8 Cara Setting GFX Tool Agar Lancar Main PUBG

PUBG adalah singkatan dari Playerunknown's Battlegrounds yang merupakan game yang di buat oleh perusahaan Tecent Games yang lebih di khususkan untuk perangkat seluler.

Game yang satu ini sangat populer dan paling banyak dimainkan hingga saat ini semenjak kehadirannya pertama kali, yaitu pada tanggal pada 8 agustus 2018.

Gaya bertempur dalam pubg jelas-jelas berbeda dengan jenis game-game pertempuran lainnya. Seakan-akan mengingatkan kita pada game yang sangat seru sebelumnya yaitu Point Blank.

Namun hanya saja, point blank hanya bisa di mainkan melalui komputer atau laptop. Tidak seperti pubg yang menciptakan sensasi bermain tak kalah seru dengan game point blank sebelumnya.

Dan keunikan game pubg dapat dinimati secara langsung hanya menggunakan smartphone layar sentuh. Meskipun seperti yang kita ketahui bahwa game pubg ini dapat juga di mainkan melalui komputer yaitu menggunakan versi emulatornya.

Jadi pubg secara tidak langsung bisa dimainkan oleh 2 device yang berbeda. Tapi kebanyakan penggunanya lebih banyak memainkan menggunakan smartphone mereka.

Apa yang menarik dari game PUBG?

Seperti yang sudah kita lihat sendiri, dari segi grafis dan gaya bebas pertempurannya membuat pengguna semakin ketagihan untuk bermain game yang satu ini.

Oleh karena itu game ini langsung masuk halaman 1 trending di google playstore. Sampai saat ini pubg telah di download lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Jadi jangan heran, apabila pubg menjadi salah satu game favorit terutama untuk para anak-anak muda jaman sekarang. Bukan hanya laki-laki bahkan wanita pun banyak juga yang main game ini.

Tapi masalahnya...

Tentu saja setiap game mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Pada dasarnya game ini membutuhkan memori yang cukup besar agar lancar saat di mainkan.

Bukan hanya memori smartphone bahkan RAM smartphone kita juga harus lebih besar supaya saat main game pubg lancar dan tidak patah-patah. Selain itu game ini juga perlu koneksi yang stabil agar puas saat di mainkan.

Itulah salah satu kelemahan game pubg ini, meskipun kita tahu bahwa untuk versi yang 2019 sudah tersedia pubg versi lite atau yang lebih dikenal dengan versi lebih ringan.

Meskipun demikian, orang-orang lebih tertarik untuk memainkan pubg versi originalnya. Walaupun kita tahu kapasitas pubg ini memang cukup mengabiskan memori smartphone kita yaitu hingga 2 GB lebih dan bisa jadi nanti kedepannya akan semakin bertambah.

Pihak pubg sendiri sudah merekomendasikan kepada penggunanya untuk syarat-syarat bermain pubg supaya memuaskan. Adapun syarat-syarat tersebut tentu saja berkaitan dengan spesifikasi smartphone kita.

Adapun spesifikasi standar main pubg adalah :

- Android versi 5.1.1 dan di atasnya
- Memori internal lebih kurang 3 GB harus tersedia
- RAM smartphone setidaknya 2 GB atau lebih tinggi
- Koneksi internet harus stabil

Itulah empat spesifikasi standar yang harus kita penuhi terutama pada smartphone kita. Jika memenuhi spesifikasi tersebut, maka biasanya tidak ada masalah saat bermain game pubg ini.

Namun yang menjadi masalahnya sekarang adalah tentu saja tidak semua orang memiliki smartphone yang canggih dengan spek yang cukup tinggi. Beberapa di antara kita pasti ada yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi rendah.

Bagi sebagian orang terutama yang suka bermain game, tentu saja syarat yang di anjurkan oleh pubg untuk bisa memainkan gamenya tersebut tentu saja bisa menjadi masalah.

Tidak sedikit di antara kita yang sering mengalami kendala saat sedang bermain game tersebut. Salah satunya adalah lag dan patah-patah. Sehingga sensasi bermain pubg sangat tidak memuaskan.

