8 Cara Supaya Es Krim Lembut

Es krim adalah makanan ringan atau sejenis cemilan yang terbuat dari olahan produk susu yang diolah menjadi krim lalu di bekukan dalam lemari es pendingin hingga jadilah es krim. Dan hampir rata-rata semua orang menyukai makanan ringan ini.

Rasa utama es krim adalah manis, namun rasa manis ini dapat di padu dengan rasa-rasa lainnya seperti rasa coklat, strowberry, vanilla, dan rasa-rasa lainnya. Selain itu es krim juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan terasa yammy saat meleleh di mulut.

Jadi tidak heran apabila es krim disukai oleh banyak orang-orang terutama oleh anak-anak. Namun meskipun demikian tidak semua es krim itu sehat, apalagi jika di olah dari bahan-bahan yang berbahaya seperti menggunakan pewarna dan pemanis buatan.

Biasanya kita tidak tahu yang mana es krim yang sehat jika kita membelinya di toko, kita tidak tahu bahan-bahan apa yang terkandung di dalamnya. Ya, itu semua karena orang lain yang membuatnya sudah jelas kita tidak tahu bahan apa dan bagaimana cara mengolahnya.

Oleh karena itu tidak sedikit dari kita yang lebih memilih untuk membuat es krim di rumah, sehingga kita tidak perlu khawatir akan kandungan yang dimiliki es krim sebab kita yang buat sendiri. Maka buat es krim sendiri adalah cara yang paling bagus sebagai cemilan dirumah terutama buat keluarga.

Namun yang menjadi masalahnya adalah...

Tidak semua orang bisa membuat es krim dengan benar, sehingga hasil es krim yang dibuatnya itu sering kali gagal. Dari beberapa kasus yang paling sering terjadi itu adalah es krim yang dibuatnya tidak lembut.

Nah, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat es krim yang lembut dan sehat dirumah. Sehingga es krim buatan anda juga tidak kalah enak dan seenak es krim buatan restoran.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis-jenis es krim yang terkenal di Indonesia, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Jenis-jenis es krim :

1. Es krim cokelat
2. Es krim vanilla
4. Es krim kopi
5. Es krim oreo
6. Es krim durian
7. Es krim alpukat
8. Es krim pondan
9. Es krim buah
10. Es krim walls
11. Es krim stik

Nah, itulah di atas beberapa resep es krim yang perlu anda ketahui. Namun apapun resep yang anda rencanakan untuk membuatnya maka pastikan es krim yang anda buat itu hasilnya lembut.

Jika sering gagal membuat es krim karena rasanya tidak lembut seperti terlalu mencair atau terlalu keras maka simaklah tips-tips dibawah ini supaya es krim rumahan yang akan anda buat itu menjadi lembut.


Cara Supaya Es Krim Lembut


Berikut 8 Cara Supaya Es Krim Lembut :


1. Gunakan susu full cream

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk membuat es krim itu selalu menggunakan bahan dasar utama dari susu. Hampir semua resep es krim rata-rata melibatkan susu di dalamnya. Namun ternyata rahasia es krim supaya lembut salah satunya itu terletak pada jenis susu yang kita gunakan.

Ya, susu full cream adalah jawabannya. Kenapa harus susu full cream? Itu karena kandungan lemak di dalamnya sangat tinggi mencapai 10%. Jadi semakin tinggi kandungan lemak pada susu maka akan menciptakan es krim yang sangat lembut.

Selain bisa membuat es krim menjadi lembut, susu full cream juga dapat menjadikan es krim tetap lunak sehingga es krim tidak mudah mengeras saat di bekukan meskipun telah di bekukan selama berhari-hari.

Oleh sebab itu pastikan untuk selalu menggunakan susu jenis full cream saat akan membuat es krim supaya teksturnya lebih sempurna. Meskipun jenis susu lain juga dapat digunakan untuk membuat es krim, tapi susu full cream yang terbaik.


2. Kocok telur sampai mengembang

Telur adalah salah satu bahan yang digunakan dalam membuat es krim. Namun banyak orang banyak yang melakukan kesalahan saat membuat es krim, tidak lain adalah mereka terlalu terburu-buru.

Sehingga bagian terpenting saat membuat es krim sering mereka lewatkan. Bagian terpenting itu adalah dengan cara mengocok telur sampai benar-benar mengembang. Apabila telur tidak mengembang sempurna maka jangan harap hasil es krim bisa lembut.

