8 Cara Terbaru

8 Cara Agar Pintar Berbahasa Inggris Tanpa Les

Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional atau bahasa dunia yang wajib kita pelajari sejak dini, baik di sekolah maupun di rumah kita harus sering-sering mempelajarinya agar bisa lancar berbicara. Semakin sering kita pelajari maka tentu saja akan semakin pasif diucapkan.

Seperti yang sudah kita ketahui sendiri bahwa di sekolah kita dari awal sudah di ajarkan bahasa inggris, tujuannya tentu saja semata-mata agar kamu dapat mengerti arti dari kalimat-kalimat bahasa inggris tersebut. Sebenarnya untuk bisa lancar berbahasa inggris itu sangatlah mudah asal kita mau berusaha.

Apalagi kita sendiri adalah orang indonesia yang mana huruf abjad kita sama dengan huruf abjad bahasa inggris. Hanya saja cara pengejaan dan tata letaknya saja yang membuat bahasa indonesia agak berbeda dengan bahasa inggris tersebut.

Bayangkan saja...

Jika kita orang Cina atau orang Thailand, India ataupun Arab. Seperti yang kamu bayangkan negara-negara tersebut memiliki huruf abjad atau gaya penulisan yang berbeda dengan huruf abjad bahasa inggris. Bisa kita lihat sangatlah bertentangan dari segi perbedaan hurufnya.

Berbeda dengan kita orang indonesia yang memiliki huruf abjad yang sama dengan bahasa inggris yaitu berupa A, B, C, D, E dan seterusnya. Dan yang membedakannya cara pengucapan serta artinya saja seperti yang sudah saya katakan di atas.

Dengan kata lain kita lebih mudah mengenal huruf-hurufnya, tugas kita sekarang tinggal mencari cara supaya bisa lancar berbahasa inggris saja. Nah, oleh sebab itu silahkan simak tips-tips di bawah ini tentang cara belajar bahasa inggris untuk pemula.


Cara Agar Pintar Berbahasa Inggris Tanpa Les


Berikut 8 Cara Agar Pintar Berbahasa Inggris Tanpa Les :


1. Pelajari cara eja huruf abjad bahasa inggris

Kita pasti sudah mengenal huruf abjad bahasa inggris dan kebetulan huruf abjad mereka sama dengan kita yaitu berupa A, B, C, D, E... sampai dengan Z. Tugas dasar pertama kita supaya bisa lancar bahasa inggris adalah harus bisa mengeja huruf-huruf tersebut dengan benar.

Ya, anda mungkin mengenal hurufnya tapi cara pengejaannya berbeda. Contohnya saja huruf (A) maka kita baca A seperti biasa, tapi jika dalam bahasa inggris kita membacanya (Ey). Mengerti kan maksudnya?

Nah, tugas kita harus menghafalnya dari huruf A sampai Z dalam bahasa inggrinya. Jika pelajaran ini saja kamu belum lancar, maka jangan pernah coba-coba untuk menuju tahap selanjutnya karena nanti bisa pusing sendiri.


2. Hafal sepuluh kata perhari

Nah untuk tahap kedua ini lebih mengacu kepada tentang cara cepat belajar bahasa inggris otodidak. Apa itu otodidak? Otodidak atau autodidak adalah perilaku belajar tanpa bantuan orang lain atau guru.

Salah satunya dengan cara menghafal, karena setiap kata atau kalimat bahasa inggris itu memiliki arti. Jadi jangan sampai kita lancar berbicara tapi tidak tahu artinya ya teman-teman.

Selain melihat kamus, cara yang paling bagus dan supaya cepat bisa bahasa inggris adalah dengan menghafalnya dengan kata yang kita tulis dari lembaran kertas yang sudah kita sobek / gunting persegi kecil yang di dalamnya sudah kita tulis kata beserta artinya.

Kalau bisa kata-kata yang paling sering digunakan dulu dalam berbahasa seperti "How" artinya "Bagaimana" atau "Apa" artinya "What" dan lain-lain seterusnya. Tulislah pada setiap kertas satu-persatu hingga 10 lembar, jika dikali sebulan maka kita berhasil menghafal 300 kata.

Mengapa saya sarankan tulis di kertas, bukan hafal dari kamus?

Itu tujuannya supaya kata-kata yang kita hafal adalah kata-kata penting dulu, jadi tulis dan hafal kata-kata yang sering di ucapkan saja dulu, jangan langsung ke kata yang bersifat mendalam atau formal kalau tidak mau pusing sendiri. Begitulah cara mudah belajar bahasa inggris dan artinya.


3. Sering membaca kalimat bahasa inggris

Kamu tidak akan pernah bisa lancar bahasa inggris kalau selama ini kita hanya membacanya dalam hati saja. Ingat, bahasa bukanlah ayat jadi tidak perlu segan mengucapkannya secara langsung melalui lisan kita.

Apakah kamu ingat tentang peribahasa "alah bisa karena biasa", nah pelajaran cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami kali ini adalah dengan mengambil hikmah dari peribahasa tersebut.

Ya, karena sudah biasalah orang menjadi bisa. Begitupun dengan kita, kalau saja kita sering-sering mengucapkan kalimat bahasa inggris maka cara bicara dan gaya bahasa inggris kita tidak akan kaku nanti kedepannya. Oleh sebab itulah mengapa membaca sangatlah penting.


