8 Cara Agar Jualan Cepat Laris di Instagram

Instagram atau yang lebih dikenal dengan singkatan IG ini merupakan sarana sosial media yang saat ini sangat populer menjadi pilihan favorit oleh banyak pengguna selain social media dari facebook.

Pada bulan september 2019 ini penggunanya saja sudah mencapai lebih dari 86 juta. Jadi jangan heran apabila instagram sangat populer saat ini. Selain itu fitur utama dalam instagram adalah lebih mengedepankan foto ataupun video-video singkat.

Tidak sedikit kita lihat orang-orang banyak yang sudah populer karena instagram ini. Itu semua karena follower yang dimilikinya sudah sangat banyak, jadi bisa dikatakan follower ini sangat mempengaruhi kepopuleran kita di instagram.

Namun yang menariknya lagi, instagram tidak hanya dimanfaatkan oleh orang-orang untuk sekedar mencari teman saja. Karena sudah banyak yang memanfaatkan instagram saat ini untuk berbisnis.

Ya, seperti yang kita lihat sendiri bahwa tidak sedikit orang-orang mulai mengembangkan bisnis mereka di berbagai sosial media. Dan salah satunya itu adalah di instagram.

Hasilnya, tidak sedikit kita lihat sudah banyak orang-orang yang lebih sukses karena mereka sering mempromosikan bisnisnya di dunia maya tersebut. Melihat kesuksesan orang lain tersebutlah saya yakin anda juga tertarik untuk mencobanya bukan?

Namun seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang bisa sukses dengan bisnis mereka dengan memanfaatkan sosial media ini. Apalagi jika kita masih baru bermain instagram maka sudah pasti tidak banyak orang yang mengenal kita.

Biasanya untuk bisa sukses maka hal utama yang perlu diperhatikan itu adalah dengan cara dikenal oleh orang lain terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan memperbanyak follower di akun instagram kita.

Tapi seperti yang sudah anda ketahui juga, bahwa untuk menambah follower di instagram itu bukanlah hal yang mudah. Selain harus banyak follower, kita juga harus dipercaya oleh orang lain atau teman-teman kita yang ada di instgram.

Karena kepercayaan ini juga sangat mempengaruhi kesuksesan kita dalam berbisnis atau jualan secara online. Sehingga hasil jualan kita bisa sangat laris dan tentu saja keuntungan jualan pun bisa lebih cepat kita rasakan pastinya.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana supaya dagangan atau jualan kita bisa laris dengan cepat di instagram, maka silahkan simak tips-tips di bawah ini...


Cara Agar Jualan Laris di Instagram


Berikut 8 Cara Agar Jualan Cepat Laris di Instagram :


1. Perbanyak follower

Hal pertama dan paling utama yang perlu anda lakukan sebelum bisa sukses memanfaatkan instagram untuk berbisnis maupun berjualan adalah dengan cara mencari follower atau teman terlebih dahulu di sana.

Karena apabila follower kita sangat sedikit, bahkan meskipun kita rajin mempromosikan dagangan kita lewat instagram itu akan sia-sia saja. Pasalnya tidak ada banyak orang melihat promosi kita.

Sama seperti saat kita berjualan di dunia nyata, hal yang kita utamakan itu adalah dengan mencari pelanggan terlebih dahulu. Cara mencari pelanggan di dunia nyata tentu saja berbeda-beda caranya, tergantung dari pemiliki usaha tersebut.

Nah, kalau di instagram kita tidak perlu harus pusing-pusing memikirkan cara untuk mencari pelanggan. Karena caranya itu tidak susah dan cuma satu yang perlu kita lakukan yaitu memperbanyak follower saja.

Ada 3 cara mencari folower yang sangat mudah kita lakukan, beberapa dantaranya adalah sebagai berikut :
1. Menunggu follower dari orang lain tanpa melakukan apa-apa.
2. Mendapatkan follower dari orang lain dengan mengfollownya terlebih dahulu.
3. Mendapatkan follower dengan cara berbayar (promosi).

