8 Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula Agar Untung

Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai jual maupun nilai beli, sehingga banyak yang memanfaatkan emas untuk berdagang ataupun digunakan sebagai perhiasan.

Itu semua karena emas adalah benda langka dan sulit untuk di dapat, selain itu emas juga tidak akan pernah bisa berkarat sampai kapanpun, karena kandungan tertentu yang terdapat di dalamnya.

Inilah yang menjadikan emas memiliki nilai jual dan nilai beli. Sering kali kita melihat emas dijadikan alat tukar mata uang di berbagai negara di seluruh dunia.

Selain itu emas ini juga sudah di kenal sejak jaman dulu, orang-orang jaman dulu mengandalkan emas untuk bisa membeli sesuatu. Selain itu semakin banyak emas yang di miliki seseorang maka semakin tinggi pula derajatnya di mata orang lain.

Namun sekarang emas masih sangat populer di kalangan masyarakat, harganya yang tidak pernah turun ini membuat emas setiap tahun semakin mahal saja. Karena alasan inilah banyak orang yang memanfaatkan emas untuk bisa dijadikan sebuah investasi.

Apa itu investasi?

Investasi adalah suatu istilah semacam mengumpulkan uang namun investasi biasanya bisa menguntungkan dari pada hanya sekedar mengumpulkan uang. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk berinvestasi saat ini.

Namun meskipun demikian yang namanya investasi itu memerlukan waktu dan kesabaraan. Karena berinvestasi pada umumnya saling berhubungan dengan pihak ketiga yang memanfaatkan tabungan kita untuk dijadikan sebuah modal.

Usaha yang dilakukan oleh orang lain tersebut itulah yang akan kita ambil keuntungan. Biasanya dihitung berupa persen tiap bulan atau tiap tahunnya untuk kita bisa menikmati keuntungan tersebut.

Namun kini anda juga bisa melakukan investasi dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. Selain berinvestasi pada perusahaan atau orang-orang terpercaya, sekarang kita juga bisa melakukan investasi di bank-bank lokal yang lebih terjamin dan aman pastinya.

Tapi jika kita mau berinvestasi emas itu tidak mesti harus dengan pihak ketiga, karena jika kita bisa melakukannya sendiri juga akan lebih besar keuntungannya.

Nah, sekarang ini banyak sekali orang yang bingung bagaimana cara berinvestai emas yang benar. Terutama emas batangan ataupun yang berupa perhiasan.

Oleh sebab itu jika anda ingin berinvestasi emas, maka ketahuilah cara-caranya seperti yang akan di jelaskan di sini. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula Agar Untung


Berikut 8 Cara Investasi Emas Batangan Untuk Pemula Agar Untung :


1. Beli emas di harga murah

Hal pertama sebelum anda memulai investasi emas adalah yaitu dengan mencari tahu harga pasaran saat ini. Salah satunya adalah dengan melihat informasi harga emas, kita bisa mencari tahu di internet atau bisa langsung tanya ke pihak bank.

Agar bis mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka tentu saja kita harus pintar-pintar mencari celah yaitu dengan memanfaatkan harga emas itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa harga emas itu tidak pasti, kadang hari ini naik dan kadang minggu depan harganya sudah turun. Nah, pada saat harga emas sudah turun tersebutlah kita harus bergegas membelinya.

Belilah sesuai kemampuan perekonomian kita, makin banyak emas yang kita beli maka tentu saja makin besar pula keuntungan yang bisa kita dapatkan nantinya.

Dan selain itu kita juga tahu bahwa untuk menunggu harga emas turun itu membutuhkan waktu terkadang bisa jadi cukup lama, maka selagi menunggu kita harus menyimpan uang sebanyak mungkin.

Karena tidak mungkin harga emas tidak turun, pasti emas akan mengalami penurununan harga suatu saat. Meskipun harga turunnya itu tidak sebanding dengan harga kenaikan emas itu sendiri.

Tapi saat penurunan tersebutlah kita harus membelinya dengan seluruh tabungan uang kita selama ini. Tidak perlu takut rugi, karena emas ini biasanya mengalami turun harga hanya sesaat.

Namun kemudian harga emas akan naik kembali bahkan bisa naik tajam, sehingga tidak heran apabila harga emas setiap tahunnya meningkat drastis.