Jadi tentu saja hal-hal tersebut akan membuat kita kecewa, apalagi jika kita bermainnya barengan bersama teman. Maka sudah pasti kita yang terlihat paling bodoh di antara teman-teman kita.

Sehingga...

Kekecewaan-kekecewaan inilah yang membangkitkan semangat para ahli pembuat aplikasi-aplikasi playstore terutama aplikasi pendukung gaming. Sehingga diciptakanlah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk masalah seperti ini.

Maka hadirlah sebuah aplikasi yang bernama GFX-Tool. Anda bisa mengunduh sendiri aplikasi ini yang sudah sekarang tersedia di google playstore. Dan pastikan gfx tool yang anda unduh adalah buatan dari Tsmol.

Dengan aplikasi gfx tool kita bisa mengubah grafis, serta fitur-fitur lainnya dalam game pubg yang di anggap memberatkan dan sering mengalami lag atau patah-patah saat bermain pubg.

Ada banyak sekali fitur yang tersedia untuk mengubah game pubg menjadi lebih ringan, sehingga meskipun kita menggunakan smartphone dengan spek rendah maka saat bermain pubg tidak akan mengalami masalah tersebut.

Dengan kata lain intinya menggunakan gfx tool ini bisa membuat game pubg menjadi lebih lancar dan dijamin mampu membuat pengalaman bermain kita lebih profesional sehingga kita tidak kalah bersaing dengan teman-teman kita.

Selain itu, gfx tool bukan hanya di khususkan untuk smartphone dengan spek yang rendah saja. Bahkan jika kita menggunakannya di smartphone dengan spek yang tinggi maka grafisnya bisa lebih kencang dari biasanya.

Tapi tentu saja apabila settingan yang kita lakukan pada gfx tool ini di atur dengan benar. Tak heran apabila mungkin teman-teman anda sering chicken saat main pubg.

Mungkin bisa saja mereka diam-diam sudah menggunakan gfx tool tanpa sepengetahuan anda. Oleh sebab itu jangan sampai anda ketinggalan informasi penting seperti ini.

Nah, agar anda juga bisa menjadi seorang pro gamers maka sebaiknya gunakan juga gfx tool sebagai aplkasi bantuan untuk bermain pubg dengan lancar agar tidak lag.

Tahukah anda?

Ternyata banyak pro gamers yang merahasiakan settingan gfx tool dengan benar supaya bisa lancar. Tapi kali ini team Lapancara akan membeberkan rahasia setting gfx tool yang ampuh mengubah pubg menjadi lebih ringan dan tidak lag.

Penasaran kan...? Oke langsung saja, silahkan simak langkah-langkahnya seperti yang di tulis dibawah ini.


Cara Setting GFX Tool Agar Lancar Main PUBG


Berikut 8 Cara Setting GFX Tool Agar Lancar Main PUBG :

Pastikan kalian sudah menginstal GFX Tool yang dibuat oleh Tsoml dari google playstore. Setelah di instal maka langsung saja di buka aplikasinya.

1. Select version

Perhatikan tulisan select version yang biasanya paling atas. Ini adalah bagian paling penting yang harus anda centang atau anda pilih. Karena jika kita salah mencentangnya maka fungsinya tidak akan berefek sama sekali saat kita main pubg nantinya.

Maksud dari select version pada gfx tool itu adalah pilihan versi apa pubg yang sedang kita gunakan saat ini. Karena anda harus tahu bahwa pubg ini bermacam-macam versinya.

Ada pubg versi standar (Global), versi cina (CN),versi korea (KR), versi vietnam (VN), versi taiwan (TW) dan pubg versi ringan (LITE). Nah, jika kalian mengunduh pubg resmi dari google playstore maka secara otomatis itu pubg milik kita adalah versi standar atau versi global.

Maka silahkan : Anda centang dan pilih pada versi (global).

Namun apabila anda menggunakan pubg yang anda unduh secara manual di browsing maka sesuaikan saja dengan pilihan pubg yang anda gunakan saat ini. Jika anda menggunakan pubg versi korea maka centang di gfx tool pada bagian (KR). Begitupun versi-versi lainnya.

