaknya manusia. Namun hanya saja tidak semuah buah di sukai oleh burung kenari.

Hanya beberapa buah saja yang burung kenari sukai, selain itu ternyata alasan burung kenari memakan buah-buahan adalah untuk melancarkan paruhnya. Sehingga paruhnya ini bisa lebih terbuka lebar.

Dengan begitu burung kenari akan lebih mudah dan lebih sering gacor atau berkicauan. Adapun beberapa buah yang bisa membuat burung kenari lebih gacor adalah :
- Buah apel
- Jagung muda
- Pepaya
- Wortel
- Mentimun
- Jeruk

Untuk pemberian buah tersebut sendiri tidak boleh di berikan secara bersamaan, harus bergantian di lain hari. Misalnya saja anda memberikan hari ini buah apel kepada burung kenari, maka besoknya berikan jagung muda.

Begitulah seterusnya sebagai makanan tambahan pada burung kenari kesayangan kita. Dan pastikan juga sebelum diberikan kepada burung, buah sudah kita iris halus-halus agar mudah di makan burung.


7. Mandikan dan jemur burung kenari dengan benar

Tidak semua burung yang dimandikan dan dijemur itu selalu sama caranya. Beda burung maka beda pula cara merawatnya. Khusus untuk burung kenari, cara merawatnya pun harus sesuai dengan aturan.

Karena tidak sedikit orang yang salah dalam merawat burung kenarinya, sehingga ujung-ujungnya burung kenari menjadi kurang sehat dan kurang aktif saat berkicau.

Oleh sebab itu agar kondisi burung kenari selalu prima dan bisa gacor setiap hari terutama setelah mabung maka di perlukan tata cara perawatan yang benar.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini bagaimana cara memandikan burung kenari, dan bagaimana cara menjemur burung kenari yang benar.

Cara memandikan burung kenari :
  • Sediakan 1 buah semprotan burung
  • Setel kekuatan air semprotan menjadi halus
  • Lalu semprotkan ke burung kenari dengan jeda 3 detik sekali
  • Tambahkan juga wadah mandi khusus burung yang sudah diisi air dalam sangkar
  • Tujuannya agar burung mandi sendiri saat tubuhnya merasa sudah gerah
  • Setelah burung kenari dimandikan, terkahir burung siap dijemur
  • Burung kenari wajib mandi 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari
  • Sesekali gunakan air hangat terutama saat habis mabung

Cara menjemur burung kenari :
  • Pastikan untuk selalu menjemur burung kenari setelah burung mandi
  • Sehingga burung kenari juga perlu di jemur sebanyak 2 kali sehari
  • Pastikan pula untuk menjemur burung kenari di bawah jam 9 pagi
  • Jemur burung kenari dibawah sinar matahari rendah selama 30 menit saja
  • Di waktu petang jemur kenari mulai dari jam 4 sampai dengan jam 5 sore


8. Mendengarkan burung kenari rekaman suara Mp3 kenari lain

Salah satu upaya untuk memancing burung kenari agar cepat gacor adalah dengan memancing suara burung kenari lain di dekat burung kenari yang sedang kita pelihara.

Salah satu tekniknya yaitu dengan memanfaatkan suara mp3 burung kenari lain. Hal ini sering juga di sebut dengan proses pemasteran pada burung. Sehingga burung akan terpancing mengikuti suara lawannya.

Melatih dan membiasakan burung untuk di dengarkan suara burung lainnya ini bisa membuat burung kenari kita menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat, sehingga secara otomati akan melatihnya menjadi lebih berkicau.

Waktu terbaik untuk melakukan hal ini adalah di pagi hari. Kenapa? Karena pada saat pagi hari burung lebih bersemangat dan lebih bugar, tak heran apabila suara-suara burung di alam liar lebih sering kita dengar di pagi hari.

Jadi pada saat selesai di mandikan, atau lebih tepatnya pada saat sedang dijemur maka disinilah kesempatan anda untuk mendengarkan suara mp3 rekaman burung kenari lain.

Carilah rekaman suara mp3 burung kenari yang sudah gacor dengan skil yang luar biasa, sehingga burung kenari anda nantinya akan mengikuti suara tersebut dan memiliki skli gacor yang luar biasa juga merdunya.

Untuk mendapatkan rekaman suara burung kenari yang bagus, kamu bisa mencarinya di internet. Ada berbagai macam rekaman mp3 suara kenari yang bisa anda dengarkan kepada burung kenari anda.

Misalnya saja suara rekaman burung suara kenari F1, suara kenari gloster, suara kenari loper dan lain-lainnya. Anda bisa mendengarkannya kepada burung setiap hari supaya burung lebih terlatih.


*Tips tambahan supaya burung kenari gacor :

Agar burung kenari kita tidak sering terdiam, maka supaya cepat gacor kita harus menyediakan burung kenari lainnya untuk temannya.

Dengan adanya teman sebangsanya, burung kenari akan lebih aktif dan lebih bersemangat menjalani hidup dalam sangkar yang biasanya selalu sunyi.


Demikianlah 8 cara biara kenari cepat gacor setelah mabung. Sehingga dengan menerapkan cara-cara diatas maka setidaknya burung kenari tidak akan sering lesu dan terdiam saja.

Selamat mencoba !
Newer Post
Older Post