8 Cara Biar Kucing Makan Nasi Tanpa Ikan

Kucing adalah hewan yang paling jinak dengan manusia, tingkahnya yang terkadang gemas dan lucu membuat kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh kita di rumah.

Selain itu memelihara kucing sangatlah gampang dan mudah, pada dasarnya tidak ada perawatan khusus yang sangat terbelit-belit untuk memelihara hewan yang satu ini. Salah satunya itu bisa kita lihat dari segi makanannya.

Pada umumnya kucing adalah hewan yang tergolong karnivora yaitu pemakan daging. Selain suka memangsa dan memakan tikus, kucing juga suka mengkonsumsi sisa-sisa makanan yang kita konsumsi seperti sisa nasi dan ikan.

Namun sayangnya tidak semua kucing suka memakan nasi, sehingga mau tidak mau kita harus setiap hari memberinya ikan agar kucing kesayangan kita tidak lah kelaparan. Tapi yang menjadi masalahnya sekarang adalah stok ikan yang kita miliki terkadang terbatas.

Selain itu kita pun tidak mungkin memberikan kucing ikan secara terus menurus sebagai makanan pokoknya, kecuali kita orang yang mampu dan memang kebetulan ikan yang ada dirumah kita selalu banyak yang tersisa.

Tapi tidak halnya dengan kita yang hanya mempunyai jatah ikan yang tidak cukup banyak untuk dapat diberikan kepada kucing. Mengingat harga ikan mahal, dan hal ini cukup menyulitkan kita untuk memelihara kucing kesayangan kita.

Karena memberi ikan dari sisa makanan yang kita makan itu pasti tidaklah cukup bagi pertumbuhan si kucing supaya bisa tumbuh dengan sehat dan gemuk. Banyak diantara kita yang tidak mampu untuk merawat kucing dengan selalu memberinya ikan.

Sehingga tidak heran apabila beberapa diantara kucing yang di pelihara itu mengalami kurang makan hingga tubuh kucing itu menjadi kurus. Itu semua karena ikan yang di konsumsinya itu tidak lah cukup untuk pertumbuhan kucing secara normal dan sehat.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kucing supaya mau makan nasi atau makanan lainnya. Jangan hanya bergantung pada makan ikan secara terus-menerus saja.

Dengan begitu selain dapat menghemat lauk pauk kita, maka kucing pun bisa cepat gemuk dan berisi. Karena makanan yang dikonsumsinya itu adalah berupa nasi yang mana seperti kita ketahui bahwa nasi karbohidrat dan zat gula yang bisa membuat tubuh kucing menjadi berisi.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Biar Kucing Makan Nasi Tanpa Ikan


Berikut 8 Cara Biar Kucing Makan Nasi Tanpa Ikan :


1. Campurkan kuah ikan pada nasi

Meskipun makanan favorit kucing itu rata-rata adalah ikan, namun bukan berarti kita harus terus-terusan memberinya ikan. Biasanya kucing yang tidak suka dengan nasi itu karena memang nasi bukanlah makanan pokok si kucing.

Namun semua itu bisa kita akali dengan cara mencampurkan nasi dengan kuah ikan. Biasanya cara ini bisa menipu kucing kita yang memang sama sekali tidak suka makan nasi.

Indra penciuman kucing sangat peka dengan ikan, meskipun itu hanya kuah ikan tapi apabila nasi tersebut sudah diaduk rata bersama kuah ikan maka indra penciumannya akan terganggu, sehingga nasi tersebut akan dimakannya.

Usahakan nasi dan kuah ikan di aduk rata, karena kucing tidak suka makanan yang banyak mengandung airnya. Maka kuah ikannya jangan di taburkan di atas nasi, tapi harus di aduk-aduk terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing.


2. Campurkan nasi dengan minyak bekas goreng ikan

Selain kuah ikan, ada lagi cara mengakali kucing supaya mau makan nasi. Yaitu dengan cara mencampurkan nasi dengan minyak bekas ikan goreng. Karena hal ini juga dapat mengecoh indra penciumannya.

Selain itu diam-diam kucing juga terkdang suka menjilat-jilat minyak, apalagi jika minyak tersebut merupakan bekas dari penggorengan ikan. Nah, jika memang dengan kuah ikan tidak mempan maka cobalah dengan mencampurkan minyak ikan saja pada nasi.

Caranya tetap sama, kita harus mengaduk nasi dengan minyak ikan sampai merata terlebih dahulu sebelum dapat di berikan kepada kucing untuk di makannya. Namun pastikan minyak tidak panas, agar kucing bisa memakannya.

Biasanya cara ini dapat membuat kucing makan nasi yang kita berikan, intinya dalam nasi itu harus ada aroma-aroma yang membuat kucing tergoda untuk mengkonsumsinya. Banyak yang sudah mencoba cara ini dan berhasil.


3. Campurkan nasi dengan kaldu daging

Bila anda sering mengkonsumsi lauk daging, maka cobalah untuk menyisakan sedikit kuah kaldunya lalu campurkan bersama nasi sebelum diberikan kepada kucing. Karena selain ikan, ternyata kucing juga suka daging meskipun ada beberapa kucing yang tidak suka mengkonsumsi daging secara langsung.

Aroma dari kaldu baik itu kaldu ayam atau kaldu daging sapi dapat anda campurkan bersama nasi, setelah itu cobalah berikan nasi yang sudah dicampur kaldu tadi untuk si kucing dan lihatlah reaksinya.

Biasanya kucing akan langsung memakannya, itu karena aroma kaldu dari nasi mampu merespon indra penciuman kucing. Tidak sedikit cara ini digunakan oleh orang untuk mengakali kucingnya yang malas makan.