Sudah mengerti kan...? Jangan sampai salah di centang yan teman-teman. Selanjutnya barulah kita mulai setting gfx toolnya seperti pada langkah-langkah di bawah ini.


2. Resolution

Pada bagian ini yang dimaksudkan dengan resolution itu adalah resolusi layar smartphone saat pubg di jalankan. Jika anda tekan bagian ini maka anda akan melihat di dalam menunya itu ada 8 buah resolusi.

Beberapa resolusi gfx tool diantaranya :
- 768x432
- 960x540
- 1280
- 1366x768
- 1440
- 1600x900
- 1920x1080
- 2560x1440

Nah, itulah beberapa pilihan resolusi yang bisa anda pilih. Namun perlu anda ketahui semakin besar resolusi yang anda pilih maka semakin lambat reflek yang akan rasakan saat main pubg.

Akan tetapi semakin besar resolusi tersebut juga akan semakin bagus gambar yang akan kita lihat saat main pubg. Sehingga gambar terlihat lebih nyata dan lebih berkualitas.

Tapi disini saat akan memberikan bocorannya tentang resolusi yang sebaiknya harus anda pilih. Yaitu dengan memilih resolusi paling rendah atau 768x432.

Kenapa...?

Karena pro gamers tidak mementingkan keindahan layar, namun kecepatan saat bermain game. Semakin cepat reflek yang kita rasakan maka semakin bagus pula ketrampilan kita saat sedang bertempur melawan musuh di pubg.

Jadi dengan kata lain, memilih resolusi terendah 768x432 bisa mengurangi lag dan patah-patah saat kita bermain pubg. Meskipun gambar yang kita lihat kurang bersih atau kurang HD.


3. Graphics

Graphics yang di maksudkan di gfx tool itu berfungi sebagai kualitas gambar saat kita main pubg. Disini kita bisa memilih kualitas gambar apa yang ingin kita ubah.

Misalnya kita mengubah kualitas gambar menjadi lebih tajam maka, pemandangan yang akan kita lihat pun semakin berbentuk dan jelas. Dan sebaliknya, jika kita mengubahnya graphic terendah maka kualitas gambar akan semakin terlihat sepeti kartun.

Adapun menu gfx tool pada graphics :
- So smooth
- Smooth HD
- Smooth
- Balanced
- HD
- Smooth HDR
- HDR

Nah, pilihan mana yang sebaiknya kita pilih supaya game pubg menjadi lebih lancar?

Ya, kita harus tetap memilih pilihan terendah, yaitu "So smooth". Dengan memilih so smooth maka grapichs yang dihasilkan lebih mulus meskipun gambar terlihat agak seperti kartun.

Tapi pengaruhnya pada game pubg sangat besar, kita akan merasakan sensasi bermain dengan sangat lancar dari sebelumnya. Itulah rahasia memilih graphics pada gfx tools, yaitu dengan selalu memilih so smooth.

Kenapa harus memilih so smooth...?

Karena apabila kita memilih graphics yang lebih tinggi itu saat main pubg gambar akan meload lebih lama untuk menghasilkan gambar yang tajam dan detail.

Sehingga secara otomatis jika kita pilih so smooth maka gambar yang di load saat sedang dalam permainan lebih sedikit, dan pengaruhnya gerakan kita tidak akan patah-patah.

Kalau kita lihat, pilihan so smooth pada pengaturan graphics pada bawaan pubg ini tidak tersedia. Karena itu telah di batasi dengan yang paling rendah yaitu sampai smooth saja.

Maka dari itu gfx tools akan merubah setelan ini secara otomatis yang tidak tersedia di graphic pubg itu sendiri.


4. FPS (Frame Rate)

FPS itu adalah singkatan yang artinya Frame rate. Maksud dari frame rate itu sendiri merupakan kecepatan loading gerakan atau loading gambar perdetiknya.

Kalau anda melihat pada setelah graphic di game pubg ini pilihan frame ratenya cuma ada 3 macam saja, yaitu low, medium dan high.

Kita tidak tahu berapa fps yang low, medium dan high itu di setting otomatis oleh pihak pubg. Karena kita tidak melihat detail fps nya disana.

