8 Cara Agar Cepat Fokus Menghafal Pelajaran

Jika bicara soal belajar maka tentu kita tidak akan jauh dari kata menghafal. Hampir rata-rata orang yang serius dalam belajar itu membutuhkan suatu penghafalan supaya pelajaran tersebut bisa di ingatnya.

Bukan hanya di usia sekarang, mungkin kamu juga pasti sudah sering menghafal pelajaran sejak kecil yang biasa di ajarkan oleh guru kita di sekolah. Ya, setiap orang wajib belajar menghafal terutama di saat anak-anak.

Dengan menghafal maka kita akan lebih mengingat hal-hal yang sudah kita pelajari, sehingga hasil dari belajar bisa kita terapkan di saat-saat diperlukan nantinya.

Hampir semua dalam mata pelajaran sekolah tidak lepas dari menghafal, misalnya seperti pelajaran matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, ipa, ips, kimia, fisika dan lain-lain pasti ada yang harus di hafal.

Itu semua karena agar kia bisa mengingat dan mempraktekkan apa yang sudah kita pelajari sehingga hasil belajar kita tidak menjadi sia-sia. Orang bisa pintar itu juga karena daya ingatnya luar biasa dari apa yang sudah dihafalnya selama ini.

Jadi pada dasaranya jika kita sering menghafal pelajaran dan bisa mengingatnya maka kita bisa dengan mudah menjadi orang yang pintar. Sebab bila belajar tanpa menghafal itu hanya sia-sia saja.

Tidak ada orang yang bisa pintar tanpa menghafal, sehingga itulah mengapa kita sudah di ajarkan menghafal sejak masih kecil dulu.

Oke mari kita lanjutkan...

Bagi kamu yang ingin benar-benar bisa menghafal dengan mudah maka tentu saja harus menggunakan beberapa teknik. Ada banyak sekali teknik menghafal yang bisa menjadikan kita mudah menghafal semua pelajaran.

Sehingga pelajaran apapun nantinya yang sedang kamu pelajari bisa kamu hafal dengan mudah, maka dengan begitu kamu pun bisa menjadi orang yang cukup pintar baik disekolah, maupun di luar sekolah.

Berikut ini beberapa cara menghafal yang bisa kamu terapkan dirumah agar bisa dengan cepat termasuk semua pelajaran. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


Cara Agar Cepat Fokus Menghafal Pelajaran


Berikut 8 Cara Agar Cepat Fokus Menghafal Pelajaran :


1. Mandi terlebih dahulu

Kenapa harus mandi? Ini karena setelah mandi tubuh kita lebih segar dan bisa membuat tingkat rileksasi tubuh kita menjadi jauh lebih tenang dari sebelumnya.

Sehingga kita akan lebih terasa santai, maka dengan begitu konsentrasi serta fokus kita dalam menghafal pelajaran akan lebih mudah di cerna oleh otak. Berbeda dengan kita menghafal sebelum mandi, pasti akan terasa bedanya.

Terutama di siang hari, kondisi suhu tubuh cukup mempengaruhi kinerja otak secara otomatis. Karena jika suhu tubuh kita terasa panas dan gerah maka otak kita akan merespon yang membuat kita terasa gelisah.

Kegelisahan tersebutlah yang sering kali membuat kita tidak tenang, sehingga segala sesuatu yang kita kerjakan menjadi kurang fokus akibat kita yang tidak tenang.

Kunci menghafal itu adalah tenang. Dan mandi adalah salah satu caranya supaya kita bisa tenang terlebih dahulu.

Selain itu mandi juga bisa membuat kita lebih segar dan bersemangat untuk melakukan aktivitas-aktivitas apapun termasuk menghafal. Mungkin banyak yang meremehkan cara ini, tapi kamu bisa rasakan sendiri perbedaannya.

Cobalah mandi terlebih dahulu, setelah semuanya beres maka duduklah di kursi buat diri anda santai lalu kemudian ambil buku yang akan di hafal maka kita akan merasa lebih fokus dan lebih santai saat menghafal.


2. Cari tempat yang pas

Salah satu gangguan yang paling menghalangi aktivitas kita saat menghafal itu adalah kebisingan dan orang-orang disekitar kita yang berbicara dengan kita namun mereka tidak tahu jika kita sedang menghafal.

