8 Cara Agar Burung Lovebird Paud Bisa Ngekek Panjang

Lovebird paud merupakan salah satu burung dari sembilan jenis spesiesnya. Dari sembilan jenis spesiesnya itu burung lovebird paud lah yang paling banyak di pelihara terutama di Indonesia.

Meskipun sebenarnya burung ini berasal dari Afrika dan Madagaskar yang mana 8 spesiesnya itu berasal dari Afrika dan 1 spesiesnya lagi berasal dari Madagaskar.

Lovebird merupakan nama yang berasal dari kata bahasa inggris, yang mana pula bila di artikan dalam bahasa indonesia adalah burung cinta. Mengapa lovebird ini dikatakan burung cinta?

Itu karena setiap burung ini duduk atau beristirahat maka burung ini selalu mencari pasangannya dan saling duduk berdampingan satu sama lain. Maka dari itulah burung ini disebut dengan burung loverbird.

Awalnya burung ini sangat langka di Indonesia, namun karena sudah banyak di ekspor dari negara lain maka burung ini sudah banyak di budidaya sehingga perkembangannya juga cukup pesat di negara kita ini.

Ukurang rata-rata burung loverbird itu sendiri pada umumnya kecil yaitu bekisar antara 13cm sampai 17 cm saja dengan beratnya mulai dari 40 gram sampai dengan 60 gram.

Selain mempunyai sifat penyayang, menurut sumber dari Wikipedia burung ini jufa bersifat monogami di alam bebas dan umur hidup mereka rata-rata 10 sampai 15 tahun paling lamanya.

Dan yang paling menarik dari burung ini adalah warna fisiknya yang sangat indah, yaitu berupa warna hijau muda yang bercampur orange, kuning, kecoklatan dan bahkan kebiruan.

Selain itu, keunikan lainnya dari burung lovebird paud sehingga banyak melestarikannya itu adalah karena burung ini sering ngekek.

Apa itu ngekek?

Dalam dunia burung ngekek dikenal dengan kicauan atau suara yang dihasilkan dari burung itu sendiri. Suara ini layaknya seakan burung sedang bernyanyi dengan durasi yang bisa sangat lama.

Karena keunikan dari ngekeknya tersebutlah yang menjadikan burung lovebird sering dibuat ajang perlombaan untuk menentukan burung siapa yang ngekeknya paling lama dan paling indah suaranya.

Tahukah anda bahwa burung lovebird paud ini mampu berkicau atau ngekek selama 5 sampai 10 menit tanpa jeda. Keunikan ini hanya bisa kita rasakan pada burung lovebird paud atau sepesies sejenisnya.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui cara agar burung lovebird paud bisa ngekek dengan panjang maka silahkan simak tipsnya di bawah ini.


Cara Agar Burung Lovebird Paud Bisa Ngekek Panjang


Berikut 8 Cara Agar Burung Lovebird Paud Bisa Ngekek Panjang :


1. Berikan pakan milet putih

Meskipun di alam bebas burung lovebird paud suka memakan daun kangkung dan juga jagung. Namun burung yang satu ini juga sangat menyukai pakan yang bernama milet.

Pakan milet ini sebenarnya ada dua macam, yaitu milet putih seperti yang saya sebutkan di atas dan satunya lagi adalah jenis milet merah. Keduanya sama-sama di sukai oleh burung loverbird.

Namun hanya saja jika untuk manfaat dan kandungan nutrisi yang ada dari kedua milet tersebut maka jenis milet putih lah yang paling bagus diberikan untuk burung paud.

Karena milet putih ini banyak mengandung nutrisi yang mana bisa membuat burung lebih sehat bebas dari serangan penyakit. Serta memberikan pakan milet putih juga dapat membuat burung paud lovebird ini lebih aktif.

Sehingga stamina atau kesehatannya juga lebih maksimal, layaknya kita mengkonsumsi makanan pokok seperti nasi. Maka begitu pula dengan makanan pokok burung lovebird paud yaitu pakan milet.

Sebab memberi pakan ini bisa mengembalikan stamina burung menjadi lebih prima dan otomatis burung lovebird paud tidak segan-segan untuk sering ngekek, sebab kondisi tubuhya tidak lemas.

