8 Cara Supaya Tetap Semangat Belajar

Belajar adalah sebuah keharusan yang wajib di biasakan sejak dini oleh siapa saja supaya bisa banyak ilmu, baik itu dari segi pelajaran maupun dari segi pergaulan.

Dengan banyak ilmu maka secara otomatis kita juga akan menjadi orang yang lebih banyak tahu. Sehingga jika sudah banyak tahu, maka disitulah kita bisa disebut sebagai orang yang pintar.

Bukan hanya anak-anak, bahkan para remaja dan orang dewasa pun harus banyak-banyak belajar untuk bisa menambah ilmu pengetahuan mereka. Sebab tanpa belajar, tidak mungkin kita bisa pintar.

Tujuannya apa?

Tujuan belajar tidak lain adalah supaya kita bisa menjadi orang yang benar-benar berguna di kalangan masyrakat. Sehingga kita dibutuhkan, selain itu tujuan belajar juga semata-mata untuk mendapatkan kesuksesan dalam hidup.

Ya, menjadi orang yang sukses adalah cita-cita yang semua orang inginkan. Karena hanya dengan menjadi orang sukses kita bisa menikmati hidup mewah dan berkecukupan.

Tidak sedikit orang-orang yang sudah sukses itu berawal dari kepintaran mereka sendiri, dan kepintaran tersebut di dapatkan dari apa yang selama ini mereka pelajari atau yang disebut dengan belajar.

Itulah mengapa anak-anak sudah di biasakan untuk belajar terutama sekolah, supaya tidak lain adalah agar bisa tumbuh menjadi orang yang berguna dan bisa hidup sukses kelak.

Tapi masalahnya adalah...

Tidak semua orang mau belajar dengan bersungguh-sungguh. Apalagi dijaman sekarang ini yang mana seperti kita tahu bahwa orang-orang sedang disibukkan dengan teknologi.

Sehingga minat belajar diluar sekolah menjadi menurun, hanya sebagian orang yang bersungguh-sungguh saja yang masih mau belajar di luar sekolah. Jadi tidak heran apabila orang-orang yang pintar itu mayoritasnya lebih sedikit.

Selain itu kebiasaan belajar ini juga ada hubungannya dengan sifat seseorang, bila sifatnya itu tidak baik atau pemalas maka sudah pasti niat belajarnya pun akan sangat sulit di untuk lakukan.

Intinya keinginan belajar ini memang harus benar-benar timbul dari diri sendiri, karena jika dilakukan secara paksa pun akan sia-sia. Sebab kebanyakan belajar dengan paksaan itu tidak masuk dalam ingatan otak seseorang.

Oleh sebab itu supaya bisa rajin belajar maka harus benar-benar ada niat dalam hati, sehingga apa yang kita pelajari tersebut juga bisa kita resapi ke otak kita.

Namun seperti yang anda ketahui, untuk menjadi orang yang rajin belajar itu memang bukanlah hal yang mudah. Karena harus di dasari dengan semangat yang benar-benar kuat dalam diri kita.

Untuk itulah di sini akan kita bahas bagaimana cara menjadikan diri kita supaya tetap semangat belajar. Sehingga kebiasaan belajar ini akan terus kita lakukan hingga menjadi orang yang sukses di masa depan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak beberapa inspirasi di bawah ini...


Cara Supaya Tetap Semangat Belajar


Berikut 8 Cara Supaya Tetap Semangat Belajar :


1. Cari suasana yang nyaman untuk belajar

Adapun supaya kita bisa tetap semangat belajar, hal yang pertama sekali harus kita pikirkan adalah gangguan. Sebab kita tidak akan bisa belajar dengan lancar jika selalu ada gangguan yang menghalangi.

Coba kamu bayangkan sekali lagi...

Gangguan-gangguan apa selama ini yang menghalangi kamu untuk mulai belajar dengan rutin. Karena gangguan inilah yang harus kita ambil tindakan terlebih dahulu supaya kita bisa lancar dalam belajar setiap harinya.

Karena banyak sekali orang yang gagal dalam aktivitas belajarnya itu disebabkan oleh gangguan-gangguan seperti misalnya suasana yang tidak memungkinkan untuk kita belajar.

Biasanya suasana seperti ini adalah suasana di mana kita tidak bisa fokus dan konsisten saat kita sedang belajar. Misalnya saja akibat keramaian ataupun kebisingan yang ada di sekitar kita.

