8 Cara Terpopuler

8 Cara Membuat Es Batu Agar Awet Tidak Mudah Cair

Lapancara.com - Oke semuanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas masalah es batu yang sering kali dikeluhkan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang sering mendinginkan atau membekukan makanan maupun minuman.

Ya, dimana seperti yang kita ketahui bahwa es batu adalah air yang telah di bekukan yang berubah zat dari zat cair menjadi zat padat. Akan tetapi sifat padat ini adalah sifat yang sementara, atau dengan kata lain air es batu akan mencair kembali kecuali jika dilakukan tindakan khusus.

Salah satu tindakan khusus tersebut adalah dengan cara memasukkan es batu kedalam kulkas atau lebih tepatnya di dalam freezer sehingga suhu dingin dari es batu akan tetap terjaga dan tidak akan mencair sebagaimana mestinya.

Namun yang menjadi masalahnya adalah terkadang pada suatu keadaan atau suatu tempat es batu tidak memungkinkan untuk terus berada di dalam freezer sehingga es batu harus di keluarkan dari dalam kulkas dan di letakkan pada suhu atau ruangan terbuka.

Sehingga secara otomatis es batu akan kembali mencair lagi. Nah, yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah bagaimana caranya supaya es batu tidak mudah mencair ? Silahkan simak tipsnya di bawah ini.


Cara Membuat Es Batu Agar Awet Tidak Mudah Cair


Berikut 8 Cara Membuat Es Batu Agar Awet Tidak Mudah Mencair :


1. Manfaatkan garam

Garam dapat dijadikan sebagai media pengantar suhu dingin dari es kepada makanan ataupun minuman yang sedang kita dinginkan supaya dinginnya bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Percobaan ini sudah di buktikan oleh pakar ahli kimia, dimana dengan menaburkan garam disekitar es dapat membuat makanana atau pun minuman yang sedang di bekukan atau di dinginkan lebih bertahan lama ketimbang tidak menggunakan garam.

Caranya :
  • Sediakan es batu secukupnya
  • Sediakan box es atau wadah pot es
  • Masukkan minuman, makanan atau daging dan ikan kedalam box atau wadah
  • Tambahkan es batu di dalamnya
  • Kemudian taburkan garam di sekeliling es batunya
  • Maka makanana akan lebi cepat dingin dan tahan lama

Cara diatas lebih tepatnya bisa membuat makanan lebih dingin tahan lama, untuk anda yang ingin mengetahui cara membuat es batu tahan lama dengan garam maka caranya cukup mudah yaitu dengan cara membuat es batu dengan garam yang sudah di larutkan dalam air sebelum di bekukan.


2. Gunakan plastik alumunium

Plastik alumunium adalah plastik yang tahan api, plastik ini tidak akan mudah terbakar karena mengandung alumunium yang bisa menjaga suhu ekstrim termasuk juga suhu dingin dari es batu.

Inilah salah satu bahan supaya es krim tidak cepat meleleh yaitu dengan memanfaatkan plastik alumunium. Jadi tidak heran apabila hampir rata-rata es krim menggunakan plastik ini untuk menjaga suhu dinginnya agar tidak cepat meleleh.

Caranya :
  • Ambil lah es batu balok atau kristal
  • Bungkus dengan plastik alumunium hingga rapat
  • Maka suhu es batu akan terjaga dan tidak mudah mencair


3. Manfaatkan handuk

Handuk biasanya kita pakai untuk mengelap badan sehabis mandi, namun tahukah anda bahwa sifat kain tebal pada handuk ternyata bisa menjaga suhu es tetap dingin dan tahan lama. Itu semua karena handuk bisa meredam suhu dingin bukan suhu panas.

Apabila anda biasanya mengeluarkan es batu dari kulkas dan hendak di bawa kesuatu tempat maka biasakanlah membungkus es terlebih dahulu menggunakan handuk sebelum membawanya ke suhu terbuka.