Tapi sebaiknya untuk memberikan pakan milet putih ini juga jangan sampai berlebihan, karena bisa membuat burung paud cepat gemuk sehingga nanti burung jadi malah untuk ngekek.


2. Burung lovebird paud rutin di embunkan

Tahukah anda bahwa ternyata burung lovebird paud ini bila hidup di alam bebas maka ia paling aktif ngekek atau berkicau di waktu subuh atau pagi hari terutama sebelum terbitnya matahari.

Itu karena burung lovebird paud ini sangat suka dengan embun pagi, bila terkena embun pagi burung ini menjadi lebih semangat. Sehingga kesehatan fisiknya juga ikut prima.

Bila anda mempunyai burung lovebird yang jarang ngekek, maka sebaiknya lakukanlah proses pengembunan. Yaitu dengan cara menjemur burung lovebird paud pada waktu subuh secara rutin.

Usahakan kandang burungnya tersebut tidak tertutup oleh kain, sehingga embun-embun dapat dengan mudah masuk melalui jeraji lubang-lubang pada sangkar agar bisa mengenai tubuh burung.

Selain itu usahakan pula untuk meletakkan sangkarnya itu di dekat alam, jangan di embunkan dalam rumah. Tapi burung paud harus di embunkan diluar rumah agar embunnya bisa dirasakan oleh burung lovebird ini.

Akan lebih bagus lagi apabila ita mengembunkan burung lovebird di dekat pohon sehingga burung bisa merasakan udara atau suasana yang lebih alami untuk membangkitkan semangatnya.

Begitulah cara mengembunkan burung lovebird paud supaya bisa cepat ngekek dengan panjang. Dan proses diembunkannya ini hanya bisa dilakukan pada subuh hingga sebelum jam 8 pagi.


3. Semprotkan air pada bagian dada burung lovebird

Menyemprotkan air pada bagian dada burung lovebird dipercaya bisa membuat burung lovebird paud bisa sering ngekek dengan panjang. Tapi jangan salah, karena ini bukan untuk memandikannya.

Karena untuk memandikannya kita juga harus rutin melakukannya, dan kalau memandikannya itu biasanya burung harus basah kuyup. Namun disini kita tidak melakukan hal demikian.

Karena disini kita hanya cukup menyemprotkannya saja pada bagian dada burung sebanyak 2 kali setiap hari sebelum burung di kerodong pada waktu memasuki magrib.

Jadi intinya sebelum sangkar burung kita kerodong (ditutup dengan kain) maka jangan lupa untuk menyemprotkan air tepat pada bagian dadanya sebanyak dua kali saja.

Setelah itu kita harus menganginkannya sebentar selema 2 sampai 3 menit saja, agar bulu burung tersebut sudah mulai agak mengering. Dan setelah itu barulah sangkar burung di kerodong seperti biasa.

Namun perlu di ingat bahwa disini kita hanya menyemprotnya saja terutama di bagian dada brung. Bukan memandikannya sampai basah kuyup.


4. Berikan ekstra fooding (EF)

Ekstra fooding yang bisa anda berikan kepada burung lovebird paud adalah berupa sayur-sayuran. Karena seperti yang kita tahu bahwa burung ini tidak hanya suka memakan pakan saja seperti milet.

Akan tetapi burung ini juga suka mengkonsumsi makanan lainnya yang berupa dari tumbuhan. Makanan alami inilah yang di butuhkan oleh burung lovebird untuk bisa tetap sehat.

Karena beberapa jenis sayuran yang makan oleh burung lovebird bisa membuat paruh burung lebih sehat secara natural. Sehingga proses tersebut dapat membantu pencernaan burung agar tetap terjaga dari segala penyakit.

Paruh dan saluran pencernaan yang tidak sehat sering kali membuat burung lovebird menjadi malas untuk ngekek. Biasanya hal ini disebabkan karena burung lovebird paud jarang di beri makanan alami seperti jenis sayuran.

Nah, adapun beberapa jenis sayuran atau buah-buahan yang bagus dan bisa membuat burung lovebird cepat ngekek adalah seperti daun kangkung, jagung muda, tauge, buah apel dan jenis sayuran yang kaya akan serat lainnya.

