8 Cara Supaya Ekor Ikan Cupang Cepat Tumbuh

Ikan cupang adalah jenis ikan yang hanya hidup di air tawar dan habitat terbanyak ikan ini bisa di temukan di beberapa negara asia seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietman dan Brunai darussalam.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis ikan cupang ini, kita bisa membedakannya dari warna dan bentuk ikan cupang itu sendiri. Namun jenis ikan cupang yang yang paling terkenal di Indonesia adalah ikan cupang halfmoon.

Ikan ini juga termasuk salah satu dari berbagai banyak jenis ikan yang di pelihara oleh masyarakat pada umumnya. Ukuran ikan ini biasanya tidak terlalu besar, rata-rata berukuran kecil yaitu lebih berkisaran sampai 7 cm.

Namun yang membuat ikan cupang unik adalah itu karena fisiknya sangat cantik dan memiliki berbagai jenis warna. Selain itu ikan cupang juga mempunyai karakter yang sangat agresif jika melihat ikan lainnya yang berukuran sama dengannya.

Sehingga setiap kali ia melihat jenis ikan lain yang berukuran hampir-hampir sama dengannya maka ikan cupang selalu bertindak menyerang. Jadi seolah-olah ikan cupang ini lebih mirip seperti ikan petarung.

Karena keunikan inilah yang membuat orang-orang tertarik sekali untuk memelihara ikan cupang. Jadi tidak heran apabila kita sering melihat ikan cupang ini dijadikan ikan aduan dengan ikan cupang lainnya.

Akan tetapi...

Saat ikan cupang selesai di adu, kita pasti akan melihat fisik ikan cupang yang sudah berantakan. Akan banyak sekali luka pada tubuhnya, selain itu bagian sirip dan ekornya pun biasanya sudah rusak akibat serangan dari cupang lain.

Masalah inilah yang kerap kali membuat fisik ikan cupang jadi menurun, sehingga ikan cupang milik kita yang awalnya cantik maka setelah di adu fisiknya tak seindah sebelumnya.

Maka dari itu banyak juga orang yang tidak mau mengadukan ikan cupang miliknya, karena mereka lebih sayang dengan fisik si ikan cupangnya sendiri. Sehingga sebagian dari mereka malah lebih memeliharanya sebagai ikan hias saja.

Namun jika memang ikan cupang milik kita sering di adu maka sudah pasti fisiknya akan banyak mengalami masalah. Salah satunya adalah bagian-bagian ekornya yang sudah rusak bahkan termakan oleh ikan lainnya.

Sehingga tidak sedikit juga orang-orang yang kecewa karena ikan cupang kesayanggannya sudah tidak sempurna lagi. Dan bagi anda yang mengalami masalah seperti ini, maka disini anda akan mengetahui bagaimana cara mempercepat pertumbuhan ekor ikan cupang.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa ekor cupang sangat sensitif sekali terhadap kerusakan, yang mengakibatkan ikan cupang menjadi cacat dan menjadi tidak menarik lagi saat kita lihat.

Oleh karenanya apabila memang anda benar-benar sayang terhadap ikan cupang milik anda. Maka rawatlah ikan cupang kesayangan anda dengan benar, dan sebaiknya hindari juga untuk mengadu ikan cupang yang bisa merusak kesehatan fisiknya.

Tapi jika memang ekor ikan cupang anda sudah terlanjur rusak dan sudah banyak yang sobek maka untuk mengembalikan fisik ikan tersebut membutuhkan cara-cara khusus seperti yang akan kita bahas disini.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini....


Cara Supaya Ekor Ikan Cupang Cepat Tumbuh


Berikut ini 8 Cara Supaya Ekor Ikan Cupang Cepat Tumbuh :


1. Berikan cacing sutra pada ikan cupang

Cacing sutra adalah makanan terbaik untuk ikan cupang, hampir rata-rata orang yang ahli memelihara ikan cupang adalah mereka yang selalu mengandalkan makanan favorit buat si ikan cupang yaitu cacing.

Namun bukan sembarang caing, anda harus benar-benar mengetahui jenis cacing sutra. Dengan memberikan cacing sutra maka kesehatan ikan cupang akan lebih terjaga, sehingga ikan akan lebih cepat tumbuh dari biasanya.

Cacing sutra bisa anda cari atau bisa juga anda beli di tempat makanan hewan, sebab jenis cacing inilah yang terbaik untuk di berikan kepada ikan cupang selama masa pertumbuhannya.

Kenapa harus cacing sutra?