Tidak hanya kuah kaldu ayam dan daging sapi, terkdang kuah dari bakso sapi apabila dicampur dengan nasi juga kucing mau memakannya. Namun ingat, jangan sampai kuah kaldu itu terlalu panas agar kucing mau memakan nasinya.


4. Mencampurkan nasi dengan susu

Hampir rata-rata kucing suka menjilat susu, maka hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengakali kucing supaya mau makan nasi dengan lahap. Yaitu dengan cara mencampurkan nasi dengan sedikit air susu.

Tentu saja susu yang kita gunakan tersebut adalah susu cair, jadi kita harus menyiapkan susu terlebih dahulu. Kalau bisa buat susu hangat, namun tidak perlu menambahkan gula supaya rasanya manis, karena kita memberikannya kepada kucing buka kepada manusia.

Nah, sekarang anda dapat mencobanya dengan susu buatan anda untuk di campur bersama nasi. Tapi jangan terlalu banyak, jangan sampai nasi menjadi lembek atau berkuah. Cukup di aduk dan di campurkan sekedar saja hingga nasi sedikit basah dengan susu tadi lalu berikanlah pada kucing dan lihat reaksinya.

Biasanya cara ini cukup ampuh untuk anak kucing, namun bukan berarti kucing dewasa tidak mau memakannya. Sebagian kucing dewasa juga terkadang suka dengan cara yang satu ini meskipun tidak semua kucing dewasa mau memakannya.


5. Mencampurkan nasi dengan akar kumis kucing

Akar kumis kucing atau yang lebih dikenal dengan ginseng kucing merupakan sebuah tanaman, jadi jangan sampai anda mengira akar kumis kucing adalah kumis si kucing itu sendiiri.

Meskipun kita tahu bahwa kucing adalah jenis hewan karnivora atau pemakan daging, tapi tahukah anda bahwa ada 1 tanaman yang sangat disukai hampir rata-rata kucing. Yaitu tanaman kumis kucing.

Meskipun terdengar dan terlihat aneh jika kita bayangkan tapi jangan heran apabila tanaman ini juga mau di makan oleh si kucing. Akan tetapi bukan daun dan batangnya, melainkan akarnya.

Jadi tugas kita mencari tanaman kumis kucing, lalu ambil akarnya. Setelah itu cuci hingga bersih dan keringkan. Setelah dikeringkan maka potong hingga kecil-kecil lalu campurkan dengan nasi kemudian di aduk dan berikan kepada kucing dan lihatlah reaksinya.


6. Mencampurkan nasi dengan whiskas

Whiskas adalah salah satu makanan kucing yang sudah di olah dari pabrik, kita bisa mendapatkan makanan kucing ini di supermamrket atau pada toko khusus menjual makanan hewan.

Sebenarnya whiskas saja bisa kita berikan kepada kucing tanpa harus di campur nasi, namun seperti yang kita ketahu bahwa cara tersebut memang cukup mengeluarkan banyak biaya untuk selalu membeli makanan kucing itu ketika sudah habis.

Untuk menghemat biaya dan supaya kucing cepat gemuk maka kita bisa mencampurkan whiskas dengan nasi lalu di aduk rata kemudian baru diberikan kepada kucing. Selain whiskas ada banyak sekali makanan kucing yang bisa kita gunakan untuk dicampur dengan nasi.


7. Memanfaatkan air rebusan ikan

Nah, bila kebetulan anda sering merebus ikan untuk kebutuhan keluarga atau lain-lain maka cobalah untuk menyisakan air rebusan ini. Karena sisa air dari ikan yang kita rebus ini bisa kita manfaatkan untuk memancing kucing supaya mau makan nasi.

Yaitu dengan cara mengukus nasi dari sisa air ikan rebus, namun tidak perlu di kukus sampai terlalu lama. Cukup di kukus saja sebentar beberapa menit sampai uap dari sisa air ikan rebus tadi meresap kedalam nasi.

Setalah nasi dikukus dengan air rebusan ikan maka dinginkan sejenak sebelum di berikan kepada kucing. Dan lihatlah apakah si kucing mau memakan nasi tersebut, biasanya kucing suka dengan nasi yang sudah kita olah ini.


8. Mencampurkan nasi dengan tempe

Terkadang kucing tidak peduli dengan indra penciumannya, apapun makanan yang kita berikan di hadapannya pasti si kucing akan mendekat. Nah, jika kamu tidak punya ikan yang cukup untuk diberikan maka cobalah menggantikannya dengan tempe.

Biasanya kucing akan terkecoh matanya dengan tempe yang dikiranya ikan. Namun usahakan tempe dipotong kecil-kecl terlebih dahulu. Dan pastikan pula tempe sudah digoreng sebelumnya, bukan menggunakan tempe mentah.

Sebagian kucing menyukai tempe, karena mungkin tekstur daging tempe yang mirip dengan ikan. Buktinya tidak sedikit sebagian dari kita yang memberikan tempe kepada kucing peliharaannya dan cara tersebut benar-benar berhasil.


Tips tambahan :
Jika memang semua cara di atas tidak berhasil, cobalah memberikan kucing nasi kuning. Biasanya nasi kuning kucing suka memakannya dibandingkan nasi putih biasa.


Nah, demikianlah 8 cara biar kucing makan nasi tanpa ikan, semoga cara-cara diatas ada salah satu yang dapat membuka inspirasi anda mengenai cara merawat kucing supaya tetap selalu sehat dan bahkan menjadi gemuk meskipun tanpa memberinya ikan sekalipun.

Selamat mencoba...
Newer Post
Older Post