8 Cara Agar Kentut Bisa Keluar Secara Alami

Kentut adalah proses keluarnya gas yang terjadi secara alami pada semua manusia. Sehingga dengan kata lain semua orang pasti pernah mengalami yang namanya kentut ini.

Tidak ada manusia yang tidak pernah kentut, sering dan jarangnya kentut yang kita alami itu tergantung dari beberapa faktor. Karena ada banyak sekali faktor-faktor yang bisa membuat kita kentut.

Dalam dunia medis kentut ini sering disebut dengan buang angin, yaitu proses keluarnya gas yang berasal dari perut atau usus besar kita menuju ke saluran pembuangan.

Bicara soal kentut itu pasti berhubungan dengan bau, mengapa demikian? Itu karena gas yang kita keluarkan tersebut keluar melalui saluran pembuangan kita. Dimana seperti kita ketahui bahwa pada saluran pembuangan itu ada sisa-sisa kotoran di dalamnya.

Sehingga tidak heran apabila rata-rata setiap orang buang angin itu bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau ini bisa terasa sangat busuk oleh hidung kita. Tidak sedikit pula kita atau orang lain yang menghirupnya sering mengeluh akan bau yang ditimbulkan setelah kentut atau buang angin.

Karena bisa menimbulkan bau inilah yang membuat orang terkadang sering menahan kentutnya terutama di depan umum. Meskipun seperti yang anda ketahui, bahwa jika sering menahan kentut itu tidak baik untuk kesehatan.

Tapi apabila kita sedang dalam situasi darurat yang tidak memungkinkan untuk mengeluarkan kentut maka tentu saja kita sering menahan-nahannya supaya tidak keluar.

Namun seperti yang sudah kita katakan di atas, bahwa sering menahan kentut itu tidak baik untuk kesehatan. Karena mau tidak mau gas ini memang harus dikeluarkan bahkan dimanapun kita berada.

Karena sering menahan kentut bisa menimbulkan resiko-resiko menimbulkan berbagai macam penyakit serius. Adapun penyakit yang bisa di alami karena sering menahan kentut seperti di bawah ini.

Penyakit akibat sering menahan kentut :
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Kram perut
  • Wasit
  • Mual
  • Radang usus
  • Keracunan gas
  • Infeksi divertikulosis
  • Peritonitis

Itulah beberapa penyakit yang bisa kita alami jika kita sering-sering menahan kentut. Nah, bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara bisa agar bisa kentut tanpa di ketahui orang lain maka simak di bawah ini.


Cara supaya kentut tidak diketahui oleh orang lain :

Meskipun dalam situasi yang tidak memungkinkan misalnya di tempat kerja maka keluarkan saja. Namun kita harus pintar-pintar bagaimana cara mengontrolnya agar tidak terlalu menjadi perhatian oleh orang lain.

Karena biasanya kentut ini bisa mengeluarkan suara yang sangat keras, sehingga tidak sedikit dari kita yang merasa malu saat melakukannya. Oleh sebab itu kontrol lah dengan segenap kemampuan kita.

Bila perlu kita iringi dengan pembicaraan dengan suara nada yang cukup keras juga agar bisa mengalihkan perhatian orang yang ada di sekitar kita, sehingga suara kentut kita menjadi sulit diketahui.

Namun tentu saja, setelah itu kita harus segera keluar ke ruangan yang terbuka agar bau dari kentut kita ini tidak mengganggu orang lain. Sehingga dengan cara tersebut kita jadi tidak sering untu menahan-nahan kentut.

Begitulah cara mengeluarkan kentut supaya tidak diketahui oleh orang lain, dimana saja dan kapan saja.


Nah, yang menjadi masalahnya sekarang adalah...

Tidak semua orang bisa sering kentut atau buang angin, akibatnya kita sering mengalami penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas.