Karena banyak sekali orang-orang yang membudidayakan ikan cupang dengan mengandalkan makanan jitu cacing sutra yang satu ini. Sebab cacing sutra memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin di dalamnya.

Yang mana selain menyehatkan, jenis cacing sutra ini juga bisa mempercepat pertumbuhan ekor serta sirip-sirip yang rusak pada ikan cupang akibat pertarungan.

Namun kita tetap perlu memperhatikan bahwa pemberian cacing sutra kepada ikan cupang tidak boleh di berikan secara berlebihan. Cukup 3 kali dalam sehari saja.


2. Berikan antibiotik kepada ikan cupang

Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi antibiotik adalah untuk mempercepat proses pertumbuhan luka yang sering digunakan pada manusia pada umumnya.

Namun tahukah anda, bahwa memberikan antibiotik kepada ikan cupang juga sama manfaatnya untuk kesehatan ikan cupang itu sendiri. Tidak lain adalah supaya bagian-bagian fisik yang terluka pada ikan cupang bisa cepat sembuh.

Akan tetapi...

Pemberian antibiotik kepada ikan cupang tentu saja berbeda dengan manusia, karena ikan cupang hidup dalam air maka untu memberikan antibiotik juga harus memanfaatkan air.

Sebelum mengobati ikan maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang antibiotik. Karena jenis antibiotik pada manusia dan ikan itu berbeda. Jika salah menggunakan antibiotik maka bisa saja ikan cupang kesayangan anda mati.

Oleh karena itu untuk memberikan antibiotik maka kita harus mengenal terlebih dahulu jenis antibiotik apa saja yang aman di berikan kepada ikan cupang.

Berikut beberpa jenis antibiotik untuk ikan cupang :

- Kanamycin
- Tetrasiklin
- Ampisilin
- GESUND Magic Parasite
- Maracin

Itulah 5 jenis antibiotik yang paling aman di berikan kepada ikan cupang, namun jika tingkat kerusakan fisik ikan cupang sangat parah maka kami lebih menyarankan anda untuk menggunakan antibiotik jenis Kanamycin.

Karena antibiotik Kanamycin lebih bekerja cepat dalam proses penyembuhan ikan cupang yang fisiknya sudah banyak sekali kecacatan atau luka-luka.

Cara menggunakan antibiotik pada ikan cupang :

- Sediakan mangkok yang berisi air tawar
- Lalu masukkan antibiotik secukupnya
- Aduk air hingga merata sampai antibiotik larut
- Ambil ikan cupang dari aquarium
- Masukkan ikan cupang di mangkok yang sudah berisi air antibiotik
- Biarkan ikan berenang dalam air tersebut hingga 1 jam
- Kemudian ambil ikan cupang dan masukkan kembali dalam aquarium
- Lakukan cara ini 3 kali sehari agar hasil lebih maksimal

Begitulah cara menggunakan antibiotik kepada ikan cupang, alasan mengapa antibiotik di campur dalam mangkok yang berisi air adalah supaya bisa hasilnya lebih terasa.

Jika antibiotik dicampur langsung dalam aquarium itu kemungkinan hanya sedikit kandungan antibiotik yang terserap oleh ikan cupang, sebab kadar air dalam aquarium tidak sebanding dengan jumlah antibiotik yang kita gunakan.

Kenapa harus menggunakan antibiotik?

Karena pada dasarnya ekor cupang atau sirip ikan cupang yang lama tukmbuh itu di akibatkan oleh luka-luka pada bagian tubuhnya. Yang mana luka-luka inilah yang menyumbat proses pertumbuhan ekor atau sirip ikan cupang.

Saat luka sudah sembuh barulah proses pertumbuhan ekor dan sirip lebih cepat terjadi secara alami. Karena tidak ada lagi korengan-korengan yang menutupi kulit ikan yang seharusnya di tumbuhi oleh ekor atau siripnya tersebut.


3. Masukkan daun ketapang di aquarium ikan cupang

Daun ketapang adalah daun antibiotik alami yang juga bisa kita manfaatkan untuk proses penyembuhan ikan cupang dari berbagai luka atau berbagai macam penyakit.

Agar hasil lebih ampuh, maka selain menggunakan antibiotik yang kit beli di pasar, seperti pada poin nomor 2 diatas. Maka kita juga harung menggunakan daun ketapang.

berbeda dengan cara penggunaan sebelumnya, bila antibiotik yang kita beli harus menggunakan kadar air yang sedikit maka tidak dengan daun ketapang.

