8 Cara Agar Pikiran Tenang dan Fokus

Menjadi orang tenang adalah hal yang semua orang inginkan pada umumnya terutama disaat sedang menghadapi suatu masalah ataupun disaat kita sedang dalam situasi darurat, maka bersikap tenang itu sangat dibutuhkan.

Dengan menjadi tenang kita bisa berfikir jernih sehingga berbagai masalah ataupun situasi yang tidak menyenangkan maka dapat kita lewati dengan mudah. Namun seperti yang anda rasakan sendiri untuk menjadi tenang bukanlah hal yang mudah.

Kita membutuhkan tingkat konsentrasi yang cukup baik agar diri kita bisa benar-benar tenang dalam kondisi apapun dan dimanapun. Orang yang bisa mengontrol emosi dalam dirinya itu biasanya akan mudah menjadi orang yang tenang.

Selain membutuhkan konsentrasi, untuk menjadi tenang kita juga harus bisa fokus. Karena dengan fokus maka munculah konsentrasi, dan dari konsentrasi kita berfikir jernih, sehingga dari berfikir jernih maka terciptalah kondisi atau suasana yang tenang.

Namun tidak semua orang bisa melakukannya, banyak orang yang tidak bisa tenang terutama di saat kondisi atau suasana disekitar kurang mendukung. Namun semua itu bukanlah masalah apabila anda benar-benar serius melakukannya.

Kondisi tenang ini sangat kita butuhkan pada saat-saat sedang hendak melakukan seusuatu ataupun sebelum mengambil keputusan. Misalnya saja seperti sebelum berpidato, wawancara, menghadapi ujian sekolah, ataupun di saat sedang menghadapi suatu masalah dengan orang lain.

Di kondisi-kondisi tersebutlah kita benar-benar harus bisa tenang, agar semua yang kita lakukan itu bisa berjalan dengan baik. Biasanya orang-orang yang bisa lebih tenang sebelum menghadapi sesuatu itu akan lebih mampu dalam mengambil sebuah keputusan.

Selain itu orang-orang yang lebih tenang sebelum bertindak juga dapat membuahkan hasil yang memuaskan dari pada orang-orang yang tidak tenang sebelum melakukan sesuatu. Sebab itu adalah ciri-ciri orang yang ceroboh dan tidak sabaran.

Jadi tenang itu juga termasuk dalam sifat sabar juga. Nah, bagi anda yang ingin bisa menjadi orang yang tenang dan fokus dalam kondisi apapun maka silahkan simak tips-tipsnya di bawah ini.


Cara Agar Pikiran Tenang dan Fokus


Berikut 8 Cara Agar Pikiran Tenang dan Fokus :


1. Fisik harus fresh

Fresh adalah bahasa inggris yang artinya segar. Jadi hal pertama yang bisa membantu anda supaya pikiran bisa tenang dan lebih fokus adalah dengan cara membuat tubuh menjadi lebih segar terlebih dahulu.

Tubuh yang segar akan sangat mempengaruhi pikiran kita untuk bisa berfikir dengan santai. Jadi dengan kata lain, langkah awal agar pikiran kita bisa tenang itu adalah salah satunya dengan cara mandi terlebih dahulu.

Kenapa mandi...?

Karena mandi bisa mengubah suhu tubuh kita menjadi lebih dingin. Suhu tubuh yang dingin akan membuat diri kita bisa sedikit lebih tenang dari pada orang-orang yang dalam keadaan gerah kepanasan.

Kita pasti sering merasakan saat kita sedang gerah itu pasti kita seperti orang yang sedang kesusahan, segala sesuatu tidak nyaman dilakukan. Hal ini paling sering terjadi pada waktu siang hari, karena siang hari suhu tubuh kita akan meningkat bahkan berkeringat, sehingga menjadikan kita resah dan gelisah.

Jadi bisa dibilang suhu tubuh kita sendiri itu ada hubungannya dengan pikiran kita, suhu tubuh yang semakin meningkat panasnya bisa membuat kita menjadi tidak tenang. Maka itulah jangan heran apabila saat kita sedang berkeringat itu sering membuat kita resah gelisah.

