8 Cara Buat Bakso Enak dengan Mudah

Bakso, siapa tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, makanan ini adalah makanan yang paling banyak di minati oleh masyarakat terutama di Indonesia. Hampir semua orang menyukai bakso.

Bakso adalah masakan yang diolah menggunakan bahan utamanya yaitu daging yang telah di campur dengan tepung. Pada umumnya jenis daging yang di gunakan untuk membuat bakso adalah daging sapi.

Dan tepungnya itu biasanya digunakan adalah jenis tepung tapioka dan terpung kanji. Namun meskipun begitu, bakso ini juga tidak hanya bisa di buat dari bahan utama daging sapi.

Karena sebagian orang, ada juga yang mengolah bakso menggunakan bahan utama daging ayam, ikan, ataupun daging udang. Namun untuk soal rasa tentu saja semuanya nikmat sesuai dengan rasa dari bahan utama yang digunakan tersebut.

Tekstur bakso biasanya agak kenyal dan lembut, sehingga saat di makan daging bakso paling mudah di gigit. Ditambah lagi dengan kuah kaldu yang dicampur dari tulang dari daging bakso itu sendiri membuat rasa semakin kaya.

Bakso pertama kali berasal dari Indonesia, namun selain di negara lokal bakso juga sudah mulai di kenal dan disajikan di negara asing seperti Tionghoa, Jiran, Singapura dan Malaysia.

Menurut sumber dari Wikipedia, kata bakso sendiri berasal dari bahasa Hokkien yang dibagi menjadi dua kata yang terpisah yaitu Bak dan so. Bak artinya daging dan so artinya giling. Jika digabungkan kata bakso adalah daging giling.

Selain itu bakso juga biasanya paling sering di sajikan bersama mie kuning, sehingga perpaduan daging, kuah dan mie lebih sempurna di mulut. Banyak juga orang yang menambahkan sayuran atau tetelan di dalamnya.

Tapi sekarang bakso sudah menjadi bervariasi yaitu bukan hanya bakso sapi saja, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat 8 macam bakso yang enak dan lezat.

Adapun beberapa jenis bakso yang paling populer di Indonesia, adalah sebagai berikut :
- Bakso sapi
- Bakso ayam
- Bakso ikan
- Bakso udang
- Bakso urat
- Bakso goreng
- Bakso tahu
- Bakso bakar

Nah, itulah di atas beberapa jenis variasi bakso yang paling di minati dan paling banyak di konsumsi oleh masyarakat. Untuk anda yang ingin mengetahui cara pembuatannya disini kita akan membahasnya satu-persatu.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Buat Bakso Enak


Berikut 8 Cara Buat Bakso Enak dengan Mudah :


1. Resep bakso sapi (original)

Ini adalah bakso yang pertama kali tercipta, selain jenis-jenis bakso lainnya. Rasanya yang khas tiada tanding membuat makanan ini menjadi sangat populer dari dulu sampai sekarang.

Jenis bakso sapi juga adalah jenis bakso yang paling banyak di jual oleh para pedagang termasuk para pedagang kaki lima. Meskipun bahan pembuatannya sama tapi jika teknis cara penyajiannya unik tentu saja rasa bakso akan berbeda-beda.

Maka dari itu tidak heran apabila beda orang yang buat maka beda pula rasa bakso yang di hidangkan. Biasanya rasa yang paling berpengaruh itu ada di tekstur dagingnya serta pada kaldunya.

Nah, agar bisa menciptakan rasa bakso sapi yang original maka diperlukan cara khusus dalam pembuatannya. Untuk lebih tahu bagaimana cara pembuatan bakso sapi ini, maka silahkan iktuti resep dibawah ini.

