8 Cara Agar Berat Badan Naik Saat Puasa

Lapancara.com - Seperti yang kita ketahui bahwa puasa adalah kewajiban umat islam yang harus dijalankan selama 1 bulan penuh yaitu dalam setahun sekali. Arti puasa sendiri itu berarti kita harus menahan haus dan harus bisa menahan lapar dari subuh hingga magrib.

Sehingga secara otomatis hal ini bisa membuat tubuh kita mengalami penurunan berat badan. Bagi orang yang bertubuh gemuk mungkin hal ini juga bukan sebuah masalah, malah mereka mencari tips bagaimana cara agar badan tidak gemuk saat puasa.

Lantas bagaimana dengan anda yang memiliki postur tubuh yang kurus, maka sudah pasti anda merasa susah dan merasa takut karena saat puasa berat badan menjadi semakin berkurang pastinya. Sehingga badan kurus saat bulan puasa datang.

Nah, bagi anda yang memiliki postur tubuh yang kurus maka tidak perlu khawatir lagi untuk menjalankan ibadah puasa seperti biasa. Karena disini kami akan menjelaskan secara detail yaitu bagaimana cara menambah berat badan anda meskipun sedang berpuasa.

Sehingga ibadah puasa anda tidak terganggu dan tidak perlu takut lagi berat badan menjadi semakin menurun, sebab ada beberapa hal yang perlu anda lakukan seperti yang dijelaskan disini untuk menjaga berat badan anda tetap normal meskipun sedang puasa.

Tips di bawah yang kami berikan ini adalah merupakan tips cara agar gemuk secara alami, jadi anda tidak perlu khawatir. Karena cara-cara di bawah ini adalah cara-cara yang sehat dan aman untuk anda terapkan dirumah.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini...


8 Cara Agar Berat Badan Naik Saat Puasa - lapancara.com


Berikut 8 cara agar berat badan naik saat puasa :


1. Perbanyak konsumsi makanan berkalori

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah apa saja yang menyebabkan seseorang itu menjadi gemuk? Benar, faktornya terbesarnya itu adalah dari makanan yang kita konsumsi. Jadi semua makanan yang memicu kegemukan itu adalah kunci utamanya untuk anda yang bertubuh kurus.

Jadi bisa dikatakan makanana yang kita makan itu harus berlawanan dengan orang-orang yang bertubuh gemuk pada umumnya. Salah satunya itu adalah makanan yang mengandung banyak kalorinya.

Adapun beberapa makanan yang banyak kalori adalah :
- pisang
- alpukat
- keju
- selada
- kacang
- daging
- susu
- tahu goreng
- apel
- kurma
- ceri
- pear
- blueberry


2. Perbanyak konsumsi makanan berlemak

Layaknya makanan berkalori, makanan berlemak juga lebih berpotensi menambah berat badan anda apalagi selama anda menjalankan ibadah puasa. Maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan berlemak tersebut.

Akan tetapi jumlah yang di konsumsi juga tidak perlu berlebihan karena kebanyakan lemak juga kurang baik untuk kesehatan, konsumsilah sewajarnya saja untuk menjaga berat badan anda tidak menurun selama berpuasa.

Adapun beberapa makanan yang banyak lemak adalah :
- ikan salmon
- ikan sarden
- ikan tuna
- alpukat
- selai kacang
- keju
- youghurt
- susu
- daging
- telur
- sayur bayam
- labu


3. Perbanyak konsumsi makanan berprotein

Bukan hanya makanan berkalori dan makanan berlemak saja yang bisa menambah berat badan, ada lagi makanan yang bisa bisa menaikkan berat badan yaitu makanan yang banyak mengandung protein. Biasanya makanan banyak protein ini juga mampu menambah masa otot kita.

Sehingga pembentukan otot akan lebih terlihat ketika kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung proteinnya. Selain itu protein juga bermanfaat untuk membentuk jaringan tubuh, mempercepat reaksi kimia, meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu menyimpan zat gizi dalam tubuh.

Adapun beberapa makanan yang banyak protein adalah :
- telur
- kacang
- daging sapi
- daging ayam
- keju
- susu
- tahu
- tempe


4. Perbanyak konsumsi makanan berkabohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat adalah makanan pokok yang biasanya kita konsumsi seperti yang terkandung pada nasi. Fungsi atau manfaat karbohidrat ini sendiri tentu saja untuk menambah energi dalam tubuh kita sehingga tubuh kita tidak lemas.