Dari ketiga cara mendapatkan follower di atas, cara yang terakhir adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan follower dari teman-teman yang ada di instagram.

Kenapa?

Karena kita telah mengeluarkan biaya untuk membeli follower agar akun kita bisa dipromosikan oleh pihak instgram dengan cepat dan secara otomatis. Namun tentu saja cara ini adalah cara berbayar alias tidak gratis.

Jika anda mau cara yang gratis maka bisa menggunakan cara pertama dan cara kedua. Namun saya lebih menyarankan untuk anda memilih cara kedua. Kenapa? Karena cara pertama itu sangat lambat.

Kita pasti sering menunggu follower dari orang lain untuk bisa mengikuti kita, selain itu kita terkadang juga malas untuk melakukan follow balik pada orang tersebut.

Sehingga cara ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama, karena kita hanya menunggu orang-orang yang akan mengfollow kita saja, itu pun kalau ada yang follow kita, kalau tidak ada ya follower kita tidak akan bertambah-tambah. Kecuali anda adalah seorang artis !

Oleh sebab itu sebaiknya gunakanlah cara yang kedua untuk mempercepat follower akun instagram kita dengan cara gratis. Yaitu dengan mengfollow akun instagram milik orang lain dan menunggu orang tersebut akan melakukan follback.

Semakin banyak kita mengfollow orang lain, maka akan semakin besar pula kemungkinan follback yang terjadi sehingga follower kita otomatis akan terus bertambah setiap harinya.


2. Tingkatkan kepercayaan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa salah satu hal yang bisa mempengaruhi suksesnya bisnis saat berjualan di instagram itu adalah dengan cara meningkatkan kepercayaan pada akun instagram milik kita.

Caranya gimana?

Begini, saat anda memulai mendaftar akun instagram maka sudah pasti kita akan disuruh mengisikan nama, alamat email, nomor handphone, tempat tinggal jenis kelamin dan data-data lainnya.

Nah, data-data inilah yang harus benar-benar anda lengkapi. Karena seperti yang kita lihat sendiri, bahwa banyak sekali orang yang mengisi data tersebut secara asal-asalan saja.

Mereka tidak berfikir bahwa data tersebutlah yang bisa mempengaruhi pembeli kita nantinya apabila jika kita memang berniat menggunakan akun instagram untuk berjualan.

Sebab data-data ini perlu sekali untuk pembeli, biasanya pembeli sebelum memberi barang dari akun instagrakm anda tersebut, mereka akan melihat kelengkapan data pribadi kita.

Mereka sudah pasti ingin tahu, apakah akun instagram kita ini asli atau tidak. Itu semua karen mereka takut jika tertipu saat membeli barang dari kita.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan kepercayaan pembeli sebelum memulai bisnis di instagram maka ada baiknya anda perbaiki terlebih dahulu data-data di akun instagram anda dengan cara mengeditnya atau mengubahnya menjadi data-data real asli kita.

Misalnya seperti nama kita maka tulis nama asli kita sesuai KTP, begitupun dengan alamat tempat tinggal kita dan hal-hal lainnya. Maka dengan begituk kepercayaan dari pelanggan nantinya bisa mereka dapatkan.

Bayangkan saja seperti ini...

Ada akun instagram, kita sebut saja akun instagram itu adalah akun abal-abal dengan identitas yang tidak jelas. Namun di akun tersebut sering kita lihat barang-barang yang dipromosikannya.

Pertanyaan saya sekarang adalah, apakah anda berani membeli barang dari akun instagram tersebut yang tidak jelas asal-usulnya? Jawabannya pasti anda ragu dan bahkan tidak membelinya sama sekali.

Nah, begitupun cara pikir pelanggan. Karena pelanggan juga tidak mau merasa tertipu sebelum membeli barang dari kita. Jadi pastikan lagi bahwa data-data dan kelengkapan kita di akun instagram itu benar-benar asli.

Jangan lupa bila perlu kita pasangkan pula foto profil asli kita di instgram supaya orang-orang lebih mengenal kita.