Gangguan seperti ini memang sudah pasti sering kita alami disaat kita tengah menghafal suatu pelajaran. Apalagi itu jika disekitar kita ramai orang, maka tentu saja konsentrasi kita akan ikut terganggu.

Kebisingan juga tidak harus disebabkan oleh orang lain, namun kebisingan itu juga bisa berupa suara-suara kendaraan ataupun suara-suara lagu, atau suara televisi dan lain-lain.

Maka untuk mengatasi hal-hal diatas, tentu saja kita harus mencari tempat yang benar-benar pas untuk menghafal. Bebas dari gangguan dan kebisingan, sehingga pelajaran yang kita hafal lebih cepat terserap.

Banyak orang yang gagal fokus saat menghafal itu disebabkan oleh masalah-masalah seperti ini. Jadi bila memang kamu ingin benar-benar cepat bisa menghafal maka carilah tempat yang sepi.

Bukan berarti tempat yang sepi itu kita harus ke masuk ke hutan sendirian lalu menghafal pelajaran. Tapi carilah tempat-tempat sepi yang nyaman saja, misalnya seperti di kamar ataupun dalam perpustakaan.

Perpustakaan adalah tempat yang sangat bagus untuk menghafal, karena biasanya disitu orang-orang tidak boleh bicara keras-keras, sehingga suasana lebih tenang.

Itulah mengapa suasana di perpustakaan itu selalu sepi dan terlebih lagi dalam perpustakaan terdapat banyak sekali buku-buku semua pelajaran yang kita butuhkan.

Namun jika kamu melakukannya di kamar, ataupun di dalam rumah yang suasananya terbilang cukup tenang juga tidak masalah. Semuanya tergantung pada kita, karena yang penting kita bisa fokus dan konsentrasi.


3. Baca dan pahami dulu sebelum menghafal

Banyak orang yang melakukan kesalahan saat menghafal, salah satunya adalah tidak membacanya atau memahaminya terlebih dahulu. Sehingga cara kita menghafal itu hanya seperti menggunakan mulut saja, tidak menggunakan otak.

Akibatnya...

Sudah pasti yang pertama kita harus mengingat semua isi yang ada di buku, semua kalimat yang tertulis disalamnya. Mulai dari kalimat yang penting sampai yang tidak penting pun harus kita hafal.

Jika seperti ini gaya menghafal kita maka sudah pasti hasilnya akan sangat buruk, cara kita mengungkapkannya pun akan terlalu baku dan terlihat kaku. Selain itu kebiasaan menghafal tanpa memahami juga banyak menyita waktu.

Kita akan sering lupa dan lupa lagi, sebab kita tidak tahu apa sebenarnya tujuan dari alur-alur kalimat yang sedang kita hafal tersebut. Hal-hal inilah yang sering sekali menjadi suatu kesalahan.

Oleh sebab itu...

Biasakan baca dulu semuanya meskipun harus berulang-ulang. Dan pahami poin-poin pentingnya saja. Setelah alur ceritanya kita mengerti maka barulah kita mulai menghafalnya.

Dengan menggunakan cara ini maka proses hafal-menghafal biasanya akan terjadi lebih lancar dan tidak kaku.


4. Mencatat sendiri kalimatnya

Saat menghafal kita pasti akan melihat tulisan yang kita baca bukan? Lalu apa yang kita bayangkan? Tentu saja kita membayangkan tulisan yang ada di buku tersebut.

Dan pastinya, tidak semua buku yang kita hafal itu memiliki bentuk tulisan yang sama-sama. Misalnya seperti ukuran tulisan, warna, ketebalan dan jumlah baris dalam satu kalimat.

Pada saat menghafal kita sudah pasti akan membayangkan warna kertas, ukuran huruf, dimana harus berhenti pada titik dan dimana harus menjeda sesaat pada koma.

Sehingga gaya bahasa yang tertulis pada buku mau tidak mau harus kita ingat dan kita ikuti agar bisa menghafal kalimat yang ingin kita hafal. Namun tentu saja kita tidak harus mengikuti gaya tulisan dari buku.

