8 Cara Agar Dagangan Laris Terus Banyak Pembeli

Berdagang artinya melakukan sebuah transaksi dengan cara memperjual belikan barang yang dimiliki kepada orang lain, semata-mata berguna untuk memperoleh keuntungan untuk dirinya sendiri.

Pada umumnya ada 2 jenis cara orang berdagang, yaitu pertama berdagang secara grosir dan yang kedua berdagang secara eceran. Dari kedua jenis cara berdagang ini maka berdagang secara eceran adalah hal yang paling sering kita lihat.

Hampir rata-rata di lingkungan sekitar kita orang-orang sudah banyak yang melakukan usaha berdagang. Seperti yang kita katakan di atas, tujuan berdagang tidak lain hanyalah untuk mendapatkan keuntungan.

Di jaman sekarang ini banyak sekali orang berdagang menggunakan sistem-sistem yang cerdas. Mungkin berbagai cara telah mereka terapkan supaya dagangannya tersebut cepat laris.

Namun tidak sedikit pula banyak orang yang gagal dalam menjalani bisnis dagangannya. Karena seperti yang kita tahu bahwa memang rezeki setiap orang masing-masing sudah di atur.

Tapi bukan berarti kita hanya duduk manis saja melihat dagangan kita susah sekali laku. Tentu saja ada berbagai usaha atau upaya yang bisa kita lakukan supaya dagangan kita bisa terus laris.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang yang berdangan itu bermacam-macam, tidak semua orang berdagang barang yang sama. Misalnya ada yang berjualan pakaian, ada yang berjualan sembako dan lain-lain sebagainya.

Kami juga tidak tahu secara pasti apa yang anda dagangkan, namun yang jelas ketika anda membaca situs ini pasti anda sedang mencari cara bagaimana supaya dagangan cepat laku.

Sehingga, apapun yang anda dagangkan di luar sana maka sebaiknya terapkanlah beberapa cara di bawah ini supaya dagangan anda benar-benar laris. Tidak peduli apapun yang anda jual.

Yang terpenting cara-cara yang anda baca di situs ini mungkin salah satunya bisa membuka inspirasi anda dalam berdagang. Tujuannya tetap sama yaitu supaya dagangan bisa laku dengan mudah.

Kuncinya adalah : Cari tempat berdagang yang strategis !

Hal pertama sebelum anda memulai berdagang agar bisa laku keras dan menjadikan anda sukses adalah dengan memilih tempat untuk berdagang. Tempat berdagang sangat besar pengaruhnya terhadap pembeli.

Karena bila kita salah memilih tempat sebelum berdagang itu bisa beresiko kepada dagangan kita kedepannya. Oleh sebab itu pastikan sebelum memulai kita sudah mempunyai tempat yang strategis untuk berdagang.

Bagaimana yang di maksud tempat yang strategis?

Tempat yang strategis adalah tempat di mana kita akan membuka sebuah lapak dengan banyak orang disekitarnya. Selain itu tempat dagangan juga mudah untuk di lalui, baik dengan jalan kaki maupun dengan kendaraan.

Selain itu tempat yang strategis juga termasuk tempat yang paling sering di lewati oleh orang-orang. Atau juga orang-orang banyak berkumpul di sekitar tempat tersebut.

Disini saya akan memberikan 5 contoh tempat-tempat yang strategis. Sehingga dimana pengunjung yang biasanya sepi, kini anda bisa mengalami kebanjiran pengunjung atau pembeli.

Dan ditambah 3 contoh teknik berdagang moderen yang selama ini banyak sudah orang lakukan dan terbukti benar-benar bisa membuat dagangan bisa cepat laris.


Jadi perhatikan nomor 1 sampai dengan nomor 5 di bawah ini, karena itu adalah tempat-tempat berdagang yang ramai pembeli. Dan perhatikan nomor 6, 7 dan nomor 8 karena itu adalah cara trik supaya lebih banyak pembeli. Sehingga total keseluruhan caranya ada 8 cara.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Agar Dagangan Laris Terus


Berikut 8 Cara Agar Dagangan Laris Terus Banyak Pembeli :


1. Berdagang di sudut-sudut jalan

Di sudut-sudut jalan adalah tempat yang bagus untuk mulai membuka bisnis dagangan, karena biasanya tempat seperti itu lebih menonjol dan mudah dilihat serta mudah untuk ditemukan.

