8 Cara Agar Bisa Menabung dengan Rutin

Halo semuanya, pada kesempatan yang sangat berbahagia ini team LapanCara akan membahas tentang bisnis yang di mulai dari kita sendiri yaitu dengan cara menabung.

Ya, menabung adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik apalgi jika di mulai sejak dini. Dengan membiasakan menabung maka uang yang akan kita kumpul semakin lama akan menjadi semakin banyak.

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, mungkin inilah peribahasa yang paling cocok buat anda yang memang ingin menabung demi mencapai sebuah tujuan untuk keperluan suatu saat.

Hampri rata-rata orang yang mempunyai sebuah keinginan itu di mulai dengan cara menabung uang dari sekarang. Sehingga keinginan suatu saat bisa di capainya, namun tidak semua orang melakukan hal ini.

Atau bisa dibilang tidak semua orang gemar dengan namanya menabung, bagi sebagian orang ada yang lebih suka menghabiskan uang secara langsung dari pada harus menabung.

Seperti yang kita ketahui bahwa di kehidupan ini ada orang kaya dan ada pula orang miskin. Kebanyakan faktor yang menyebabkan orang menjadi kaya atau miskin adalah faktor uang.

Kalau bicara soal kaya miskin mungkin sangat erat kaitannya dengan menabung. Ya, hampir rata-rata orang kaya itu semuanya rajin menabung. Karena anda tidak akan bisa kaya jika kebiasaan ini tidak anda lakukan.

Sehebat apapun derajat anda, dan sebesar apapun gaji anda di dunia ini. Bila tidak rajin menabung maka semua itu akan sia-sia. Tidak ada orang kaya yang tidak menabung.

Menabung dengan menghabiskan uang adalah 2 hal yang jauh sekali berbeda. Karena pada kenyataannya, menghabiskan uang itu sangat mudah yaitu semudah membalikkan telapak tangan kita.

Tapi tidak dengan menabung, karena menabung itu membutuhkan kesabaran serta kedisiplinan setiap harinya. Kita bisa miskin dalam sehari apabila kita mempunyai sifat boros yang berlebihan.

Namun untuk menjadi orang kaya membutuhkan waktu yang cukup lama dan butuh kesabaran dan salah satunya itu dengan cara menabung yang rutin. Jadi saya katakan sekali lagi bahwa orang tidak akan bisa kaya kalau tidak menabung.

Pada dasarnya semua manusia itu sama, yaitu miskin semuanya. Hanya orang-orang yang suka menabung saja yang bisa menjadi orang kaya. Jadi kita anggap saja orang kaya itu adalah orang yang suka menabung uang.

Bagaimana dengan anda?

Apakah anda orang yang suka menabung atau tidak? Jika ia, maka lanjutkan lah sifat mulia tersebut. Karena anda adalah tipe orang yang hemat, dan hemat itu merupakan pangkal sebelum kaya.

Harus anda ketahui, kebiasaan menabung ini hampir sebuah sifat. Jadi sifat ini sulit sekali untuk kita ubah. Jika memang orang tersebut mempunyai sifat yang hemat maka sudah pasti dia akan suka menabung.

Tapi...

Bila sifat hemat tidak melekat pada diri kita, maka sudah pasti pula untuk menabung itu sangat sulit dan berat sekali untuk kita lakukan. Tidak semua orang bisa menabung dengan rutin sampai membuahkan hasil.

Jadi orang yang rajin menabung bisa dikatakan orang yang mempunyai sifat hemat. Dan bagi anda yang jarang sekali menabung maka sudah pasti anda tidak mempunyai sifat hemat yang sebenarnya.

Jarang sekali kita lihat orang bisa kaya, jika orang tersebut sering boros terhadap uangnya. Rata-rata orang miskin lebih mempunyai sifat boros ketimbang sifat hemat.

Itulah mengapa orang miskin susah sekali bisa menjadi orang kaya, dan malahan orang kaya malah menjadi semakin kaya. Meskipun ada juga beberapa orang miskin yang hemat.

Orang miskin yang hemat lebih berpotensi menjadi orang kaya jika saatnya sudah tiba, tergantung dari cara bagaimana kita mengolah uang kita tersebut nantinya.

Jadi...

Pembahasan artikel kali ini lebih mengarahkan bagaimana mengubah sifat kita supaya bisa hemat dan rajin menabung sejak dini. Karena seperti yang anda ketahuui bahwa sifat ini sangat sulit untuk di ubah.

Dan bagi anda yang berpotensi menjadi orang kaya atau menjadi lebih kaya lagi dengan cara menabung maka silahkan simak tip-tips di bawah ini.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini...