Maka mandi terlebih dahulu adalah kunci utama sebelum ketahap selanjutnya tentang cara membuat pikiran kita bisa tenang dan fokus. Selain itu bergaya dan berpakaian dengan rapi juga akan mempengaruhi kondisi kita untuk bisa lebih tenang.

Tak heran pula apabila orang-orang dengan gaya yang rapi itu adalah tipe-tipe orang yang memmiliki kepribadian yang tenang, ketimbang orang yang tampak kusut dari segi gaya dan pakaian yang dikenakannya.


2. Banyak minum air putih

Setiap orang membutuhkan air putih untuk diminum, dan inilah salah satu manfaatnya. Selain menghilangkan haus ternyata air putih juga sangat berperan penting manfaatnya kepada otak kita.

Seperti yang kita ketahui tubuh termasuk otak kita itu membutuhkan asupan air yang cukup setiap harinya. Asupan air yang kita konsumsi setiap hari itu bisa mempengaruhi kondisi fisik kita dari dalam.

Karena biasanya orang yang kurang minum air putih itu bisa berdampak buruk pada kesehatannya, selain tubuh menjadi lemas maka otak pun tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Sehingga kita sering kali mengalami gelisah-gelisah kecil yang kita sendiri tidak tahu apa penyebabnya. Sering kali kita terkadang merasa seperti resah sendiri, meskipun padahal tidak ada masalah yang menghampiri.

Nah, sebenarnya hal tersebut disebabkan karena kita kekurangan minum air putih. Orang yang cukup minum air putih itu biasanya lebih tenang pikirannya dari pada orang-orang yang kurang minum air.

Itulah mengapa biasanya orang yang sedang marah-marah dan emosi itu biasanya diberikan air putih, tujuannya itu supaya orang tersebut bisa kembali tenang seperti sebelumnya. Begitupun dengan diri kita.

Apabila kita ingin-ingin bisa berfikir tenang dan fokus maka minum dulu air putih yang cukup, agar otak kita bisa bekerja lebih maksimal sehingga kita juga bisa lebih berkonsentrasi lagi.


3. Duduk sejenak

Kamu perlu tahu bahwa duduk bukan hanya sekedar aktivitas yang hanya dilakukan pada saat kita tidak sanggup lagi berdiri. Tapi dengan duduk pikiran kita akan lebih mantap dan lebih fokus saat memikirkan sesuatu.

Otak akan lebih maksimal bekerja apabila kita memikirkan sesuatu itu pada saat kita sedang dalam keadaan duduk. Selain itu kamu juga pasti sering melihat orang-orang yang sedang emosi itu pasti disuruh duduk terlebih dahulu untuk menyelesaikan masalahnya.

Kenapa?

Karena dengan duduklah amarah, emosi serta pikiran kita bisa menjadi lebih tenang dari sebelumnya. Jadi apabila kamu sedang dalam kondisi darurat ataupun dalam keadaan susah saat akan menghadapi sesuatu maka pastikan kamu duduk sejenak.

Dengan duduk sejenak, jantung kita akan terpompa lebih normal sehingga darah yang mengalir ke otak juga akan terjadi secara normal, ketimbang orang yang berdiri apalagi sambil jalan kesana-kemari saat sedang dalam keadaan sulit atau menghadapi masalah.

Jadi cobalah untuk selalu duduk apabila suatu saat kamu akan menghadapi suatu hal yang membuat kamu seakan tergesa-gesa, sehingga kita bisa membuat keputusan dan bertindak dengan biijaksana layaknya orang dewasa.


4. Pindah tempat lain

Suasana juga sangat-sangat mempengaruhi pikiran seseorang untuk bisa tenang agar benar-benar bisa fokus. Karena terkadang kita berada pada tempat yang kurang pas disaat kita sedang membutuhkan ketenangan.

