8 Cara Supaya Kucing Cepat Jinak dan Penurut

Kucing adalah hewan peliharaan yang paling dekat dengan manusia karena hewan ini adalah satu-satunya hewan yang paling jinak dan tidak berbahaya. Karena kejinakannya inilah kucing menjadi salah satu binatang paling banyak dipelihara.

Menurut sumber dari Wikipedia, kucing ini telah berbaur dengan manusia itu semenjak 6 ribu tahun yang lalu sebelum Masehi. Dan kucing pertama kali ditemukan itu di pulau Siprus, yaitu kerangka dari kucing itu sendiri.

Orang-orang jaman dahulu terutama orang mesir kuno itu sering memanfaatkan kucing untuk menakut-nakuti tikus. Selain itu orang jaman dahulu juga sering memanfaatkan kucing sebagai penjaga dari hewan penjerat lain pada hasil panen mereka.

Kucing juga merupakan jenis hewan karnivora atau dengan kata lain kucing adalah pemakan daging. Namun daging kesukaan kucing itu ada 2 macam, yaitu daging tikus dan daging ikan.

Karena jarang sekali ada kucing yang menyukai daging kambing ataupun daging ayam, meskipun terkadang kucing tersebut mau memakannya saat sudah sangat kelaparan namun tentu saja harus dimasak dulu.

Hal lain yang perlu kamu ketahui tentang kucing adalah karakteristiknya saat berinteraksi dengan manusia. Kucing biasanya akan meminta makanan kepada kita dengan mengeluarkan suara khasnya yaitu meow.

Apabila kita sering memberi makanan kepada kucing, maka kucing tersebut akan semakin dekat dengan kita. Bahkan bisa saja kucing itu menjadi manja dengan kita setiap harinya.

Selain itu kucing biasanya tahu siapa kita, dia tahu siapa orang yang sering suka memberi makanan kepadanya, sama seperti hewan peliharan lain yaitu anjing yang mudah jinak apabila sering kita beri makanan.

Tapi tahukah anda ternyata kucing populasi kucing itu lumayan banyak. Menurut International Federation for Animal Health Europe (IFAH), populasi kucing diseluruh dunia itu mencapai 220 juta lebih. Dan angka ini terus bertambah sesuai dengan perkembangbiakannya.

Sampai saat ini ada beberapa jenis kucing yang sudah diketahui, berdasarkan jenis-jenisnya. Jadi pada dasarnya kucing itu banyak jenis berdasarkan dari fisik, bulu dan warnanya.

Berikut jenis-jenis kucing :
- Kucing ocicat
- Kucing manx
- Kucing maine coon
- Kucing british shorthair
- Kucing burmese
- Kucing persia
- Kucing belang tiga (calico)
- Kucing tempurung kura-kura (tortoiseshell)
- Kucing tabby
- Kucing malta
- Kucing dua warna (bicolor)
- Kucing garong

Itulah jenis-jenis kucing yang perlu anda ketahui. Dari jenis-jenis kucing diatas, maka terjadilah perkembangbiakan secara alami yaitu persilangan antara dari jenis-jenis kucing diatas.

Sehingga terjadilah ras kucing yang sangat banyak akibat hasil dari persilangan dari berbagai jenis kucing tersebut. Diperkirakan ada lebih dari 135 ras kucing di seluruh dunia dari berbagai negara.

Itulah hal-hal yang harus anda ketahui tentang kucing...

Oke mari kita lanjutkan, meskipun hewan ini terkenal dengan jinaknya kepada majikan. Tapi tidak semua kucing bisa seperti itu, apalagi itu kucing yang baru kita beli atau kita pungut dari jalanan.

Nah, bagi anda yang ingin tahu rahasi menjinakkan kucing dengan cepat terutama pada kucing baru, maka silahkan simak tips-tips dibawah ini...


Cara Supaya Kucing Cepat Jinak dan Penurut


Berikut 8 Cara Supaya Kucing Cepat Jinak dan Penurut :


1. Pelihara saat kucing masih kecil

Kucing dewasa memerlukan waktu untuk dapat bisa berinteraksi jinak dengan kita atau dengan majikan barunya. Itu karena kucing masih belum mengenal kita dan menganggap kita berbahaya, jadi dia takut jika kita menyakitinya.

