8 Cara Agar Fokus Saat Belajar di Sekolah

Belajar merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap anak terutama sampai usia 9 tahun. Jadi selama sembilan tahun setiap anak itu harus dan bahkan wajib belajar.

Yaitu lebih tepatnya mulai pada usia 6 tahun setiap anak itu sudah wajib diberikan pendidikan selama 9 tahun atau lebih tepatnya sampai kelas 9 atau tingkat SMP kelas 3.

Karena pada usia tersebut adalah masa-masa emas pada otak anak, jangan sampai dilewatkan atau tidak diberikan sekolah. Masa belajar sembilan tahun ini merupakan ilmu yang paling dasar, yang wajib di berikan kepada setiap anak.

Anak-anak yang tidak sekolah minimal 9 tahun sejak usia 6 tahun pertamanya itu biasanya tingkat kecerdasannya sangat rendah, dan bahkan tidak memiliki kepintaran sama sekali.

Maka dari itu pada usia ini tersebut pastikan anak-anak harus mendapatkan pendidikan demi masa depannya sendiri. Namun bukan berarti setelah belajar selama 9 tahun anak tidak perlu sekolah lagi.

Anak harus tetap sekolah agar ilmu pendidikannya semakin tinggi, selain masuk tingkat SMA anak-anak yang sudah mulai tumbuh remaja tersebut juga perlu kejenjang berikutnya yaitu kuliah.

Karena semakin tinggi pendidikan yang dijalaninya maka akan semakin banyak pula ilum pendidikan yang ada dalam dirinya. Sehingga dengan begitu, tingkat kesuksesan orang tersebut bisa lebih besar.

Pada intinya pendidikan atau masa-masa belajar ini sangat menentukan kesuksesan hidup seseorang. Hampir rata-rata orang yang sukses itu adalah orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi sebelumnya.

Dengan begitu pula orang yang memiliki pendidikan tinggi juga akan dapat dengan mudah meraih karir mereka yaitu sebuah pekerjaan yang memang benar-benar memiliki masa depan sehingga bisa merubah kehidupan kita jauh lebih mudah dari segi perekonomian atau segi keuangan.

Oleh sebab itu betapa pentingnya belajar sejak dini agar masa depan setiap anak itu bisa lebih cerah nantinya. Akan tetapi seperti yang sudah kita rasakan sendiri untuk bisa belajar itu bukanlah hal yang mudah.

Selain harus mempunyai niat yang kuat, setiap anak juga harus mempunyai keinginan supaya belajarnya itu bisa benar-benar fokus. Anak yang fokus dalam belajar biasanya akan lebih cepat menyerap ilmu yang diberikan terutama di sekolah.

Tapi masalahnya, seperti yang kita lihat sendiri bahwa tidak semua orang bisa fokus belajar apalagi disekolah. Ada-ada saja gangguan atau hal-hal yang membuat kita atau seorang anak itu menjadi tidak fokus lagi dalam belajar.

Sehingga lama kelamaan pelajaran yang selama ini diberikan oleh guru bahkan tidak bisa kita ingat karena kita sering kehilangan fokus. Selain itu, waktu juga terus berjalan dan guru kita juga tidak mungkin mengulang-ngulang pelajaran yang sudah pernah dijelaskan.

Nah, agar kita tidak ketinggalan pelajaran dan bisa menyerap ilmu pendidikan yang diberikan oleh guru maka tentu saja kuncinya adalah fokus terlebih dahulu.

Karena dengan fokus, kita akan mudah memahami pelajaran-pelajaran yang sedang diajarkan terutama disekolah. Dengan begitu kita bisa lebih cepat pintar dari orang lain.

Bagi anda yang ingin mengtahui bagaimana cara-cara supaya bisa fokus saat belajar, maka silahkan simak tipsnya dibawah ini...


Cara Agar Fokus Saat Belajar di Sekolah


Berikut 8 Cara Agar Fokus Saat Belajar di Sekolah :


1. Cukup istirahat sebelum sekolah

Hal penting utama agar proses belajar di sekolah itu bisa lancar adalah dengan cara cukup istirahat atau cukup tidur sebelumnya di malam hari. Karena bila kita kurang istirahat maka pasti anda bisa membayangkan sendiri apa jadinya.

Ya, apabila kita kurang tidur lalu pergi kesekolah itu sudah pasti tubuh kita akan merasa sangat-sangat tidak enak dan tidak nyaman, mata kita pun akan sering mengantuk.

Tidak ada hal atau aktivitas yang akan bisa lancar kita kerjakan termasuk belajar apabila kondisi tubuh kita itu tidak benar-benar fit dan prima. Jangankan untuk mulai belajar, untuk pergi kesekolah pun terkadang kita tidak sanggup.

