8 Cara Agar Anak Mau Makan Nasi dan Sayur Dengan Lahap

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua anak mau makan nasi setiap hari apalagi makan sayur. Padahal makanan pokok tersebut sangatlah penting selama masa pertumbuhannya.

Kebanyakan anak lebih suka mengkonsumsi makanan-makanan ringan, karena mereka menganggap makanan lebih enak dan lebih praktis untuk di makan. Tidak seperti nasi atau sayur yang teksturnya membosankan.

Sehingga anak jadi sulit sekali untuk mau makan nasi dan sayur. Namun sebaiknya untuk para orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena ini adalah hal biasa yang sering di alami oleh anak.

Mungkin di saat masa anak-anak kita juga malas untuk makan nasi dan sayur, begitupun dengan mereka. Akan tetapi tetap saja kita tidak boleh membiarkan anak untuk tidak mengkonsumsi makanan pokok tersebut.

Karena asupan nutrisi yang terkandung dalam nasi dan sayur memang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk bisa tumbuh sehat. Tidak sedikit para orang tua menjadi frustasi untuk mengatasi masalah ini.

Sehingga mau tidak mau untuk membujuk anak supaya biar makan nasi dan sayur itu sering kali dilakukan dengan cara paksaan. Tidak sedikit paksaan dari kita ini membuat anak menjadi nangis.

Hal-hal seperti inilah yang kerap kali terkadang membuat orang tua merasa lelah dan tidak tahu harus melakukan apa agar anak mau makan nasi beserta sayurnya.

Akibatnya...

Anak jadi malas untuk makan nasi dan sayur, jika terus di biarkan maka tentu saja kesehatannya akan bermasalah. Berat badannya juga akan berkurang, selain itu tubuh anak sangat mudah diserang penyakit.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya agar anak bisa makan nasi dan sayur dengan sendirinya. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk terus memaksakan anak supaya mau makan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Agar Anak Mau Makan Nasi dan Sayur


Berikut 8 Cara Agar Anak Mau Makan Nasi dan Sayur Dengan Lahap :


1. Cari tahu penyebabnya dulu

Sebelum melakukan berbagai macam cara, ada baiknya kita sebagai orang tua mereka harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga dengan begitu nanti kita akan mudah mengatasinya.

Coba cari tahu hal-hal apa saja yang selama ini mengganggu aktivitas makannya. Misalnya saja, biasanya ada juga anak yang tidak lagi mau makan itu karena anak sudah sibuk dengan mainannya.

Maka untuk mengatasinya kita harus menyembunyikan terlebih dahulu mainan yang sedang di pegangnya tersebut. Selain itu terkadang gadget atau smartphone juga bisa memberi efek negatif pada anak.

Tidak sedikit kita lihat anak-anak jaman sekarang sudah kecanduan gadget dan smartphone mereka yang selama ini sering di mainkan oleh anak. Maka sebaiknya cari tahu juga apakah ini yang menjadi penyebabnya.

Jika ia, maka silahkan disingkirkan saja sementara terlebih dahulu gadget mereka. Namun tidak semua penyebabnya itu berasal dari luar, karena ada juga anak yang malas makan itu karena kondisi kesehatannya sendiri.

Maka coba cek dulu kesehatan anak...

Dalam segi kesehatan, ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi anak menjadi malas makan nasi dan sayur. Beberapa di antaranya adalah seperti berikut :
- Anak sedang sakit demam
- Anak sedang sakit tenggorokan
- Anak sedang saktit batuk
- Anak sedang mengalami gangguan pencernaan
- Anak sedang mengalami cacingan

Itulah beberapa masalah kesehatan yang bisa membuat anak tidak mau makan sama sekali. Sehingga tidak ada salahnya, jika tiba-tiba anak malas makan maka jangan segan-segan untuk memeriksanya ke dokter.

Karena siapa tahu penyebab anak tidak mau makan selama ini itu adalah karena terganggu dengan kesehatannya sendiri. Sehingga untuk mengembalikan nafsu makan anak maka atasi dulu masalah kesehatannya.


2. Berikan anak penambah nafsu makan

Ada pula penyebab yang paling sering terjadi pada anak sehingga anak jadi malas makan itu karena nafsu makannya sudah berkurang. Nafsu makan yang berkurang ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Namun yang jelas, jika anda melihat tanda-tanda anak tidak mau makan seperti biasanya sedangkan kondisi kesehatannya bagus. Maka bukan tidak mungkin ini semua karena hilangnya nafsu makan pada anak.

Untuk cara mengembalikan nafsu makan anak maka tentu saja kita harus mengakalinya dengan berbagai macam multivitamin yang dapat mengembalikan nafsu makan mereka.

Adapun beberapa multivitamin yang bagus untuk mengembalikan nafsu makan anak adalah sebagai berikut :
- Madu alami asli
- Curcuma plus
- Scotts emulsion
- Vitabumin
- Fitkom
- Vidoran gummy
- Bevita sirup
- Vegeblend 21 Jr

Nah itulah di atasi beberapa multivitamin yang bagus untuk anak supaya nafsu makannya bertambah. Dengan memberikan salah satu multivitamin di atas maka siapa tahu anak sudah mau makan nasi dan sayur lagi.