2. Jual emas pada saat harganya naik

Setelah sebelumnya kita membeli emas di harga yang murah atau sedang mengalami penurunan. Maka selanjutnya kita harus menunggu sampai harga emas kembali naik.

Emas sudah pasti akan naik harganya, namun itu semua tergantu waktu seberapa lama kita harus menunggunya. Sehingga memang kita harus bersabar, apabila ingin mendapatkan keuntungan.

Pada saat harga emas sudah naik, maka di situlah kesempatan kita untuk memperoleh keuntungan dari emas. Sehingga pastikanlah untuk selalu menjual emas pada saat harganya sudah mahal.

Nah, besar kecilnya keuntungan tersebut tergantung dari seberapa banyak emas yang anda jual. Semakin banyak emas yang kamu jual maka sudah pasti pula akan semakin banyak keuntungan yang kita dapatkan.

Banyak orang-orang yang sudah sukses melakukan cara ini. Kuncinya cuma satu yaitu kesabaran. Orang yang bersabar selama melakukan investasi ini maka sudah pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Karena seperti yang kita tahu juga bahwa untuk menunggu harga emas bisa naik itu bisa membutuhkan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu manfaatkanlah waktu-waktu tersebut.

Agar tidak ketinggalan informasi, kita sesekali harus mencari informasi di internet atau pergi ke bank untuk mengetahui secara langsung apakah harga emas sudah naik atau belum.

Intinya : Beli di harga emas turun, dan jual di harga emas sedang naik.


3. Pastikan emas bersertifikat

Pada saat membeli emas itu pasti biasanya kita akan di berikan sebuah surat atau berupa sertifikat. Maka sebaiknya simpanlah sertifikat ini sebaik-baiknya dan seaman-amannya.

Kenapa?

Karena jika sertifikat sampai hilang maka pada saat menjual emas kita tersebut maka harganya bisa terpotong. Atau dengan kata lain, kita disini juga akan mengalami kerugian.

Sertifikat ini sangat penting untuk bisa terus menjaga keaslian pemiliki serta menjaga harga emas itu sendiri. Biasanya emas yang di jual tanpa sertifikat cenderung mengalami penurunan harga.

Oleh sebab itu supaya kita tidak rugi dan supaya kita bisa mendapatkan keuntungan dari berinvestasi emas maka simpanlah sertifikat dengan baik. Jangan hanya menyimpan emas saja dengan aman, tapi sertifikatnya juga harus aman.

Sehingga pada saat emas akan di jual nantinya, kita bisa memberikan sertifikat atau bukti kepada pembeli. Karena biasanya pembeli atau toko emas akan meminta sertifikat setiap kali emas kita jual.

Alasannya karena sebagian orang takut untuk membeli emas tanpa sertifikat, sebab sekarang banyak kasus-kasus pencurian emas atau emas ilegal yang dijual oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


4. Selalu memilih emas murni tipe A (emas antam)

Kita pasti tahu, khususnya para ibu-ibu bahwa emas itu ada berbagai jenis golongan atau yang sering disebut dengan kandungan emas itu sendiri. Yaitu ada emas tipe A dan ada emas tipe B.

Maksudnya gimana?

Maksudnya itu tidak semua emas memiliki kandungan emas murni 100%, jadi ada semacam emas campuran begitu. Sehingga harga emas tipe B cenderung lebih murah dibandingkan dengan tipe emas A.

Kalau di Indonesia sendiri, kita sering menyebut emas tipe B ini dengan emas london. Mengapa emas london lebih murah dari emas tipe A? Itu karena kandungan kadar emasnya tidak penuh atau sudah dicampur.

Kandungan emas tipe A biasanya rata-ratat 24 karat 99.99% emas murni, sedangkan emas tipe B itu kurang dari 24 karat yaitu beriksar mulai dar 41.7% sampai dengan 98.89% emas murni.

Itulah mengapa harga emas tipe A lebih mahal, karena kandungan emas murninya sudah seutuhnya. Maka bagi anda yang ingin berinvestai emas, sebaiknya selalu menggunakan emas 24 karat atau emas tipe A.

Karena meskipun mahal tapi jenis emas tipe A inilah yang bisa memberikan kita keuntungan, sebab emas tipe A ini jika di jual tidak akan mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Bahkan harganya cenderung sering meningkat.