Beda yang ada di gfx tool, karena dengan aplikasi ini kita bisa mengubah frame rate bawaan pubg itu sendiri.

Hebatnya...

Frame rate yang tersedia di gfx tool ini menunjukkan nominal angka, bukan tulisan low, medium atau high. Jadi kita bisa tahu berapa fps yang seharusnya digunakan untuk bermain pubg.

Berikut ini pilihan frame rate di gfx tools :
- Select or skip
- 30FPS
- 40FPS
- 60FPS

Dari empat pilihan di atas, yang mana sebaiknya yang harus kita gunakan untuk bermain pubg supaya lancar?

Rahasia terbaiknya adalah pada pilihan 40FPS !!!

Kenapa..?

Karena jika anda memilih select or skip maka itu tidak akan merubah apapun, jadi sama saja standar seperti fps bawaan pubg itu sendiri.

Sedangkan jika anda memilih 30FPS, menurut saya sensasi bermain yang kita rasakan kurang berpengaruh.

Namun jika kita pilih 60FPS maka gambar dan gerakan akan sangat berpengaruh, kualitas gambar akan sangat buruk karena tidak sesuai dengan resolusi graphics dan smooth yang awalnya sudah kita setting tadi.

Selain itu jika pilih 60fps saat bermain pubg juga bisa membuat gerakan agak patah-patah dan baterai cepat habis dari biasanya, maka pilihan 60fps ini kami rasa memang kurang bagus digunakan. Kecuali spek smartphone kita memang spek yang sangat tinggi.

Oleh sebab itu memilih opsi 40FPS merupakan pilihan terbaik dan sensasinya cukup terasa saat dimainkan. Sehingga game terlihat lebih lancar namun baterai tetap sehat.

Saya sendiri sudah mencobanya satu persatu, hasil yang sangat memuaskan saya dapatkan dengan memilih 40fps di gfx tools.

Selain itu...

Pada setelan graphics di pubg nanti anda akan melihat menu baru pada frame rate yaitu sudah otomatis terpilih Ultra. Sedangkan jika anda memilih 60fps nanti akan ada menu baru juga yaitu sudah tersetting pada pilihan Ekstrime.

Yang mana seperti yang kita ketahui bahwa seharusnya menu ultra dan ekstrime ini tidak tersedia di dalam pengaturan graphics bawaan pubg.

Jadi alangkah baiknya sesuai saran saya, pilihlah menu 40fps pada gfx tool anda. Karena pilihan ini lebih stabil dan sempurna lancar saat bermain pubg.


5. Anti-aliasing

Anti aliasing adalah efek patah-patah atau biasana kalau pada game kita biasa melihat gambar pada objek tertentu itu seperti kotak-kotak.

Misalnya coba anda perhatikan tiang atau rumput atau orang yang ada di pubg, jika fitur ini masih non-aktif maka biasanya gambar yang akan kita lihat itu kurang sempurna seperti kotak-kotak.

Tapi jika di aktifkan gambar objek yang kita lihat lebih rapi dan tidak ada kotak-kotaknya. Di settingan pubg sendiri, biasanya fitur ini sudah aktif secara otomatis.

Sehingga gambar lebih terlihat bagus dan lebih nyata. Tapi jika anda membuka gfx tools maka disana anda kan melihat beberapa opsi pilihan, yang saat ini baru ada 3 saja.

Di antaranya adalah :
- Disable
- 2x
- 4x

Dari pilihan di atas, yang manakah sebaiknya kita gunakan supaya lancar bermain pubg. Maka jawabannya adalah dengan memilih opsi Disable !!!

Ya, seperti yang sudah anda ketahui bahwa jika kita disable anti-aliasingnya maka sudah pasti gambar object yang terlihat akan lebih kotak-kotak.

Tapi lihatlah sisi baiknya, karena jika fungsi ini di nonaktifkan maka performas GPU smartphone kita saat bermain game pubg itu sendiri akan meningkat.

Hasilnya GPU smartphone tidak akan memaksakan diri untuk bekerja lebih maksimal yang mana hal ini bisa membuat game lag setelah bermain dalam waktu yang cukup lama.