Banyak orang yang bolos sekolah itu juga dikarenakan karena kurang tidur di malam hari, sehingga kerap sekali kita membohongi guru dengan memberi alasan bahwa kita sakit tidak bisa masuk sekolah.

Kurang tidur ini memang sangat akan mempengaruhi tingak kefokusan kita saat belajar, meskipun perut kita sudah kenyang dan sudah sarapan sekali pun tapi jika kita merasa kurang tidur maka hal apapun tidak semangat untuk kita lakukan.

Oleh sebab itu supaya proses belajar disekolah lancar maka hal pertama harus kita jaga terlebih dahulu itu adalah kondisi kesehatan tubuh kita, atau pun tingkat kebugaran tubuh kita agar bisa selalu fit dan salah satunya itu adalah dengan cara cukup tidur.


2. Selalu mandi sebelum sekolah

Mandi adalah kegiatan yang wajib kita lakukan setiap hari, terutama disaat kita baru bangun tidur pada pagi hari. Mandi itu banyak manfaatnya, bukan hanya sekedar membersihkan tubuh kita saja dari kuman dan bakteri.

Selain itu mandi bukan hanya sekedar membuat kita wangi saja, karena dengan rutin mandi setiap pagi itu bisa membuat suhu tubuh kita menjadi lebih dingin.

Pada saat suhu tubuh sudah dingin biasanya kita akan merasakan rileksasi atau keadaan yang sangat tenang serta sensasi santai. Beda bila kita jarang mandi pagi apalagi sebelum berangkat sekolah.

Orang yang jarang mandi pagi sebelum berangkat sekolah itu suhu temperatur badannya masih panas, sehingga pada saat duduk di sekolah kita akan sering mengalami kegelisahan dan rasa yang tidak nyaman.

Nah, rasa gelisah dan tidak nyaman inilah yang sering kali mengganggu proses belajar kita disekolah. Akibatnya kita menjadi tidak bisa fokus dan tidak bisa konsentrasi pada saat belajar.

Belum lagi terkadang tubuh kita mengeluarkan bau yang tidak sedap, karena kita malas mandi pagi sebelum sekolah. Sehingga kita sering merasa takut jika berada di dekat teman kita.

Oleh sebab itu mandi itu sangat penting, tubuh bisa lebih segar dan kita pun bisa merasa lebih fresh serta tingkat percaya diri kita pun akan meningkat terutama saat belajar disekoalah.


3. Selalu sarapan sebelum sekolah

Sarapan adalah proses kegiatan mengkonsumsi makanan yang harus kita lakukan setiap pagi hari. Seperti yang kita ketahui bahwa segala kegiatan kita itu berawal di pagi hari.

Karena pada malam hari otomatis kita tidur, dan di pagi harinya kita bangun. Nah, pada saat kita bangun di pagi hari inilah kita harus mengkonsumsi makanan.

Sebab energi yang ada dalam tubuh kita sudah terurai pada saat kita tidur di malam hari, jadi kita membutuhkan energi baru untuk bisa melakukan kegiatan atau berbagai macam aktivitas termasuk belajar.

Tanpa sarapan di pagi hari otomatis pula tubuh kita menjadi lemas, itu karena tidak ada makanan di perut kita yang bisa di ubah menjadi energi. Sehingga efek sampingnya tubuh kita menjadi lemas, begitupun dengan otak kita.

Otak manusia memerlukan energi untuk bisa terus aktif, tanpa energi otak tidak bisa berfikir dengan maksimal. Itulah mengapa sarapan itu sangat penting untuk kita lakukan setiap hari terutama sebelum berangkat sekolah.

Karena jika tidak maka sudah pasti kita tidak akan bisa fokus saat belajar, sehingga pelajaran pun tidak bisa masuk ke ingatan kita. Banyak orang yang pergi sekolah itu tidak sempat sarapan, mungkin karena sudah tidak sempat.

Tapi apabila kebiasaan buruk ini sering kita lakukan maka jangankan untuk bisa fokus dalam pelajaran karena untuk bisa hidup sehat pun kita belum tentu bisa.

Sebab ada banyak sekali masalah kesehatan yang akan terjadi pada tubuh kita jika kita jarang sarapan pagi, misalnya saja seperti sakit maag, lambung, sakit kepala, pusing dan bahkan pingsan di tengah-tengah aktivitas belajar.

Oleh sebab itu jangan pernah lupa untuk selalu sarapan pagi supaya tubuh kita penuh nutrisi dan energi sehingga bisa fokus belajar dan terbebas dari berbagai masalah kesehatan.


4. Cukup minum air sebelum sekolah

Air adalah mineral yang dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia selain makanan. Tanpa air, tidak ada satupun manusia yang bisa hidup. Selain itu air juga banyak memberi kita manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat minum air itu adalah bisa menambah konsentrasi dan fokus kita. Nah, agar anda bisa fokus saat belajar maka pastikan sebelum berangkat sekolah tubuh kita juga sudah cukup air.