Karbohidrat akan larut dalam tubuh dan berubah menjadi glukosa (gula) yang mana gula ini akan di alirkan melalui darah keseluruh tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak lemas. Memperbanyak karbohidrat akan membantu berat badan kamu tidak menurun selama berpuasa.

Adapun beberapa makanan yang banyak karbohidrat adalah :
- nasi
- gandum
- kentang
- singkong
- pisang
- sayuran hijau
- kacang


5. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Makanan yang banyak memiliki kandungan serat adalah makanan yang cukup baik untuk di konsumsi agar berat badan tetap terjaga. Ini adalah salah satu cara menambah berat badan untuk wanita dan pria yang paling banyak digunakan saat berpuasa khususnya.

Dengan mengkonsumsi makanan berserat selain dapat menjaga berat badan, makanan ini juga sangat bagus untuk kesehatan pencernaan kita. Sebab makanan tinggi serat ini mampu membuat perut kita kenyang lebih lama.

Adapun beberapa makanan yang banyak serat adalah :
- jagung
- gandum
- beras merah
- singkong
- alpukat
- kacang merah
- kacang hitam
- pasta gandum
- buncis
- apel
- pear


6. Minum susu full cream selama berpuasa

Susu full cream adalah susu yang paling banyak mengandung lemak dan kalori, susu ini cocok sekali untuk anda minum setiap harinya khususnya bagi anda yang bertubuh kurus. Susu full cream yang paling bagus itu yang berbentuk bubuk bukan susu cair atau susu kental manis.

Jadi supaya tubuh anda tidak kurus selama berpuasa maka disarankan untuk meminum susu full cream paling tidak 2 kali dalam sehari. Sehingga anda tidak perlu takut akan kehilangan berat badan khususnya untuk anda yang sedang berpuasa.

Selain mempunyai komposisi yang kaya akan lemak dan kalori, susu full cream juga banyak mengandung protein dan vitamin di dalamnya yang akan menjaga kebutuhan nutrisi anda tetap terpenuhi. Susu full cream adalah salah satu cara cepat gemukin badan dalam 1 minggu dengan sehat.


7. Minum jus buah

Jus adalah makanan ataupun cemilan yang bahan dasarnya rata-rata itu buah. Nah, jus ini lebih efektif dan lebih terasa manfaatnya ketimbang kita mengkonsumi buah dalam bentuk yang utuh. Mengapa demikian ?

Sebab jus ini sudah dalam bentuk yang cair atau sudah di olah maka nutrisi dan vitaminnya lebih mudah diserap oleh tubuh. Oleh sebab itu sering-seringlah mengkonsumsi jus buah. Semua jus buah memiliki manfaatnya masing-masing karena sudah pasti ada vitamin dan nutrisinya sendiri.

Namun untuk anda yang bertubuh kurus dan takut berat badan menurun saat berpuasa maka kami sarankan agar anda mengkonsumsi jus buah alpukat, atau jus dari buah mangga. Karena kedua jenis jus ini lebih berpotensi menambah berat badan anda.


8. Minum vitamin penambah berat badan saat puasa

Nah, selain mengkonsumsi hal-hal diatas seperti yang sudah kami jelaskan maka anda juga perlu sebuah vitamin tambahan sehingga berat badan anda tidak menurun. Dengan begitu usaha anda untuk menjaga berat badan supaya tidak kurus juga tidak sia-sia.

Sekarang ini banyak sekali vitamin yang sehat bisa anda konsumsi agar berat badan anda itu tidak turun. Disini kami tidak menerangkan apa saja vitamin, namun anda bisa mendapatkannya sendiri di apotik terdekat. Karena ada banyak sekali vitamin penambah berat badan disana.


Demikianlah 8 cara agar berat badan naik saat puasa. Oh ya, kamu juga bisa menggunakan tips diatas sebagai cara menaikkan berat badan setelah puasa. Jadi apabila setelah sebulan penuh kamu puasa lalu berat badan kamu menurun maka kamu dapat menerapkan tips diatas.

Selamat mencoba...

0 Response to "8 Cara Agar Berat Badan Naik Saat Puasa"