3. Sajikan nasi dan sayur dengan berbeda

Mungkin anak sudah tahu bahwa rasa nasi dan rasa sayur itu hanya seperti itu-itu saja, selain itu kita juga tidak bisa mengubah rasa nasi dan sayur menjadi rasa lain.

Maka dari itu jika memang kita tidak bisa mengakalinya dari segi rasa, maka akali lah nasi dan sayur dari segi bentuk yang berbeda. Karena anak-anak lebih suka hal-hal baru dari apa yang dilihat oleh matanya.

Meskipun itu hanyalah nasi dan sayur, tapi jika sesekali kita sajikannya dengan berbeda maka pasti anak akan tertarik dan ingin mencobanya. Sebab adapun penyebab anak tidak mau makan itu salah satunya karena mereka bosan.

Bosan dengan bentuk nasi dan sayur yang selalu di lihatnya, namun masalah ini tidak akan terjadi jika kita sering mengubah nasi dan sayur menjadi bentuk yang berbeda.

Misalnya seperti ini :

Kita membuat nasi dengan bentuk bulatan-bulatan kecil yang sudah kita bentuk sebelumnya dengan tangan kita. Pastikan juga saat membentuk nasi menjadi bulat, tangan kita harus bersih dan higenis.

Maka dengan bentuk nasi seperti itu biasanya anak-anak akan penasaran, dan ingin segara mencicipinya. Meskipun terkadang anak tahu bahwa itu adalah nasi, tapi karena bentuknya yang unik maka selera makannya jadi bergairah.

Sayur pun demikian, bila misalnya kita secara asal menyajikan sayur dalam piring anak, maka kini cobalah membentuk sayur dengan bentuk yang lebih unik dan di sukai anak sehingga anak penasaran.

Kita juga bisa menyisipkan sayur kedalam bulatan nasi yang sudah di bentuk tadi, sehingga saat nasi itu di makan maka anak tidak akan menyadarinya bahwa ada isi sayur di dalam nasi yang dibentuk bulat tersebut.

Intinya adalah pintar-pintar kita bagaimana cara membuat nasi lebih dan sayur terlihat lebih seru di piring anak. Tujuannya tidak lain supaya anak tertarik untuk memakannya.


4. Gunakan peralatan makan yang unik khusus anak

Piring adalah benda yang cukup mempengaruhi mood anak saat makan nasi. Jika kita biasanya memberikan makanan kepada anak dengan piring biasa, maka sekarang cobalah untuk ganti tempat makannya tersebut.

Cobalah untuk membeli tempat makan atau piring anak yang lebih keren dan lebih mempunyai karakter seperti bentuk atau gambar kartun. Karena setiap anak rata-rata menyukai karakter kartun ini.

Buatlah tempat makannya itu jauh lebih seru, sehingga tidak membosankan. Selain piringnya kita juga bisa menyediakan sendok serta tempat minumannya yang tentu saja berbeda dari punya kita.

Carilah peralatan makanan anak dengan karakter yang disukainya. Sehingga jika piring, sendok dan tempat minumnya itu lebih unik maka anak-anak akan lebih tertarik.

Terkadang anak tidak ingin makan, apalagi makan nasi dan sayur. Namun karena kedua makanan ini di sajikan dalam tempat yang khusus maka mau tidak mau anak pasti akan mengkonsumsinya.

Kita harus tahu hal-hal seperti ini, karena pada umumnya anak-anak itu cepat sekali bosan. Kebosanan inilah yang sering kali mengganggu niat makan anak.

Jadi peralatan makan unik khusus anak adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan anak saat sedang makan nasi dan sayur. Tidak sedikit orang yang menerapkan cara ini bisa mengembalikan semangat anak saat makan.

Kini giliran anda mencobanya...


5. Ikut terlibat saat anak sedang makan

Salah satu penyebab lain anak menjadi malas dan bahkan tidak mau makan nasi sama sekali adalah itu karena kita sering membiarkan anak makan sendirian. Tanpa ada kita yang seharusnya ada menemaninya makan.

Sehingga aktivitas makannya sering tidak seru dan sangat membosankan. Diantara kita pasti sering melakukan hal seperti ini, kita pasti sering meletakkan nas di atas piring dan memberikan begitu saja kepada anak.

Lalu kita sibuk dengan aktivitas kita sendiri, dan kita jarang sekali menemaninya. Akhirnya kebiasaan makannya mulai menurun, sampai pada akhirnya anak menjadi malas untuk makan.

Masalah seperti ini tentu saja tidak akan terjadi apabila kita sering menemani anak makan setiap hari. Kita bisa memberinya contoh-contoh yang baik bagaimana cara makan yang benar.

Jadi cara ini juga bisa membuat anak mau makan nasi dan sayurnya juga. Maka tentu saja kita harus makan bersama-sama anak. Jangan lupa kita juga harus menyajikan sayur dalam nasi kita.