Tidak peduli dengan meskipun itu adalah tempat yang jarang di kunjungi atau meskipun itu adalah tempat perdesaan sesuai dengan tempat tinggal anda saat ini.

Akan tetapi jika kita lebih fokus untuk membuka dagangan di sudur dekat jalan maka bukan tidak mungkin banyak orang yang akan mampir di tempat usaha dagangan anda ketimbang berjualan di tempat-tempat tertutup ataupun disamping jalan yang lurus.

Sudut jalan lebih menonjol keberadaannya, karena pada sudut jalan seperti pada belokan itu rata-rata orang yang melintasi jalan tersebut dengan kendaraan biasanya akan melakukan pengereman.

Sehingga saat pengereman tersebut tidak sedikit perhatian orang akan menengok ke kanan atau kekiri, yang tidak sengaja perhatian orang juga akan beralih ke lapak kita.

Itulah mengapa alasan sudut-sudut jalan menjadi tempat favorit bagi orang-orang yang ingin berdagang. Itu karena biasanya mereka sudah tahu kalau sudut jalan dagangan lebih cepat laris dari pada berjualan di depan jalan yang lurus saja.


2. Berdagang di sekitar rumah sakit

Rumah sakit adalah tempat di mana orang-orang 24 jam penuh selalu ada pasien yang mengunjungi. Tamu-tamu dari pasien tersebutlah yang biasanya akan datang ke toko atau kios kita untuk membeli dagangan kita.

Apapun yang kita jual biasanya area di sekitar rumah sakit selalu ramai oleh pembeli. Itu semua karena memang disekitar tempat tersebut selalu ramai oleh orang-orang yang berdatangan.

Selain itu di tambah lagi dengan orang-orang yang melintas di sekitar area rumah sakit, maka bukan tidak mungkin dagangan kita itu bisa cepat laku dan laris terjual.

Tak heran apabila kita sering melihat orang-orang banyak yang menyewa lapak atau membeli lapak di sekitar rumah sakit. Namun tentu saja itu semua tergantung dari tersedia atau tidaknya lokasi yang ingin kita buka usaha.

Dan selain itu mengingat rumah sakit juga biasa 24 jam penuh selalu ada orang, maka kita juga bisa berdagang 24 jam agar hasil laku dagangan lebih maksimal.

Namun tentu saja kita tidak bisa melakukannya sendirian, harus ada teman pengganti atau orang lain yang menggantikan kita untuk berjaga dagangan kita seharian. Sehingga kita bisa beristirahat secara bergantian waktu.


3. Berdagang di sekitar terminal

Terminal adalah dimana tempat turun atau naiknya penumpang baik itu berpergian ataupun pulang dari suatu tempat. Nah, disinilah keuntungan para pedagang yang membuka lapak di sekitarnya. Apalagi rata-rata terminal berfungsi 24 jam sama seperti rumah sakit.

Hampir rata-rata kita lihat d area sekitar terminal itu pasti ada saja orang yang berjualan disana. Itu karena juga mereka sudah tahu, bahwa area ini adalah area yang sangat strategis untuk berjualan.

Itulah mengapa tidak heran apabila tempat kita jualan saat ini mungkin sangat sepi dari pembeli, ya tentu saja kita jauh dari masyarakat. Oleh sebab itu carilah tempat-tempat yang ramai di kunjungi seperti di sekitar area terminal ini.

Dengan begitu apapun yang kamu dagangkan biasanya akan lebih mudah laku terjual. Buktinya sudah banyak orang yang sukses yaitu hanya berdagang di area ini, meskipun apa yang di dagangnya itu hanyalah sebuah usaha kecil-kecilan saja.

Tapi tetap saja, untuk mendapatkan area di sekitar terminal biasanya sangat sulit. Karena pada umumnya sudah banyak yang terpakai, namun tidak ada salahnya anda mencoba sebab siapa tahu masih ada lowongan buat lapak baru anda disana.


4. Berdagang di sekitar area yang luas parkir

Tempat parkir juga harus kita perhatikan, apalagi jika tempat berdagang yang kita lakukan itu di samping jalan. Orang banyak berhenti di tempat-tempat yang bisa pas untuk kendaraannya. Salah satunya adalah area yang luas akan tempat parkirnya.