Terutama jika kita sedang masuk angin atau sedang mengalami perut kembung, maka kentut adalah solusi alami untuk bisa menyembuhkan masuk angin serta perut kembung dengan cepat. Itulah mengapa kentut itu sehat !

Oleh sebab itu...

Bagi anda yang ingin supaya bisa kentut secara alami, sehingga gas tidak terperangkap dalam perut maka silahkan simak beberapa cara di bawah ini.


Cara Agar Kentut Bisa Keluar Secara Alami


Berikut 8 Cara Agar Kentut Bisa Keluar Secara Alami :


1. Perbanyak minum air hangat

Air hangat adalah cara yang paling bagus untuk kita terapkan agar kentut bisa keluar. Seperti yang kita apabila kita selama ini sulit kali untuk bisa kentut itu adalah karena gas sudah terperangkap dalam perut.

Untuk memancing gas tersebut supaya bisa keluar salah satunya itu adalah dengan memanfaatkan air hangat. Kenapa air hangat? Karena air hangat mampu membuat otot-otot pada dinding pencernaan kita menjadi tidak kaku.

Sebab otot-otot pada dinding pencernaan yang kaku inilah yang sering kali membuat kita mengalami masalah dalam perut. Misalnya saja kram dan perut kembung.

Dengan meminum air hangat maka otot-otot perut yang kaku tadi akan kembali lancar, sehingga angin akan dengan mudah keluar melalui saluran pencernaan menuju saluran pembuangan.

Selain minum air hangat...

Kamu juga bisa memanfaatkan air hangat tadi untuk di isi dalam botol sirup atau dalam kemasan plastik minuman. Lalu tempelkan botol yang berisi air hangat tadi pada perut kita.

Tentu saja kita melakukannya sambil memegang botolnya supaya bisa terus menempel pada perut kita. Dan biarkan selama beberapa menit, sampai kita merasakan sensai hangat dalam perut kita.

Biasanya dengan cara ini angin-angin yang terperangkap dalam perut bisa ternetralisir dengan sendirinya, sehingga dapat dengan mudah keluar melalui saluran pembuangan.


2. Perbanyak konsumsi pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang paling bagus di konsumsi selain itu buah yang satu ini juga sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu rasanya juga sangat enak serta manis rasanya apabila buah ini kita makan saat sudah matang.

Namun di balik kelezatannya tersebut tersimpan pula manfaat-manfaat yang bisa memberi kesehatan bagi tubuh kita. Salah satunya adalah khusus pada pencernaan kita.

Jarang buang angin atau sulit buang angin adalah salah satu penyebab pencernaan sedang mengalami gangguan. Bisa saja pada saat buang air besar itu keras, atau yang biasa disebut dengan sulit BAB.

Nah, masalah sulit BAB ini pula yang bisa memicu gas terperangkap dalam perut, karena kotoran yang seharusnya di keluarkan tidak lancar akibat gangguan masalah sulit BAB.

Sehingga pada saat masalah ini terjadi salah satu untuk mengatasinya adalah dengan memeperbanyak mengkonsumsi buah-buahan. Namun bukan semua buah, karena hanya beberapa buah saja yang bisa mengatasinya.

Dan salah satu buah yang paling bagus untuk mengatasi masalah ini adalah buah pepaya. Perbanyak mengkonsumsi buah pepaya dapat melancarkan buang air besar, sehingga dengan begitu angin pun akan otomatis keluar di saat kita sedang buang air besar.


3. Perbanyak konsumsi nanas

Selain buah pepaya, ada satu lagi buah yang paling bagus untuk melancarkan pencernaan. Yaitu buah nanas, mengapa harus buah nanas? Karena buah ini mengandung enzim yang disebut dengan bromelain.

Enzim inilah yang akan membantu masalah pencernaan kita menjadi lebih lancar, sifat buah nanas ini juga sekaligus dapat membersihkan pencernaan kita terutama pada usus-usus besar.