3. Lebih sering aktif di instagram

Sosial media itu sama seperti kios di dunia nyata, jika kios jarang dibuka maka sudah pasti akan jarang ada pembelinya. Begitupun dengan akun instagram kita, jika kita sering tidak aktif maka sudah pasti jarang ada pembeli.

Bila anda memang benar-benar berniat untuk menjadikan akun instagram sebagai sebuah tempat dalam memulai bisnis maka jangan pernah sering menghilang dari instagram.

Sebab semakin sering anda menghilang dari instagram maka akan semakin kurang pula tingkat kepopuleran kita di sosial media tersebut. Nah, begitupun juga sebaliknya. Makin sering kita aktif di instagram maka akan semakin tinggi pula reputasi kita di sosial media tersebut.

Orang-orang pun akan lebih sering melihat nama dan foto kita, sehingga tidak sedikit teman dari teman kita akan mengikuti kita secara otomatis. Maka dengan begitu cara ini juga secara tidak langsung bisa menambah follower kita dengan sendirinya.

Selain itu manfaat lainnya juga sudah pasti barang-barang yang kita jual atau foto jualan yang kita unggah pun pasti akan lebih sering di lihat oleh orang lain pula.

Sehingga konten kita juga akan sering di bagikan dan dengan begitu bisnis kita juga bisa cepat berkembang sehingga apapun yang kita jual akan cepat laku hanya dari instagram saja.

Semakin kita aktif di instagram setiap hari maka otomatis kita juga akan sering mengirim konten disana, maka konten-konten inilah yang bisa menjadikan dagangan kita bisa cepat laris ketimbang apabila kita hanya aktif seminggu sekali dalam mengirim konten ke instagram.

Jadi jangan heran apabila anda sering melihat akun instagram orang lain yang berjualan sampai bisa sukses besar. Itu karena mereka sering aktif, sehingga akun instagram miliknya lebih berkesan memang serius berjualan.

Buktikanlah kepada orang lain bahwa anda itu memang benar-benar seorang penjual. Karena jika masih dianggap orang-orang biasa maka orang lain juga masih ragu untuk membeli barang dari kita.

Itulah gunanya kenapa kita harus sering aktif, tujuannya tidak lain adalah supaya kita memang terlihat seperti penjual. Dengan begitu orang lain tidak akan ragu dengan kita saat membeli.


4. Lebih sering berinteraksi dengan pelanggan

Apa itu interaksi? Interaksi adalah pelayanan atau bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Jika usaha anda ingin benar-benar sukses dari instagram maka jangan pernah jadi orang sombong.

Dengan kita lain jangan pernah mengabaikan komentar-komentar dari orang lain apalagi jika jenis komentar tersebut adalah berhubungan dengan barang yang sedang kita promosikan di instagram.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang akan langsung memesan barang dari kita, biasanya orang-orang akan bertanya-tanya terlebih dahulu. Contohnya misalkan anda berjualan pakaian di instagram.

Maka sudah pasti jika ada orang yang ingin beli itu tidak langsung akan membeli barang anda tanpa pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut dengan pakaian yang kita jual.

Biasanya orang akan berbasa-basi terlebih dahulu, seperti menanyakan kualitas barang dan harga barang atau bagaimana cara pembayaran. Nah, hal-hal seperti inilah yang harus kita respon dengan sebaik-baiknya.

Kenapa?

Karena terkadang tidak semua komentar dari orang tersebut memiliki keinginan untuk membeli. Sebab banyak orang yang hanya sekedar bertanya-tanya saja, tapi karena pelayanan kita atau cara kita berinteraksi dengan orang tersebut bagus dan baik maka bukan tidak mungkin orang yang tidak berniat membeli tersebut kini malah jadi niat untuk membelinya.

Oleh sebab itu respon dari kita benar-benar dibutuhkan, meskipun kita sering di php maka jangan pernah malas ataupun tidak membalas komentar-komentar orang yang menanyakan barang yang kita jual.

Karena...

Dalam beberapa kasus pembeli lain terkadang membaca komentar dari konten kita saja, nah jejak komentar kita sebelumnya itulah yang bisa meyakinkan pembeli lain untu bisa membeli barang kita. Karena pembeli lain tersebut sudah membaca interaksi kita, atau informasi yang dibutuhkannya.