Tempat parkir yang sempit biasanya akan sulit untuk kendaraan berhenti, khususnya bagi anda yang suka berdagang di samping jalan. Maka carilah tempat atau lapak yang agak luas area parkirnya.

Karena seperti yang kita ketahui, jaman sekarang orang-orang sudah banyak yang menggunakan kendaraan. Jadi kita harus mengutamakan pengendara kendaraan agar bisa mampir ketempat dagangan kita.

Selain itu saingan berjualan di pinggir jalan juga cukup berat, terkadang toko atau lapak kita bisa saja lebih besar dari saingan kita. Tapi pembeli malah banyak yang datang ketempat saingan kita tersebut.

Ya, itu semua mungkin ada pengaruhnya dengan area parkir atau tempat berhenti mobil maupun sepeda motor. Sehingga orang-orang lebih banyak membeli di tempat sederhana tersebut ketimbang ke lapak kita yang besar tapi tempat parkirnya sempit.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika memang sudah terlanjur membuka lapak di pinggir jalan yang area parkirnya sempit, maka perbaikilah area parkir anda tersebut.

Dengan begitu siapa tau cara ini bisa mendatangkan pembeli-pembeli baru selain pejalan kaki, khususnya orang yang menggunakan kendaraan saat datang ke dagangan kita.


5. Berdagang di sekitar pasar

Pasar adalah pusat pembelanjaan terutama bagi para ibu-ibu. Pasar sudah pasti ramai dikunjungi oleh masyarakat, karena biasanya segala kebutuhan rumah tangga ada di sana. Mengapa kita tidak mencoba bergabung di sana juga?

Seperti yang kita ketahui bahwa terkadang lokasi atau tempat untuk berjualan itu biasanya terbatas. Mungkin selama ini kita hanya berjualan di sekitar rumah saja.

Sehingga mau tidak mau kita harus menunggu pembeli yang datang ketempat dagangan kita. Bagi sebagian orang ini bukanlah sebuah masalah, tapi bagaimana bagi anda yang memang kebetulan tempat disekitar anda benar-benar sepi?

Sampai kapan kita harus menunggu pembeli yang hanya segitu-gitu saja? Sehingga tidak ada peningkatan sama sekali dari hasil dagangan kita. Maka dari itu kenapa kita mendatangi saja pembeli tersebut?

Bukankah mendatangi pembeli lebih bagus dari pada menunggu pembeli? Oleh sebab itu berdagang di pasar adalah jawaban terbaiknya. Akan tetapi tetap saja, kita harus pintar-pintar mencari lapak di pasar.

Karena rata-rata memang tempat di pasar itu sudah penuh dan padat, namun kita juga harus memperhatikan apa yang kita jual. Jika memang kita menjual sembako maka sebaiknya berjualan di dekat orang jual sembako.

Begitupun sebaliknya, jika memang kita berdagang pakain maka jangan sampai kita membuka lapak di samping orang jual ikan. Pastikan kita menyamai dagangan kita dengan yang lainnya. Karena biasanya pembeli akan lebih suka membeli sesuatu di tempat-tempat yang serupa.


6. Membuat website toko online sendiri

Di jaman yang serba canggih saat ini, tidak sedikit orang-orang yang memanfaatkan internet untuk menciptakan sebuah website yang berbasis toko online.

Sehingga dengan cara ini kita tetap bisa berdagang meskipun kita tidak mempunyai tempat ataupun lapak sama sekali saat berdagang. Jadi bagi anda yang tidak mempunyai dana lebih untuk membangun toko atau menyewa lapak maka bisa menerapkan cara ini.

Yaitu dengan cara membuat toko online pribadi sendiri. Karena sudah terbukti banyak kisah-kisah sukses dari para pedagang yang memulai usahanya dari toko online.

Tugas kita hanyalah membuat website, contoh website toko online itu seperti tokopedia, shoope, bukalapak dan lain-lain sebagainya. Namun kita tidak perlu membuat yang seperti mereka.

Cukup buat yang sederhana saja, jika memang anda tidak ahli dalam membuat website toko online maka bisa meminta orang lain untuk benar-benar mengerti tentang website untuk bisa membuatnya.

Jika memang anda tidak bisa menemukan orang yang tepat untuk membuat toko online milik anda, maka kebetulan saya dari situs LapanCara ini bisa membantu anda untuk membuat website toko online.