Cara Agar Bisa Menabung Rutin


Berikut 8 Cara Agar Bisa Menabung dengan Rutin :


1. Pikirkan dulu tujuan kita menabung

Hal pertama sekali sebelum anda bisa sukses menabung adalah dengan cara memikirkan terlebih dahulu tujuan anda untuk menabung. Karena kalau tidak ada tujuan biasanya uang yang anda simpan tidak akan bertahan lama.

Misalnya saja anda menabung dengan tujuan untuk membeli rumah. Maka di kepala kita sudah ada hal ini setiap hari. Sehingga keinginan kita untuk menabung juga akan semakin mantap.

Coba anda bayangkan...

Jika Anda mulai menabung tanpa tujuan, maka untuk apa anda menabung...?
Apa yang ingin anda beli suatu saat...? Sebaiknya tujuan ini sudah anda pikir sebelumnya.

Kenapa saya katakan harus ada tujuan???

Karena kalau tidak ada tujuan maka uang yang sedang kita simpan selama ini itu pasti suatu saat akan digunakan untuk hal-hal yang kurang berguna.

Kita pasti akan berfikir begini :

"Aku akan ambil sedikit uang dari tabunganku ini, lagian tidak ada hal penting yang aku beli. Nanti juga aku bisa tabung lagi."

Nah, hal seperti inilah yang sering kali kita anggap remeh, sehingga uang tabungan sering kita gunakan sendiri dan tanpa kita sadari uang yang kita simpan perlahan akan berkurang sampai habis semuanya.

Banyak orang yang gagal menabung dan berhenti ditengah jalan itu karena mereka sering mengambil uang tabungannya sendiri.

Apa penyebabnya...?

Ya itu karena kita menabung tidak mempunyai tujuan sama sekali, sehingga tidak ada ikatan dalam hati yang melarang kita untuk mengambil uang tabungan kita sendiri.

Beda halnya bila anda menabung dengan sebuah tujuan !!!

Maka aktivitas menabung akan lebih terarah. Sifat hemat juga akan mulai muncul pada diri anda secara perlahan.

Sehingga anda pun akan berusaha keras untuk tidak pernah mengambil uang dari tabungan apapun yang terjadi demi tujuan yang akan anda capai.

Intinya adalah menabung dengan sebuah tujuan akan lebih terarah dan lebih memantapkan fokus kita saat menabung ketimbang menabung tanpa tujuan.


2. Niat menabung harus benar-benar kuat

Hal kedua sebelum anda mulai menabung adalah pastikan dalam hati sudah ada niat yang kuat. Tanpa niat yang kuat maka usaha menabung anda nantinya akan berhenti di tengah jalan juga.

Tidak percaya? Anda harus percaya hal ini!!!

Segala sesuatu yang positif sebaiknya dimulai dengan niat yang besar. Jika hati sudah yakin maka besar kemungkinan niat kita juga akan terpenuhi nantinya.

Tapi masalahnya terkadang niat tidak sesuai dengan harapan, ya itu karena niat kita selama ini masih belum mantap. Atau bisa dikatakan masih ada keraguan dalam hati kita.

Ingat : Bahwa modal utama sukses itu di awali dengan niat...

Jangan pernah goyah, dan jangan pernah untuk memikirkan bahwa uang yang sedang anda tabung akan anda ambil kembali.

Buat janjilah pada diri sendiri, sesanting apapun keadaan yang akan anda alami kedepannya jangan pernah mengambil uang dari tabungan anda, kecuali memang terjadi hal yang sangat mendesak.

Untuk apa menabung dengan tujuan jika niat dalam hati untuk menabung masih tidak serius. Orang yang sudah benar-benar memiliki niat itu sudah pasti serius.

Banyak orang yang sudah sukses itu karena rata-rata di awali dengan sebuah niat. Tanpa niat kita tidak akan semangat untuk melakukan sesuatu, begitpun dengan menabung...


3. Harus yakin saat menabung

Selain niat yang kuat, kita juga harus benar-benar yakin dengan hasil tabungan kita suatu saat. Yakinlah, bahwa tabungan kita suatu saat akan mewujudkan keinginan kita

Banyak sekali orang yang meremehkan dirinya sendiri dengan merasa tidak yakin bahwa tabungannya tersebut tidak akan bisa cukup untuk membeli apa yang diinginkannya.

Kita tidak perlu demikan...

Hal yang harus kita lakukan adalah teruslah menabung dan yakin bahwa tabungan kita nantinya bisa memenuhi keinginan kita. Misalnya saja kita ingin menabung untuk membeli mobil maka lakukanlah.