Jadi biasanya orang-orang yang mengalami masalah diare bisa sembuh setelah banyak mengkonsumsi buah nanas. Namun bukan hanya itu karena nanas juga bermanfaat untuk mengatasi masalah gas.

Seperti yang kita ketahui bahwa gas bisa saja terperangkap dalam saluran pencernaan kita, maka untuk bisa melancarkannya kita bisa memanfaatkan buah nanas, sehingga masalah penceranaan kita juga akan ikut teratasi.

Namun jika anda mengalami masalah lambung maka sebaiknya untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah nanas, karena nanas banyak mengandung asam yang tidak baik untuk penderita lambung.

Buah nanas sangat bagus untuk melancarkan pencernaan, sehingga sangat baik dimanfaatkan untuk menghilangkan gas berlebihan dalam perut. Jadi dengan begitu kita juga akan bisa buang angin secara alami.


4. Gunakan minyak angin

Sesuai dengan masalah penyakit yang sedang kita alami, bila kita sedang susah untuk buang angin maka salah satu untuk mengatasinya itu adalah dengan menggunakan minyak angin.

Minyak angin sangat bermanfaat untuk mengeluarkan angin yang ada di dalam tubuh kita, misalnya saja di perut. Dengan mengoleskan minyak angin di perut maka angin pun akan lenyap.

Begitupun bagi kita yang sedang mengalami susah buang angin, maka kita bisa memanfaatkan minyak angin sebagai cara untuk mengantisipasinya. Namun karena ini masalah gas, maka tentu saja minyak angin harus kita oleskan di perut.

Ada banyak minyak angin yang bisa mengatasi masalah seperti ini dan salah satunya itu adalah minyak kayu putih. Selain bisa mengatasi masalah kram akibat sakit perut, minyak kayu putih juga sekaligus bermanfaat untuk mengatasi gas akibat sulit buang angin.

Selain itu minyak kayu putih juga sangat bagus digunakan untuk mengatasi perut sedang kembung. Namun akan lebih ampuh apabila kita menggunakan minyak kayu putih sambil tiduran.


5. Atasi dengan minuman bersoda

Minuman bersoda atau sering disebut dengan soft drink adalah minuman yang paling banyak di kemas dalam kemasan, seperti dalam kemasan botol ataupun kaleng.

Minuman bersoda sangat bermanfaat sekali untuk anda yang ingin mengeluarkan angin lewat kentut. Biasanya jika habis meminum-minuman bersoda kita akan bersendawa.

Selain dapat bersendawa gas yang terkandung dalam soda biasanya juga akan membuat gas dalam perut kita bereaksi, sehingga dapat menimbulkan kentut secara tidak langsung.

Ada banyak sekali minuman-minuman bersoda yang bisa kita minum, namun bagi anda yang menderita masalah lambung mungkin minuman bersoda ini kurang baik di konsumsi apalagi secara berlebihan.

Tapi jika memang perut sudah terlihat sangat kembung, maka minuman bersoda tidak ada salahnya kita konsumsi sesekali. Karena minuman ini memang sangat bagus untuk mengeluarkan angin.

Sebab angin yang keluar bukan hanya dari kentut saja, tapi dari sendawa kita juga bisa keluar. Itulah mengapa banyak orang yang memanfaatkan minuman bersoda ini untuk mengatasi masuk angin, itu semua supaya angin bisa keluar.


6. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya mengandung zat gula yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Zat gula ini disebut dengan raffinose, stachiose dan verbascose. Jika sudah mencapai usus, kandungan dari kacang ini bisa memicu bakteri.

Bakteri pada usus akan lebih aktif membuat banyak gas, sehingga gas yang secara alami ada dalam usus kita tadi akan mencari jalan keluarnya sendiri yaitu melalui saluran pencernaan hingga menuju saluran pembuangan.

Itulah mengapa kacang adalah makanan yang bisa memicu banyak gas dalam perut, semakin banyak gas dalam perut maka otomatis gas akan bereaksi sehingga tidak terperangkap di suatu tempat saja.

