8 Cara Agar Earphone Awet Tidak Cepat Rusak

Earphone adalah alat bantu dengar sekaligus alat bantu bicara yang saling terhubung antara ponsel yang kita gunakan. Selain berguna saat melakukan panggilan, alat ini juga tentu berguna untuk mendengar musik, menonton video dan bermain game.

Anehnya, sampai saat ini earphone sering di salah artikan. Banyak orang yang menyebut earphone adalah headset. Padahal jelas-jelas keduanya memiliki bentuk fisik yang berbeda meskipun fungsinya sama.

Mungkin selama ini kita lebih mengenal earphone adalah alat bantu dengar yang bentuknya besar lalu bisa di gantungkan di atas kepala, dengan speaker kiri kanan yang menutupi seluruh telinga kita.

Nyatanya earphone bukanlah seperti itu, karena sesungguhnya earphone adalah alat bantu dengar yang bentuk speakernya lebih kecil seukuran pas di lubang telinga saja.

Jadi dengan kata lain earphone ini adalah headset yang selama ini sering kita lihat dan kita gunakan. Jadi bentuknya tidaklah besar, melainkan kecil. Biasanya saat pembelian handphone baru kita pasti mendapat hadiah earphone ini dalam kotak hp bersama chargernya.

Oleh sebab itu jangan sampai salah menyebut perbedaan earphone dan headset. Namun apapun sebutannya bukanlah masalah besar bagi kita. Karena yang menjadi masalah sekarang adalah keawetan earphone itu sendiri.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa masa pakai earphone ini biasanya tidak dapat bertahan lama. Sehingga tidak sedikit orang-orang yang memiliki earphone itu sering rusak, meskipun kabelnya tidak putus sekalipun.

Itulah mengapa setiap counter hp, pasti rata-rata menyediakan earphone untuk bisa dijual kepada orang-orang yang membutuhkan. Maka dari itu, jika memang kita membutuhkan alat ini, maka sebaiknya rawatlah baik-baik  supaya bisa awet dan tahan lama.

Sehingga kita pun bisa lebih hemat uang, karena tidak harus sering membeli benda yang satu ini tentunya. Oke, untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


Cara Agar Earphone Awet Tidak Cepat Rusak


Berikut 8 Cara Agar Earphone Awet Tidak Cepat Rusak :


1. Gunakan selalu earphone asli (original)

Apapun jenis merek ponsel kita, sebaiknya untuk masalah earphone gunakanlah yang versi asli dari pabriknya atau dengan kata lain earphone yang original bawaan ponsel tersebut.

Kenapa?

Itu karena versi asli kualitasnya lebih terjamin dan lebih bagus serta juga tahan lama dari pada earphone versi tiruan. Banyak orang yang mengeluh tentang earphone yang baru di belinya.

Sering kali keluhan ini tentang masalah earphonenya yang cepat rusak, meskipun padahal baru 2 hari di beli. Ya, itu semua karena kita membeli earphone yang tiruan.

Meskipun berfungsi pada ponsel kita namun untuk masalah keawetan tentu saja earphone tiruan tidak sebagus earphone aslinya. Maka dari itu tidak heran pula apabila earphone asli ini harganya memang lebih mahal dari pada versi KW.

Tapi lebih baik mengeluarkan uang sekali, dari pada harus sering mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang tidak berkualitas. Karena barang asli sudah dijamin kualitasnya dan akan bisa membuat kita lebih hemat pastinya.

Oleh sebab itu agar earphone awet dan bisa bertahan lama, maka gunakanlah atau belilah selalu yang versi aslinya saja...


2. Hindari menggulung kabel earphone

Salah satu kebiasan menyimpan earphone setelah selesai digunakan itu rata-rata orang pasti menggulungnya. Maka tentu saja kebiasan tersebut sangat salah, karena bisa merusak earphone kita.

Sebab hampir rata-rata earphone yang rusak itu sering kali terjadi pada bagian talinya tersebut. Terutama pada ujung tali yang saling terhubung, atau pada bagian ekornya.

Sering kali bagian hubungan tali menjadi terputus, meskipun kita tidak bisa melihatnya di bagian luar namun kabelnya ini terputus biasanya di bagian dalamnnya.

Itu semua karena kita sering menggulung kabel earphone tersebut. Oleh sebab itu tanpa kita sadari earphone sering rusak dengan sendirinya.

Namun semua itu bisa tentu saja bisa kita hindari apabila kita jarang atau tidak pernah menggulung tali earphone setiap kali menyimpannya atau setiap kali sudah siap di gunakan.

Maka dengan begitu earphone kita bisa tetap awet dan bisa bertahan dengan lama. Kamu bisa membuktikannya dengan earphone yang sering digulung dan dengan earphone yang jarang digulung, lihatlah sendiri siapa yang lebih awet.


3. Jangan menyimpan earphone dalam kantong celana

Karena bentuknya yang kecil dan mudah diselipkan di mana saja namun bukan berati kita bisa menyimpannya secara sembarangan, apalagi di simpan dalam kantong celana.