Akan lebih mudah apabila kalimat yang ingin kita hafal tersebut kita tulis pada sebuah kertas atau buku dengan tulisan kita sendiri. Karena biasanya dengan cara ini kita bisa lebih cepat menghafalnya.

Sebab dengan tulis sendiri maka gaya penulisan lebih unik dan kita juga bisa mengatur kapan harus berhenti atau kapan harus menjeda, sehingga akan kalimat yang ingin di hafal akan lebih leluasa bagi kita.

Saya sendiri dulu sering menerapkan cara ini terutama saat akan menghafal pelajaran yang berjenis kalimat. Baik itu bahasa indonesia, sejarah, bahasa inggris atau semacamnya.

Lebih mudah bagi saya untuk menghafal dengan gaya penulisan dari diri sendiri dari pada menghafal kalimat atau kata-kata yang tertera di buku. Dan hasilnya cukup cepat bagi saya bisa menghafalnya.


5. Ambil poin pentingnya saja

Hal yang paling penting saat menghafal adalah dengan mengingat kalimat yang penting-penting saja. Kenapa? Karena kita bukanlah robot. Kita itu manusia, yang tidak harus mengikuti apa yang tertulis di buku.

Kalimat di buku di tulis panjang lebar, tujuannya itu supaya kita bisa memahami maksud dari intinya. Saat menghafal kita tidak perlu mengucapkan sama persis apa yang ada di buku.

Karena yang penting tujuannya sama, namun cara penyampaian kita saja yang berbeda. Meskipun dengan cara penyampaian kita yang berbeda, orang-orang juga akan mengerti apabila suatu saat kita menjelaskan maksud dari tujuan kita.

Contoh :

Misalnya kita disuruh hafal bagaimana cara menjadi pintar, seperti yang ada di artikel ini : 8 Cara Agar Otak Menjadi Cerdas Pintar dan Kreatif.

Jika anda membuka artikel tersebut, maka anda akan melihat yang saya tulis didalamnya itu terdapat 8 cara beserta penjelasannya.

Nah, anda tidak perlu harus menghafal penjelasannya, tapi yang perlu anda hafal adalah 8 poin pentingnya saja. Penjelasannya cukup di baca saja, kemudian di cerna dan ingatlah dengan gaya bahasa anda sendiri.

Maka apabila suatu saat nanti kita harus menjelaskkan kepada orang lain apa yang sudah kita hafal, maka kita cukup mengungkapkan 8 poin pentingnya saja, sedangkan untuk penjelasannya kita katakan dengan gaya bahasa kita sendiri.

Begitulah cara cepat menghafal dengan poin pentinnya saja...

Di buku pun kita harus demikian, tidak perlu kita harus menghafal semuanya apa yang tertulis disitu. Karena yang penting kita ngerti kemana tujuannya, maka itu sudah cukup untuk modal menghafal kita.

Kecuali jika yang kita hafal itu adalah ayat-ayat suci yang memang tidak bisa di ubah ataupun sebuah kalimat yang berupa rumus-rumus yang memang sudah seperti itu dasarnya.


6. Gunakan metode kartu

Cara ini bisa di bilang cukup efektif untuk bisa dengan cepat menghafal semua pelajaran. Yaitu dengan cara membuat kartu dari kertas yang sudah di potong-potong empat peregi.

Kemudian dalam setiap lembaran kartu kita tulis kalimat yang ingin di hafal. Berapa banyak kalimat dan seberapa panjang kalimat itu tergantung seberapa banyak kalimat yang kita hafal.

Jika ada banyak kalimat yang kita hafal maka perbanyak kartu kertasnya, yang terpenting isi kalimat yang tertulis dalam kertas tersebut bisa mudah kita baca.

Cara menghafalnya begini :

Buatlah setiap kartu berisi kalimat yang ingin kita hafal. Bila sudah terhafal, maka lanjutkan menulis kalimat pada kartu kedua kemudian hafal lagi.

Setelah isi kalimat yang ada di kartu kedua berhasil dihafal, maka lanjutkan dengan membuat kartu ketiga lalu hafal lagi. Dan begitulah seterusnya sampai semua kalimat yang ingin kita hafal itu selesai.