Karena jika tidak kita tidak akan bisa konsentrasi dan fokus dalam melakukan aktivitas apapun termasuk belajar. Mungkin selama ini pelajaran disekolah sulit kita pahami itu karena kita tidak bisa fokus.

Fokus itu tidak hanya memerlukan niat dari sendiri atau dengan kata lain fokus itu bukan hanya hal yang harus kita lakukan, tapi fokus itu juga berasal dari dalam tubuh kita.

Salah satunya adalah kondisi tubuh kita, kondisi tubuh yang fit segar tidak lapar dan tidak haus adalah salah satu kunci untuk bisa menimbulkan fokus dalam diri kita.

Orang-orang yang jarang minum sebelum berangkat sekolah itu akan sangat sulit sekali nantinya bisa fokus dalam belajar. Jadi bagi anda yang ingin bisa tetap fokus maka selain sarapan kita juga harus cukup minum air.

Karena hal-hal seperti inilah modal utama supaya kita bisa menjadi orang yang pintar disekolah. Jadi jangan pernah di anggap spele, karena kebiasaan yang baik akan menghasilkan kebaikan juga.


5. Batasi ruang pikiran anda

Kunci bisa fokus belajar selanjutnya adalah dengan membatasi ruang pikiran kita sendiri. Namun cara ini tidak mudah untuk dilakukan, karena kita harus benar-benar bisa konsentrasi terlebih dahulu.

Bagaimana cara membatasi ruang pikiran?

Caranya adalah dengan memanfaatkan penglihatan ataupun suasana disekitar kita. Tapi sebelumnya kita harus mempunyai sebuah tujuan apa yang ingin kita fokuskan?

Misalnya saja kita ingin lebih bisa fokus membaca buku, maka penglihatan dan jarak pandang kita itu pastikan di buku saja. Jangan melihat kesana-kemari.

Anggap saja di dunia ini tidak hal lain selaian buku tersebut, tidak ada objek-objek lain selain buku yang sedang kita baca itu. Maka dengan begitu pikiran kita hanya akan tertuju kepada buku yang sedang kita baca saja.

Namun jangan memusatkan pikiran kita terlalu lama untuk mengfokuskan sesuatu, karena itu bisa membuat kepala kita pusing. Jadi kita bisa memanfaatkan waktu.

Misalnya begini, anggap saja tidak ada hal lain di dunia ini selain buku yang sedang kita baca. Lalu anggaplah semua itu hanya dalam batas waktu setengah jam.

Jadi dalam setengah jam tersebut kita hanya membayangkan buku itu untuk di baca, tidak ada hal lainnya disekitar kita. Tapi setelah setengah jam, biarkan diri kita beristirahat dan kembali membuka batas pikiran kita terhadap buku tadi.

Sehingga cara ini benar-benar bisa membuat kita fokus dan kepala kita juga tidak pusing. Begitupun jika kita ingin fokus pada pelajaran lain, misalnya seperti pelajaran bahasa inggris atau matematika.

Maka pusatkan fokus kita lagi pada materi tersebut, anggap saja yang lainya itu tidak ada di dunia ini termasuk orang-orang disekitar kita. Namun pastikan untuk memberi batas waktu agar kita tidak pusing dan bahkan stres sendiri.


6. Lupakan masalah pribadi saat sekolah

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang itu pasti memiliki masalah yang berbeda-beda, baik itu masalah kecil ataupun masalah besar yang terjadi pada diri kita.

Masalah-masalah ini biasanya bukan hanya sering disebabkan di sekolah, namun paling banyak itu berasal dari luar sekolah. Seperti misalnya masalah dirumah dengan keluarga kita, ataupun masalah dengan teman-teman kita di luar.

Maka kita tidak perlu memikirkan masalah-masalah tersebut di dalam sekolah apalagi saat kita belajar. Kita tidak sedikit melihat orang-orang sering curhat disekolah dengan berbagai macam masalah mereka dari luar.

Jadi kita tidak perlu melakukan hal seperti itu, kita harus benar-benar mengasingkan atau membatasi masalah luar atau masalah pribadi kita itu sampai di pintu gerbang sekolah saja.

Anggap saja saat kita sudah memasuki area sekolah itu kita tidak memiliki masalah sama sekali. Jadi buanglah masalah-masalah kita sementara semalam kita ada disekolah.

Kita harus ingat, bahwa sekolah itu adalah tempat belajar bukan tempat memikirkan hal-hal yang tidak perlu untuk kita pikirkan. Kita bisa menyelesaikan masalah pribadi kita saat kita sudah pulang sekolah nantinya.

