8 Cara Agar Flu Cepat Sembuh Secara Alami

Flu adalah istilah kedokteran yang mana penyakit ini lebih sering kita kenal dengan sebutan pilek. Namun jangan salah, karena flu bisa juga termasuk bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Namun pilek juga sudah termasauk dalam kategori tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit yang satu ini memang tidak ada habis-habisnya. Meskipun sudah sembuh maka flu bisa kembali menyerang kita lagi.

Siapa saja bisa mengalami flu ini, dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak ada satu orang pun yang tidak pernah merasakan penyakit flu. Sebenarnya apa penyebab penyakit ini?

Tentu saja ada banyak sekali faktor-faktor yang bisa membuat flu selalu kapan saja bisa menyerang kita. Mulai dari faktor cuaca dan lain-lain. Namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa flu ini disebabkan oleh virus atau bakteri.

Nah, virus atau bakteri inilah yang menjadi faktor utama kenapa kita bisa selalu setiap saat mengalami flu. Maka dari itu supaya bisa terhindar dari penyakit flu tentu saja kita harus menghindari virus atau bakterinya.

Karena virus inilah yang menyerang tubuh kita jadi memicu timbulnya flu. Selain itu, flu juga bisa menyebabkan komplikasi penyakit-penyakit lainnya diantaranya adalah sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk.

Sehingga disaat kita terkena penyakit flu, maka tidak sedikit dari kita yang sering sekali batuk-batuk dan bahkan sakit kepala. Jadi penyakit ini juga cukup merepotkan.

Ini semua karena virus dan bakteri terutama pada hidung kita telah menyebar melalui saluran kerongkongan dan bahkan naik menuju kepala. Jadi tidak heran apabila penyakit ini cukup menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Oke, untuk anda yang sedang mengalami flu maka tentu saja harus cepat di obati. Karena semakin lama di biarkan biasanya akan semakin parah, dimana selain bisa sakit kepala cairan lendir akibat flu ini kerap sekali menyebabkan batuk berdahak.

Dan seperti yang kita ketahui juga, karena flu sering kali menyerang maka akan sering pula kita mengatasinya dengan cara meminum obat. Meskipun kita tahu terkadang efek obat tidak bagus untuk kesehatan kita, apalagi jika sering kita konsumsi.

Oleh sebab itu alangkah baiknya kita mengatasi flu menggunakan cara-cara alami saja. Karena jenis penyakit ini tidak terlalu seriu, maka sebaiknya kita jangan terlalu sering minum obat.

Ada beberapa cara-cara alami yang bisa kita terapkan untuk bisa menyembuhkan flu dengan mudah. Sehingga meskipun kita sering terserang flu paling tidak menggunakan cara alami bisa mengurangi bahaya dari efek samping obat yang sering kita konsumsi tersebut.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara mengatasi flu dengan mudah secara alami maka silahkan simak tips di bawah ini...


Cara Agar Flu Cepat Sembuh Secara Alami


Berikut 8 Cara Agar Flu Cepat Sembuh Secara Alami :


1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Seperti yang kita ketahui bahwa flu disebabkan oleh virus maupun bakteri yang menyerang kita, jadi kenapa kita tidak berpikir bahwa selama ini sistem kekebalan tubuh kita yang kurang?

Ya, sistem kekebalan tubuh adalah salah satu penyebab yang sangat mempengaruhi virus ataupun bakteri yang dengan mudah menyerang tubuh kita.

Kurangnya sistem kekebalan tubuh akan secara otomatis menjadi pintu masuk buat virus atau bakteri dalam tubuh kita. Jadi virus atau bakteri ini bisa dengan mudah merusak sel-sel kesahatan kita.

Salah satu efek yang terjadi adalah kita dapat dengan mudah mengalami flu. Tanpa sistem kekebalan tubuh ini maka sudah pasti kita akan terus diserang oleh virus dan bakteri tersebut.

Lalu bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Tentu saja salah satunya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Karena jenis vitamin inilah yang bisa menebalkan dinding kekebalan tubuh kita terhadap serangan-serangan penyakit dari virus atau bakteri.

Karena siapa tahu selama ini tanpa kita sadari tubuh kita sudah kurang sistem kekebalan tubuh. Sehingga salah satu cara untuk mengatasinya yang paling ampuh adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin C.