Agar proses menghafal dapat lebih lancar, maka setiap kartu yang sudah kita tulis dan sudah kita hafal sebelumnya tadi itu kita ulangi lagi. Namun kini kita harus meminta bantuan dari orang lain.

Mintalah bantuan dari teman atau saudara disekitar untuk melihat kebenaran setiap kartu yang kita ucapkan tersebut. Sehingga dengan cara ini proses hafal-menghafal akan lebih mudah terjadi.

Ini semua karena kita menggunakan subjek kertas tadi sebagai bahan bantuan tambahan yang bisa menambah daya ingat kita pada saat menghafal.


7. Memanfaatkan waktu

Jika banyak yang bilang jangan terburu-buru saat menghafal, tapi itu bagi saya. Kenapa? Karena kita harus memiliki sedikit tekanan dalam diri agar bisa cepat menghafal.

Salah satunya itu adalah dengan memanfaatkan waktu. Atau lebih tepatnya lagi kita harus punya tujuan kapan kita harus berhenti menghafal namun saat sudah berhenti maka kita harus sudah lancar.

Misalnya begini...

Saat menghafal kita harus mempunyai target berapa jam berapa kata-kata atau kalimat yang kita hafal itu harus benar-benar sudah ada dalam pikiran kita. Jadi katakanlah misalnya 1 jam (tergantung dari panjang hafalan).

Jadi pastikan dalam waktu 30 menit kita sudah bisa menghafal setengahnya. Maka dalam waktu satu jam, hafalan kita harus benar-benar sudah mantap sepenuhnya.

Tujuannya adalah... Jika kita tidak mempunyai target waktu seperti ini maka untuk bisa menghafal itu bisa sangat lama.

Oleh sebab itu...

Kita harus memberi sedikit tekanan pada diri kita sendiri, supaya otak kita mampu bekerja maksimal dan bisa lebih fokus. Karena saat menghafal kita sudah di kejar oleh waktu.

Buatlah seolah-olah diri kita terkejar oleh waktu, dan jadikan hafalan tersebut hal yang sangat mendesak yang perlu kita selsesaikan pada waktu yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Sehingga saat kita sudah membuat target jam berapa harus siap, maka otak juga akan membuat respon pada tubuh kita. Respon inilah yang akan mendorong kita untuk lebih cepat bereaksi.


8. Manfaatkan rekaman

Merekam suara atau video diri sendiri saat kita sedang menghafal adalah cara yang cukup efektif saat ini supaya kita bisa lebih cepat lancar lagi pada saat menghafal.

Inilah gunanya teknologi, jika kita pintar dalam menggunakannya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan rekaman. Baik yang direkam itu menggunakan ponsel ataupun alat khusus merekam.

Namun agar lebih mudah gunakan saja ponsel, sebab sekarang hampir rata-rata semua orang sudah mempunyai barang elektronik tersebut. Caranya tentu saja kita harus merekam diri sendiri.

Terutama itu suara kita, jadi pada saat menghafal pastikan kita mengeluarkan suara yang sedikit lebih besar supaya hasil rekamannya bisa kita dengar secara jelas.

Suara hasil rekaman inilah yang bisa kita manfaatkan supaya bisa kita dengar tanpa harus menghafal dengan mata kita lagi. Jadi intinya kita tidak perlu melihat buku lagi, karena kita bisa menghafalnya lewat suara rekaman kita tadi.

Namun ini semua tegantung dari kemampuan seseorang, karena bagi sebagian orang ada yang lebih cepat menghafal dengan cara melihat. Namun ada juga dengar cara mendengar seperti menggunakan suara rekaman ini.

Jika saya pribadi lebih cepat menghafal itu dengan opsi suara atau rekaman seperti ini. Karena lebih mudah, dan lebih santai untuk bisa kita lakukan secara berulang-ulang dimana saja dan kapan saja.

Dan yang lebih serunya lagi, kita juga bisa pakai alat bantu pendengar suara atau headset, sehingga kita bisa lebih fokus meskipun menghafal di tengah kebisingan.


Demikianlah 8 cara agar cepat fokus menghafal pelajaran dengan mudah. Sehingga semakin banyak yang bisa kita hafal maka semakin banyak pula ilmu yang ada dalam diri kita.

Selamat mencoba...
Newer Post
Older Post