8 Cara Agar Alpukat Cepat Matang dan Tidak Busuk

Lapancara.com - Alpukat atau yang lebih sering dikenal dengan Avokad (Persea americana) adalah buah yang pertama kali berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Namun kini banyak di budidayakan di Amerika Selatan termasuk di Asia yaitu Indonesia sendiri.

Pohonnya sendiri bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter, dan daunnya bisa memiliki lebar antara 12-25 cm. Dengan buah yang berwarna hijau, namun warna hijau ini menandakan buah alpukat yang belum matang.

Buah alpukat biasanya di panen pada saat warnanya sudah agak hijau tua, lalu kemudian di simpan untuk semntara waktu hingga warna buah ini menjadi ungu kecoklatan hingga kehitaman. Nah pada saat warna inilah buah alpukat baru bisa di katakan matang dan siap untuk di konsumsi.

Akan tetapi masalahnya disini adalah buah alpukat sendiri menunggu waktu matang buah alpukat ini cukup lama hingga berhari-hari hinga berminggu-minggu. Sehingga terkadang kita merasa jenuh untuk menunggu buah alpukat ini benar-benar matang dan bisa di konsumsi.

Bukan hanya harus di peram terlebih dahulu, terkadang kita juga biasanya membeli buah alpukat ini di pasar namun sayangnya tidak semua buah alpukat yang di jual di pasaran tersebut sudah matang pula.

Sehingga mau tidak mau kita harus memeram buah alpukat ini lagi dirumah sebelum benar-benar dapat di konsumsi. Terlebih lagi apabila anda seorang penjual jus buah, yang mana tidak memerlukan cukup banyak waktu untuk menunggu buah alpukat bisa matang dengan sendirinya.

Nah, oleh sebab itu disini kami akan membahas secara detail bagaimana cara mengubah alpukat yang masih muda supaya bisa cepat matang sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama menunggu alpukat ini matang.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini...


8 Cara Agar Alpukat Cepat Matang dan Tidak Busuk - lapancara.com


Berikut 8 cara agar alpukat cepat matang dan tidak busuk :


1. Simpan alpukat dalam kantong kertas

Memeram buah alpukat yang masih mentah memang wajib untuk kita lakukan, biasanya buah ini akan matang dengan sendirinya hanya dengan menempatkannya di suatu tempat meskipun itu di tempat terbuka sekalipun.

Akan tetapi tahukah anda pada saat proses pematangan ini ternyata buah alpukat itu mengeluarkan gas alami yang tidak kasat mata untuk kita lihat, proses tersebut terjadi dengan sendirinya tanpa kita ketahui.

Nah, sebenarnya gas inilah yang membuat proses pematangan buah alpukat terjadi. Agar prosesnya lebih cepat kita mangakalinya dengan mengantongkan alpukat di dalam kertas dan di tutup yang rapat agar gas alaminya tadi tidak keluar sehingga proses pematangan lebih cepat terjadi.


2. Menambahkan buah lainnya kedalam kantong kertas

Seperti yang kami katakan di atas, pada saat di peram buah alpukat ini mengeluarkan gas alami yang mana gas inilah yang mempercepat proses pematangan. Namun tahukah anda bahwa bukan buah alpukat saja yang memiliki sifat alami demikian.

Ada beberapa buah lainnya yang terjadi hal serupa jika di peram, diantaranya adalah buah tomat, buah pisang dan buah apel. Ketiga buah ini juga ternayata akan mengeluarkan gas alami sebagai proses pematangannya.

Nah, kamu bisa memasukkan ketiga buah tersebut bersama alpukat tadi agar gas yang dihasilkan lebih banyak sehingga alpukat lebih cepat matangnya. Jangan lupa pastikan dibungkus dengan kertas agar gas terangkap di dalamnya sehingga lebih cepat matang dengan sendirinya.


3. Simpan alpukat di minim cahaya matahari

Buah alpukat yang di peram dan terkena sinar matahari itu biasanya bisa memakan waktu 2 sampai dengan 5 hari, Namun beda halnya jika kamu memeram alpukat di tempat yang sejuk kurang dari sinar matahari yaitu pada suhu antara 18 derajat celcius - 24 derajat celcius.

Pada suhu yang disebutkan di atas adalah suhu terbaik untuk memeram atau menyimpan buah alpukat supaya lebih cepat matang. Dan kamu tidak perlu menunggu dalam waktu yang cukup lama apalagi jika diperam di dalam kantong kertas.


