8 Cara Biar Ekor Burung Pentet Cepat Tumbuh

Burung pentet atau yang lebih dikenal dengan burung cendet atau bentet merupakan burung yang berasal dari keluarga Laniidae. Kebanyakan paling banyak ada di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filiphina, Inda dan bahkan Cina serta Iran.

Burung pentet ini sendiri merupakan jenis burung pemakan belalang dan kumbang atau serangga yang hidup di habitat terbuka seperti pada rumput dan perkebunan dengan ukuran serangga sedang atau pas di mulutnya.

Burung ini sendiri juga mampu terbang hingga ketinggian 1.600 m dpl. Kebanyakan warna burung pentet adalah coklat, hitam dan putih. Namun yang paling menarik dari burung pentet adalah ekornya yang lumayan panjang. Serta burung pentet memiliki suara yang merdu.

Tak heran apabila burung pentet sering di pelihara atau di budida langsung oleh masyarakat. Tapi memelihara burung dengan benar memang lah tidak semudah seperti apa yang kita pikirkan selama ini.

Ada banyak hal-hal yang harus di jaga serta di perhatikan selama masa peliharaan. Tidak sedikit dari kita yang bisa merawa burung pentet dengan baik dan benar. Dan Salah satu masalah paling banyak terjadi pada burung pentet tidak lain adalah masalah bulunya.

Ya, bulu burung pentet sering kali mengalami keguguran sehingga penampilan fisik burung pentet juga kerap sekali menjadi kurang menarik dari sebelumnya.

Biasanya hal ini terjadi akibat masa mabung, namun ini masih bisa dikatakan hal yang normal yang sering terjadi pada burung. Masa mabung adalah masa dimana burung sedang mengalami pergantian bulu lama menjadi bulu baru.

Sehingga sering kali kita lihat bulu burung pentet itu sendiri berjatuhan. Namun selain masa mabung yang bisa kita anggap normal, masalah lainnya itu adalah ketika bulu burung pentet ini sering copot akibat fisiknya yang kurang sehat.

Jadi hal ini tentu saja harus kita perhatikan, jangan sampai terjadi pada burung pentet yang yang sedang kita pelihara. Selain itu burung pentet ini juga sering mencabuti bulunya sendiri terutama pada bagian ekornya.

Bagian ekor bulu burung pentet sering kali dicabutinya sendiri menggunakan paruhnya tersebut. Sehingga hal-hal seperti ini bisa mempengaruhi penampilan fisik burung pentet itu sendiri.

Ada juga dalam beberapa kasus, bulu burung pentet terutama pada bagian ekornya ini juga bisa sering rontok itu akibat adanya hama atau bakteri pada bagian ekornya. Hama tersebut sering kali mengganggu kesehatan kulit burung pentet terutama bagian ekornya.

Sehingga pula mau tidak mau masalah ekor burung pentet sering kali terjadi, jika sudah terlanjur terjadi maka untuk menunggu pertumbuhan bulunya secara alami tentu saja membutuhkan waktu yang sangat lama.

Oleh sebab itu disinlah tugas kita untuk merawat bulu terutama pada bagian ekornya yang sudah pendek tersebut. Supaya ekor bulu burung pentet bisa tumbuh kembali dengan cepat.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Biar Ekor Burung Pentet Cepat Tumbuh


Berikut 8 Cara Biar Ekor Burung Pentet Cepat Tumbuh :


1. Amati terlebih dahulu fisik burung

Tugas kita sebagai majikan yang baik adalah dengan mengamati terlebih dahulu kondisi burung terutama pada bagian fisik burung pentet secara keseluruhan.

Kita harus benar-benar jeli melihat dengan mata kita, bagian mana saja yang ada masalanya. Untuk melihat masalahnya itu kita bukan melihat bulunya, tapi bagian kulit luarnya.

Caranya :
- Ambil burung pentet dari sangkar menggunakan tangan kita
- Pegang dengan baik burung pentet, jangan terlalu keras
- Amati dan perhatikan apakah ada kutu atau luka di kulit burung

Jika sudah kita amati secara keseluruhan namun tidak ada masalah apapun, maka bisa jadi penyebabnya itu adalah masalah kesehatannya sendiri.

Atau bisa jadi juga burung pentet sedang dalam masa mabung, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Namun apabila ada masalah seperti luka pada bagian kulitnya maka atasilah luka tersebut.