4. Memanfaatkan kebiasaan sehari-hari

Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak untuk pemula selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aktivitas sehari-hari kita. Contohnya seperti misalkan kita sedang duduk, maka kita harus mengetahui arti bahasa inggris "sedang duduk" tadi.

Begitupun dengan aktivitas lainnya misalnya seperti kita sedang makan atau mau mandi maka kita harus mengetahui arti bahasa inggris "sedang makan" atau "mau mandi". Nah, dengan begitu segala aktivitas atau kebiasaan akan lebih mudah kita artikan dalam bahasa inggris.

Jadi awalilah mempelajari bahasa inggris dari kebiasaan kita sehari-hari dulu, karena dari sinilah bahasa inggris kita menjadi lancar. Tidak perlu terburu-buru mengafal panjang-panjang kalimat yang pada dasaranya sering tidak di gunakan dalam bahasa inggris.


5. Menentukan sebuah materi

Materi atau kategori adalah salah satu cara cepat belajar bahasa inggris yang jarang di terapkan oleh kebanyakan orang. Seperti yang kita ketahui banyak orang yang terburu-buru dalam mempelajari bahasa inggris, sehingga ujung-ujungnya menyerah.

Itu semua karena kita pusing sendiri akibat cara belajar bahasa inggris kita tidak teratur. Katakan saja 5 menit yang lalu kita belajar tentang kalimat tanya, lalu kita hafal tentang kalimat benda dan 15 menit kemudian kita pelajari kalimat kerja. Itulah mengapa banyak orang yang menyerah.

Nah, mulai sekarang cobalah ubah kebiasaan tersebut. Jadilah orang yang konsisten yaitu selalu fokus pada salah satu kategori atau satu materi saja perharinya. Contoh: hari ini pelajari tentang kata-kata buah, dan besok pelajari tentang kata-kata benda dan begitupun seterusnya.

Jangan semua dalam satu hari kita pelajari, dengan begitu kita tidak akan malas belajar bahasa inggris dan yang kita pelajari juga lebih mudah di mengerti atau tertarget. Begitulah cara menerapkan materi belajar bahasa inggris untuk pemula.


6. Sering mendengarkan percakapan bahasa inggris

Terkadang mendengar lebih baik dari pada berbicara, begitulah peribahasa yang sesekali kita dengar dari orang lain. Peribahasa inilah yang juga harus kita manfaatkan supaya kita bisa pasif dalam berbicara bahasa inggris.

Otak kita biasanya akan lebih cepat menangkap kata-kata dari yang kita dengar. Baik itu dari ucapak kita secara langsung ataupun ucapan dari orang lain di sekitar kita. Oleh sebab itu kita harus memberi asupan ke otak kita yaitu berupa ucapan bahasa inggris.

Tidak harus seperti membaca koran, karena kita bisa mendengarkan bahasa inggris itu dari percakapan televisi seperti film barat atau bisa juga dengan sering mendengarkan lagu-lagu barat yang berbahasa inggris.

Semakin banyak ucapan bahasa inggris yang kita dengar maka akan semakin mudah kita ungkapkan, mulai dari gaya bahasa ataupun cara berbicara bahasa inggris. Seperti cara berbicara kalimat tanya ataupun kalimat sehari-hari.

Selain itu dengan lebih mendengarkan kita juga akan lebih sering mengingat, dan dengan begitu kita jadi mudah mengetahui arti dari sebuah kalimat yang kita ingat sebelumnya. Begitulah kunci belajar bahasa inggris yang jarang diketahui oleh orang lain.


7. Memanfaatkan aplikasi belajar bahasa inggris

Di era moderen sekarang ini kita sudah tidak asing lagi dengan teknologi salah satunya seperti smartphone ataupun komputer. Dengan smartphone kita bisa belajar bahasa inggris dengan cepat dimanapun kita berada yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama google translate.

Update !!!

Sekarang ada aplikasi yang lebih canggih lagu yang bisa kamu gunakan pada smartphone kamu, yaitu aplikasi belajar bahasa inggris yang bernama "Learn to speak". Aplikasi ini memungkinkan kita berbicara bahasa indonesia dan langsung di terjemahkan dalam bahasa inggris dalam format suara.

Selain itu kamu juga bisa menterjemahkannya dari bahasa inggris kebahasa Indonesia. Sehingga dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui sebuah percakan terutama pada saat ada orang yang berbicara bahasa inggris pada kita.


8. Berteman dengan orang pintar bahasa inggris

Agar bahasa inggris kita lebih lancar secara maksimal, ada baiknya kita memiliki seorang teman yang memang sudah lebih pintar bahasa inggris dari kita. Tujuannya agar kita mempunyai lawan dalam berbicara atau melakukan sebuah percakapan.

Sehingga apabila ada percakapan yang salah saat kita ucapkan maka teman kita bisa mengoreksinya. Tidak usah malu untuk birbacara bahasa inggris kepada teman yang sudah pintar tersebut. Karena itulah kesempatan kita belajar agar bahasa inggris kita lancar.

Kalau tidak ada teman yang seperti itu lantas mau sama siapa lagi kita ucapkan bahasa inggris? Tidak mungkin kita menunggu orang bule datang kepada kita bukan?


Nah teman-teman, saya rasa itulah 8 cara supaya pandai bahasa inggris tanpa les dengan cepat secara otodidak. Semoga 1 dari 8 cara di atas ada yang bisa membuka wawasan anda. Semoga bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Cara Agar Pintar Berbahasa Inggris Tanpa Les