Bahan membuat bakso sapi :
  • 2 kilogram daging sapi
  • 100 gram tepung kanji
  • 8 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 4 sendok teh lada bubuk
  • 2 butir telur
  • 2 sendok teh garam
  • 80 gram es batu

Cara membuat bakso sapi :

1. Siapkan daging sapi yang sudah di giling halus dan tempatkan dalam satu wadah atau baskom berukuran besar.

2. Kemudian masukkan semua bahan-bahan di atas seperti tepung, lada, telur, bawang putih, garam dan air.

3. Aduk semuanya sampai merata dan mudah di bentuk seperti adonan, jika tekstur adonan bakso masih lembek maka tambahkan sedikit es batu yang sudah dihancurkan.

4. Setelah itu ambil adonan bakso ini pakai tangan dan bentuk bulat-bulat, lakukan satu persatu sampai adonan habis.

5. Jangan lupa rendap bakso yang sudah di bulatkan tadi kedalam air panas selama setengah jam.

6. Selanjutnya bakso di rebus kembali, jika bakso sudah mengapung maka itu menandakan bakso sudah matang dan siap disajikan bersama mie.

Selesai...


2. Resep bakso ayam

Bakso ayam adalah variasi bakso yang tidak menggunakan daging sapi, mengingat harga daging sapi yang agak mahal maka daging ayam bisa menjadi alternatifnya.

Namun meskipun demikian untuk soal rasanya pun tidak kalah sama bakso sapi, bakso ayam berasa lebih unik dan lebih gurih. Bagi anda yang suka makan ayam maka bakso ini bisa menjadi makanan favorit pastinya.


Bahan membuat bakso ayam :
  • 2 kilogram daging ayam (tanpa tulang)
  • 100 gram tepung kanji
  • 8 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 80 gram es batu

Cara membuat bakso ayam :

1. Siapkan daging ayam yang sudah di giling halus (tanpa tulang) dan tempatkan dalam satu wadah.

2. Kemudian masukkan semua bahan-bahan di atas seperti tepung kanji, bawang putih, telur, lada, garam dan air.

3. Lalu aduk semuanya sampai merata dan mudah di bentuk seperti adonan, jika tekstur adonan bakso ayam masih lembek maka tambahkan sedikit es batu yang sudah di haluskan.

4. Setelah itu ambil adonan bakso ini pakai tangan dan bentuk bulat-bulat, lakukan satu persatu sampai adonan bakso ayam habis.

5. Lalu cemplungkan bakso yang sudah di bulatkan ini kedalam air panas, selama setengah jam.

6. Selanjutnya bakso ayam di rebus, kalau sudah mengapung maka itu menandakan bakso ayam sudah matang dan siap disajikan bersama mie.

Selesai...


3. Resep bakso ikan

Bagi yang tidak suka dengan daging, maka ikan juga bisa menjadi alternatif untuk mengolahnya menjadi bakso. Rasanya sangat enak dan bahkan tekstur dari bakso ikan lebih lembut.

Namun tidak semua ikan bisa di jadikan bakso, karena tergantung dari daging ikan itu sendiri. Oleh sebab itu agar menciptakan rasa yang enak maka simaklah bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan membuat bakso ikan :
  • 500 gram daging ikan tenggiri
  • 200 ml air es
  • 6 sendok makan tepung tapioka
  • 2 butir putih telur
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 2 sendok teh merica
  • 2 sendok teh garam

Cara membuat bakso ikan :

1. Sediakan ikan tenggiri yang sudah di haluskan untuk di simpan dalam lemari es (frizer) sampai agak beku.

2. Jika sudah, lalu blender ikan dengan air es dan putih telur sampai benar-benar halus.

3. Kemudian siapkan satu tempat wadah lalu ikan yang sudah di blender tadi di campur dengan bahan-bahan diatas seperti tepung, gula, kaldu bubuk, merica dan garam.

4. Aduk semuanya sampai benar-benar menyatu dan membentuk menjadi sebuah adonan.

5. Selanjutnya ambil sedikit demi sedikit adoan untuk di bulatkan menggunakan telapak tangan kita.

6. Adonan bakso yang sudah bulat kemudian di celupkan atau di rendam dalam air panas selama setengah jam.

7. Terakhir ambil bakso dalam air panas tadi untuk kembali di rebus di api sedang sampai bakso benar-benar matang.

Selesai...