Untuk memberikan kepada burung paud kita cukuplah mudah, yaitu dengan cara meletakkannya di dalam sangkar, namun harus dalam tempat makan khusus supaya makanannya ini tidak tercemar oleh kotorannya sendiri.

Selain itu anda juga bisa mengiris halus terlebih dahulu sayuran atau buah-buahannya untuk bisa dicampurkan dengan makanan pokoknya tersebut yang berupa pakan.


5. Berikan kuning telur

Kuning telur adalah makanan ektra tambahan yang sangat bagus di berikan kepada segala jenis burung yang pada umumnya suka berkicau atau ngekek. Tujuan memberikan kuning telur adalah supaya burung mempunyai protein lebih.

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan protein pada makanan yang cukup tinggi itu terdapat dalam telur terutama pada bagian kuningnya. Kandungan protein ini tidak hanya bermanfaat untuk manusia tapi juga bermanfaat untuk burung.

Karen burung juga memerlukan asupan protein yang cukup supaya bisa hidup dan tumbuh dengan sehat. Karena kita juga tahu, apabila burung kurang proten, maka otomatis burung sering merasa lesu dan lemas.

Nah, untuk menghindari burung dari rasa lesu dan sering mengalami lemas maka kita perlu memberikannya nutrisi tambahan berupa protein. Telur adalah sumber protein berupa makanan yang di sukai oleh burung.

Selain itu cara memberikannya juga cukup mudah, yaitu dengan merebus telur terlebih dahulu. Anda boleh menggunakan telur puyuh atau telur ayam untuk bisa diberi kepada burung.

Banyak orang memberikan makanan ini secara manual, yaitu dengan cara menghaluskan kuning telur kemudian memberikannya kepada burung menggunakan kayu atau ranting dari luar sangkar.

Tapi agar lebih praktis kamu juga bisa mencampurkan kuning telur yang sudah di haluskan tadi dengan makanan pokonya berupa pakan. Kemudian makanannya itu di aduk-aduk agar merata dan biarkan burung lovebird yang menyantapnya sendiri.


6. Berikan tulang sotong

Dalam dunia burung kamu harus tahu apa itu tulang sotong, jangan tahu hanya sekedar makanan pokoknya saja seperti pakan atau berupa biji-bijian. Karena tulang sotong juga termasuk salah satu makanan favoritnya.

Sesuai dengan namanya, tulang sotong adalah berupa tulang. Namun bukan sembarang tulang seperti tulang ikan. Tapi tulang sotong ini adalah tulang yang berasal dari hewan laut atau seafood.

Sotong sendiri lebih terlihat atau menyerupai cumi-cumi, namun bedanya tulang cumi-cumi itu sangat lembut, sedangkan sotong mempunyai tulang yang lumayan keras namun tetap empuk seperti kapur.

Jika kamu pecinta burung maka kamu pasti sering melihat dalam kandang burung atau di toko burung itu dalam sangkarnya ada seperti kayu putih yang sudah di gantungkan di dalam sangkar burung tersebut.

Nah, yang kita kira kayu putih tersebutlah yang sebenarnya adalah tulang yaitu tulang dari sotong. Tulang tersebut sering kita lihat di patuk-patuk oleh burung.

Sebenarnya burung bukan sedang mematuknya ataupun sedang melatih mulutnya, melainkan burung tersebut sedang memakannya, meskipun cara memakannya itu mematuk-matuk.

Kandungan nutrisi dalam tulang sotong inilah yang sering kali di manfaatkan oleh para master supaya paruh burung lebih sehat dan bisa ngekek atau berkicau dengan rutin.

Contoh tulang sotong dalam sangkar burung :


8 Cara Agar Burung Lovebird Paud Bisa Ngekek Panjang - LapanCara


Maka dari itu agar burung lovebird paud anda juga bisa ngekek dengan rutin maka berikanlah tulang sotong juga kepada burung loverbird paud kesayangan anda.

Caranya cukup di gantungkan dalam sangkar saja, biarkan burung yang memakannya sendiri dalam sangkar. Itulah rahasianya...


7. Menjemur burung lovebird paud

Adapun penyebab-penyebab yang membuat burung lovebird paud jarang ngekek itu adalah karena kita jarang sekali menjemurnya. Sehingga burung sering lemas karena jarang terkena sinar matahari.