Maka jangan heran apabila jika game pubg yang baru dijalankan itu masih lancar-lancar saja, tapi sering kali terjadi lag saat kita sudah lama bermainnya.

Itu semua akibat anti-aliasing yang diaktifkan, sehingga memaksa GPU untuk bekerja secara maksimal. Tak heran juga jika hp cepat panas saat main game-game yang berkapasitas besar seperti pubg ini.

Sehingga kesimpulannya adalah settingan terbaik untuk anti-aliasing yaitu dengan cara dinonaktifkan atau disable.


6. Rendering Quality

Maksud dari rendering quality adalah efek-efek gerakan yang lebih fokus kepada tekstur ataupun bayangan di dalam game tersebut. Misalnya saja gerakan pohon akibat tertiup angin atau bayangan sinar matahari.

Jika fitur rendering quality ini aktif dengan level yang tinggi maka saat bermain game pubg gambar lebih berkesan nyata, kita akan merasakan suasana alam sekitar yang benar-benar seperti asli.

Itu semua karena bayangan objek, bayangan orang atau pun bayangan item-item barang yang ada di dalam game bergerak aktif sebagaimana mestinya.

Memang sih pada kenyataannya jika fungsi rendering ini di atur ke level yang lebih tinggi maka gambar game serasa lebih hidup dan lebih memiliki animasi.

Namun...

Efek buruknya adalah hal ini hanya akan membuat reflek kita lambat sehingga seperti agak patah-patah karena banyak sekali animasi di sekitar area game yang sedang kita mainkan tersebut. Biasanya animasi-animasi inilah yang menyebabkan game terasa berat.

Di gfx tool menu rendering quality ada 3 pilhan, yaitu :
- Low
- Medium
- High

Seperti yang anda bayangkan, agar main kecepatan saat main game lebih mantap maka pilihan yang harus kita pilih adalah pilhan Low.

Kenapa harus low...?

Karena pilihan low pada rendering quality akan menonaktifkan gerakan-gerakan yang tidak perlu seperti gerakan bayangan, efek pohon bergoyang dan efek-efek tidak penting lainnya.

Sehingga secara otomatis dengan berkurangnya efek gerakan yang tidak perlu tadi maka akan membuat gerakan kita sendiri lebih cepat.

Secara tidak langsung keahlian kita saat bermain game pubg juga bisa lebih sempurna pastinya karena tidak ada gangguan dari lag dan patah-patah lagi.

Oleh sebab itu settinglah menu rendering quality ini menjadi low, dan secara otomatis pula anda akan melihat efek-efek shadows yang di bawah menu rendering quality ini menjadi nonaktif dengan sendirinya.

Adapun fitur yang otomatis nonaktif setelah mengubah rendering quality menjadi low adalah :

1. Shadows
2. Shadows distance
3. Moving shadows
4. Tekstur quality

Sehingga dengan nonaktifnya keempat efek-efek yang kurang bermanfaat ini maka bisa anda bayangkan sendiri betapa semakin lincahnya saat anda bermain game pubg karena gerakan anda sudah lebih fast!


7. Effect quality

Jika tadi pada poin nomor 6 kita membahas rendering quality maka sekarang yang akan bahas yaitu menu effect quality pada gfx tool.

Menurut kami, effect quality atau jika di artikan merupakan efek kualitas ini ada pengaruhnya juga terhadap cepat lambatnya game yang sedang kita mainkan.

Karena apapun yang berhubungan dengan efek itu membutuhkan performa yang di ambil dari performa spesifikasi pada smartphone kita sendiri.

Nah, untuk effect quality ini sendiri itu berbeda dengan rendering quality karena lebih mengacu kepada efek-efek kejutan atau efek yang bukan dari gambar tampilan yang sudah ada.

Misalnya saja efek api saat menembak, efek ledakan atau efek-efek yang langsung berhubungan langsung saat terjadinya sebuah interaksi di dalam game tersebut.