5. Manfaatkan pegadaian

Pegadaian adalah sebuah perusahaan jasa tempat kita bisa meminjam dana yang ditukar dengan harta yang kita miliki. Harta yang digunakan untuk melakukan pegadaian salah satunya adalah emas.

Selagi kita sedang melakukan investasi atau sedang menyimpan emas. Mengapa kita tidak mengolahnya menjadi modal saja? Karena dengan begitu kita juga bisa membuka usaha sampingan dengan memutar-mutar uang kita sendiri.

Artinya setiap harga emas sudah naik, maka emas yang sedang kita investasikan selama ini tidak mesti kita jual untuk mengambil keuntungannya secara langsung.

Karena kita dapat meminjam uang dengan cara menggadaikan emas dari pegadaian saat emas sedang mengalami penururunan harga, sehingga kita bisa membeli emas yang baru.

Maka dengan begitu kita tidak emas kita yang lama masih tetap ada, meskipun kita sudah menggadaikannya untuk sementara waktu. Cara ini tentu saja apabila kita sedang tidak mempunyai uang untuk membeli emas terutama pada saat tiba-tiba emas sedang mengalami penurunan harga.

Sehingga kita tidak akan ketinggalan untuk membeli emas pada saat harga emas sudah turun. Namun tetap saja apabila anda sudah mempunyai uang, maka ambilah kembali emas yang sudah anda gadaikan sebelumnya.


6. Manfaatkan bank

Seperti yang kita ketahui bahwa bank adalah tempat atau pusat penyimpanan uang yang paling aman dan terpercaya. Selain itu bank juga di manfaatkan sebagai tempat nilai tukar mata uang asing.

Namun tidak hanya sampai disitu, ternyata menyimpan uang di bank bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi setiap nasabahnya. Mengapa demikian...?

Itu karena setiap bank memiliki programnya masing-masing. Biasanya semakin lama dan semakin banyaknya uang yang kita disimpan di bank itu biasanya juga akan semakin besar pula peluang kita untuk mendapatka hadiah.

Hadiah-hadiah yang di berikan setiap bank itu berbeda-beda, mulai dari berupa uang tunai, kendaraan seperti motor dan mobil, sampai memiliki rumah impian.

Maka dari itu, dari pada menyimpan emas sediri di rumah, ada baiknya kita berinvestasi emas kita di bank-bank lokal saja. Karena bank juga menerima nasabah yang melakukan tabungan dalam bentuk emas.

Sehingga semakin banyak emas yang kita simpan di bank, maka semakin besar pula kesempatan kita untuk memenangkan hadiah-hadiah yang biasanya sudah disediakan oleh pihak bank.

Jadi melakukan investasi emas di bank itu memang benar-benar menguntungkan, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Kita tidak tahu rezeki bisa datang kepada kita tiba-tiba suatu saat.

Selain itu kita juga tidak perlu khawatir jika ingin menjual emas kita pada waktu harga emas sedang naik, karena pihak bank juga bisa membeli emas kita sesuai harga emas pada saat kenaikan tersebut.

Jadi bukan hanya dari segi investasi emas saja kita bisa mengalami keuntungan, karena dari segi program hadiah pun kita bisa lebih berpeluang saat adanya undian-undian behadiah yang dilakukan oleh pihak bank.

Kelebihan berinvestasi emas di bank, kita juga tidak perlu takut akan kehilangan emas kita atau terjadi sesuatu pada rumah kita misalnya seperti kebakaran atau kebanjiran yang bisa menyebabkan emas kita hilang.


7. Jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan

Sering kali pemula atau orang-orang yang baru memulai investasi emas itu mengawalinya dengan emas perhiasan, atau saat akan kali berinvestasi tidak sedikit orang yang menggunakan jenis emas dalam bentuk perhiasan.

Banyak orang yang tidak peduli dengan bentuk emas, karena asalkan itu sebuah emas maka dijadikanlah sebuah investasi. Sehingga tidak jarang orang-orang membeli emas di toko perhiasan untuk mulai berinvestasi.

Namun tahukah anda bahwa investasi emas akan lebih hemat danlebih menguntungkan apabila kita menggunakan jenis emas batangan saja, bukan emas dalam bentuk perhiasan.

Mengapa?

Karena seperti yang anda ketahui, bahwa pada saat membeli emas dalam bentuk perhiasan maka anda juga akan di kenakan biaya ongkos pembuatannya yang sudah masuk dalam daftar harga emas itu sendiri.