Caranya :
  • Ambil lah handuk yang tebal
  • Ambil es yang ingin di bawa
  • Bungkus dengan plastik terlebih dahulu biar tetap higenis
  • Kemudian baru bungkus es dengan handuk yang rapat
  • Agar lebih efektif masukkan es yang dibungkus handuk kedalam wadah pot atau box lalu tutup


4. Gunakan teremos khusus es

Teremos atau wadah tempat penyimpanan es seperti box es batu bisa anda gunakan untuk menjaga suhu es batu agar tetap dingin. Biasanya teremos ini bisa kita beli sendiri di pasar yang menjualnya.

Tugas kita hanya membelinya, dan menempatkan es batu kristal ataupun es batu balok kedalam wadah teremos yang sudah kita sediakan sebelumnya. Cara ini cukup simple dan efektif untuk anda yang sering membawa es batu atau tidak mempunyai kulkas agar es tidak mudah mencair.

Tips : Kalau bisa belilah teremos yang berwarna terang yang memantul cahaya agar tidak menyerap panas...

Agar es lebih tahan lama lagi, kamu bisa memanfatkan handuk lalu membungkus teremos mini kamu yang sudah di isi es batu sebelumnya. Tujuannya supaya suhu dinginnya mengedap tidak keluar dan es tidak cepat cair.


5. Selalu gunakan air matang

Tahukah anda bahwa air yang sudah matang atau air yang sudah direbus sebelumnya itu jauh lebih baik di gunakan untuk membuat es batu, kenapa? Itu semua karena air yang sudah direbus sebelumnya bisa membuat es lebih tahan lama dari pada menggunakan air mentah.

Bagaimana membedakannya?

Jika es batu tersebut adalah air matang yang digunakan maka kita bisa lihat bahwa es tersebut membeku dengan sangat bening dan tidak banyak gelembung di dalamnya.

Sedangkan es batu yang menggunakan air mentah saat membeku ia akan menjadi es batu yang tidak bening dan banyak gelembung di dalamnya. Jenis es batu seperti ini sangat mudah mencair. Oleh sebab itu gunakanlah selalu air matang agar es lebih awet tidak mudah mencair.


6. Hindari es dari cahaya

Meskipun es berada dalam suhu dingin namun apabila tersinari cahaya maka es batu akan lebih cepat menguap dan mencair, baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu yang terpapar secara langsung maupun tidak langsung.

Maka ada baiknya menyimpan es di tempat yang gelap yang tidak ada cahayanya, meskipun es tersebut sudah kita masukkan kedalam wadah teremos atau box es maka simpanlah teremos tersebut pada tempat gelap yang minim dari cahaya.


7. Manfaatkan AC rumah

Jika memang kebetulan kita sedang mengadakan acara dirumah dan es sudah sudah kita keluarkan dari kulkas dan sudah kita taburkan pada makanan ataupun minuman yang siap untuk disajikan pada hidangan.

Maka untuk menjaga es tersebut supaya tidak mudah mencair adalah dengan memanfaatkan AC dirumah kita, yaitu untuk selalu meletakan makanan ataupun minuman yang sudah dihidangkan tadi pada dekat AC pendingin.

Sehingga es tidak mudah mencair karena bantuan dari suhu dingin dari AC yang ada di rumah kita. Karena terkadang kita lupa dan sembarang meletakkan es atau minumn dingin bukan pada tempatnya sehingga es menjadi cepat mencair.


8. Jangan sering membuka wadah es

Bila kita menyimpan es dalam wadah, teremos ataupun sudah di bungkus dalam plastik alumunium maka cobalah untuk tidak sering membuka wadah tersebut. Karena semakin sering dibuka maka suhu didalamnya akan cepat bereaksi sehingga es menjadi mudah meleleh.

Begitupun sebaliknya, wadah es yang tertutup rapi dan kedap udara serta jarang di buka akan lebih lama bertahan kelembabannya. Maka jangan sering-sering membuka wadah es apabila dalam kondisi yang tidak diperlukan, pastikan es berada pada tempat kedap udara.


Demikanlah 8 cara membuat es batu agar awet tidak mudah mencair dan tahan lama. Siapa tau salah satu cara di atas ada yang bisa menjadi inspirasi baru untuk Anda. Selamat mencoba...