Sehingga tidak jarang pula orang lain akan langsung memesan barang kita tanpa basa-basi lagi. Inilah keuntungan dari cara kita berinteraksi dengan orang lain yang sopan dan peduli terhadap pelanggan yang berniat membeli maupun kepada pelanggan yang tidak berniat membeli.


5. Menentukan harga yang lebih murah

Jangan lupa bahwa salah satu orang tertarik membeli barang dari sosial media itu adalah karena barang yang di carinya itu lebih murah dari harga pasar yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Maka dari itu jika memang berniat untuk berbisnis jualan maka kita harus pintar-pintar menentukan harga, salah satunya itu dengan menjadikan harga lebih murah dari yang lainnya.

Sebab tidak jarang, orang-orang berjualan di instagram itu menentukan harga yang sangat tinggi bahkan tidak wajar. Harga yang tidak wajar inilah yang bisa membuat usaha bisnis anda terus menurun.

Orang-orang jadi malas untuk membeli barang dari akun instagram anda, karena rata-rata harga yang anda jual itu relatif mahal. Jika kita sudah di cap karena kemahalan, maka sudah bisa dipastikan usaha bisnis yang kita lakukan di instagram tidak akan lancar dan bahkan tidak laku sama sekali.

Namun meskipun demikian jangan sampai pula kita berdagang di instagram dengan harga yang sangat miring, jangan sampai menjual barang dengan harga yang kurang dari modal kita pastinya kalau tidak mau rugi.

Karena kita harus tetap perioritaskan tujuan kita berjualan yaitu semata-mata untuk mendapatkan keuntungan. Namun ambil lah keuntungan dengan sewajarnya saja.

Kalau bisa pada saat bisnis kita baru-baru mulai sebaiknya kita tidak mengambil keuntungan. Ada baiknya kita mencari dan mendapatkan pelanggan terlebih dahulu. Nah, saat pelanggan kita sudah banyak barulah kita bisa meningkatkan harga barang kita supaya dapat keuntungan.

Orang-orang yang membuka usaha bisnis di dunia nyata pun biasanya melakukan hal seperti ini. Dimana saat usahanya ini masih baru, mereka sering menjual harga-harga barang dengan harga yang murah. Tujuannya tidak lain adalah untuk menarik pelanggan terlebih dahulu.


6. Tampilkan testimoni

Testimoni adalah sebuah interaksi dari pelanggan yang sudah membeli barang atau jasa dari anda. Yaitu berupa komentar-komentar positif yang cenderung lebih bersifat memuaskan.

Anda juga dapat melakukan hal serupa di akun instagram milik anda, yaitu pada saat barang anda ada yang laku terjual maka mintalah pembeli tersebut untuk berkomentar pada konten yang dibelinya melalui kita sebelumnya.

Mintalah bagaimana pendapat serta kepuasan dari pelanggan kita tersebut, sehingga kita bisa menampilkannya di akun instagram kita. Namun biasanya tidak sedikit pula orang-orang lebih banyak melakukan terstimoni via chat, seperti sms ataupun chat whatsapp.

Nah, histori chatingan dari pelanggan tersebutlah yang harus anda screnshot lalu kemudian unggahlah di instagram milik anda supaya orang lain dapat melihatnya sehingga kepercayaan anda dimata orang lain juga akan meningkat.

Testimoni ini sangat penting untuk meyakinkan orang lain yang belum pernah membeli barang melalui akun instagram kita. Manfaat testimoni juga salah satu dari teknik supaya dagangan kita bisa laris.

Tapi bagaiamana bila kebetulan tidak ada satupun pembeli yang benar-benar membeli barang kita? Sehingga otomatis tidak ada satupun testimoni yang kita dapatkan?

Maka anda bisa mengakalinya dengan cara membuat testimoni palsu, yaitu dengan cara meminta teman disekitar anda untuk memuji serta memberikan kepuasan karena telah membeli barang dari kita.