Berikut daftar pilihan menu effect quality, diantaranya adalah :
- Default
- Low
- Medium
- High

Pilihan mana yang harus kita pilih diatas? Kamu pasti mengira akan memilih default namun itu adalah pilihan yang salah.

Karena nyatanya default merupakan pilihan yang tidak mengubah apapun. Sehingga efek yang ditimbulkan nantinya mengikuti settingan standar yang telah di atur oleh game pubg itu sendiri.

Oleh sebab itu pilihan terbaik adalah dengan memilih opsi Low. Pilihan ini bisa mengurangi efek-efek yang kurang bermanfaat tadi. Dengan kata lain, efek low akan menonaktifkan efek-efek yang berlebihan dan lebih fokus pada efek yang penting-penting saja.

Jadi dengan begitu otomatis hal ini bisa membuat game pubg menjadi lebih cepat karena efek-efek yang kurang bermanfaat sudah kita kurangi.


8. Color format

Color format maksudnya adalah warna secara keseluruhan yang ada di game yang sedang kita mainkan. Fitur ini tentu saja mempunyai pengaruh yang cukup signifikan, selain ini fitu color format juga tidak tersedia di settingan pubg. Oleh karena itu jangan sampai kita salah memilih opsi ini.

Jika anda klik menu color format maka ada 3 pilihan di sana yang akan anda lihat, yaitu :
- Default
- 32 bit
- 64 bit

Dari ketiga pilihan diatas opsi mana yang sebaiknya di terapkan supaya lebih lancar main pubg Jawabannya adalah : pilih yang 32-bit.

Kenapa...?

Karena memilih color format 32-bit itu lebih fokus kepada kecepatan gambar, meskipun kita tahu bahwa opsi 64-bit lebih berwarna dan lebih berkualitas.

Namun untuk jika anda sering mengalami lag dan patah-patah saat maun pubg mobile maka settinglah pilihan color format menjadi 32-bit. Mesikupn kualitas gambar kurang hidup dan kurang berwarna.

Namun memilih pilihan 32-bit adalah pilihan yang benar-benar cocok untuk anda yang mementingkan kecepatan dari pada keindahan tampilan game.

Selain itu jika memilih versi 64-bit pada color format ini juga lebih akan memaksakan performa GPU hingga dua kali lipat. Dengan kata lain, saat main game hp juga menjadi cepat panas.

Jadi pastikan tetap memilih opsi 32-bit agar game pubg bisa berjalan dengan lancar.


Bonus tips settingan tambahan pada GFX tool :
  • Styles = Ubah menjadi classic
  • Improvement for Effects = Ubah menjadi low
  • Object LOD Distance = Ubah menjadi low
  • Foliage LOD Distance = Ubah menjadi low
  • Light Effect = ubah menjadi disable
  • GPU optimization = ubah menjadi disable
  • Sound quality = ubah menjadi disable
  • save control = ubah menjadi disable


Adapun Hal yang harus diperhatikan :

Jangan lupa setelah semuanya sudah di setting seperti di atas maka terakhir silahkan lihat tombol paling bawah yang bertuliskan "Accept" lalu silahkan di klik.

Biasanya muncul iklan setelah di tekan accept maka silahkan tunggu saja selama 5 detik lalu pilih tutup.

Kemudian setelah itu anda akan kembali ke menu sebelumnya maka lihat tombol paling bawah yang sebelumnya bertuliskan "Accept" kini berubah menjadi "RUN GAME" maka silahkan di klik run game dan selamat bermain.

Jika muncul iklan lagi silahkan tunggu 5 detik lagi lalu tekan lagi tutup, maka game pubg sudah bisa anda mulai. Coba anda perhatikan secara keseluruhan graphics pubg sudah berubah menjadi lebih ringan.


Demikianlah 8 cara setting gfx tool supaya main pubg lancar tanpa lag dan patah-patah terutama bagi anda yang menggunakan smartphone dengan spesifikasi rendah.

Namun tidak ada salahnya anda juga menerapkan cara di atas untuk spesifikasi smartphone yang tinggi. Karena perbedaannya juga cukup terasa, bisa membuat anda lebih pro saat main pubg.

Selamat mencoba dan semoga chicken selalu...
Newer Post
Older Post