Jadi jangan dicampurkan pikiran belajar kita dengan pikiran-pikiran lain yang hanya akan menggganggu fokus dan konsentrasi kita saat belajar. Jika perlu kita hanya berbicara kepada teman sekolah kita itu tentang pelajaran-peajaran saja jangan hal-hal yang tidak penting seperti menggosip misalnya.


7. Merubah kebiasaan buruk kita

Terkadang saat berada dalam kelas, dan guru mulai menerangkan pelajaran kita malah sibuk bermain bersama teman. Kita sibuk dengan ponsel ataupun hal-hal yang membuat kita ketinggalan pelajaran.

Pada saat guru sudah selesai menerangkan pelajarannya lalu biasanya guru akan memberikan kita sebuah soal untuk dilakukan tes, soal ini bisa berupa dari buku yang sedang di bahas, ataupun soal yang langsung di berikan oleh guru kita.

Nah, pada saat itulah biasanya kita akan sibuk tak karuan, karena kita sama sekali tidak mengerti akan soal-soal tersebut. Sehingga sering kali kita mendapatkan nilai yang buruk di kelas.

Itu semua terjadi karena kebiasaan buruk kita sendiri, yang dari awalnya kita sudah tidak memperhatikan materi yang sedang di bahas oleh guru kita. Karena kita sibuk sendiri dengan hal-hal yang seharusnya tidak perlu.

Selain itu...

Ada juga beberapa hal yang bisa membuat kita tidak fokus saat belajar. Yaitu adalah karena kita malas membaca, kita tidak memahami terlebih dahulu pelajaran yang sedang kita pelajari tersebut.

Akibatnya kita sering gagal fokus saat belajar dan bahkan pusing sendiri karena tidak mengerti apa yang sedang dipelajari. Maka dari itu agar bisa fokus saat belajar, maka kita juga perlu memahami isi pembahasan terlebih dahulu salah satunya itu dengan membaca.

Karena dengan sering membaca kita bisa lebih fokus dan bisa lebih banyak mengerti ketimbang orang-orang yang malas membaca. Selain itu kita juga terkadang harus membaca pelajaran tersebut secara berulang-ulang agar bisa benar-benar paham.


8. Usahakan duduk paling depan

Masalah posisi juga bisa mempengaruhi fokus tidaknya kita dalam belajar. Jika memang kebetulan anda adalah orang yang sulit fokus belajar, dan kebetulan pula anda duduk di bangku belakang maka bisa jadi inilah penyebabnya.

Seperti yang anda ketahui bahwa setiap daya tangkap dan panca indra seseorang itu berbeda-beda, ada orang yang bisa memahami pelajaran dengan cepat meskipun ia duduk dibangku belakang.

Itu karena daya tangkap dan panca indranya bagus dalam menangkap pelajaran terutama saat sedang dijelaskan oleh guru. Namun jangan salah, banyak pula orang-orang yang gagal fokus karena masalah posisi duduk ini saat dikelas.

Karena biasanya orang yang duduk dibelakang itu otomatis jauh dari hadapan guru, sehingga suara guru saat menjelaskan pun tidak bisa kita dengar dengan jelas apalagi jika suara guru kita itu cukup halus dan lembut.

Selain itu apabila penglihatan kita kurang bagus dari jauh maka tentu saja kita juga tidak bisa melihat dengan jelas apa yang di tulis oleh guru di papan tulis.

Sehingga lama kelamaan masalah seperti ini bisa mengganggu konsentrasi dan fokus kita dalam belajar dan akhirnya tidak sedikit masalah seperti ini juga bisa ikut mempengaruhi tingkat kecerdasaan kita kedepannya.

Tak heran apabila nyatanya banyak orang-orang yang pintar itu rata-rata mereka duduk paling depan meskipun tidak semuanya tapi rata-rata seperti itu.

Oleh sebab itu supaya kita bisa lebih fokus saat belajar, maka tidak ada salahnya untuk kita meminta kepada guru agar bisa menukar posisi duduk kita dengan teman kita yang ada di depan.


Demikianlah 8 cara agar kita bisa tetap fokus saat belajar, semoga salah satu dari cara-cara diatas ada yang bisa memberi anda inspirasi untuk bisa membuat anda kembali bersemangat saat belajar dan bisa fokus.

Tips tambahan agar bisa fokus belajar :
- Konsumsi multivitamin yang bagus untuk otak
- Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang
- Jangn lewatkan kebiasaan minum susu
- Begrgaul dengan teman-teman yang pintar
- Jangan malu bertanya kepada guru jika tidak bisa
- Sering ikut berpatisipasi dalam pelajaran
- Sering menjaga kerapian meja agar bisa fokus belajar
- Hindari teman yang suka bermain saat belajar
- Gunakan imajinasi saat belajar
- Ikut les private untuk menambah ilmu

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post