Sinar matahari sangat di perlukan oleh burung supaya burung bisa tetap kuat dan sehat. Jadi jangan sampai kita memelihara burung lalu mengurungnya dalam sangkar dan meletakkannya di dalam rumah kita saja.

Karena hal tersebut bisa membuat burung menjadi tidak sehat, bahkan sering mengalami sakit. Untuk menghindari hal tersebut maka tentu sja kita harus menjemur burung lovebird paud di luar.

Maksud menjemur disini bukan berarti kita membiarkan burung terbang bebas, hanya saja sangkarnya yang kita pindahkan ketempat yang lebih terbuka terutama terkena sinar matahari.

Tapi jangan salah...

Bukan berarti pula semakin lama kita jemur, maka burung lovebird akan semakin kuat. Selain itu waktu menjemur juga aturannya sendiri. Dengan kata lain kita tidak boleh menjemur burung lovebird terlalu lama di bawah sinar matahari.

Selain itu sinar matahari yang bagus itu adalah di waktu pagi dan sore hari saja. Bukan waktu disiang bolong kita menjemurnya. Lama menjemur burung lovebird juga tidak perlu terlalu di paksakan.

Cukup 1 jam dua kali dalam sehari saja kita menjemurnya, yaitu pada pagi hari 1 jam dan pada sore hari 1 jam. Pada siang hari dan malam hari kita bisa meletakkan sangkar burung dalam rumah.

Begitulah cara menjemur burung lovebird supaya bisa selalu fit, kondisi burung yang prima tentu saja bisa mempengaruhi ngekeknya sendiri. Dengan begitu burung juga akan sering-sering berkicau.


8. Lakukan pemasteran suara

Nah, untuk cara yang terakhir ini yang kita lakukan adalah dengan memancing suara burung itu sendiri supaya bisa keluar. Caranya tentu saja harus di pancing dengan suara burung lain, bukan suara kita.

Biasanya burung yang sering sendirian tanpa pasangan itu kurang aktif dari pada burung yang sudah ada temannya. Jadi sebagai majikan yang bijaksana kita juga perlu memberi burung lovebird kita teman.

Dengan adanya teman atau berupa burung lain, maka burung bisa aktif mengeluarkan suara karena di anggap sudah ada lawan bicaranya. Sehingga otomatis kedua burung akan semakin ngekek dan berkicau.

Semakin banyak teman atau semakin banyak burung lainnya maka akan semakin sering pula burung lovebird paud kita terpancing kicauan suara dari burung-burung lain.

Sehingga dengan begitu burung lovebird kesayangan kita bisa ngekek sepanjang waktu. Namun tentu saja merawat banyak burung dalam satu rumah bukanlah hal yang mudah. Tapi jika anda sudah ahli dan terbiasa maka tentu saja itu adalah pekerjaan yang mudah.

Tapi ada hal yang harus diketahui...

Menurut para master kita boleh menggunakan jenis burung apa saja untuk memancing kicauan burung lovebird kita, namun jangan sampai menggunakan jenis burung ciblek.

Karena burung ciblek bisa memicu suara burung lovebird menjadi tumpul, atau dengan kata lain burung ciblek ini hanya akan membuat kicauan burung lovebird kita menjadi singkat.

Maka sebaiknya gunakan burung-burung lain yang bisa memancing ngekek lovebird paud supaya lebih lama dan berdurasi panjang.

Adapun burung yang bagus untuk melakukan pemasteran suara adalah seperti menggunakan burung kenari, sogok ontong, walang kecek, belalang raja, cicilin atau mengunakan spesiesnya sendiri yaitu burung lovebird lain.

Selain itu...

Kamu juga bisa menggunakan suara rekaman mp3 burung, jadi tidak mesti harus menggunakan burung lain. Kalu bisa carilah suara rekaman kicauan jenis-jenis burung yang sudah dijelaskan di atas.

Dan adapun jarak untuk mendengarkan suara burung lain kepada burung lovebird paud itu adalah 3 sampai 4 meter dari sangkarnya.


Demikianlah 8 cara agar burung lovebird paud bisa ngekek panjang san bisa menjadi juara saat mengikuti tes perlombaan. Perlu anda ketahui, semakin lama durasi ngekek burung lovebird ini biasanya harganya juga akan semakin tinggi.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post