4. Bungkus alpukat dengan plastik

Apabila kamu tidak mempunyai kantong kertas maka kamu dapat menggunakan plastik bening untuk membungkus setiap 1 buah alpukat, sehingga gas alaminya juga tidak bisa keluar dan membuat alpukat lebih cepat matang.

Pastikan semua alpukat terbungkus plastik secara merata, lalu kemudian simpan di dalam kamar supaya tidak terkena sinar matahari. Lalu tugas kita tunggu 1 atau 2 hari sampai alpukat matang dan warnanya sudah kecoklatan.


5. Peram alpukat dalam tumpukkan beras

Jika anda mempunyai 1 karung beras dirumah maka sekarung beras tersebut dapatlah anda manfaatkan untuk menyimpan alpukat kedalam beras. Caranya yaitu dengan mengubur alpukat kedalam beras yang sudah disediakan.

Cara ini cukup simple dan sangat mudah untuk anda terapkan dirumah. Setelah di kubur dalam beras, biarkan alpukat tersebut selama 2 hari atau lebih tergantung dari tingkat kematangan dari alpukat itu sendiri.

Selain itu menggunakan beras untuk memeram alpukat juga lebih bagus ketimbang cara memeram alpukat dengan karbit, sebab tumpukkan beras ini juga bisa meredam gas etilen pada proses pematangan alami ini terjadi.


6. Mematangkan alpukat yang sudah di belah

Nah, untuk tips ini apabila buah alpukat kamu sudah di belah menjadi dua bagian atau sudah di kupas kulitnya maka supaya bisa cepat matang kamu perlu tidak bisa memeramya lagi seperti cara-cara di atas yang sudah kami jelaskan.

Cara satu-satunya adalah dengan memanfaatkan buah lemon ataupun perasaan air jeruk nipis. Caranya cukup gampang kita tinggal menyiramkan air lemon atau perasan jeruk nipis pada permukaan daging alpukat.

Selain bisa membuat alpukat cepat matang, cara ini juga adalah salah satu cara menyimpan alpukat agar tidak busuk. Nah, sehingga apabila alpukat sudah di potong lalu ingin disimpan, maka sebaiknya gunakan air perasan lemon atau air jeruk nipis ini agar alpukat tahan lama.


7. Menggunakan tusuk gigi supaya alpukat matang

Cara mematangkan alpukat dengan tusuk gigi bisa dibilang cukup unik dan simple. Pasalnya kita hanya membutuhkan sebuah tusuk gigi yang kita manfaatkan untuk membuat alpukat bisa lebih cepat matang.

Caranya cukup mudah sekali yaitu ambil lah 1 tusuk gigi lalu tancapkan pada bagian atas alpukat. Yaitu tepat pada potongan batangnya tersebut, lalu kita tusuk saja hingga sampai kebijinya dan simpan di tempat yang sejuk tanpa cahaya matahari.

Hal ini bisa membuat alpukat cepat matang, karena alpukat menganggap tusuk gigi tadi adalah batangnya layaknya alpukat yang belum di cabut dari pohonnya. Sehingga proses alami pematangan ini lebih cepat terjadi.


8. Memanggang alpukat dalam oven

Oven atau microwave dapat anda manfaatkan untuk membuat alpukat cepat matang. Memang proses ini bisa di bilang proses pematangan dengan paksa, namun bila anda sudah tidak sabar untuk mencicipi alpukat yang matang bisa menggunakan cara ini.

Caranya cukup mudah, pertama ambilah buah alpukat lalu tusu dagingnya menggunakan sendok garpu secara merata. Tujuannya agar nanti suhu panas oven bisa masuk kedalam dagingnya. Lalu setelah itu tinggal kita panggang dalam oven atau microwave selama 1 menit sampai dagingnya lunak.

Saat daging alpukat sudah agak lembek pada saat kita tekan maka berarti itu menanakan alpukat sudah matang, dan siap untuk di konsumsi. Cara ini adalah salah satu cara mematangkan alpukat dalam beberapa menit. Jika masih keras silahkan di panggang lagi sampai benar-benar lunak.


Demikianlah 8 cara agar alpukat matang dengan cepat dan tidak busuk, semoga salah satu dari delapan cara untuk mematangkan alpukat di atas ini ada yang bermanfaat untuk bisa anda terapkan di rumah. Selamat mencoba...