Sehingga emas yang akan kita investasikan ini pada saat kita beli harganya bisa lebih mahal, meskipun berat emas tersebut sama dengan emas batangan. Namun karena emas batangan tidak memiliki bentuk yang bermacam-macam maka proses pembuatannya pun cukup mudah, sehingga harganya juga akan lebih murah ketimbang jenis emas dalam bentuk perhiasan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya ada selalu berinvestasi emas dengan jenis emas batangan meskipun bentuknya sangat kecil sekalipun. Karena nanti jika di jual harganya tetap sama dengan emas yang berbentuk perhiasan.

Jadi kelebihannya emas batangan ini biasanya tidak memiliki biaya pembuatan yang lebih mahal dari emas dalam bentuk perhiasan. Sehingga pada saat membeli emas anda jauh lebih hemat, dan jika dijual pun tidak akan rugi.

Meskipun kita tahu bahwa emas dalam bentuk batangan ini tidak bisa digunakan untuk mempercantik diri layaknya yang di pakai oleh wanita. Namun jika untuk masalah investasi atau keuntungan, emas batangan lebih unggul dari pada emas yang sudah di bentuk perhiasan.


8. Lebih lama berinvestasi lebih menguntungkan

Banyak orang yang berinvestasi terlalu terburu-buru untuk mencairkan keuntungan mereka. Sehingga saat tujuan investasi sudah terpenuhi, maka tidak sedikit orang yang memulainya lagi dari nol.

Misalnya begini :

Anda berinvestasi emas dengan tujuan untuk membeli mobil baru, sehingga saat keinginan tersebut sudah terpenuhi maka investasi yang sudah anda lakukan selama ini tentu secara otomatis juga akan terhenti.

Sehingga untuk bisa mendapatkan keuntungan seperti dulu saat melakukan investasi emas maka kita harus memulainya dari awal lagi dan kembali merakit-rakit lagi seperti sebelumnya.

Padahal keinginan kita untuk membeli mobil tersebut bukanlah apa-apa, kita bahkan bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak dan lebih menguntungkan apabila kita masih bertahan dan terus bersabar.

Banyak orang yang bertujuan invesati semata-mata hanya untuk memenuhi keinginannya tersebut, sehingga tidak sedikit pula keuntungan beserta modal keduanya di gabungkan untuk membeli keinginannya tersebut.

Jika kita bisa sedikit bersabar, kita bisa memanfaatkan keuntungan dari investasi emas untuk membeli keinginan kita tanpa harus mengganggu modal yang sudah kita tanam sebelumnya.

Jadi intinya untuk keuntungan dari berinvestasi saja yang harus kita ambil, usahakan modal kita harus tetap disana atau tetap kita investasikan. Sehingga peluang kita menjadi orang yang lebih sukses di masa depan akan lebih besar.

Maka dengan sedikit kesabaran serta dilakukan secara konsisten maka investasi emas yang kita lakukan ini bisa menjadi ladang uang kita yang tidak pernah habis-habisnya.

Kuncinya kita harus sabar, dan memetik keuntungannya saja. Selain itu kita juga harus sadar bahwa emas lama-lama harganya pasti naik atau dengan kata lain kita tidak akan pernah rugi. Sehingga semakin lama kita berinvestasi maka akan semakin menguntungkan kita.

Kesimpulannya adalah...

Kita tidak perlu terburu-buru menjual emas pada harganya yang sedang tinggi. Karena kita tidak tahu, bahwa bisa saja harga emas tersebut tidak kembali turun.

Sehingga pada saat kita ingin membeli emas lagi untuk berinvestasi maka harga emas malah sudah semakin naik tajam. Sehingga harga emas yang kita jual sebelumnya tidak sebanding dengan harga beli saat ini.

Oleh sebab itu ada baiknya pula kita terus berinvestasi emas tanpa memperdulikan harga pasar. Biarkan emas kita tersimpan selama bertahun-tahun, karena dalam jangka waktu panjang ini biasanya keuntungannya bisa kita lebih rasakan hingga berkali-kali lipat.


Demikianlah 8 cara investasi emas batangan untuk pemula agar untung, semoga beberapa tips di atas ada yang bisa menjadikan anda inspirasi baru tentang bagaimana cara berinvestasi emas yang baik dan benar.

Semoga bermanfaat...
Newer Post
Older Post