Karena kita bisa menggunakan daun ketapang sebanyak mungkin untuk di masukkan kedalam aquarium. Sehingga dengan begitu proses penyembuhan dan kesehatan ikan cupang akan lebih cepat.

Cara menggunakan daun ketapang untuk ikan cupang :

- Carilah daun ketapang secukupnya
- Kalau bisa cari jenis daun ketapang yang ada di dekat pantai
- Kemudian masukkan kedalam aquarium
- Pastikan air aquarium sampai agak menguning
- Jika belum menguning, maka tambahkan lagi daun ketapangnya
- Biarkan daun ketapang berendam dalam aquarium selama beberapa hari
- Ganti sesekali air aquarium dengan air baru dan masukkan lagi daunnya
- Ulangi proses ini sampai ikan cupang sembuh dan mulai tumbuh ekor

Kenapa harus daun ketapang?

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa daun ini memliki antibiotik alami yang bisa memulihkan luka-luka akibat penyakit ataupun serangan jamur pada ikan cupang yang menyebabkan fisik ikan cupang menjadi cacat.

Dengan begitu ekor dan sirip ikan cupang akan cepat pulih dan bisa tumbuh dengan sempurna.


4. Menggunakan air garam

Garam mempunyai sifat anti radang dan anti bakteri yang sangat bermanfaat juga dalam masa-masa penyembuhan ikan cupang yang sedang luka atau sakit terserang oleh bakteri.

Tidak sedikit orang yang pintar membudidayakan ikan cupang sering memanfaatkan garam sebagai kesehatan ikan cupang itu sendiri. Itu semua karena mereka tahu bahwa garam memberi manfaat untuk kesehatan ikan cupang.

Tak heran apabila orang yang pintar membudidayakan ikan cupang itu memiliki banyak sekali ikan cupang yang cantik dan sehat-sehat serta jarang ada yang mati. Ternyata rahasianya sangat sederhana, yaitu dengan memberi garam.

Akan tetapi...

Proses pemberian garam ini sebaiknya dilakukan dengan benar, karena apabila menggunakan garam pada ikan cupang secara berlebihan itu malah membalikkan keadaan si ikan cupang.

Atau dengan kata lain, bisa saja ikan cupang mati karena kebanyakan kandungan garam yang ada di airnya. Maka dari itu pemberian garam kedalam air yang ada ikan cupangnya itu harus seusai dengan takaran.

Lantas berapa banyak garam yang bagus di berikan kepada ikan cupang? Yaitu hanya 10 gram saja setiap 1 liter airnya. Jika berlebihan air akan terlalu asin dan ini sangat tidak bagus untuk kesehatan ikan cupang.

Mungkin anda juga perlu mengetahui bahwa 1 liter itu sama dengan 4 gelas yang berukuran 250 ml. Jadi ikan cupang berada dalam gelas, maka cukup berikan garam sebanyak 2.5 gram saja.


5. Menggunakan metil biru (methylene blue), pada ikan cupang

Metil biru adalah zat kimia yang lagi-lagi sejenis antibiotik yang bisa menyembuhkan serta mencegah ikan cupang dari berbagai macam penyakit akibat serangan jamur dan bakteri.

Untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di toko-toko aquarium atau di tempat penjualan budidaya ikan. Metil biru ada yang jenis cair dan ada yang berbentuk serbuk.

Namun menurut para ahli budaya ikan cupang, mereka lebih sering menggunakan metil biru yang berjenis serbuk. Meskipun namanya biru, tapi serbuk metil ini sebenarnya berwarna hijau tua.

Setelah di masukkan kedalam air maka barulah metil ini akan larut berubah menjadi kebiruan. Larutan inilah yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak yang ada di tubuh ikan cupang.

Sehingga setelah menggunakan metil ini biasanya proses penyembuhan pada ikan cupang yang sedang sakit akan lebih cepat. Namun tetap harus diperhatikan bahwa ada kadar yang harus di gunakan dalam aquarium.

Intinya kita tidak boleh mnggunakan metil biru ini secara berlebihan, yang mana juga bisa membuat kesehatan ikan cupang malah terganggu. Seperti yang kita ketahui bahwa air ini juga akan masuk kedalam mulut ikan cupang, jadi bisa di bayangkan kan kalau berlebihan?

Cara memberikan metil biru yang benar kepada ikan cupang adalah dengan kadar 2 ml atau setara dengan kosentrasi 1 persen setiap 10 litar air. Jadi apabila air dalam aquarium 1 10 liter maka tambahkan metil biru sebanyak 2 ml.