Meskipun uang yang kita simpan itu rata-rata sedikit nominalnya dan mustahil jika di ingat-ingat bisa digunakan untuk membeli mobil sesuai dengan keinginan kita.

Maka berhentilah berfikir demikan...Kenapa?

Orang-orang yang terlalu banyak berfikir lah yang sering kali gagal, dan justru orang yang sering mencoba yang malah sering berhasil.

Kita sibuk memikirkan hal-hal yang tidak mungkin, tapi orang lain sudah memulainya sejak lama. Maka jangan heran apabila nanti kita akan melihat orang tersebut lebih cepat kaya dari kita.

Malah orang yang sudah kaya tadi sampai saat ini kita juga masih berfikir kenapa dia bisa kaya... Dan begitulah seterusnya sampai anda tua.

Intinya kita hanya sibuk memikirkan orang lain, sehingga kita selalu berada di belakang. Orang-orang seperti inilah yang sering kali gagal di kehidupannya itu semua karena anda terlalu banyak berfikir.

Jadi berhentilah berfikir apa yang mustahil, mulailah menabung dari sekarang meskipun jumlah uang nomninal yang kita tabung tidak seberapa setiap harinya tapi hal ini akan terus membuat anda selangkah lebih maju dari orang lain yang sedang berfikir-fikir seperti kita sebelumnya.

Tugas kita hanyalah yakin, karena tidak ada satu hambatan apapun yang bisa menghalangi orang yang sedang yakin, apalagi keyakinannya itu kuat...!!!

Lagipula roda pasti berputar, begitupan dengan rejeki kita setiap harinya. Akan pasti ada dimana suatu saat rejeki kita sedang banyak. Dan pada saat-saat itulah kita bisa menabung dengan nominal yang cukup besar juga dari biasanya.


4. Konsisten dalam menabung setiap hari

Apa itu konsisten? Konsisten adalah segala hal yang dilakukan secara rutin dan tidak pernah berhenti sampai tujuan benar-benar bisa tercapai. Itulah yang disebut dengan konsisten.

Tanpa konsisten kita tidak bisa mencapai keinginan dalam waktu yang singkat. Meskipun tercapai, itu membutuhkan kesabaran tingkat tinggi supaya keinginan kita itu bisa tercapai.

Begitu juga dengan menabung, hal yang perlu kita terapkan di dalam diri kita yaitu sebuah konsisten. Apapun keinginan kita jika sesuatu yang kita kerjakan itu dilakukan dengan konsisten maka sudah pasti akan memberikan hasil.

Contoh orang tidak konsisten menabung uang :

Banyak sekali orang yang gagal menabung itu karena mereka melakukannya setengah-setengah, jika ada uang lebih saja barulah di tabung, kalau tidak ada maka tidak menabung.

Begitulah kira-kira contoh orang yang tidak konsisten saat menabung. Intinya kita menabung tidak setiap hari. Hanya sesekali saja ketika sedang banyak rejeki.

Contoh orang yang konsisten saat menabung :

Bagi sebagian orang menabung adalah hal yang penting dan harus dilakukan setiap hari. Meskipun sedang tidak punya uang, biasanya orang yang konsisten akan berusaha mencari uang agar bisa menabung.

Meskipun uang yang kita tabung hanya sedikit, tapi akan lebih baik apabila menabung di lakukan setiap hari. Walaupun itu hanya seribu rupiah saja, tapi orang-orang seperti inilah yang lebih sukses nantinya.

Kesimpulannya adalah...

Usahakan sisakan uang untuk menabung setiap hari tanpa berhenti walaupun itu hanya seribu rupiah.

Jika kebiasaan konsisten sering kita biasakan pada diri kita, maka secara perlahan itu akan merubah sifat kita menjadi orang yang lebih bertanggung jawab dan hasil tabungan kita juga akan lebih memuaskan.


5. Tetapkan nominal uang yang akan di tabung setiap harinya

Terkadang orang yang gagal menabung itu bisa juga disebabkan oleh jumlah nominal yang di tabungnya setiap hari itu tidak tetap.

Misalnya begini :

Pendapatan kita sehari 100 ribu lalu kita menyisihkannya untuk tabungan 10 ribu rupiah untuk hari ini. Lalu keesokannya kita menabung 5 ribu rupiah, dan lusa kita menabung 7 ribu rupiah.

Begitulah di hari-hari selanjutnya, tidak ada kepastian yang benar-benar pasti berapa nominal yang akan kita tabung. Sehingga saat menabung kita sering spele dan akhirnya pada suatu hari kita tidak menabung sama sekali.