Karena luka ini bisa terjadi akibat kutu maupun patokan yang di lakukan sendiri oleh burung pentet tersebut. Kutu juga harus kita perhatikan, pastikan burung pentet yang kita pelihara terbebas dari kutu atau hama.

Jika burung mengalami banyak kutu maka bisa jadi sangkarnya jarang dibersihkan atau disemprot dengan semprotan anti hama. Selain itu lihat juga apakah bagian kulitnya terdapat kepingan-kepingan bekas luka.

Jika ada maka silahkan di cabut kepingan tersebut menggunakan pinset. Kepingan bekas luka yang saya maksud disini adalah seperti kulit kering yang sudah mati biasanya muncul akibat luka seperti luka pada kulit manusia yang sering disebut dengan cabok.

Karena bisa jadi kepingan bekas luka ini yang menghambat pertumbungan bulu burung pentet kita...


2. Cabut sisa pangkal bulu burung yang sudah rusak

Pada saat bulu burung mengalami kerontokan akibat berbagai macam masalah yang disebabkan oleh beberapa penyebab. Maka tugas kedua kita disini adalah dengan mencabut pangkal bulu yang tidak sempurna tersebut.

Pangkal bulu burung inilah yang kerap sekali juga menghambat pertumbuhan bulunya. Karena pangkal tersebut sudah di anggap pangkal bulu dewasa yang seharusnya tidak mengalami pertumbuhan lagi.

Maka seperti yang kita lihat, karena sudah patah dan mengalami kerusakan maka tentu saja untuk bisa tumbuh kembali ini tidak sesuai dengan bentuknya.

Sehingga sering kali pertumbuhan bulu pada pangkal yang sudah rusak tersebut menjadi miring dan tidak sempurna. Atau bahkan tumbuh namun bulu yang tumbuh hanya sedikit.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa tubuh burung secara alami menganggap ini adalah bulu dewasa yang tidak memungkinkan lagi untuk memasuki masa proses pertumbuhan.

Maka dari itu kita harus cabut pangkal bulu yang rusak atau sudah patah tersebut dengan menggunakan pinset secara perlahan-lahan. Setelah itu barulah nanti akan terjadi pertumbuhan bulu yang baru yang lebih sempurna.

Tapi tetap saja itu semua membutuhkan waktu karena proses pertumbuhannya akan terjadi secara alami. Namun tentu saja ada berbagai upaya yang bisa kita lakukan untuk mempercepat porses pertumbuhannya seperti pada poin-poin selanjutnya di bawah ini.


3. Melebarkan pori-pori kulit burung pentet

Salah satu upaya ynag bisa kita lakukan untuk mempercepat pertumbuhan bulu terutama pada bagian ekornya adalah dengan cara melebarkan pori-pori kulit burung pentet itu sendiri.

Namun tentu saja harus dilakukan dengan benar, karena tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya. Untuk anda yang penasaran silahkan simak caranya di bawah ini.

Di bawah ini ada 2 cara yang dapat anda lakukan...Namun sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar tidak menyiksa burung kita sendiri.

Cara pertama :
- Ambil burung pentet dengan tangan kita dari sangkar
- Sediakan 1 buah peniti atau jarum
- Kemudian cari pori-pori burung pentet terutama di bagian ekor
- Lebarkan pori-pori menggunakan peniti atau jarum
- Lakukan dengan cara menggeser lubang pori-pori sedikit kesamping

Intinya kita hanya melebarkan pori-porinya bukan menusuk pori-porinya menggunakan jarum. Lakukan pada lubang pori-pori lainnya supaya pertumbuhan bulu lebih cepat terjadi secara keselruhan.

Pastikan untuk melakukan cara pertama ini dengan hati-hati, jangan sampai burung kite mengalami pendarahan akibat peniti atau jarum yang kita gunakan.

Adapun cara kedua adalah seperti dibawah ini...

Cara kedua :
- Ambil burung pentet dalam sangkar dengan tangan kita
- Siapkan air hangat di piring
- Lalu ambil air hangat ini dengan tangan kita
- Kemudian usapkan pada bagian kulit burung pentet

Lalukan cara ini setiap hari. Manfaat air hangat dapat membuka pori-pori secara alami. Dengan lebih besarnya pori-pori pada burung maka lebih besar pula kemungkinan pertumbuhan bulu akan terjadi lebih cepat.