Katakan saja seperti suara televisi, atau orang-orang disekitar kita yang mengajak ngobrol saat kita sedang belajar. Sehingga kegiatan belajar kita menjadi tidak fokus hingga akhirnya berhenti.

Maka dari itu agar kita bisa lebih fokus dan semangat dalam belajar maka tentu saja kita harus menghindari gangguan-gangguan seperti ini. Karena pelajaran akan lebih cepat masuk di saat kita lebih konsentrasi.

Akan lebih baik lagi apabila susana di sekitar kita tersebut tidak ada yang mengganggu, bahkan tidak ada orang yang mengajak bicara sehingga konsentrasi kita akan lebih terpusat pada apa yang sedang kita pelajari saja.


2. Pikirkan hikmah yang di dapat setelah belajar

Setiap apa yang sedang kita pelajari maka tentu saja itu nanti akan membuahkan hasil untuk diri kita sendiri. Jadi pada dasarnya tidak ada belajar yang tidak berguna.

Selama apa yang sedang kita pelajari tersebut adalah hal-hal yang postif, misalnya saja belajar pelajaran sekolah ataupun belajar bagaimana supaya diri kita bisa lebih baik dan pintar dari sebelumnya.

Jadi kita harus selalu berpikir bahwa belajar itu semuanya pasti ada tujuannya masing-masing. Misalnya saja jika kita ingin lebih pintar dalam bahasa inggris, maka sudah pasti tujuannya agar nanti dimasa depan kita bisa berbicara bahasa inggris.

Ataupun misalnya kita ingin lebih pintar pelajaran matematika, maka sudah pasti kita harus lebih rajin belajar matematika supaya di masa depan kita bisa pintar rumus-rumus terutama dalam segi perhitungan.

Dari semua yang kita pelajari tentu saja ada hikmah di dalamnya, sehingga sudah pasti 100% itu semua akan membuahkan hasil untuk diri kita sendiri. Sebab tidak ada belajar yang sia-sia.

Jika kita sadar akan hikmah-hikmah ini, maka tentu saja kita bisa lebih semangat lagi untuk belajar. Karena kita sudah yakin dan percaya bahwa semua ilmu yang kita pelajari sebelumnya pasti akan bermanfaat di masa mendatang.

Setiap orang harus memiliki keyakinan ini di dalam hatinya, bahwa semua yang kita pelajari pasti ada hasilnya...


3. Termotivasi dari orang lain yang sudah sukses

Untuk bisa terus semangat belajar tanpa henti kita juga sesekali harus melihat keluar, lihatlah orang-orang di sekeliling kita. Tidak usah jauh-jauh lihatlah teman-teman disekitar kita yang sudah sukses.

Termotivasilah kepada orang tersebut, lihatlah usaha-usaha apa saja yang sudah di lakukannya selama ini. Tidak mungkin orang sukses tersebut tidak ada usaha apapun selama ini.

Pasti ada usaha yang telah dilaluinya sehingga bisa sukses sampai sekarang, dan salah satu usaha tersebut sudah pasti di dasari oleh belajar. Karena tanpa hal yang satu ini tidak mungkin orang tersebut bisa sukses.

Cari tahu bagaimana cara dia belajar, dan apa yang dipelajarinya. Rasa penasaran inilah yang akan mendorong anda menjadi lebih semangat untuk mengembangkan diri, untuk bisa menjadi sukses seperti orang lain.

Harus ada rasa iri hati di segi ini, kita harus merasa iri kepada orang tersebut. Maka dengan begitu keinginan kita untuk belajar akan semakin kuat. Tidak masalah apabila anda iri hati demi kebaikan.

Karena terkadang rasa iri inilah yang bisa membuat diri kita menjadi termotivasi dari orang lain. Paling tidak kita harus mempunyai pikiran seperti ini : jika dia bisa kenapa kita tidak?

Sebab banyak sekali orang yang bisa berubah akibat termotivasi dari orang-orang yang ada disekitar kita yang sudah sukses pastinya.


4. Jangan pernah merasa cepat puas

Rasa puas adalah rasa yang bisa menyebabkan kegiatan atau hal yang sedang kita lakukan menjadi terhenti sampai disitu saja. Itu semua karena kita sudah merasa puas dari apa yang kita pelajari.