Gas akan berjalan menuju saluran pencernaan, maka dari itu bagi anda yang ingin mengeluarkan gas secara alami boleh mengkonsumsi kacang-kacangan agar angin bisa keluar.

Biasanya hampir rata-rata kacang mengandung gas, seperti kacang tanah misalnya. Tapi kacang yang paling bagus untuk mengatasi masalah seperti ini itu adalah kacang merah.

Selain itu orang yang sering mengkonsumsi kacang-kacangan juga lebih sering mengeluarkan kentut dari pada orang yang jarang makan kacang. Nah, kini kita mencobanya sendiri dengan banyak mengkonsumsi kacang.


7. Mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung gas

Selain kacang-kacangan, pada sayuran pun ada yang banyak mengandung gas. Apabila sering di konsumsi sayuran ini bisa menimbulkan gas secara alami dalam perut sehingga kita bisa lebih sering kentut.

Karena untuk mengeluarkan gas yang terperangkap maka kita harus memanfaatkan gas juga, salah satunya kandungan gas yang terdapat dalam sayuran.

Sehingga kita bisa sering buang angin, apabila kita sering buang angin maka secara otomatis semakin banyak pula angin yang tersesat dalam perut kita itu bisa keluar.

Adapun sayuran yang banyak mengandung gas adalah :
- Paprika
- Kubis
- Kembang kol
- Jagung

Itulah diatas beberapa sayuran yang mengandung banyak gas yang harus perbanyak kita konsumsi supaya gas yang terperangkap dalam perut kita bisa keluar.

Agar hasilnya lebih efektif, sayuran di atas tidak hanya harus dikonsumsi pada saat kita sedang makan nasi saja. Tapi kita bisa mengkonsumsi sayurannya saja yang sudah di olah menjadi sup.

Sehingga sup dari sayuran di atas harus kita makan dalam 1 mangkok, dengan begitu hasilnya akan lebih terasa. Dan perut kita bisa lebih cepat berinteraksi untuk mengeluarkan gas.


8. Minum susu

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ternyata susu juga banyak mengandung gas yang bisa membuat aktif usus kita, selain itu memanfaatkan susu sangat bagus bagi orang yang sulit kentut.

Karena selain bisa mengatasi masalah buang angin, susu juga malah akan menambah kesehatan kita karena banyaknya nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya tersebut.

Selain bisa menimbulkan kentut secara alami, biasanya gas yang kita keluarkan tersebut juga tidak terasa berbau. Itulah kelebihan mengatasi masalah buang angin dengan cara menggunakan susu.

Jadi jangan heran apabila kita sering mendengar bayi sering mengalami kentut atau buang angin, itu karena efek samping dari mengkonusmsi susu yang diminumnya setiap hari.

Nah, bagi anda yang bermasalah dengan buang angin ini maka susu bisa menjadi solusi yang tepat untuk cara mengatasinya. Karena susu rata-rata mengandung gula laktosa yang bisa memicu gas menjadi aktif sehingga gas yang terperangkap dalam perut bisa keluar.

Selain susu murni, makanan atau produk olahan susu juga memiliki manfaat yang sama. Misalnya seperti keju atau es krim dan jenis makanan-makanan lainnya yang mengandung susu.

Demikianlah 8 cara supaya kita bisa kentut secara alami dengan lancar, sehingga dengan begitu masalah-masalah masuk angin ataupun masalah perut kembung bisa cepat teratasi dengan mudah tanpa efek samping.

Selain cara-cara di atas, kita juga harus sering aktif bergerak atau berolahraga. Karena biasanya orang-orang yang kurang aktif bergerak itu akan lebih mudah mengalami angin duduk atau masalah sulit buang angin.

Jadi olahraga atau dengan aktif bergerak juga salah satu cara supaya buang angin menjadi lancar. Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post