Saat tubuh anda kebal akan virus atau bakteri maka saat itu pun anda akan jarang mengalami sakit, terutama yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri ini.


2. Perbanyak minum air putih

Mungkin selama ini kita kurang memperhatikan betapa pentingnya mengkonsumsi air putih setiap hari dengan batas yang bisa di katakan cukup untuk tubuh kita.

Banyak orang yang sibuk dengan aktivitas mereka sampai-sampai jarang sekali untuk meminum air putih. Sehingga akibatnya bisa mempengaruhi terjadinya flu.

Mengapa?

Karena jika kita kurang minum air putih maka biasanya kerongkongan kita akan sering kering. Pada saat-saat inilah kerongkongan kerap kali mengalami infeksi kecil.

Sehingga saat infeksi kecil ini terus di abaikan maka tanpa kita sadari virus dan bakteri sering kali mengidap di kerongkongan yang sudah sering terinfeksi tersebut, meskipun pada umumnya tidak ada gejala awal yang kita rasakan.

Namun seiring berjalannya waktu, bakteri dan virus ini akan terus berkembang biak pada tenggorokan dan mulai menyebar menyerang sel-sel saluran pernapasan melalui udara.

Jadi saat sudah parah barulah akan terasa, dan tidak sedikit serangan virus atau bakteri tersebut yang kerap kali membuat kita menjadi flu akibat kekurangan cairan pada tenggorokan kita.

Oleh sebab itu untuk mencegah flu semakin parah, maka sebaiknya selama masa penyembuhan perbanyaklah minum air putih setiap harinya.


3. Keluarkan cairan ingus dengan paksa

Adapun cara mengatasi flu secara alami dengan mudah dan pasti sembuh adalah dengan cara sering-sering membuang ingus kita. Karena anda pasti tau sendiri bahwa saat flu terjadi itu pasti ada cairan lendir dalam hidung kita.

Cairan lendir inilah yang membuat flu sulit untuk sembuh. Dan bahkan jika cairan lendir ini sudah menumpuk maka bisa membuat kita mengalami batuk berdahak, hidung tersumbat ataupun sakit kepala.

Biasanya saat kita flu pasti minum obat, nah reaksi obat tersebutlah yang akan membuat cairan lendir yang sudah mengental ini menjadi cair. Sehingga saat sudah cair barulah flu akan berkurang.

Kenapa kita tidak membuang cairan ini secara langsung saja?

Ya, dengan sering-sering membuang ingus ini maka seiring berjalannya waktu flu kita pun akan berkurang dengan sendirinya. Namun terkadang orang sering gengsi untuk membuang ingus yang ada di hidungnya.

Padahal jika melakukan cara ini dengan rutin maka bukan tidak mungkin flu yang kita alami bisa sembuh secara alami tanpa harus minum obat setiap hari.

Agar cairan ingus pada hidung kita bisa keluar secara maksimal maka untuk melakukannya tentu saja ada caranya sendiri. Bila anda ingin tahu silahkan simak di bawah ini.

Begini caranya :

- Cek dulu tingkat kekentalan lendir ingus
- Jika terlalu padat cairkan dengan menghirup uap air panas
- Setelah lendir agak cair barulah dikeluarkan
- Tutup lubang hidung kiri dengan jari kita
- Buang napas dengan keras melalui lubang hidung kanan
- Lakukan sebaliknya pada lubang hidung kiri

Selain membuang lendir ingus dari hidung seperti di atas, kita juga harus sering-sering mengeluarkannya melalui mulut kita yaitu dengan cara meludahinya.

Tentu saja kita harus pintar-pintar memancing lendir yang ada di saluran kerongkongan, sehingga kita bisa dengan mudah mengeluarkannya melalui mulut kita.


4. Hindari minum air es

Mungkin kita semua sudah tahu, namun tidak ada salahnya kami ingatkan kembali karena siapa tahu anda sudah lupa bahwa saat flu ada pantangan-pantangan yang harus kita jaga dan salah satunya itu air es.

Ya, air es ini adalah air dingin yang harus kita hindari atau tidak boleh kita minum selama kita sedang mengalami flu. Karen jika tidak flu yang sedang terjadi akan semakin parah.

Mengapa demikian?

Itu karena flu disebabkan oleh virus atau bakteri. Dan virus atau bakteri ini sangat suka dengan suasana yang lembab. Saat kita minum air es tentu saja saluran kerongkongan termasuk saluran pernapasan menjadi lembab.