4. Resep bakso udang

Bahan utama lainnya yang bisa di olah menjadi bakso selain menggunakan daging sapi adalah udang. Tentu saja udang yang kita pilih udang yang berukuran besar.

Karena udang yang lebih besar tentu lebih kaya daginnya, rasa bakso juga tentu akan lebih unik dan khas yaitu rasa dari udang itu sendiri. Cara membuatnya sangat mudah, silahkan simak di bawah ini.

Bahan membuat bakso udang :
  • 300 gram udang (tanpa kulit)
  • 100 gram tepung tapioka
  • 6 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh bubuk kaldu

Cara membuat bakso udang :

1. Sediakan udang yang sudah di kupas kulitnya atau dagingnya saja. Lalu udang di cincang sampai halus.

2. Setelah itu udah yang sudah halus di bekukan dalam lemari es, tujuannya agar tekstur bakso nanti lebih kenyal.

3. Jika sudah agak beku maka udang sudah bisa di campur dengan bahan-bahan di atas seperti tepung, bawang putih, telur, garam, merica dan bubuk kaldu.

4. Aduk sampai merata, sampai benar-benar mudah di bentuk. Jika masih agar lembek gunakan es batu yang sudah dihaluskan dan tambahkan sedikit-sedikit sampai adonan bakso udang agak mengeras dan mudah di bentuk.

5. Lalu bentuklah adonan bakso udang bulat-bulat, bisa menggunakan 2 buah sendok atau di bentuk dengan telapak tangan.

6. Terus celupkan bakso yang sudah bulat kedalam rendaman air panas, lakukan hal ini sampai adonan habis.

7. Setelah semuanya beres, udang yang sudah direndam dalam air panas tadi di ambil untuk di rebus kembali sampai mengapung dan benar-benar matang.

Selesai...


5. Resep bakso urat

Bakso urat adalah bakso yang biasanya menggunakan bahan utama daging sapi, namun hanya saja yang membedakannya adalah tekstur bakso urat lebih kasar dari pada bakso sapi yang bertekstur lebih lembut.

Selain itu bakso urat ini memeliki rasa yang lebih tajam ketimbang rasa bakso sapi biasa. Mengapa di namakan bakso urat? Itu tidak lain karena banyak bagian urat dari daging sapi itu sendiri yang digunakan.

Bagian-bagian urat ini tentu saja harus kita lihat sendiri saat memotong daging sapi sebelumnya. Namun biasanya bagian daging sapi yang paling banyak memiliki urat adalah di kaki atau bagian paha sapi.

Bahan membuat bakso urat :
  • 200 gram daging urat sapi
  • 100 gram tepung tapioka
  • 300 gram sagu aren
  • 200 miligram air es
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 6 sendok teh garam
  • 1 sendok teh polypowder

Cara membuat bakso urat :

1. Sediakan daging urat yang sudah digiling atau di haluskan sebelumnya untuk di blender kembali dengan air es.

2. Setelah daging diblender dengan air es maka sediakan satu buah tempat wadah, lalu masukkan daging yang bersama bahan-bahan di atas seperti tepung, sagu aren, merica, garam dan polypowder.

3. Aduk daging beserta bahan yang sudah di campurkan tersebut sampai benar-benar merata dan menjadi sebuah adonan.

4. Lalu bentuk adonan bulat-bulat seperti biasa menggunakan telapak tangan atau sendok.

5. Celpukan bakso urat yang sudah di bulatkan kedalam air panas, sementara itu lakukan hal yang sama pada sisa adonan sampai habis.

6. Terakhir ambil bakso dari rendaman air panas tadi untuk di rebus kembali dengan api sedang sampai mengapung yang menandakan bakso sudah masak.

Selesai...


6. Resep bakso goreng

Berbeda dengan cara penyajian bakso pada umumnya yang mana rata-rata cara pembuatan bakso itu di lakukan dengan cara di rebus. Namun kali ini kita akan membuatnya dengan cara di goreng.