Dengan pindah ketempat lain maka tentu saja kita akan merasakan suasana yang berbeda. Suasana yang berbeda inilah yang bisa mengubah suasana hati kita, sebab suasana hati yang baik itu bisa membuat pikiran kita terbuka dan bisa berfikir dengan jernih.

Maka tidak heran apabila kita sering melihat orang-orang yang sering stres itu membutuhkan liburan. Semua itu tujuannya tidak lain adalah supaya mendapatkan suasana baru, sehingga pikiran bisa tenang terbebas dari segala masalah dalam sesaat.

Namun juga tidak mesti harus liburan, karena dengan pindah ketempat lain saja maka itu sudah cukup membantu kita untuk bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan fokus. Misalnya saja seperti pindah keruangan lain, jika memang kebetulan anda berada dalam suatu gedung, kantor, rumah ataupun di sekolah.

Tapi semua itu tergantung dari kita sendiri, pintar-pintar kita untuk mencari tempat-tempat yang sekiranya menyenangkan dan bisa membuat pikiran kita lebih tenang dari sebelumnya.


5. Minum yang hangat-hangat

Terbukti bahwa air hangat mampu membantu menurunkan tekanan darah yang ada adalam tubuh kita sehingga bisa mengurangi stres. Selain itu dengan minum air hangat kita juga akan merasakan sensasi rilekasi yang begitu besar pada tubuh kita.

Pada saat kita minum air hangat maka tubuh akan menjadi lebih tenang, dan pikiran kita juga bisa jauh lebih santai. Sehingga saat memikirkan sesuatu kita bisa lebih fokus dan lebih percaya diri.

Namun bukan berati kita hanya harus minum air hangat saja, karena air putih hangat saja itu tidak cukup untuk bisa membuat kita bisa berpikir dengan tenang. Jadi cobalah untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung sedikit kafein.

Misalnya saja seperti teh hangat, kopi hangat, atau susu hangat. Namun jika kamu ingin lebih merasakan sensasi santai dan tenang maka cobalah untuk mengkonsumsi air jahe hangat.

Kenapa air jahe hangat?

Karena air jahe ini memang benar-benar terbukti sangat ampuh bisa membuat diri kita mmenjadi lebih tenang dari sebelumnya. Sifat air jahe yang bisa menghangatkan tubuh adalah salah satu khasiat yang bisa memberikan kita sensasi rileksasi.


6. Makan coklat

coklat adalah makanan ataupun cemilan yang rasanya sangat manis. Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini terutama anak-anak. Namun tahukah anda bahwa ternyata coklat ini mempunyai manfaat untuk membuat kita kembali tenang.

Kok bisa...?

Itu karena kandungan manis yang terkandung dalam coklat dapat mengubah mood atau suasana hati pada seseorang. Sehingga orang-orang yang sering makan coklat itu suasana hatinya lebih bahagia.

Dengan suasana hati yang bahagia maka tentu saja hal ini bisa membantu kita menurunkan tingkat kecemasan. Karena salah satu pikiran yang tidak tenang itu adalah disebabkan oleh rasa cemas apalagi sampai berlebihan.

Maka dari itu untuk mengurangi rasa cemas dan bisa sedikit membantu mengubah suasana hati anda agar lebih tenang dari sebelumnya caranya adalah dengan mengkonsumsi coklat. Kamu juga tidak harus mengkonsumsi coklat dalam bentuk batangan, karena coklat ada banyak sekali terdapat dalam makanan-makanan ringan yang terkandung coklat didalamnya.

Namun jenis coklat batang tentu saja lebih unggul karena kandungan coklatnya lebih banyak, sehingga efek yang kita rasakan juga akan lebih cepat. Sehingga hati kita bisa cepat tenang dan mood kita bisa lebih bahagia.

Dan pada akhirnya pikiran kita akan lebih rileks dari sebelumnya. Namun tetap perhatikan bahwa coklat tidak perlu dikonsumsi secara berlebihan karena itu bisa merusak gigi kita, tapi tidak masalah apabila kita rajin menyikat gigi dengan rutin.