Kita akan menganggap tabungan hanya sekedar tempat menyisihkan uang saja, sehingga cara kita menabung juga tidak lagi konsisten. Atau di hanya lakukan sesuka hati kita.

Tapi...

Beda halnya jika kita menetapkan sebuah nominal... Mungkin masalah di atas tidak akan pernah kita alami saat kita menabung.

Karena dengan menetapkan sebuah nominal itu biasanya kita sudah mempunyai beban di kepala kita. Sehingga cara kita menabung pun akan lebih serius.

Jadi apa yang harus kita lakukan?

Kita hanya perlu membuat sebuah perjanjian pada diri sendiri bahwa kita akan menabung misalnya 10 ribu setiap hari tanpa kurang sedikit pun.

Dengan melakukan cara ini maka otak kita akan bereaksi dengan sendirinya, sehingga kita lebih mempunyai sebuah beban penting yang akan kita ingat setiap hari.

Itu semua karena kita sudah menetapkan nominal untuk kita menabung, jadi secara otomatis seperti ada tugas atau tanggung jawab yang muncul pada diri kita dengan sendirinya.

Hal ini lebih mirip seperti niat dalam hati, jika sudah kita berniat maka setiap hari kita akan mengingatnya.

Beda dengan cara kita menabung yang asal-asalan sesuka hati kita... karena cara seperti itu akan membuat kita kurang konsisten dan seperti tidak ada beban saat menabung sehingga kita sering lupa untuk menabung dan bahkan kita akan bolos untuk menabung.

Maka dari itu agar kita bisa menabung dengan rutin, maka kita harus menetapkan nominal berapa yang harus di tabung setiap harinya. Sehingga dengan melakukan cara ini otomatis kita lebih rajin menabung.

Kalau anda tidak percaya, silahkan buktikan sendiri dan rasakan perbedaan sensasinya yang mana bisa membuat anda lebih semangat untuk menabung uang!!!


6. Buatlah sebuah konsep saat kita menabung

Percaya atau tidak, jika setiap uang yang akan kita tabung itu kita tulis di buku atau catatan maka bisa meningkatkan semangat menabung kita.

Tidak percaya? Sama...!!!

Awalnya juga saya tidak percaya. Tapi, setelah mencobanya sendiri ternyata sensasi yang saya rasakan benar-benar berbeda. Saya merasakan bahwa saya sedang menjadi orang yang bermanfaat saat ini.

Dengan menulis konsep tabungan yang setiap hari saya lakukan, itu bisa membuat saya jauh lebih menjadi orang yang punya harga diri dan punya kebanggaan sendiri.

Sangat berbeda sekali yang menabung secara asal-asalan dan sembarangan tanpa konsep yang kita tulis. Kita lebih kurang memikirkan tabungan yang sedang kita lakukan di bandingkan kita tulis di konsep.

Menulis jumlah atau berapa sudah nominal uang yang kita tabung setiap harinya juga bisa membuat kita lebih bersemangat untuk menabung secara rutin.

Selain itu kita juga bisa mengetahui berapa sudah uang yang kita tabung, dengan demikian kita tidak akan penasaran dan tidak perlu harus membuka tabungan kita.

Apalagi jika kita menabung di celengan, tentu saja kita selalu penasaran dengan jumlah uang yang sudah kita tabung selama ini. Dan tidak sedikit orang yang gagal menabung itu karena mereka membuka celengannya sendiri dengan alasan penasaran.

Alhasil uang belum penuh malah sudah di gunakan karena sudah tergiur melihat jumlah uang yang di kiranya sudah cukup banyak. Sehingga akhirnya impian kita untuk membeli sesuatu yang kita idamkan sebelumnya jadi malah membeli sesuatu yang lain.

Tapi hal ini tidak akan terjadi jika kita mempunyai sebuah konsep yang sudah kita tulis di kertas sebelumnya. Kita akan tahu bahwa uang yang kita tabung selama ini masih belum cukup untuk mewujudkan keinginan kita, sehingga kita lanjut menabung.


7. Sediakan tabungan lebih dari satu

Mungkin cara ini adalah cara yang paling jarang di ketahui oleh orang-orang pada umumnya, yaitu dengan menabung lebih dari satu.

Seperti yang kita ketahui rata-rata orang menabung itu hanya menggunakan satu tabungan saja. Dan harapan kita semuanya ada ditabungan tersebut pastinya.

Tapi tidak bagi anda yang mempunyai ide yang cerdas... Seperti dengan cara menabung yang satu ini.