Selain itu...

Setiap sudah menggunakan metil biru, jangan lupa juga untuk mengganti air aquarium di malam atau sore hari apabila anda menggunakan metil biru ini pada pagi hari sebelumnya.


6. Berikan ikan cupang jentik nyamuk

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya makanan pokok utama ikan cupang adalah pelet. Namun kita bisa memberikan makanan nutrisi tambahan yaitu berupa jentik nyamuk.

Jentik nyamuk atau juga telur nyamuk adalah makanan yang paling bagus untuk diberikan kepada ikan cupang. Karena dalam jentik nyamuk mengandung gizi-gizi yang dibutuhkan oleh ikan cupang.

Apalagi selama masa proses penyembuhannya, maka carilah jentik-jentik nyamuk ini untuk bisa di berikan kepada ikan cupang kesayangan kita. Jentik ini tentu saja sangat mudah kita temukan d mana saja.

Jentik nyamuk sering kali ada di endapan-endapan air seperti di selokan, dalam sumur atau bahkan ada juga di bak mandi kita. Dari pada di buang, maka ada baiknya di ambil untuk di berikan pada ikan cupang.

Selain jentik, kita juga bisa memberikan nyamuk kepada ikan cupang untuk di konsumsi. Tapi tentu saja untuk mendapatkan nyamuk memang agak susah. Karena kita harus memukulnya terlebih dahulu, setelah nyamuk mati barulah di masukkan dalam aquarium.

Tapi tetap perlu diperhatikan...

Saat pemberian jentik sebaiknya tidak diberi secara berlebihan pula, karena biasanya terlalu banyak jentik dalam aquarium itu bisa dengan mudah mencemari air aquarium.

Selain itu jentik nyamuk juga cepat berkembang biak menjadi seekor nyamuk, sehingga besar kemungkinan jika aquraium kita berada di dalam rumah maka sudah pasti rumah kita akan banyak nyamuk.

Untuk meminimalisir bahaya penyakit nyamuk terhadap kita, maka kita bisa mengantisipasinya dengan cara menutup aquarium menggunakan jaring dengan lubang-lubang halus atau bisa juga pakai kelambu yang sudah tidak terpakai.

Tapi ingat :

Jangan pernah pernah menutup aquarium secara keseluruhan tanpa ada udara, karena ikan dalam aquarium juga butuh udara atau oksigen supaya bisa terus hidup.

Maka dari itu untuk menutup aquarium setelah menggunakan jentik nyamuk maka cara yang paling bagus adalah dengan jaring atau kelambu bekas yang tidak terpakai.

Jangan sampai ikan yang sehat, tapi malah kita yang mengalami gangguan kesehatan akibat serangan nyamuk dari jentik-jentik nyamuk yang kita isi dalam aqurium ikan cupang.


7. Berikan ikan cupang telur rebus

Telur rebus yang biasa kita konsumsi ternyata memiliki manfaat juga untuk pertumbuhan serta kesehatan fisik ikan cupang yang sedang kita pelihara tersebut.

Kenapa harus telur rebus?

Karena telur rebus memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, bahkan untuk manusia. Telur rebus juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ikan sebagai sumber proteinnya.

Namun cara memberikan telur rebus kepada ikan tentu saja bukan diberikan 1 butir telur rebus yang utuh. Kita harus menghancurkan terlebih dahulu telur yang sudah direbus itu.

Setelah telur menjadi halus maka barulah bisa kita berikan kepada ikan cupang kita, karena jika anda memberikan telur rebus secara utuh maka sudah pasti ikan cupang tidak mau memakannya karena ukurannya yang tidak sesuai dengan mulutnya.

Kandungan gizi yang terdapat dalam telur rebus juga mampu mempercepat pertumbuhan ikan cupang. Sehingga secara otomatis ekor ikan cupang juga akan ikut terpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Namun harus di ingat...

Berikan telur rebus secukupnya saja, dan pastikan telur rebus yang kita berikan itu adalah bagian kuningnya saja. Karena tekstur kuning telur rebus lebih lunak, sehingga ikan cupang mau memakannya.

Selain itu bagian kuning telur ini lebih tinggi proteinnya ketimbang bagian putihnya. Akan tetapi jangan di berikan secara berlebihan juga, karena bisa membuat air aquarium cepat keruh.

Karena semakin sering kita memberikan telur rebus pada ikan cupang, maka akan semakin sering pula kita harus mengganti air aquariumnya...