Kenapa?

Alasan untuk tidak menyimpan earphone di kantong adalah pertama kita pasti akan menggulung kabel atau talinya. Dan anda sudah tahu kan menggulung kabel earphone itu bisa cepat rusak?

Dan yang kedua apabila kita sering menyimpan earphone dalam kantong celana maka tentu saja sesekali kita sengaja membuat earphone sering terjepit di waktu kita sedang duduk.

Nah, pada saat terjepit biasanya bukan speakernya saja yang bisa patah atau hancur namun tali kabelnya juga bisa tertarik. Kita tidak sadar bahwa earphone yang kita gulung dalam kantong tadi sebenarnya sudah terjepit.

Akhirnya lama-lama bagian dalam kabel akan putus, sebab sudah sering kita duduki. Itulah mengapa menyimpan earphone dalam kantong celana itu tidak di anjurkan.

Ada baiknya di taruh dalam kantong baju bila memang tidak ada tempat lain seperti tempat penyimpanan kotak earphone untuk di gunakan. Karena di  kantong baju lebih aman pastinya.


4. Simpan earphone di tempat bersih tanpa debu

Debu atau pasir halus sering kali menyebabkan earphone menjadi rusak. Jadi supaya earphone menjadi awet maka tentu saja kita tidak boleh menyimpannya di tempat yang kotor atau banyak debunya.

Kenapa?

Karena pasir halus akan dengan mudah masuk kedalam lubang-lubang earphone yang kita miliki. Hal ini disebabkan sepaker earphone pada umumnya memiliki magnet sehingga hal ini pula bisa menarik debu dari sekitarnya.

Bila debu atau pasir halus ini sudah banyak dan menumpuk maka biasanya hal pertama sekali yang akan kita rasakan adalah kualitas suara earphone itu sendiri yang tidak bagus lagi.

Kemudian debu ini lama-lama juga bisa membuat speaker earphone menjadi rusak dan tidak berfungsi lagi. Maka dari itulah earphone tidak boleh di simpan di tempat yang banyak debunya.

Pastikan selalu menyimpan earphone di tempat yang bersih, bila perlu sebelum menyimpan earphone gunakanlah kotak atau penutup kain agar debu tidak bisa masuk dalam lubang earphone.

Jangan pernah sering menaruh earphone di lantai, yang mana kita tahu bahwa biasanya lantai atau semen di rumah kita itu tak terlepas dari debu atau pasir halus. Kecuali bila memang lantai kita benar-benar bersih.


5. Hindari earphone dari air

Selain debu dan pasir halus, hal yang mempengaruhi keawetan earphone itu sendiri adalah terbebas dari air. Jadi saat menggunakan earphone pastikan pula telinga kita sedang tidak basah.

Kenapa?

Bahan-bahan earphone itu terutama dalam spekarnya ada yang terbuat dari besi, sehingga besi ini bisa mudah berkarat bila earphone sering terkena air. Apalagi itu jenis air asin seperti air laut, maka dengan sekejap earphone kamu akan rusak.

Terkadang kita sering merasa heran, kok bisa earphone kita rusak padahal secara fisik jika kita lihat earphone kita tidak ada masalah apa-apa dan kabelnya juga masih bagus.

Padahal kita tidak tahu bahwa speaker earphone sudah sering terkena air, sehingga membuat bagian dalamnya tersebut menjadi berkarat. Dan akhirnya karatan inilah yang tidak bisa diperbaiki.

Sehingga mau tidak mau kita harus menerima kenyataan bahwa earphone kita sudah benar-benar mati total dan tidak berfungsi lagi. Oleh sebab itu selalu jauhkan earphone dari tempat-tempat yang rentan terhadap air.

Misalnya seperti di kamar mandi, di dekat air minum ataupun ditempat-tempat basah lainnya.

Selain itu hindari menyimpan earphone ditempat yang terlalu sejuk karena embun-embun juga bisa menimbulkan air secara alami di dalam speaker earphone yang bisa membuatnya berkarat.


6. Bersihkan earphone dengan rutin

Mungkin selama ini kita kurang menjaga earphone dari segi kebersihannya, sehingga tanpa sadar selama ini debu-debu sudah banyak yang lengket dan menempel dalam lubang speakernya.

Akibatnya suara speaker earphone sudah tidak jernh lagi, dan lama-lama sampai tidak ada suara sama sekali. Pada saat seperti ini kita sering beramsumsi earphone kita sudah rusak.

Padahal nyatanya cuma debu saja yang sudah banyak masuk kedalam lubang speaker earphone kita. Bahkan yang paling sering kita lihat itu adalah lubang-lubang speakernya sudah tertutupi oleh debu.

Dan akhirnya kita malah membeli earphone baru, sebab kita mengira earphone yang lama kita sudah rusak. Nah, jika anda mengalami hal seperti ini maka sebaiknya jangan terburu-buru.