4. Membersihkan kotoran yang menempel di kulit burung

Adapun penyebab lamanya terjadiny pertumbuhan bulu, itu bisa saja di akibatkan oleh kotoran yang menempel pada kulit burung pentet kita sendiri.

Kotorang yang menempel ini bisa berupa penempukan debu atau kotoran lainnya, sehingga menutupi pori-pori yang seharunya tempat pertumbuhan bulu burung pentet.

Jadi secara logika hal ini tentu saja dapat berpengaruh pada pertumbuhan bulunya terutama di bagian ekornya. Jadi jangan heran mengapa pertumbuhan ekornya itu bisa saja sangat lambat.

Lalu bagaimana cara membersihkan kotoran yang sudah lengket pada kulit burung pentet tersebut? Caranya yaitu dengan memanfaatkan peniti atau jarum. Sama seperti kita melebarkan pori-porinya.

Hanya saja peniti atau jarum yang kita gunakan saat ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulitnya tersebut. Terutama di bagian lubang-lubang kulit pori-porinya.

Perlu diperhatikan :

Disini kita hanya mencari kulit yang terlihat seperti bintik-bintik hitam saja. Karena biasanya bintik hitam itulah kotoran yang menempel. Jika tidak ada maka tidak perlu di bersihkan.

Cari pada bagian-bagian yang terlihat ada bintik hitam saja di kulitnya. Tentu saja kita harus memegang burung kita yang sudah di ambil dari sangkarnya.

Disini kita harus jeli melihatnya, dengan cara menggeser bulu-bulu menggunakan tangan kita supaya pori-pori yang ada kotorannya bisa terlihat. Sama seperti mencari kutu, hanya saja yang kita cari disinu adalah kotoran.


5. Merangsang pertumbuhan bulu burung dengan bawang putih

Setelah kita melebarkan pori-pori atau sudah membersihkan kotoran-kotoran yang menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan bulu seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Maka sekarang saatnya kita merangsang pertumbuhan bulu barunya. Salah satunya itu adalah dengan menggunakan bawang putih. Mengapa harus bawang putih?

Karena bawang putih mengandung anti inflamasi dan anti bakteri serta kandungan lainnya yang bisa secara alami merangsang pertumbuhan bulu serta ekor burung pentet.

Cara ini juga bisa digunakan untuk jenis-jenis burung lainnya, tidak harus burung pentet. Namun tentu saja harus dilakukan dengan benar, adapun cara menggunakan bawang putihnya adalah sebagai berikut.

Caranya :
- Siapkan bawang putih yang sudah di haluskan
- Ambil burung pentet dari sangkar
- Lalu gosokkan pada kulit burung pentet
- Pastikan bagian pori-porinya juga terkena
- Lakukan secara perlahan-lahan
- Lakukan cara ini 2 hari sekali agar hasil maksimal

Begitulah cara merangsang pertumbuhan bulu termasuk ekor burung pentet dengan menggunakan bawang putih. Pastikan bawang putih yang kita gunakan tadi sudah di haluskan. Lebih praktis haluskan saja bawang putih dengan cara di giling atau di blender.


6. Merangsang pertumbuhan bulu burung dengan minyak ikan

Selain cara penggunaan dari luar seperti dengan menggunakan bawang putih yang sudah saya jelaskan di atas. Anda juga bisa mempercepat pertumbuhan bulu ekor pentet dari dalam.

Yaitu dengan memberikan burung pentet kesayangan kita adalah minyak ikan. Mengapa harus minyak ikan? Karena minyak ikan mengandung protein serta vitamin E yang sangat tinggi.

Anda pasti sudah tahu kan apa manfaat protein serta vitamin E tersebut? Ya, tidak lain adalah untuk pertumbuhan serta kesehatan kulit. Selain pada manusia ternyata minyak ikan juga bagus di berikan kepada burung.

Namun tentu saja apabila dilakukan dengan cara yang benar. Jika anda kebingungan menggunakan minyak ikan pada burung maka silahkan simak caranya seperti di bawah ini.

Caranya :
- Siapkan minyak ikan (kapsul) lalu dilubangi kecil
- Ambil 1 biji pakan pelet (makanan burung)
- Oleskan pakan atau pelet ini dengan minyak ikan
- Kemduian berikan kepada burung
- Lakukan satu persatu sampai burung kenyang

Cara tersebut sangat ampuh mempercepat pertumbuhan bulu burung dari dalam, selain itu minyak ikan ini juga akan membuat burung lebih sehat dan fit.