Kita sudah merasa lebih pintar dari orang lain. Apalagi jika sering menerima pujian-pujian dari orang-orang di sekitar kita. Maka pastinya perasaan kita akan bangga dan seolah-olah kita sudah cukup pintar di segi pelajaran.

Ada hal yang harus kita sadari bahwa, ilmu itu tidak akan pernah habis. Meskipun kita sudah menguasai bagian atau pelajaran yang kita pelajari selama ini. Namun tetap saja semua itu tidaklah pernah cukup.

Tidak ada satupun ilmu yang bisa di pelajari sampai habis. Maka dari itu berhentilah merasa puas jika anda memang telah menguasai apa yang anda pelajari.

Cobalah untuk pelajari hal-hal yang belum pernah anda pelajari sebelumnya, belajarlah hal-hal lain. Karena ilmu itu sangat luas dan tidak akan pernah ada dasarnya.

Sehingga dengan kata lain, jangan pernah merasa puas. Karena kegiatan belajar anda akan menjadi menurun sebab sudah merasa bisa. Tapi belajarlah seakan-akan kita memang orang yang tidak bisa apa-apa.

Selain itu jangan pernah bangga secara berlebihan dengan pujian dari orang lain, karena pujian tersebutlah yang biasanya akan menjadikan kita orang yang angkuh. Sehingga kita akan menganggap remeh semua apa yang kita pelajari dan ujung-ujungnya kita akan merasa bosan.

Akhirnya kegiatan belajar yang rutin selama ini kita lakukan menjadi sebuah anggapan yang spele dan tidak perlu untuk di lakukan lagi akibat kita sudah merasa pintar.


5. Cari teman yang mendukung kegiatan belajar kita

Terkadang saat kita melakukan segala sesuatu itu dengan sendirian maka pastinya kita akan merasa jenuh dan bosan. Apalagi dalam hal belajar, suasana seperti sepi.

Tidak sedikit dari kita yang sering belajar sendirian misalnya di kamar atau ruang tamu, ujung-ujungya kita malah tertidur. Ini semua karena suasana di sekitar kita terlalu sepi dan biasa-biasa saja.

Bayangkan saja apabila proses belajar yang kita lakukan tersebut sudah setiap hari kita jalani dan itu semua selalu kita lakukan sendirian. Maka tidak heran apabila kita akan merasakan kebosanan.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal-hal tersebut maka cara yang paling baik itu adalah dengan mengajak teman kita sendiri untuk belajar bersama. Karena dengan adanya teman kita bisa saling bertukar pikiran.

Saling tertawa dan saling berbagi ilmu, ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama teman selain hanya bermain saja. Ya, mungkin selama ini kita menganggap teman itu hanyalah kawan untuk bermain saja.

Tapi cobalah sesekali mengajak teman untuk belajar, karena selain bisa menambah ilmu kita juga secara tidak sengaja telah menciptakan momen-momen tertentu bersama teman saat belajar.

Namun tentu saja, tidak semua teman mau untuk di ajak belajar. Maka dari itu carilah teman yang baik akhlaknya dan benar pergaulannya. Karena teman yang seperti inilah yang suka akan hal-hal bermanfaat seperti hal yang sedang anda lakukan yaitu belajar.

Dengan adanya teman saat belajar tentu saja suasana akan lebih beda dan lebih seru sehingga semangat kita untuk belajar akan meningkat karena kita seperti ada saingan meskipun padahal itu teman kita sendiri.


6. Belajar sambil mendengarkan musik

Mendengar musik itu bisa merubah mood seseorang kapanpun dan dimanapun, apalagi di saat sedang bosan dalam suasana belajar. Maka musik cukup membantu untuk merubah suasana hati kita.

Karena seperti yang kita ketahui, suasana hati kita setiap harinya berbeda-beda. Terkadang kita lagi merasa jenuh, dan terkadang kita juga lagi merasa galau.

Hal-hal tersebutlah yang sering kali membuat keinginan kita untuk belajar menjadi tertunda-tunda. Dan sering kali pula suasana yang terlalu sepi juga membuat kita tidak mood untuk belajr.

Oleh sebab itu menghidupkan musik adalah salah satu cara agar bisa semangat saat belajar. Suasana akan lebih berbeda, ada saja kenangan-kenangan di pikiran kita yang terlintas saat mendengar musik.