Bakso goreng juga salah satu makanan yang paling di gemari, terutama oleh anak-anak. Sekarang kita bisa membuat bakso goreng sendiri di rumah yang sehat dan pastinya lezat.

Bahan membuat bakso goreng :
  • 400 gram daging sapi
  • 300 gram kulit ayam
  • 600 gram tepung tapioka
  • 250 miligram air es
  • 4 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 2 sendok makan minyak ayam
  • 4 butir telur
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang
  • Minyak untuk menggoreng
  • Saus sambal secukupnya

Cara membuat bakso goreng :

1. Sediakan daging sapi dan kulit ayam yang sudah di haluskan, kemudian bekukan dalam frezer kulkas sampai agak membeku.

2. Setelah itu ambil daginnya dan tuangkan dalam satu tempat wadah, lalu campurkan dengan bahan-bahan di atas seperti tepung, bawang putih, minyak ayam dan lain-lain.

3. Setelah semuanya di campur, aduklah sampai merata hingga terbentuk seperti adonan.

4. Lalu ambil adonan bakso untuk di bulat-bulatkan seperti biasa dengan telapak tangan atau dengan sendok.

5. Tambahkan air es jika adonan masih lunak dan masih terasa lembek atau masih sulit untuk di bentuk.

6. Setelah adonan di bulatkan, maka celupkan bakso dalam air panas, sementara kita melakukan hal yang sama pada sisa adonan lainnya. Tujuan merendam bakso dalam air panas ini supaya benar-benar matang saat di goreng.

7. Sampai semuanya beres, ambil bakso yang ada dalam air panas untuk di goreng sampai kecoklatan.

8. Terakhir bakso siap di saji bersama saus sambal atau di campur dalam mie juga masih nikmat.

Selesai...


7. Resep bakso tahu

Bakso tahu adalah bakso yang berisi tahu di dalamnya, bukan bakso yang menggunakan bahan utamanya tahu. Jadi jangan sampai salah mengartikannya ataupun membuatnya.

Untuk bahan utamanya kita masih memakai daging, baik itu daging sapi, ayam, ikan atau daging udang sebagai rasanya. Hanya saja yang membedakan dari bakso lainnya adalah karena terdapat tahu di dalamnya.

Karena jika bahan utama daging ini tidak digunakan dalam pembuatan bakso tahu, maka rasa bakso hanya akan berasa tepung saja tidak ada rasa khas baksonya.

Sehingga agar tidak salah kaprah, silahkan simak selengkapnya bagaimana cara membuat bakso tahu di bawah ini.

Bahan membuat bakso tahu :
  • 1 kilogram daging sapi (boleh pakai ayam atau udang)
  • 150 gram tahu
  • 50 gram tepung kanji
  • 4 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 2 sendok teh lada bubuk
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 40 gram es batu

Cara membuat bakso tahu :

1. Siapkan daging yang sudah di haluskan untuk di bekukan dalam freze kulkas sampai agak beku.

2. Sementara daging di bekukan, ambil tahu dan potong petak persegi setengah ukuran dari bakso.

3. Kemudian goreng semua tahu yang sudah di potong-potong tadi seperti biasa, sampai kecoklatan.

4. Ambil daging yang sudah di bekukan lalu cincang halus, dan masukkan dalam wadah.

5. Selanjutnya masukkan bahan-bahan di atas untuk di campur bersama daging seperti tepung, lada, telur, gara, bawang putih dan sedikit air.

6. Aduk sampai semua menyatu, jika teksturnya masih lembek maka tambahkan air es sedikit sampai adonan agak keras dan mudah di bentuk.

7. Setelah itu bentuklah adonan bakso bulat-bulat seperti biasa, jangan lupa berikan ruang di tengah-tengah atau di dalam bakso yang kita bulatkan agar bisa di masukkan tahu yang sudah kita goreng tadi.