Ya, kita harus mempunyai sebuah tabungan yang lebih dari satu. Sebaiknya cara ini perlu anda terapkan sejak dini. Mengapa saya katakan demikian?

Karena...

Memiliki dua tabungan berpotensi lebih besar dalam mewujudkan keinginan anda selama ini. Jika di pikir secara logika memang benar, karena jelas-jelas kita ada 2 tabungan, bukankah begitu?

Tapi tujuan sebenarnya adalah...

Tabungan yang pertama bisa saja mengalami gangguan mendadak jika suatu saat ada hal-hal yang mendesak yang mengharuskan kita untuk mengambil atau menggunakan uang tabungan kita.

Sehingga kita mempunyai tabungan kedua yang bisa menyelamatkan kita dari kesusahan dan impian kita juga tidak akan sirna begitu saja. Kita masih punya harapan untuk mewujudkan keinginan kita selama ini.

Asalkan...

Asalkan tabungan kedua ini harus benar-benar bersifat mati atau anggap saja tabungan kedua ini tidak bisa kita ambil uangnya. Jadi seakan-akan anda mempunyai tabungan yang terkunc secara permanen.

Jadikan tabungan kedua ini menjadi tabungan prioritas anda, jika perlu buatlah sebuah nama pada tabungan kedua ini dengan nama tabungan permanen. Dengan begitu anda mempunyai 2 tabungan yang sama-sama memiliki tujuan penting yang sama.

Jadi pernahkah anda berfikir untuk membuat 2 buat tabungan...?

Namun tentu saja tabungan pertama dan kedua harus sama-sama adil anda sisihhkan uang di dalamnya. Tapi ingaty, tabungan pertama hanya untuk berjaga-jaga saja jika ada hal-hal yang mendesak.

Bukan berarti kita bisa bebas mengambil uang di tabungan pertama kita. Kita harus perlakukan tabungan pertama itu sama dengan tabungan kedua. Hanya saja tabungan kedua ini yang harus anda buat benar-benar untuk masa depan anda.

Dengan begitu, jika kedua tabungan sudah penuh anda bisa mengambil uang dari tabungan pertama untuk membeli keinginan anda selama ini tanpa harus mengganggu tabungan kedua.

Jadi kesimpulannya impian terpenuhi, tabungan masih ada... Bukankan cara ini lebih menarik untuk kita mulai menabung?

Namun tentu saja uang yang kita tabung sudah pasti harus 2 kali lipat dari biasanya yang kita sisihkan. Tapi tentu saja bukan masalah bagi kita yang memiliki niat serta keyakinan menabung yang kuat.


8. Jarang keluar rumah bisa lebih menghemat uang

Menabung uang berati sama saja kita juga harus menahan godaan dari berbagai macam hal-hal mulai dari membeli barang maupun membeli makanan.

Tidak sedikit juga orang yang menggunakan uang tabungannya untuk membelanjakan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Padahal sebenarnya kita tidak mempunyai pikiran sama sekali untuk membeli barang tersebut, tapi karena kita sudah terlajur melihatnya dan menarik perhatian kita maka terpaksa kita membelinya.

Ada juga beberapa kasus lain... Misalnya begini :

Karena kita sudah terbiasa keluar rumah, maka teman-teman kita juga sudah pasti sering mengajak kita keluar untuk makan-makan atau shopping. Sehingga mau tidak mau saat uang kita tidak cukup maka kita pasti akan menggunakan tabungan kita bukan?

Selain itu apalagi jika kita sering keluar rumah menggunakan kendaraan, maka sudah pasti kita harus mengisi minyak pada kendaraan kita tersebut.

Maka hal-hal inilah yang sering kali tanpa kita sadari bisa menghabiskan uang kita. Ada baiknya kita untuk tidak keluar rumah jika memang tidak ada hal yang penting dan bermanfaat bagi kita.

Namun bukan berarti kita tidak boleh keluar rumah saat kita sedang menabung, tapi hanya saja kurangi kebiasaan tersebut apabila memang tidak ada hal-hal penting yang mengharuskan kita untuk keluar rumah.

Cara ini pernah saya lakukan secara pribadi, dan memang benar-benar dapat menghemat uang kita dari kebiasaan kita selama ini. Apalagi jika kita tipe orang yang boros. Maka sudah pasti nanti ada saja yang kita beli diluar.


Nah, itulah 8 cara menabung supaya rutin yang bisa anda coba. Jika cara-cara di atas sudah anda terapkan dalam diri anda, maka bukan tidak mungkin juga jika suatu saat kita bisa menjadi orang kaya karena rutin menabung.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post