Cobalah untuk membongkar earphone kita terutama di bagian speakernya, lihat lah di dalamnya apakah banyak kotoran atau tidak. Karena kotoran yang masuk dalam speaker earphone ini tidak hanya dari debu atau pasir halus saja. Kotoran telinga kita pun bisa menyebabkan masalah pada earphone.

Jadi lebih baik di bongkar terlebih dahulu earphonenya lalu dibersihkan, kemudian di pasang kembali dan cek lagi hasilnya. Jika memang masih tidak berfungsi kemungkinan rusaknya ini terjad pada bagian kabelnya.

Jika memang bagian penutup spekar earphone tidak bisa di bongkar atau tidak bisa di buka, maka kamu bisa membersihkannya dengan bulu sikat gigi dari luarnya saja atau menggunakan kuas cat yang masih baru.


7. Tambahkan kawat di kabel earphone

Seperti yang kita ketahui bahwa kerusakan earphone yang paling sering terjadi itu ada pada bagian kabelnya. Sering kali kabel earphonenya ini yang menjadi pemicu masalahnya.

Kenapa?

Itu karena sering menggulung kabel earphone dengan tidak benar, selain itu kabelnya ini juga akan mudah rapuh jika sudah termakan usia. Karena disebabkan oleh panas biasanya.

Maka dari itu mulai dari sekarang kita bisa mengurangi kerusakan kabel earphone kita agar lebih awet dan tahan lama. Yaitu dengan cara menambahkan kawat pada kabelnya.

Namun selain menggunakan kawat, kamu juga bisa menggunakan kuningan untuk membalut kabel earphone. Karena terkadang jika kawat terlalu besar itu sudah pasti akan lebih keras, dan sulit untuk di satukan dengan kabel earphone.

Caranya seperti ini :
- Siapkan kawat atau kuningan
- Pastikan kawat atau kuningan cukup panjang
- Kemudian ambil earphone lalu gulungkan kuningan di kabelnya
- Gulung seperti membentuk sebuah per

Tujuan melakukan cara ini adalah bagian dalam kabel tidak mudah putus akibat sering kita gulung dan sering terlipat. Sehingga dengan menambahkan kawat dari luar, maka kecil kemungkinan kabel earphone akan kusut atau terlipat.


8. Hindari volume yang terlalu keras

Saat menggunakan earphone tujuan setiap orang pasti sama, yaitu untuk mendengar suara. Baik itu suara panggilan telepon, suara musik, suara video ataupun suara saat bermain game.

Namun satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa gunakanlah earphone sewajarnya saja. Atau dengan kata lain jangan terlalu berlebihan misalnya seperti mendengar musik dengan volume yang sangat keras.

Karena terkadang masalah volume inilah yang juga sering membuat earphone menjadi cepat rusak. Karena speaker earphone tidak sanggup bertahan pada volume yang berlebihan.

Hasilnya kualitas speaker akan memburuk, dan lama-lama speaker menjadi tidak berfungsi lagi. Kita harus mengetahui bahwa setiap barang elektronik itu pasti ada kelemahannya, begitu juga dengan earphone.

Sebaiknya gunakan sewajarnya saja, tidak perlu harus menyetel suara yang berlebihan sampai membuat speaker menjadi rusak. Selain speaker earphone telinga kita juga pun bisa bermasalah nantinya.

Bayangkan saja...

Earphone saja bisa rusak, apalagi telinga kita? Maka dari itu bagi anda yang sering mendengar musik sebaiknya perlu memperhatikan hal-hal seperti ini supaya earphone lebih awet.


*Bonus cara pakai earphone (headset) yang benar :

Kamu pasti sudah sering melihat bagaimana orang-orang menggunakan earphone di telinga bukan? Namun ternyata ada banyak orang yang salah saat menggunakannya.

Cara yang benar menggunakan earphone adalah yaitu denggan cara memasangnya melalui atas telinga kita, kemudian speaker earphone barulah di tempelkan di lubang telinga kita.

Cara yang salah itu langsung speaker earphone pada lubang telinga, sehingga kabel earphone langsung tergantung tak ada pondasi pertahan. Sehingga cara seperti ini sering kali membuat kabel earphone cepat rusak.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :


Cara Menggunakan Earphone yang Benar


Demikianlah 8 cara agar earphone awet tidak cepat rusak, sehingga masa pemakaian earphone lebih panjang umur dan tentunya ini juga bisa menghemat keuangan kita.

Namun yang harus anda ketahui adalah bahwa setiap barang elektronik itu pasti ada masa pakainya, karena tidak semua barang elektornik bisa di pakai sampai seumur hidup.

Sehingga sudah pasti pula nanti akan tiba masanya di mana earphone kita akan benar-benar rusak. Hal-hal yang anda baca di atas hanya untuk mengurangi resiko kerusakan saja.

Jangan lupa jika memang kamu harus membeli earphone baru maka belilah yang original supaya lebih tahan lama. Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post