Tujuannya supaya anak bisa melihatnya dan mencontoh kita makan. Sebab biasanya anak-anak akan merasa ingin makan ketika juga ia sedang melihat kita makan.

Jadi biasakan makan nasi di depan anak supaya hawa nafsu makannya juga timbul karena sudah melihat kita makan dengan lahapnya. Sehingga anak-anak jadi terbiasa makan bersama kita.


6. Ajak anak bermain masak-masakan sebelum mengkonsumsi makanan sungguhan

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak setiap harinya anak-anak terlihat ceria dan lincah. Pasti ada saat-saat dimana terkadang dia merasa jenuh dengan suasana di sekitar.

Sehingga hiburan juga diperlukan terutama di saat kita melihat mood anak sedang kurang bagus. Kita harus pintar-pintar menciptakan suasana yang menyenangkan agar proses makannya tidak terganggu.

Sebelum memberi nasi dan sayur kepada anak maka ada baiknya kita melakukan sebuah permainan kecil yang bisa menghibur hati anak kembali bersemangat. Permaian yang kita ciptakan juga harus berhubungan dengan makanan.

Seperti mengajaknya bermain masak-masakan, dan lalu setelah bermain beberapa menit kemudian barulah kita mengajak anak untuk makan masakan yang sungguhan buatan kita.

Dengan begitu biasanya cara ini cukup membuat anak terpancing merasa lapar dan merasa ingin memakan sesuatu. Itu semua karena suasananya telah berubah, yang sebelumnya membosankan kini jadi seru apalagi untuk makan.

Bermain masak-masakan tentu saja bisa melatih imajinasi anak lebih baik, selain itu selera makannya juga bisa ikut terpengaruh karena anak selalu dihadapkan dengan permainan masakan yang bisa mengundang selera makannya.

Banyak orang yang sudah melakukan cara ini dan berhasil. Namun tidak sedikit pula mereka gagal membujuk anak makan meskipun sudah melakukan cara ini. Tapi tidak ada salahnya kini giliran anda yang mencobanya...


7. Buat menu makanan bervariasi atau berganti-ganti setiap hari

Jangankan anak, kita pasti akan merasa bosan apabila menu makanan yang di sajikan itu cuma begitu-begitu saja setiap hari. Tidak ada variasinya sama sekali.

Misalnya saja, kita hari ini menyediakan menu makanan nasi, sayur dan ikan goreng. Maka besok pun kita menghidangkan makanan seperti itu lagi dan begitupun hari selanjutnya. Maka mana ada yang selera jika makanan yang dihidangkan selalu sama.

Paling tidak minimal 2 hari sekali itu jenis menunya berbeda-beda, misalnya hari ini ikan goreng, maka besok ikan kuah, besoknya lagi ikan panggang. Namun jenis ikannya juga harus di ganti.

Begitupun dengan sayurnya, jangan selalu diberikan sayur yang itu-itu saja. Cobalah ganti sayuran setiap hari yang bervriasi. Kalau nasi, kita bisa membuat nasi goreng, nasi kuning, ataupun nasi gurih sesekali.

Namun yang pasti intinya sayur dan nasi ini selalu ada namun hanya saja cara penyajiannya saja yang harus kita ubah-ubah supaya tidak bosan. Karena seperti yang sudah anda ketahui bahwa anak-anak itu cepat sekali bosan dengan makanan, apalagi itu nasi dan sayur.

Selain itu jika memang kita sering membuat nasi putih saja, maka kita bisa mengakali nasi putih tersebut dengan menambahkan kecap manis atau menaburkan abon di atasnya. Karena biasanya anak-anak lebih tertarik dengan nasi seperti ini.


8. Ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain

Ada saatnya nanti anak akan benar-benar tidak mau memakan nasi sama sekali, meskipun nasi dan menunya sudah kita buat berbeda dan bervariasi tapi tetap saja ada saatnya anak memang tidak mau makan.

Maka sebaiknya anda tidak perlu terlalu khawatir, karena nasi bukanlah satu-satunya makanan pokok yang mempunyai kandungan karbohidrat serta asupan protein untuk pertumbuhan anak.

Jadi setidaknya jika memang anak tidak mau makan nasi maka jangan sampai kita membiarkannya lapar karena kurang karbohidrat. Karena tentu saja ini bisa membuat anak lemas dan jatuh sakit.

Sehingga untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan beberapa jenis makanan lainnya sebagai pengganti nasi agar bisa di berikan kepada anak. Bebeberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
- Roti
- Bubur ayam
- Ubi
- Singkong
- Kentang
- Jagung

Nah, itulah beberapa makanan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi sehingga dapat di berikan kepada anak yang memang benar-benar sedang tidak mau makan nasi atau sayur.


Demikianlah 8 cara agar anak mau makan nasi dan sayur, sehingga pertumbuhan anak tidak akan terganggu serta anak juga akan lebih terbebas dari masalah penyakit akibat kurang asupan nutrisi dari nasi dan sayur.

Selamat mencoba dan semoga sukses....
Newer Post
Older Post