Sehingga untuk bisa membuatnya benar-benar jinak maka kita harus bersabar, sampai dia mendekati kita dengan sendirinya. Karena kucing yang baru kita pelihara tersebut akan menilai sifat kita juga.

Dengan kata lain kucing ini sedang mendeteksi perilaku kita, apakah kita majikan yang jahat atau majikan yang baik. Karena seperti yang kita ketahui, setiap hewan memiliki caranya sendiri untuk mendeteksi bahaya.

Jika kita dianggap bahaya maka tentu saja kucing tersebut sulit sekali bisa jinak dengan kita. Oleh sebab itu jangan sampai kita dianggap berbahaya oleh kucing.

Salah satunya itu adalah dengan memperlakukannya dengan sebaik mungkin sehingga lama-lama dia akan betah dan tidak segan-segan untuk kita dekati ataupun kita sentuh.

Namun semua itu tidak akan kita alami apabila si kucing kita rawat sejak dia masih kecil. Kucing yang masih kecil itu akan cepat sekali jinak, karena ia sudah terbiasa dengan kita dan bau kita. Jadi kucing tersebut akan bisa membedakan kita majikannya dengan orang lain.

Tapi jangan pelihara kucing yang masih bayi, karena pada saat masih bayi atau terlalu kecil si anak kucing butuh ibunya juga untuk bisa menyusui. Jadi tunggulah sampai anak kucing berusia sedang, atau pada saat anak kucing mulai mau memakan nasi atau ikan.


2. Sering mengelus kepala kucing

Kucing rata-rata sangat senang apabila kita sering mengelus-elus kepalanya. Karena kucing akan merasa lebih nyaman dan menganggap kita bukanlah suatau bahaya baginya.

Dengan sering mengelus kepala kucing, ini bisa membuat kucing lebih jinak kepada kita. Biasanya semua kucing akan menahan elusan yang kita lakukan kepada kepalanya.

Meskipun terkadang ada beberapa kucing yang sangat agresif apabila kita sentuh. Dan bahkan tidak sedikit pula kita sering terkena cakarannya. Namun biasanya itu hanya terjadi beberapa kali saja.

Karena jika memang kita sering elus kepalanya maka lama-lama si kucing akan tahu apa maksud kita menyentuhnya. Selain itu, untuk menandakan bahwa kita sudah diterima untuk menyentuhnya itu adalah dengan melihat matanya.

Apabila saat kita sedang mengelus kepalanya sambil matanya tertutup itu menandakan bahwa si kucing sudah percaya dengan kita. Dia tidak menganggap kita bahaya lagi.

Begitupun sebaliknya, apabila dia masih menganggap kita bahaya biasanya saat kita elus kepalanya maka matanya akan selalu terbuka memperhatikan kita.

Jadi sering-seringlah mengelus-elus kepala kucing agar kucing merasa lebih nyaman dan lebih dekat lagi dengan kita sampai sikucing benar-benar yakin bahwa kita adalah seorang penyayang binatang.


3. Sering mengelus dagu kucing

Selain mengelus kepala kucing, ternyata ada satu lagi bagian kucing yang paling disukainya apabila kita sentuh. Ya, itu adalah bagian dagunya atau bagian di bawah mulutnya tepatnya pada tenggorokannya.

Biasanya hampir semua kucing juga akan sangat senang apabila bagian bawah dagunya itu kita elus. Karena kucing akan mengira itu adalah bentuk kasih sayang kita terhadapnya.

Biasanya apabila sering kita elus dagunya ini maka keesokan harinya dia akan memintanya lagi dengan cara mendekatkan diri pada kita terlebih dahulu, ataupun langsung duduk di dekat kita.

Jadi cara ini juga cukup ampuh untuk membuat kucing lebih jinak dengan kita. Namun tetap saja kita harus mengelusnya dengan santai penuh perasaan. Bukan dengan cara yang kasar yang bisa membuat kucing tidak nyaman dan bahkan membuat kucing marah.

