8 Cara Agar Daun Pepaya Tidak Pahit Saat Direbus

Lapancara.com - Daun pepaya adalah sejenis sayuran yang sering di olah dan di masak menjadi sayur untuk kita konsumsi. Selain rasanya yang lezat daun pepaya memiliki keunikan rasa tersendiri yaitu rasa pahit.

Namun di balik rasa pahitnya ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Terutama untuk mengatasi berbagai macam penyakit, sebab kandungan gizi dalam daun pepaya cukup banyak.

Adapun kandungan nutrisi dalam daun pepaya burupa vitamin A, B1, C, kalori, protein, lemak dan kalsium. Namun salah satu kandungan yang paling di unik dalam daun pepaya adalah kandungan zat papainnya.

Zat papain inilah yang menyebabkan daun pepaya itu rasanya pahit. Namun jangan salah zat papain pada pepaya ini banyak manfaatnya, dan salah satunya itu adalah dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain itu daun pepaya juga mengandung carposide yaitu bermanfaat untuk mengatasi cacing. Jadi tak heran apabila banyak orang yang mengalami cacingan itu memanfaatkan daun sepaya untuk mengatasinya.

Namun seperti yang kita ketahui, tidak semua orang suka dengan rasa pahit dari daun pepaya ini sehingga banyak orang yang mencari cara merebus daun pepaya agar tidak pahit dan cepat empuk. Untuk anda yang ingin tahu caranya silahkan simak tips dibawah ini.


8 Cara Agar Daun Pepaya Tidak Pahit Saat Direbus - lapancara.com


Berikut 8 cara agar daun pepaya tidak pahit saat direbus :


1. Rebus daun pepaya dengan tanah liat

Mungkin terdengar aneh ditelinga kita, bagaimana cara memasak daun pepaya agar tidak pahit dengan tanah liat. Namun inilah faktanya, anda dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dengan memanfaatkan tanah liat.

Tanah liat ini adalah tanah liat kering yang sering disebut dengan lempung atau ampo. Caranya menggunakannya cukup mudah, kita tinggal merebus daun pepaya seperti biasa namun tambahkan tanah liat kering atau lempung ini di dalamnya.

Setelah daun pepaya setengah masak, maka ambil lah daun pepaya ini lalu dicuci bersih. Kemudian rebus kembali dengan menggunakan air bersih (tanpa tanah liat), sehingga daun pepaya kembali higenis. Namun cara ini membutuhkan 2 kali pekerjaan, atau daun pepaya 2 kali di rebus.


2. Rebus daun pepaya dengan asam jawa

Asam jawa adalah buah yang berasal dari pohon asam yang dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, ternyata asam jawa ini juga banyak di jadikan rahasia memasak daun pepaya agar tidak pahit.

Nah, sebelum merebus daun pepaya maka kita cukup menambahkan 5 sampai 10 butir asam jawa untuk di campur kedalam rebusan. Lalu barulah masak sayur pepaya ini seperti biasa. Dan setelah sayur masak cobalah anda rasa kini daun pepaya tidak pahit lagi.

Namun perlu diperhatikan jumlah asam jawa yang di campur dalam rebusan tadi itu di masukkan dalam jumlah tergantung banyak tidaknya sayur pepaya yang anda masak. Jika rasanya masih pahit berarti asam jawa yang anda masukkan tadi kurang.


3. Rendam daun pepaya dengan air garam

Cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dan pare selanjutnya adalah dengan cara memanfaatkan garam. Ya, rasa asin pada garam ini ternyata mampu menetralisir rasa pahit yang ada pada daun pepaya.

Namun kamu harus melakukannya dengan benar, caranya yaitu dengan merendam terlebih dahulu daun pepaya menggunakan air yang telah di campur dengan garam di dalamnya. Dan lama perendaman ini sekurang-kurangnya adalah 1 jam.

Setelah 1 jam angkat daun pepaya yang telah direndam tadi lalu di remas sampai air garamnya jatuh. Setelah itu daun pepaya baru bisa di masak atau di rebus seperti biasanya tanpa harus menambahkan garam lagi kedalamnya.


4. Rebus daun pepaya dengan baking powder

Kamu bisa menghilangkan pahit daun pepaya dengan baking powder layaknya menggunakan tanah liat, hal ini membutuhkan 2 kali kerja. Yaitu kita harus merebusnya terlebih dahulu dengan baking powder lalu kemudian baru kita masak lagi sebagai sayur seperti biasa.