8. Kemudian tutup kembali adonan bakso sampai bulat sempurna dan tahunya tidak kelihatan lagi.

9. Terakhir adonan bakso tahu siap untuk di rebus sampai benar-benar matang, dan rasakan nikmatnya. Bisa dimakan bersama saus sambal atau di campur mie.

Selesai...


8. Resep bakso bakar

Ada lagi nih, bakso yang baru-baru populer saat ini. Yaitu bakso bakar, biasanya bakso ini sering kali kita temukan pada pedagang kaki lima di pinggir jalanan.

Rasa bakso ini tentu saja tidak diragukan lagi enaknya, sehingga tidak heran apabila bakso bakar juga termasuk resep bakso yang paling banyak di nikmati.

Untuk cara membuatnya gampang sekali, kamu tinggal membuat bakso sapi seperti biasa (cara membuat bakso sapi ada pada nomor 1 diatas). Setelah itu simak di bawah ini.

Bahan membuat bakso bakar :
  • 600 gram bakso sapi (bakso yang sudah jadi)
  • 6 siung bawang putih (haluskan)
  • 6 sendok makan saus tomat
  • 5 sendok makan saus sambal
  • 3 sendok makan madu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh cabai bubuk
  • Margarin secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lidi tusuk sate secukupnya

Cara membuat bakso bakar :

1. Sediakan bakso sapi yang sudah jadi sebanyak yang anda inginkan, kemudian susun bakso menggunakan tusuk sate seperti membuat sate.

2. Setelah semuanya beres, sekarang kita akan membuat bumbunya dengan cara mencampurkan semua bahan di atas seperti bawang putih, saus tomat, saus sambal, madu, kecap manis, lada, bubuk cabai, margarin dan garam.

3. Aduk semua bahan tersebut sampai merata hingga menjadi sebuah bumbu, lalu bumbu ini dicelupkan bakso yang sudah ditusuk lidi sate tadi.

4. Diamkan beberapa menit supaya bumbunya bis meresap sempurna kedalam daging bakso.

5. Terakhir sate bakso ini tingga di panggang di atas bara yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Panggang sampai warna bakso kecoklatan. Pastikan pula bakso yang digunakan ini adalah bakso yang sudah di masak atau direbus sebelumnya.

Selesai...


Catatan :

Kamu juga bisa membuat bakso ukuran jumbo, caranya seperti membuat bakso sapi biasa namun hanya bahan-bahannya saja yang perlu di tambah dan ukurannya di buat besar.

Demikanlah cara-cara membuat bakso yang enak dengan berbagai macam variasi terutama jenis-jenis bakso yang paling di sukai seperti resep-resep bakso di atas.


*Bonus cara buat kuah bakso + mienya :

Bakso tidak lengkap jika tidak disajikan bersama kuahnya dan mie sebagai temannya. Maka dari itu buatlah salah satu resep bakso di atas dan gunakan resep kaldu di bawah ini untuk bisa mencampurnya bersama bakso.

Bahan membuat kuah bakso :
  • 500 gram tulang sapi
  • 3 sendok teh bubuk kaldu sapi instan
  • 2 sendok teh lada bubuk
  • 3 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan bawang putih goreng (dihaluskan)
  • 2 sendok makan bawang merah goreng (dihaluskan)
  • 6 batang daun bawang (dihaluskan)

Cara membuat kuah bakso :

1. Siapkan 5 liter air dalam panci
2. Kemudian masukkan semua bahan-bahan di atas
3. Lalu rebus di api kecil sampai mendidih
4. Selagi di rebus tambahkan juga bakso di dalamnya
5. Setelah itu, silahkan ditiriskan air dan bakso dalam mangkok
6. Lalu tambahkan mie kuning dalam mangok tadi
7. Lalu tambahkan saus tomat, atau saus cabai, sedikit kecap dan cuka
8. Terakhir tingal di aduk-aduk saja dan selamat menikmati

Selamat mencoba...
Newer Post
Older Post