Dan jangan lupa setiap kali kita habis mengelus-elus kucing maka kita harus cuci tangan, untuk menghindari bakteri-bakteri ataupun virus pada kucing tersebut sebelum kita menyentuh makanan kita sendiri.

Selain dapat membuatnya jinak, ternyata cara ini juga bisa membuat kucing menjadi mengantuk dan bahkan tertidur dengan sendirinya. Mungkin karena kucing merasa terlalu nyaman.


4. Sering menyentuh kucing

Salah satu syarat supaya kucing bisa jinak adalah tentu saja kita harus memperlakukannya dengan sangat baik. Karena perlakukan kita juga itu akan sangat mempengaruhi kepribadian si kucing.

Kucing yang sering diperlakukan dengan baik maka tentu saja ia akan merasakan kasih sayang dari kita. Tapi seperti yang kita lihat sendiri, tidak semua kucing itu diperlakukan dengan baik.

Sebagian orang hanya tahu memberinya makan saja, tapi jarang sekali memperlakukannya dengan baik misalnya seperti sering menyentuhnya secara langsung.

Mengapa harus sering menyentuh kucing?

Sebab apabila kucing sering disentuh maka kucing biasanya akan lebih cepat manja kepada kita. Selain itu si kucing juga bisa menandakan bau kita, karena indra penciuman kucing itu sangat peka terhadap sesuatu di dekatnya.

Termasuk diri kita sendiri, oleh sebab itu bila kita sering menyentuh kucing maka tentu saja kucing akan tanda dengan bau kita. Dan akhirnya kucing akan lebih mengenal dan lebih tau siapa majikannya yang baik terhadapnya.

Jadi jangan hanya memberi makanan saja, dengan kata lain kita juga harus sering memegang kucing itu sendiri. Supaya kucing terbiasa dengan kita dan bisa lebih akrab lagi pastinya.

Tapi ingat, setiap kali kita menyentuh kucing maka pastikan setelah itu kita segera cuci tangan untuk menghindari virus ataupun bakteri yang bisa saja menempel pada bulunya tersebut.


5. Sering bermain dengan kucing

Selain harus sering menyentuhnya kita juga harus membiasakan diri untuk bisa bermain dengan kucing kita. Karena ini adalah salah satu cara untuk bisa membuat kucing menjadi lebih jinak dari sebelumnya.

Pada dasarnya semua kucing rata-rata suka kalau di ajak bermain, namun bukan bermain tebak-tebakan ataupun bermain layaknya kita dengan manusia. Karena permainan yang disukai kucing itu berbeda.

Salah satu permainan yang paling disukai oleh kucing adalah bermaian gerakan reflek. Permainan di mana kita harus selalu membuat kucing seakan ingin mengejar kita.

Biasanya kita juga bisa memancingnya dengan membuat sesuatu bergerak disekitarnya, maka pasti kucing akan mengikutinya. Jadi kita bisa membuat kucing penasaran dengan gerakan-gerakan yang kita buat.

Sehingga kucing akan berlari mengejar kita, apalagi jika usia kucing masih muda maka kucing akan lebih agresif dan lebih suka bermain permainan seperti ini.

Tapi saat bermain dengan kucing kita harus berhati-hati, jangan sampai terkena cakarannya. Bermain dengan kucing dengan cara seperti ini juga bisa melatih kemampuan kucing menjadi lebih aktif sehingga tidak bermalas-malasan saja.

Apalagi bila kucing dewasa dengan berat badan yang cukup gemuk, maka biasanya jenis kucing seperti ini sudah malas untuk di ajak bermain. Oleh sebab itu kita harus bisa memancing-mancingnya dengan cara kita supaya kucing bisa lebih jinak lagi.


6. Selalu memberi makan kucing

Tujuan kucing dekat dengan kita sudah pasti itu adalah karena dia mengharapkan makanan dari kita. Jadi agar kucing bisa lebih jinak dan lebih dekat lagi dengan kita maka tentu saja kita harus memberinya makanan.

Kucing yang jarang di beri makanan biasanya akan sulit dekat dengan majikannya. Kucing hanya akan mengikuti majikan yang sering memberinya makanan saja.