Kenangan-kenangan tersebutlah yang akan merubah suasana hati kita lebih ceria, misalnya saja kita mendengar musik yang lebih memberi kesan moral kehidupan atau musik yang lebih berkesan cara merubah hidup.

Dengan memilih jenis-jenis musik-musik seperti tersebut kita akan lebih semangat untuk belajar, agar bisa menjadi orang yang sukses. Karena kita tahu bahwa kunci kesuksesan itu salah satunya adalah ilmu yang kita dapat.


7. Sesekali praktekkan hasil belajar

Sesekali lakukan uji coba sejauh mana sudah ilmu yang kita pelajari. Karena kita tidak bisa berkembang dengan cepat apabila yang kita pelajari selama ini hanya bersifat teori saja.

Oleh sebab itu kita harus menunjukkan hasil belajar kita kepada orang lain, buktikanlah bahwa kita orang yang cerdas. Tidak perlu takut untuk mempraktekkannya di depan orang lain.

Karena motivasi dan dukungan serta pujian dari orang terkadang perlu kita dapatkan untuk bisa menjadikan diri kita lebih bersemangat lagi dalam belajar.

Misalnya saja kamu sudah cukup pintar dari segi pelajaran, maka tidak ada salahnya ilmu kamu tersebut di ubah menjadi berguna. Misalnya saja mulai membuka les private atau membuat sebuah seminar.

Atau bisa juga memulainya dari hal-hal yang kecil seperti membantu teman-teman yang kesusahan di bidang pelajaran. Dengan begitu nama kita akan semakin di sebut-sebut oleh orang lain.

Sehingga seiring berjalannya waktu, tidak membutuhkan waktu yang lama maka kita bisa dianggap sebagai orang yang pintar. Dan setelah orang mempunyai kepercayaan terhadap kita maka tidak sedikit kesempatan-kesempatan untuk berkarir akan mudah kita dapatkan.

Disinilah kita harus mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, kita harus yakin bahwa ilmu kita ini cukup untuk merubah kehidupan kita untuk menjadi orang yang sukses suatu saat.


8. Manfaatkan internet

Tidak semua efek teknologi itu berdampak negatif  pada manusia, sebenarnya bisa dikatakan tidak ada yang salah dengan teknologi saat ini. Kita katakan saja seperti internet.

Internet adalah salah satu contoh teknologi sederhana yang paling sering kita gunakan saat ini. Ada sisi buruk dan ada sisi baik yang bisa kita dapatkan dari teknologi tersebut.

Sisi buruknya adalah ketika kita salah menggunakannya, dalam artian kita tidak bisa memanfaatkan internet tersebut menjadi sesuatu yang berguna. Al hasil kita hanya sering menghabis-habiskan waktu di internet untuk hiburan saja.

Internet sendiri saat ini sudah bisa kita akses hanya melalui smartphone, hanya berbekal wifi atau paket data maka kita sudah bisa menagkses internet seharian penuh.

Banyak orang yang mengakses internet untuk sekedar sosial media, menonton video atau bermain game. Tidak kah kita berfikir sedikitpun bahwa dengan internet kita sekarang bisa belajar disana.

Jika kita pintar menggunakan internet ini, maka sudah pasti kita bisa belajar untuk mencari informasi-informasi terbaru yang bisa menambah wawasan kita.

Misalnya seperti membaca artikel yang bermanfaat seperti yang sedang anda baca di situs LapanCara ini, atau menonton video yang lebih berkesan memberikan pelajaran-pelajaran baru untuk kita pelajari.

Di pencarian Google sendiri apapun tersedia, kita hanya tingga menulis kata kunci di pencarian dan informasi yang kita harapkan pasti akan muncul di sana.

Maka dari itu sekarang belajar tidak harus mengandalkan buku saja, kita juga bisa belajar membaca artikel bermanfaat dan menonton video bermanfaat. Dan pastinya ini bisa menambah semangat belajar kita.


Demikianlah 8 cara membangkitkan semangat belajar baik untuk anak-anak, mahasiswa, maupun orang dewasa. Semoga tips-tips di atas ada yang bisa memberikan anda inspirasi baru tentang cara belajar yang bersemangat.

Semoga sukses...
Newer Post
Older Post