8. Jangan menempatkan ikan cupang lainnya dalam satu aquarium

Selama masa proses penyembuhan pastikan kita untuk selalu memisahkan ikan cupang kesayangan kita dengan ikan cupang lainnya. Jangan sampai di campur dalam 1 aquarium yang sama.

Kenapa?

Ya, pasti anda tahu sendiri bahwa ikan cupang ini memiliki sifat yang agresif yang suka sekali bertarung dengan ikan sejenisnya. Sehingga jika kita lakukan hal ini maka tentu saja hanya memperparah kesehatan serta hanya tambah memperburuk pertumbuhan ekor dan siripnya.

Maka dari itu biasanya ikan ini selalu hidup sendiri dalam 1 tempat aqurium, jadi jika kita memiliki lebih dari satu ikan cupang maka harus mempersiapkan aquarium kedua.

Kecuali jenis aquarium yang anda gunakan adalah memang jenis aquarium yang memiliki banyak ruang terpisah dalam satu wadah aquarium tersebut. Jadi seperti 1 aqaurium itu ada banyak kamar yang terpisah-pisahkan oleh lapisan kacanya.

Itupun lapisan kaca antara jarak ikan cupang dan sebelahnya harus kita tutupi dengan benda yang tidak tembus pandang. Karena ikan cupang juga bisa bereaksi agresif saat melihat ikan cupang lainnya yang saling berdekatan meskipun sebenarnya terpisah.

Maka oleh sebab itu...

Pastikan selama masa perawatan dan proses pertumbuhan, ikan cupang tidak boleh sampai mengalami hal-hal yang mengacu emosi agresifnya tersebut.

Karena gerakan-gerakan ikan cupang yang sedang berinteraksi terhadap ikan cupang lainnya, ini bisa merusak ekor serta siripnya akibat benturan terhadap kaca aquarium yang dilakukannya sendiri.

Jadi biarkan ikan cupang hidup sendiri terlebih dahulu selama masa penyembuhannya. Jangan ada gangguan-gangguan yang membuatnya berinteraksi menjadi agresif.


Tips tambahan agar ekor cupang cepat tumbuh :

- Jemur sesekali ikan cupang di sinar matahari tujuannya agar ikan tidak lemas karena terus-terusan berada di tempat gelap.

- Jangan sering memegang langsung ikan cupang tujuannya supaya ekor dan siripnya ini tidak mudah rusak.

- Kubur ikan cupang dalam tanah, caranya dengan memasukkan ikan cupang dalam toples yang sudah berisi setengah air dan jangan lupa harus tertutup rapat.

Atau bisa juga dengan menggunakan plastik gula yang berisi air. Pastikan kita menyisakan udara dalam plastik tersebut. Jadi intinya air dalam plastik gula yang kita isi ini tidak penuh atau setengahnya saja.

Setelah itu masukkan ikan cupang di dalamnya dan jangan lupa plastik yang berisi ikan cupang kita ikat karet dengan erat. Lalu kubur dalam tanah selama 2 jam saja. Sebab jika terlalu lama ikan bisa mati karena kehabisan oksigen.

Cara ini adalah cara yang digunakan oleh master ikan cupang, tujuannya adalah supaya warna ikan cupang lebih pekat dan katanya bisa mengubah warna dasar sebelumnya.

Selain itu menggunakan cara ini juga bisa membuat ikan cupang lebih kuat dan ganas dari sebelumnya. (kata para master sih begitu), namun kami tidak bertanggung jawab apabila ikan cupang anda mati kehabisan oksigen.

Tapi katanya bila dilakukan setiap hari dan tidak lebih dari 2 jam sih tidak masalah. Namun cara ini masih banyak yang menganggapnya sebagai mitos. Tapi tidak ada salahnya adan mencoba sendiri tips yang satu ini !!!


Demikianlah 8 cara supaya ikan ekor ikan cupang cepat tumbuh, semoga tips di atas bisa memeberi anda motivasi dan pengalaman baru dalam merawat ikan cupang.

Hal yang paling penting dalam merawat ikan cupang adalah kejernihan airnya. Kita harus selalu memperhatikan keruh air dalam aquarium ikan cupang.

Karena paling banyak kasus penyakit serta gangguan kesehatan ikan cupang adalah karena jarang sekali mengganti air aquarium.

Ini bisa juga menjadi penyebab sirip dan ekor ikan cupang sering terserang jamur dan bakteri yang kerap kali membuat ekornya rontok sendiri.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post