Jadi tak heran apabila kita sering memberinya makanan maka di saat kita sedang makan si kucing selalu hadir menunggu sisa makanan kita. Jadi jika memang ingin memelihara kucing maka pastikan kita selalu memberinya makanan.

Kucing itu tau siapa orang yang suka memberinya makanan, dia hanya akan mendekati orang-orang yang sering memberinya makan saja. Semakin sering kita memberinya makanan maka akan semakin dekat kucing tersebut dengan kita.

Bahkan terkadang saat kita keluar kerumah biasanya kucing akan menunggu kehadiran kita saat kita pulang. Berbeda dengan orang yang jarang memberinya makan, karena biasanya kucing tidak akan peduli dengan orang tersebut.

Jadi kucing itu akan sangat mudah sekali menandakan mana majikan yang benar-benar baik terhadapnya. Oleh sebab itu dengan sering memberinya makan maka hal ini akan sangat mudah membuat kucing menjadi jinak, sebab rata-rata semua sifat kucing seperti ini.


7. Perlakukan kucing dengan baik

Tidak hanya manusia, rata-rata semua hewan apabila diperlakukan dengan baik maka hewan tersebut pun akan baik juga kepada kita. Apalagi kalau hewan tersebut adalah seekor kucing.

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing adalah salah satu hewan yang mudah sekali cepat jinak terhadap manusia. Layaknya hewan lain, kucing juga akan sangat senang apabila diperlakukan dengan baik.

Jadi dengan kata lain kita tidak boleh kasar terhadap kucing, apalagi sampai membuat kucing merasa kesakitan. Sekali membuatnya kesakitan maka selamanya kucing tersebut akan menganggap kita adalah majikan yang buruk.

Atau bisa dikatakan kucing juga akan mengaggap kita berbahaya atau membuatnya seakan terancam apabila kita mencoba untuk mendekatinya. Jika kita sering membuatnya terancam maka untu bisa membuatnya jinak untuk sangat susah.

Kecuali kita merubah sifat buruk kita terhadap kucing tersebut, buatlah kucing senang kembali. Selain harus memberinya makan, kita juga harus sering bermain dan mencoba untuk memperlakukannya dengan lembut terutama saat kita menyentuhnya.


8. Panggil kucing dengan sebuah nama

Setiap hewan peliharaan terutama kucing, itu bisa kita buat jinak salah satunya juga dengan memberinya nama. Dengan sering memanggil kucing dengan sebutan nama maka kucing bisa lebih dekat lagi dengan kita.

Namun supaya panggilan sebuah nama ini bisa di respon oleh kucing, maka itu bukanlah hal yang mudah. Dengan kata lain kita harus benar-benar melatihnya dulu.

Kita harus benar-benar membiasakannya untuk bisa membuat kucing mendengar panggilan dari kita. Membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa membuat kucing menjadi lebih jinak dengan sebuah nama.

Sehingga si kucing benar-benar merespon panggilan dari kita. Tapi usahakan melatihnya sejak dini, apalagi jika usia kucing masih muda maka kebiasaan memanggilnya dengan nama akan lebih terbiasa di dengar oleh kucing.

Untuk mempermudah kebiasaan ini maka panggilah kucing dengan sebutan nama pada saat kita memberinya makan. Karena dengan cara seperti ini kucing bisa menjadi lebih ingat nama yang diberikan oleh majikannya.

Tapi usahakan nama kucing kita itu yang singkat-singkat saja, karena jika terlalu panjang kucing tidak bisa mengingatnya. Paling panjang nama yang kita berikan kepada kucing agar mudah di ingatnya itu adalah maksimal 5 huruf dalam satu kalimat saja.

Apabila suatu saat kucing sudah merespon panggilan nama yang kita berikan kepadanya maka pada saat itu pula kucing tersebut bisa dipastikan sudah jinak dengan kita.


Demikianlah 8 cara membuat kucing menjadi lebih jinak kepada kita, semoga informasi diatas ada yang bisa memberi anda inspirasi baru terutama tentang merawat kucing yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post