Nah, histori palsu yang anda lakukan bersama teman anda inilah yang perlu ana screnshot pula untuk bisa di unggah pada akun instagram supaya orang akan lebih yakin dengan anda.

Namun pastikan tujuan anda itu benar-benar baik, semata-mata hanya untuk cepat melariskan barang yang anda jual di instagra. Jangan gunakan cara ini untuk membohongi orang lain dengan niat yang tidak baik.


7. Pembeli harus tertarget

Ada satu hal yang harus benar-benar anda perhatikan agar kedepannya usaha atau jualan anda bisa benar-benar laris manis setiap hari. Yaitu dengan cara memperhatikan terlebih dahulu barang apa yang kita jual.

Karena banyak orang yang sudah gagal dalam berbisnis online seperti ini, itu semua karena mereka tidak mengfokuskan target dari calon pembeli itu sendiri.

Sehingga sering kali kita lihat orang yang berjualan di sosial media itu hanya sementara, dan akhirnya harus berhenti di tengah jalan karena sepinya peminat dan pembeli.

Nah, supaya dagangan anda bisa terus laris bahkan ramai setiap hari maka terapkan lah cara di bawah ini.

Pertama perhatikan apa yang anda jual

Misalnya begini, anda sedang menjual pakaian atau lebih tepatnya itu adalah pakaian wanita seperti gamis, gaun, dan bahkan baju-baju model terbaru khusus wanita saat ini.

Kedua cari teman yang tertarik dengan yang kita jual

Hal kedua setelah kita sadar dengan jenis barang apa yang sedang kita jual itu selanjutnya kita harus mencari teman atau follower di instagram yang rata-rata itu adalah wanita.

Kenapa harus mencari follower rata-rata semuanya wanita? Karena barang yang kita jual itu berhubungan dengan wanita. Itulah alasan kenapa saya menekankan anda untuk memperhatikan barang apa yang anda jual.

Bayangkan saja begini...

Anda menjual pakaian wanita, namun teman anda di instagram itu rata-rata follower nya cowok semua. Nah, sekarang saya tanya cowok mana yang mau membeli pakaian wanita?

Meskipun ada, itu bisa saja cowok tersebut kebetulan ingin memebeli buat pasangannya. Sehingga proses terjadinya transaksi di akun instagram anda akan sangat minim.

Dan tak heran apabila selama ini perkembangan dagangan anda di instagram tidak pernah bisa populer. Jadi dengan kata lain meskipun akun instagram anda banyak followernya tapi jika rata-rata follower anda tersebut tidak tertarik dengan apa yang anda jual itu sama saja dengan mencari jarum dalam jerami.

Selain itu usia teman-teman follower kita juga harus kita perhatikan, karena percuma juga kita sering mengunggah konten untuk mempromosikan barang kita didalamnya jika rata-rata usia follower kita itu tidak sesuai dengan barang yang kita jual.

Kita katakan saja misalnya anda berjualan baju wanita dan rata-rata yang bisa menggunakannya itu adalah usia remaja yaitu 17 sampai dengan 25 tahun saja.

Nah, sedangkan follower atau teman kita yang ada di instagram ini rata-rata usianya 30 tahun keatas dan bahkan banyak anak-anak yaitu usia 15 tahun kebawah.

Nah, coba anda pikir sekali lagi? Adakah yang membelinya? Tentu tidak. Kalau ada pun itu satu-satu dan itupun bukan dipakai olehnya melainkan diberikan kepada keluarga atau orang lain saja.

Oleh sebab itu kesimpulan dari hal yang saya jelaskan pada poin nomor 7 ini adalah pastikan kita mencari teman atau follower itu adalah orang-orang yang lebih tertarget. Atau dengan kata lain orang-orang yang lebih berpeluang akan menyukai barang yang kita jual.

Sebab keinginan untuk membeli barang itu berawal dari suka terlebih dahulu, jika orang sudah suka dan tertarik dengan barang yang kita jual maka barulah orang akan menimbulkan niat untuk membeli.


8. Gunakan promosi berbayar

Jika memang anda seorang pemalas atau pun tidak mempunyai waktu untuk menjadikan instagram lebih populer dengan cara-cara manual yang sering kita lakukan seperti lebih sering aktif atau lebih berinteraksi.