Tujuan 2 kali rebusan ini adalah supaya sayur pepaya menjadi higenis dan benar-benar bersih. Oleh sebab itu merebus dua kali adalah cara yang paling bagus untuk membuat daun pepaya tetap bersih.

Rebusan pertama kita harus menggunakan tambahan baking powder di dalamnya, dan setelah setengah matang daun pepaya kita angkat dan di cuci dengan air bersih lalu barulah di rebus kembali sebagai hidangan sayur. Dengan begitu rasa pahit dari pepaya akan benar-benar hilang.


5. Tumis daun pepaya dengan daun jambu biji

Tahukah anda bahwa cara buat tumis daun pepaya agar tidak pahit itu kita bisa memanfaatkan jambu biji. Kandungan alami yang terdapat dalam daun jambu biji mampu menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Asalkan dilakukan dengan benar, yaitu dengan menambahkan lebih kurang 10 lembar daun jambu biji yang telah dicampur dengan daun pepaya. Kemudian kita tumis atau kita rebus seperti biasa sampai masak. Maka rasa pahitnya pun kan hilang dengan sendirinya.


6. Tumis daun pepaya dengan daun singkong

Ternyata bukan hanya daun jambu biji yang bisa menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Karena kamu juga bisa memanfaatkan daun singkong sebagai alternatifnya jika kamu tidak mempunyai atau sulit mendapatkan daun jambu biji disekitar kamu.

Caranya sama dengan memasak pepaya menggunakan daun jambu biji, kita juga hanya perlu memasak daun pepaya ini dengan mencampurkan 10 lembar daun singkong kedalamnya. Tapi ingat semua itu tergantung dari banyaknya daun pepaya yang kamu masak.

Jadi semakin banyak sayur pepaya yang kamu tumis atau rebus maka perbandingan campuran daun singkong juga harus di tingkatkan, misalnya tadi 10 lembar masih pahit maka cobalah menambahkannya menjadi 20 lembar.


7. Rendam daun pepaya dengan gula pasir

Seperti yang sudah kita ketahui, semua rasa dapat di netralisir oleh gula termasuk rasa pahit. Ya, gula adalah pemanis alami yang terbuat dari tebu yang sudah di olah sebelumnya. Namun disini kita menggunakan gula pasir bukan gula merah.

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui cara memasak daun pepaya jepang agar tidak pahit seperti yaitu dengan cara direbus maka kali ini agak sedikit berbeda. Karena kita akan memanfaatkan gula untuk merendam daun pepaya supaya rasa pahitnya hilang.

Caranya cukup mudah, kita cuma perlu merendam daun pepaya kedalam air hangat kemudian tambahkan gula secukupnya lalu biarkan selama lebih kurang 1 jam agar rasa manis pada gula secara maksimal menetralisir rasa pahit pada daun pepaya.

Tujuan menggunakan air hangat itu adalah supaya gula tadi itu cepat larut dan menyatu bersama air sehingga air akan dengan mudah meresap kedalam daun pepaya untuk secara alami di netralisirkan rasa pahitnya.


8. Remas-remas daun pepaya sebelum di rebus

Nah, untuk yang ini adalah cara yang paling mudah untuk diterapkan, yaitu hanya dengan meremas-remas daun pepaya yang akan kita rebus. Namun cara ini tidak terlalu efektif sebab nantinya kita juga masih akan merasakan sedikit rasa pahit dari daun pepayanya.

Tapi cara ini lebih baik di lakukan dari pada tidak dilakukan sama sekali, sebab meremas daun pepaya sebelum di rebus akan mengurangi paling tidak sedikit rasa pahitnya.

Tapi jika anda ingin lebih efektif cobalah meremas daun pepaya ini bersama garam, sehingga rasa pahitnya lebih cepat hilang ketimbang anda tidak mengggunakan garam sama sekali.


Demikianlah 8 cara agar daun pepaya tidak pahit saat direbus, sebenarnya cara-cara diatas ini juga bisa anda terapkan sebagai tips agar daun mengkudu tidak pahit. Jadi cara di atas bukan hanya bermanfaat untuk daun pepaya saja, karena buat daun mengkudu juga sangat efektif.

Selamat mencoba...

0 Response to "8 Cara Agar Daun Pepaya Tidak Pahit Saat Direbus"