Sehingga virus dan bakteri bisa lebih cepat berkembang biak membelah diri menjadi banyak. Dan akibatnya tentu saja ini bisa memperparah penyakit flu yang sedang kita alami.

Itulah mengapa alasan kita tidak boleh meminum air es untuk sementara waktu selama flu masih belum sembuh. Selain itu meskipun sudah sembuh, sering minum air es juga bisa membuat kita mudah flu. Namun hanya sebagian orang saja yang mengalami ini.

Kenapa hanya sebagian orang?

Karena sebagian orang tersebut sistem kekebalan tubunya sangat kurang. Jadi suasana lembab akibat minum air es dapat dengan mudah menimbulkan virus atau bakteri penyebab flu ini.


5. Hindari cuaca dingin

Masih berhubungan dengan suasana yang lembab, selain tidak boleh minum air es kita juga tidak boleh sering berada di tempat-tempat yang sejuk ataupun dingin.

Kenapa tidak boleh?

Itu karena biasanya udara yang sejuk dan dingin juga bisa merubah suhu tubuh kita menjadi lebih lembab. Terutama pada saluran pernapasan, yang mana seperti kita ketahui saluran pernapasan ini adalah jalan masuknya virus ataupun bakteri melalui udara.

Sehingga virus dan bakteri ini akan lengket di saluran pernapasan kita dan terus berkembang biak dengan mudahnya. Akibat saluran pernapasan kita itu lembab karena suhu udara yang sejuk dan dingin.

Jadi tidak heran lagi apabila di saat cuaca dingin seperti hujan bisa membuat kita sering kali mengalami flu dengan mudah. Terutama pada orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya kurang.

Apalagi pada anda yang memang sedang mengalami flu, maka sudah pasti flu anda akan semakin berat. Oleh sebab itu kita untuk sementara sebaiknya kita menghindari cuaca atau suhu udara yang dingin.

Contohnya :

- Saat hujan jangan keluar rumah
- Tidak berada dalam ruangan ber AC
- Tidak berada di luar rumah sampai larut malam
- Jangan mandi saat di malam hari

Nah, itulah hal-hal di atas yang harus anda perhatikan. Karena hal-hal tersebut yang sering kali membuat flu tambah parah. Sebab hal di atas ada hubungannya dengan cuaca dingin.


6. Manfaatkan air hangat

Tanpa obat kita juga bisa meringankan gejala flu, salah satunya itu adalah dengan cara memanfaatkan air hangat. Kenapa air hangat bisa meringankan flu?

Itu karena air hangat mampu mengurangi virus dan bakteri yang ada di tubuh kita dari pada menggunakan air biasa. Sebab biasanya virus dan bakteri ini tidak bisa bertahan hidup dalam air hangat.

Bakteri dan virus hanya bisa berkembang biak di suhu-suhu dingin ataupun di suhu netral saja. Oleh sebab itulah mengapa air hangat bisa membantu mengurangi virus atau bakteri tersebut.

Lalu bagaimana memanfaatkan air hangat saat flu?

Disini ada 2 cara yang dapat anda coba dirumah. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Cara pertama :

Cara pertama tentu saja kita harus sering mengkonsumsi air hangat, akan lebih baik jika air hangat yang kita minum itu mengandung antibiotik alami supaya hasilnya lebih maksimal.

Contohnya meminum air jahe hangat, akan lebih cepat reaksinya dari pada meminum air hangat biasa. Itu karena jahe mengandung antibiotik alami di dalamnya.

Selain itu kamu bisa menambahkan madu dalam air jahe hangat, karena madu juga bagus bisa meningkatkan sistem kekebalan dalam melawan virus atau bakteri.

Cara kedua :

Cara kedua memanfaatkan air hangat adalah dengan mandi air hangat itu sendiri. Karena dengan mandi air hangat tentu saja tubuh akan lebih hangat.

Suhu tubuh yang hangat akan bisa mengurangi flu secara alami, selain itu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Namun akan lebih bagus apabila dilakukannya menjelang sore hari.

Karen seperti yang kita ketahui bahwa suhu udara menjelang sore hari sudah mulai dingin, maka pada saat itulah kita harus mandi air hangat supaya flu tidak semakin berat di malam hari.