Caranya cukup hubungi saya di halaman ini : Contact

Jangan lupa tulis nama, email dan ketik pesan anda di halaman tersebut. Silahkan anda tanyakan apa saja termasuk cara membuat website toko online. Maka saya akan siap membantu anda.


7. Memanfaatkan teman-teman sosial media

Sekarang sosial media bukan hanya ajang untuk mentenarkan diri ataupun hanya sebagai mencari teman saja. Karena di sosial media kamu bisa lebih cerdas lagi yaitu berdagang.

Salah satu contoh sosial media saat ini yang paling banyak di gunakan oleh orang-orang adalah facebook, twitter, instagram, dan whatsapp. Dengan 4 sosial media ini kamu bisa juga bejualan di sana. Apalagi jika sosial media kamu sudah banyak temannya.

Maka sudah pasti dagangan kamu juga akan lebih cepat di ketahui dan secara otomatis juga akan lebih cepat laris disana. Namun tentu saja, karena sosial media ini berbasis online maka kamu harus mempersiapkan atm pribadi untuk mempermudah proses transaksi.

Dan selain itu jika ada pembeli yang jauh tempat tinggalnya, maka cara alternatifnya adalah dengan mengirim barang tersebut melalui jasa pengirim seperti JNE dan sebagainya. Namun untuk cara mempromosikan dagangan kepada teman-teman yang ada di media sosial maka tentu saja dagangan kita harus di potret atau di foto satu persatu.

Jangan lupa tulis rincian setiap barang yang kita foto seperti harga dan sisa stock, sebelum di unggah di sosial media. Sehingga teman-teman yang melihat sosial media kita akan lebih mengerti dan tertarik untuk membelinya.

Jadi cara ini memang cukup pantas untuk anda terapkan, meskipun anda tidak mempunyai lapak atau tempat khusus saat berdagang. Karena dengan memanfaatkan sosial media saja kini kita sudah bisa berdagang.


8. Beriklan atau promosi di internet

Salah satu cara paling cepat dan paling efektif untuk melariskan dagangan di jaman saat ini adalah dengan mempromosikannya di internet. Atau dengan kata lain dagangan kita itu kita iklankan.

Namun cara ini berbayar, karena tidak gratis. Adapun cara beriklan di internet saat ini yang paling banyak di gunakan dan paling populer adalah melalui Google Ads dan Facebook Ads.

keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mempromosikan bisnis anda, kamu juga bisa memanfaatkan google ads atau facebok ads dengan mempromosikan website atau toko online kamu.

Sehingga cara ini memang benar-benar sangat ampuh sekaligus sangat cepat supaya bisa dagangan kita cepat laku. Selain itu kita juga bisa seting pengunjungnya lebih tertarget sesuai daerah yang kita tentukan.

Misalnya saja, kita lebih menargetkan pengunjung yang ada disekitar tempat tinggal kita. Maka di google ads dan facebook ads bisa melakukan hal tersebut, namun seperti yang saya katakan bahwa ini membutuhkan modal untuk bisa mempromosikan dagangan anda.

Setahu saya, modal untuk mempromosikan bisnis di google ads dan facebook ads tidaklah terlalu mahal. Masih terjangkau, dan yang terpenting keuntungn bagi kita sangaty memuaskan.

Jika anda tertarik maka silahkan kunjungi Google ads, atau facebook ads sesuai keinginan anda. Dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu, jika anda tidak mengerti cara mempromosikannya maka silahkan cari informasinya di google. Karena caranya sudah banyak yang menjelaskan tentang cara ini.


Kesimpulan :

Demikianlah 8 cara agar dagangan laris terus yang bisa kita lakukan. Dengan memanfaatkan salah satu cara di atas maka bukan tidak mungkin dagangan anda bisa laku dengan cepat dan banyak pembeli.

Langkah terakhir kita hanya perlu sabar dan berdoa supaya dagangan kita bisa benar-benar habis terjual. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan salah satu cara diatas ada yang bisa menjadi inspirasi buat anda.

Selalu ingat untuk menjadi orang yang ramah dalam berdagang, karena keramahan kita pula juga bisa ikut mempengaruhi orang-orang yang ingin membeli dagangan kita.

Semoga sukses...
Newer Post
Older Post