Biasanya orang menggunakan telur itu mengambil putih atau kuningnya saja. Namun perlu diperhatikan, jika anda menggunakan putih dan kuning telur kedalam es krim maka ada baiknya di pisahkan terlebih dahulu putih dan kuningnya sebelum di aduk bersama.

Kuning telur ini akan lebih bagus di kocok bersama gula pasir, hingga sampai benar-benar mengembang. Sedangkan putih telurnya akan lebih bagus di kocok bersama tepung garam ataupun vanili secara terpisah.

Jadi setelah keduanya dikocok, barulah nanti disatukan kembali dengan bahan-bahan lainnya. Sehingga hasil es krim yang tercipta dengan menggunakan cara ini akan lebih lembut dari sebelumnya.

Jadi intinya kocok telur secara terpisah dan lakukan sampai benar-benar mengembang barulah disatukan dengan bahan lainnya. Itulah kuncinya...


3. Bekukan adonan utama es krim

Adonan utama atau bahan dasar membuat es krim itu sebaiknya di dinginkan terlebih dahulu dalam lemari es. Jadi bukan langsung di buat atau di olah, tujuannya supaya adonan mudah di bentuk karena sudah dingin sebelumnya.

Adonan yang mudah di bentuk ini kembali di aduk-aduk sampai semuanya benar-benar merata. Jadi seperti melakukan 2 kali pekerjaan. Akan tetapi cara ini benar-benar dapat membuat es krim lebih lembut.

Kebanyakan orang tidak begitu peduli dengan adonan es krim nya sebelum dapat diolah, mereka juga terlalu terburu-buru mencampurkan semuanya menjadi satu lalu dimasak dan dibekukan.

Namun sebaiknya adonan utama haruslah dibekukan terlebih dahulu sebelum di cetak, dan kemudian barulah di olah atau dilakukan tahap akhir yaitu menjadikan adonan es krim mengeras dalam freezer.

Karena bahan adonan utama itu harus benar-benar mudah dibentuk, atau dengan kata lain teksturnya itu harus benar-benar tidak terlalu keras dana tidak pula terlalu mencair.

Maka dari itu dengan mengaduknya pada saat keadaan dingin atau sudah di masukkan dalam lemari es sebelumnya adalah salah satu cara supaya adonan benar-benar sempurna.

Sehingga hasil yang akan di hasilkan pada saat es krim sudah jadi pun cukup terlihat berbeda karena kreamnya sudah sangat lembut sebab teksturnya sudah kita kontrol sebelumnya.


4. Bekukan wadah es krim terlebih dahulu

Wadah atau tempat mencetak es krim itu wajib kita gunakan untuk membentuk es krim yang kita inginkan sesuai selera. Namun tidak semua orang menggunakan pencetak eskrim, karena sebagian orang ada yang hanya menggunakan piring mangkok atau pun memasukkannya kedalam gelas.

Tapi sebelum memasukkan adonan kedalam wadah tersebut maka pastikan pula wadah itu sudah dibekukan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Hal ini supaya keseluruhan bagian es krim menjadi benar-benar beku.

Sebab tidak sedikit yang mengalami es krimnya keras di bagian luar tapi sangat mencair di bagian dalamnya. Nah, bagi anda yang sering mengalami masalah seperti ini maka bisa menerapkan cara seperti yang saya bilang tadi, yaitu dengan membekukan wadahnya terlebih dahulu.

Akan lebih baik wadah yang akan dibekukan ini dilakukan selama 24 jam penuh, jadi sebelum anda membuat es krim pastikan kemarin harinya sudah membekukan tempat wadah kosong ini untuk di tempati es krim keesokan harinya.

Dengan begitu es krim yang beku akan benar-benar terjadi hingga ke bagian tekstur dalamnya, sehingga kamu tidak perlu takut lagi apabila bagian dalam es krim masih sangat lembek atau mencair.


5. Tambahkan isi pada es krim

Krim yang sudah kamu buat itu biasanya sudah memiliki rasa sebelum di bekukan dalam lemari es untuk di konsumsi. Tapi tetap saja itu cuma sekedar rasa, sehingga kita seperti memakan krim kosong dengan rasa.

Namun krim dari es krim ini akan lebih bagus lagi apabila kita kombinasikan atau kita tambahkan bahan-bahan lainnya kedalamnya sehingga krim tidak kosong atau bukan hanya sekedar rasa saja.

Bahan lain yang bisa kita kombinasikan dalam krim sebuah es krim adalah seperti kismis, parutan coklat, parutan keju, kacang-kacangan, wafer ataupun parutan buah. Hal ini bukan hanya dapat membuat es krim lebih enak tapi bisa membuat es krim lebih kokoh.