Maka ada jalan pintas yang dapat anda lakukan supaya dagangan kita bisa cepat laris di instagram. Ya, itu adalah dengan menggunakan promosi berbayar.

Salah satu kelebihan promosi berbayar ini adalah kita juga bisa menentukan pembeli lebih tertarget, seperti yang sudah saya bahas pada poin nomor 7 di atas.

Dengan pengunjung yang lebih tertarget maka orang-orang akan lebih banyak melakukan interaksi terhadap barang yang sedang kita promosikan di instagram kita.

Tapi seperti yang anda ketahui sendir bahwa cara ini sama sekali tidak gratis, karena kita harus benar-benar mengeluarkan biaya untuk bisa berpromosi barang yang kita jual lewat instagram.

Namun meskipun harus berbayar, hasil yang akan anda peroleh pun akan setimpal karena pastinya jika dilakukan dengn cara yang benar promosi berbayar ini bisa membuat kita kebanjiran calon pembeli. Sehinggga otomatis dagangan kita cepat laris di instagram.

Jangan salah...

Ada juga orang-orang yang sering menggunakan promosi berbayar ini tapi tidak membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kita juga bisa mengalami kerugian karena sering mengeluarkan modal memanfaatkan promosi berbayar ini.

Tapi kalau saya boleh saran, bila anda seorang pemula dan baru-baru memanfaatkan instagram untuk berbisnis atau berjualan maka sebaiknya jangan promosikan konten yang ingin anda jual terlebih dahulu.

Kenapa?

Karena saya yakin, orang-orang yang melakukan promosi prabayar ini rata-rata karena followernya sedikit sehingga dengan promosi berbayar adalah salah satu cara agar konten yang dipromosikannya itu bisa ramai.

Maka sebaiknya jangan dulu promosi konten barang anda, tapi promosikanlah terlebih dahulu akun instagram anda. Yaitu dengan meningkatkan follower, dan kalau bisa lebih mengutamakan orang-orang yang tertarget sesuai dengan jenis barang yang kita jual.

Misalnya kita jual pakaian wanita, maka belilah promosi berbayar untuk mempromosikan diri kita dengan target perempuan semua tertutama para remaja. Begitupun jika kita menjual barang-barang rumah tangga, maka utamakan promosi dengan cara menargetkan pengunjung lebih ke ibu-ibu yang telah berumah tangga.

Setelah follower anda sudah banyak, maka anda tidak perlu membeli follwer dari instagram lagi untuk mempromosikan barang yang anda jual. Karena rata-rata follower anda itu semuanya orang-orang tertarget.

Sehingga kita bisa dengan langsung mempostingkan barang yang kita jual ke instagram tanpa harus promosi berbayar lagi. Dengan cara ini jualan anda di instagram pun bisa cepat laris.

Jadi intinya itu adalah followernya terlebih dahulu. Oh iya, akan lebih baik jika kamu mempromosikannya lewat facebook saja. Karena dari facebook caranya sangat mudah, bisa menargetkan pengunjung juga.

Selain itu dari facebook kita juga bisa mengintegrasikan akun facebook kita dengan instagram. Jadi saat melakukan promosi berbayar dari facebook maka otomatis di instagram kita juga akan terjadi promosi berbayar karena sudah di intergrasikan dari facebook sebelumnya.

Untuk caranya promosi dan mengintegrasikan facebook ke instagram tidak perlu saya jelaskan panjang lebar disini, karena di internet caranya sudah banyak dijelaskan, jika anda bingung silahkan cari di google. Karena disini saya hanya memberitahu tipsnya saja sebagaian bayangan untuk anda.


Oke, begitulah 8 cara agar jualan laris di instagram. Semoga salah satu dari delapan cara diatas bisa memberikan anda inspirasi baru tentang bisnis yang benar terutama melalui social media, sehingga bisa sukses besar seperti orang lain yang sudah sukses sebelumnya.

Selamat mencoba...
Newer Post
Older Post