7. Mengatur napas

Cara selanjutnya untuk bisa membuat pikiran kita tenang dan bisa fokus adalah dengan cara mengontrol saluran pernapasan kita sendiri. Karena biasanya orang-orang yang pikirannya tidak tenang itu pernapasannya lebih cepat.

Jadi apabila kita tidak bisa mengontrol pernapasan kita sendiri pada saat kita sedang dalam situasi yang tidak bagus maka hal ini bisa membuat diri kita semakin tidak terkontrol bahkan hilang kendali.

Oleh karena itu kita harus sering melapangkan dada salah satunya dengan mengatur penapasaan kita agar bisa lebih tetap tenang dan fokus dalam situasi apapun. Caranya seperti dibawah ini :
- Duduklah bersandar pada sesuatu.
- Kemudian buat badan kita tidak kaku.
- Setelah itu tutup mulut sejenak.
- Lalu hirup udara dari hidung sedalam-dalamnya.
- Kemudian tahan sekitar 5 detik.
- Dan lepaskan udara melalui mulut.
- Ulangi terus hal ini sampai 4 atau 5 kali.

Teknik mengatur napas ini benar-benar akan membantu kamu merasa lebih rileks dan lebih tenang dari sebelumnya. Sehingga rasa gugup yang ada dalam diri kita setidaknya sedikit berkurang.


8. Meditasi

Meditasi sama artinya dengan menyendiri. Hal ini juga sering disebut dengan semadi, yang artinya kita harus benar-benar berada di tempat yang sepi dan sunyi untuk bisa membuang semua masalah dan menurunkan kecemasan yang berlebihan.

Orang-orang yang melakukan meditasi cenderung tujuannya tidak lain semata-mata adalah untuk mendapatkan ketenangan baik secara jiwa dan raga. Selain itu bermeditasi ini memang benar-benar terasa manfaatnya apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Menurut sumber dari Wikipedia oleh Dr. Herbert Benson, yaitu seorang spesialis jantung dari Universitas Harvard mengemukakan bahwa beberapa manfaat bermeditasi adalah seperti mengatasi masalah denyut jantung berlebihan, tekanan darah berlebihan, mengontorl pernapasan, mengontrol kelenjar adrenalin, serta memperbaiki hormon-hormon akibat stres.

Nah, anda juga bisa melakukan meditasi kapanpun dan dimanapun termasuk dirumah. Tujuannya supaya pikiran kita bisa benar-benar tenang, selain itu hal ini juga bisa merubah sifat kita untuk bisa menjadi terbiasa lebih tenang dan menjadi orang yang fokus.

Cara bermeditasi dengan benar :

- Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman.
- Cari tempat sunyi dan tenang.
- Sediakan bantal atau handuk tebal lalu duduk diatasnya.
- Lipat kedua kaki secara bersilangan.
- Posisi kedua telapak tangan berada di atas paha lutut.
- Lalu renggangkan otot bahu agar rileks.
- Pejamkan kedua mata anda.
- Lalu bernapaslah dengan teratur.
- Buang pikiran anda, dan fokus pada suara napas saja.
- Kemudian bayangkan anda sedang berada di puncak yang sangat tinggi.
- Lakukan dengan santai tidak perlu tergesa-gesa sampai anda merasa santai.

Begitulah cara bermeditasi yang benar agar pikiran tenang dan bisa fokus. Hal ini akan melatih jiwa dan raga kita untuk bisa menjadi orang yang lebih rileks meskipun sedang dalam kondisi apapun nantinya.

Waktu yang sangat bagus untuk melatih jiwa dan raga kita saat bermeditasi adalah pada jam 02.00 wib (malam) sampai 04.00 wib (subuh). Namun apabila waktu tersebut tidak memungkinkan maka anda bisa mencobanya diwaktu yang pas sesuai keadaan anda.


Itulah 8 cara agar pikiran tenang dan fokus sehingga jika suatu saat kita sedang dalam masalah maka hal tersebut tidak akan membuat kita menjadi salah dalam mengambil keputusan atau salah dalam melakukan tindakan.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post