Jadi krimnya tidak mudah mencair dan tidak pulas mudah menjadi es batu, karena didalamnya sudah kita padukan dengan bahan-bahan seperti yang saya katakan barusan.

Oleh sebab itu menambahkan kombinasi dari bahan lainnya ini bukan hanya menambah cita rasa es krim. Tapi juga bisa menjaga tekstur es krim itu sendiri.


6. Aduk adonan dengan benar

Kunci es krim supaya lembut itu adalah pada adonan es krim itu sendiri, terutama pada saat kita sedang mengaduknya di saat es krim belum memasuki tahap terakhir yaitu sebelum di bekukan.

Jadi agar sukses menciptakan es krim yang lembut maka pastikan kita mengaduk adonannya itu benar-benar sampai mengembang dan bila perlu kita lakukan sedikit lebih lama pada saat mengaduknya.

Karena semakin lama di aduk maka sudah pasti adonan akan semakin tercampur secara merata dan adonan juga akan mengembang. Nah, disinilah yang menjadikan tekstur dari es krim nanti bisa lebih lembut.

Tapi sayangnya kebanyakan orang terburu-buru saat mengaduk, dan dilakukannya itu hanya sebentar saja. Padahal apabila di aduk lebih lama dan menunggu dengan sedikit kesabaran maka krim yang tercipta nantinya akan lebih lembut.

Nah, setelah benar-benar sudah di aduk secara merata dan sudah dilakukan cukup lama hingga beberapa menit maka barulah es krim di bekukan dalam lemari es. Begitulah rahasia es krim menjadi lembut secara sederhana.


7. Gunakan plastik alumunium

Plastik alumunium adalah plastik yang memiliki ketahanan yang cukup bagus terhadap suhu, selain tahan panas ternyata plastik ini juga bisa tahan dingin. Tapi bukan berati es krim kita tidak dingin setelah menggunakan plastik almunium ini.

Plastik alumunium bisa anda gunakan untuk membungkus wadah es krim secara keseluruhan. Tujuannya agar es krim tidak mengeras sampai menjadi es, oleh sebab itu gunakanlah plastik alumunium ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat es krim yang kita simpan di lemari freezer itu apabila suhunya terlalu dingin maka es krim akan mudah sekali membeku. Terutama bagi anda yang membuat es krim sendiri dirumah.

Biasanya saat kita membuat es krim dirumah itu pasti kita menggunakan bahan seadanya, salah satunya adalah wadah tempat memasukkan es krim sebelum di bekukan. Tidak jarang juga kita hanya menggunakan gelas ataupun mangkuk.

Maka supaya es krim tidak membeku menjadi es batu, kita harus bungkus wadah es krimnya dengan plastik alumunium. Supaya tekstur es krim tetap terjaga dan bahkan bisa kita simpan selama berhari-hari.

Itulah mengapa...

Es krim yang biasanya kita beli dari toko-toko atau supermarket itu tidak cepat mencair atau pun membeku menjadi es meskipun di simpan dalam freezer selama berhari-hari. Karena rahasianya terdapat pada bungkusannya yang mengandung plastik alumunium.


8. Atur suhu lemari es

Jika memang anda suka membuat es krim dirumah dan sering memanfaatkan lemari es untuk membekukan es krim maka perhatikan suhu kedinginannya. Jangan sampai terlalu dingin karena bisa menyebabkan es krim anda menjadi es (kecuali anda memmbungkus es krimnya dengan plastik alumunium).

Dan jangan sampai pula terlalu tidak dingan, karena bisa membuat es krim anda menjadi tidak keras dan bahkan mencair. Tapi tergantung anda menyimpannya di bagian mana. Jika dalam freezer bisa anda stel pada suhu sedang.

Tapi jika anda menyimpan es krim dalam kulkas tapi tidak di tempatkan dalam freezer maka anda perlu menyetel suhu menjadi sangat dingin apabila anda tidak mau es krim anda mencair.

Oleh sebab itulah es krim yang anda buat itu harus benar-benar ditempatkan pada tempat yang bersuhu dingin dengan pengatur dingin yang sudah disesuaikan sebagai mana mestinya. Jangan hanya asal taruh di kulkas, karena tidak semua suhu kulkas itu sama.


Demikianlah rahasia 8 cara supaya es krim menjadi lembut seperti es krim yang dibuat di restoran-restoran pada umumnya. Apapun jenis es krim yang kita buat maka jika menerapkan cara di atas maka kita juga bisa membuat es krim yang lembut sempurna.

Selamat mencoba...
Newer Post
Older Post