7. Manfaatkan air garam

Garam adalah bahan dapur yang serba guna, selain berguna untuk menambah rasa masakan ternyata senyawa yang terkandung pada garam juga bermanfaat sebagai ant-bakteri dan anti-peradangan.

Senyawa tersebutlah yang bisa mengurangi flu terutama untuk flu yang sudah berat sampai mengalami masalah hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Oleh sebab itu jika anda memang sudah mengalami flu berat, maka sebaiknya manfaatkan lah garam sebagai cara alami untuk menyembuhkannya tanpa harus minum obat.

Disini ada 2 cara juga yang dapat anda manfaatkan garam yang ada dirumah anda. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Cara pertama :

Jika memang flu sudah mengganggu masalah tenggorokan anda, maka manfaatkanlah garam untuk berkumur. Yaitu dengan cara melarutkan garam dalam gelas yang berisi air hangat kemudian kumur-kumur lalu muntahkan.

Anda juga bisa mengkonsumsi garam secara langsung dengan cara mengambil sedikit garam sebanyak ujung jari lalu tempelkan di lidah dan biarkan larut dengan sendirinya.

Memang dengan cara mengkonsumsi garam kita akan merasakan keasinan, tapi rasa asin inilah yang akan menyembuhkan serta mencegah masalah radang tenggorokan akibat virus maupun bakteri akibat flu.

Cara kedua :

Jika flu sudah menyebabkan masalah hidung tersumbat maka untuk mengatasinya kita juga bisa memanfaatkan garam. Yaitu dengan cara melarutkan 2 sendok makan garam dalam 1 cangkir air panas.

Kemudian jika garam sudah larut setelah kita aduk-aduk dalam secangkir air panas tadi, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghirup uap air panas dari larutan garam ini.

Uap ini mengandung garam yang bisa membuat embun secara alami di didalam hidung kita yang sedang tersumbat, sehingga senyawa garam akan bereaksi ditambah lagi dengan uap dari air panas. Jadi biasanya hidung yang tersumbat akan kembali lega akibat lendir yang sudah mengeras sebelumnya kini sudah menjadi cair.

Begitulah cara memanfaatkan garam saat hidung anda sedang tersumbat akibat flu, dengan melakukan cara ini tentu saja anda juga secara langsung bisa membuang ingus anda seperti pada point nomor 3 diatasm karena ingus sudah cair akibat uap air panas garam yang kita hirup.


8. Cukup istirahat

Langkah terakhir supaya flu cepat sembuh secara alami adalah dengan cukup istirahat atau dengan kata lain kita juga harus cukup tidur terutama di malam hari.

Sebab apabila jadwal tidur kita sering kita lakukan sampai terlalu larut malam maka biasanya kondisi flu juga akan semakin parah. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Itu karena udara di malam hari lebih dingin, semakin telat kita tidur maka suhu udara juga akan semakin dingin meskipun kita berada di dalam rumah sekalipun.

Itu karena udara juga sudah pasti akan masuk kedalam rumah kita, bedanya jika di dalam rumah kita tidak terkena embun malam. Maka dari itu saat flu sangat tidak dianjurkan berada di luar rumah terutama di malam hari.

Tapi...

Cukup istirahat juga termasuk dengan kondisi tubuh kita. Jangan sampai kita terlalu lelah. Karena terlalu lelah juga bisa membuat flu kita bertambah parah.

Kenapa demikian?

Itu karena tubuh kita sedang melawan virus dan bakteri namun hanya saja kita tidak merasakannya. Nah, jika kita sering lelah saat flu maka kondisi fisik kita juga akan melemah.

Saat kondisi fisik melemah maka sistem kekebalan tubuh kita tidak bisa bekerja dengan sempurna. Akibatnya virus dan bakteri lebih mempunyai kesempatan menyerang kita disaat kita sedang lelah. Sehingga flu bisa menjadi tambah parah.

Itulah alasan kenapa istirahat sangat penting dan harus kita lakukan saat sedang flu, tujuannya tentu saja supaya bisa cepat sembuh. Oleh sebab itu pastikan kita cukup istirahat, hindari lelah, dan jangan begadang di malam hari.


Demikianlah cara supaya flu cepat sembuh dengan alami, semakin cepat flu di atasi maka akan semakin berkurang pula flu yang sedang kita alami. Karena kabar buruknya adalah flu ini juga bisa membuat kita demam bila tidak cepat di tangani.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post