7. Memberi nutrisi tambahan kepada burung

Selama masa mabung ataupun di saat anda melihat bulu burung sedang menagalami banyak kerontokan maka di saat itulah kita harus memberikan makanan ekstra tambahan yang tentu saja bernutrisi.

Tujuannya adalah supaya burung lebih bugar dan lebih fit lagi, karena bulu burung yang sedang bermasalah ini bisa juga kita bantu dengan mempercepat pertumbuhannya yaitu salah satunya dengan memberikan nutrisi lebih.

Karena seperti yang kita ketahui, biasanya kita memberi makanan burung dengan pakan pelet atau sejenisnya. Atau dengan kata lain kita hanya memberikan burung selama ini dengan makanan biasa saja.

Sehingga sesekali kita wajib memeberikan burung makanan tambahan yang memiliki nutrisi tambahan lainnya. Dengan begitu kesehatan burung lebih alami karena tidak terus-terusan hanya diberikan pakan atau pelet.

Adapun makanan tambahan yang bergizi dan bagus untuk burung adalah :
- Kroto
- Jangkrik
- Ulat hongkong
- Cacing

Itulah beberapa makanan tambahan yang bergizi dan bisa diberikan kepada burung pentet atau burung cendet supaya pertumbuhannya bisa lebih maksimal.

Karena pertumbuhan yang maksimal tentu saja secara tidak langsung akan besar mempengaruhi pertumbuhan bulunya termasuk bulu ekor burung yang sudah pendek.


8. Rawat burung pentet dengan benar

Setelah tugas-tugas di atas telah kita lakukan, maka tugas terakhir yang hanya bisa kita lakukan hanyalah menunggu dan bersabar supaya bulunya atau ekornya bisa cepat tumbuh.

Namun selama menunggu tentu saja kita juga harus terus merawat burung kesanyangan kita. Jadi untuk merawat burung dengan benar tentu ada berbagai cara yang harus kita ketahui.

Apalagi selama masa proses penyembuhan ekornya, tentu saja cara kita untuk merawat burung juga harus di lebih ekstra diperhatikan. Bukan hanya sekedar menunggu sambil memberi makan burung saja.

Nah, supaya anda bisa lebih pintar dalam merawat burung pentet ini maka simak beberapa tips tambahan dibawah ini supaya ekornya juga bisa cepat tumbuh.

Cara merawat ekor burung pentet agar tumbuh maksimal :

- Pastikan sangkarnya cukup luas

Tujuannya agar burung bisa lebih leluasa terbang. Gerakan-gerakan terbang tersebutlah yang secara alami melatih otot burung dan memaksimalkan pertumbuhan.

- Mandikan burung dengan rutin

Tujuannya agar burung tidak sering kering, sebab burung yang jarang kena air itu lama sekali dalam proses pertumbuhan bulunya.

- Semprot burung sesekali dengan air hangat

Tujuannya supaya pori-porinya sering terbuka dan ini bisa mempercepat proses pertumbuhan bulunya sendiri. Selain itu hal ini juga berguna untuk melatih sistem kekebalan tubuh burung supaya lebih kuat.

- Berikan sesekali makanan bernutrisi

Tujuannya supaya burung jarang sakit dan pertumbuhannya juga lebih maksimal seperti yang sudah saya jelaskan di atas pada poin nomor tujuh.

- Bersihkan kandang burung dengan rutin

Kebersihan kandang adalah hal pertama yang harus diperhatikan, karena kandang yang jorok sering kali membawa penyakit bagi burung, seperti akibat serangan virus, jamur dan bakteri.

- Hindari burung stres

Bukan hanya manusia, burung juga bisa sering mengalami stres. Akibatnya ini bisa mempengaruhi kesehatan burung itu sendiri. Salah satu penyebab yang membuat burung stres adalah karena sangkarnya yang kecil, selain itu akibat kita yang sering memegang burung juga.

- Letakkan sangkar burung lebih dekat dengan alam

Dengan meletakkan sangkar burung lebih dekat dengan alam maka burung cenderung lebih bersemangat dan ceria ketimbang di dalam rumah yang sering membuat burung terdiam dan ketakutan.


Demikianlah cara-cara agar ekor burung pentet cepat tumbuh, semoga informasi di situs LapanCara ini memberikan anda sebuah inspirasi-inspirasi baru.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post