8 Cara Agar Warna Ikan Cupang Jadi Bagus

Lapancara.com - Bagi anda yang hobi atau gemar memelihara ikan cupang maka disini akan kami jelaskan secaara detail tentang bagaimana cara supaya waran ikan cupang anda menjadi lebih bagus dan menarik.

Untuk sebagian besar orang hobi memelihara ikan adalah kesenangan tersendiri dalam kehidupannya. Ada yang di pelihara di kolam dan ada pula ikan yang sengaja di pelihara dalam rumah yaitu dalam aquarium pastinya.

Untuk ikan yang dipelihara pun bervariasi, mulai dari ikan lohan, ikan mas, dan bahkan ikan cupang. Nah, apa itu ikan cupang? Bagi anda yang sudah memeliharanya pasti sudah tahu, namun bagi yang belum tahu silahkan simak penjelasan singkat mengenai ikan cupang dibawah ini.

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang hidupnya dalam air tawar. Habitatnya sendiri paling banyak ditemukan di negara Asia seperti Brunai darussalam, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam dan tentu saja di Indonesia sendiri.

Usia ikan cupang sendiri paling lama hidup itu antara 3 sampai dengan tahun, namun yang menjadi ciri khas atau keunikan dari ikan cupang ini sendiri adalah itu karena ke agresifannya atau sifat dari ikan ini.

Ikan cupang memiliki sifat yang sangat agresif terutama bila melihat jenis ikan cupang lain, ikan ini akan langsung berinteraksi seperti bertarung satu sama lain yang sejenis dengannya.

Selain keunikan tersebut, ada satu lagi keunikan yang membuat orang banyak memilihara jenis ikan ini yaitu karena fisiknya yang mungil serta cantik dan warnanya yang sangat indah.

Warna dari ikan cupang ini sendiri bisa bervariasi mulai dari hitam, putih, ungu, biru, kuning, hijau, merah. Bisa dikatakan warnanya tersebut itu ada banyak sekali sehingga para pecinta ikan biasanya sangat tertarik untuk memeliharanya.

Namun sayangnya tidak semua warna ikan cupang itu enak di pandang mata, karena ada beberapa diantaranya yang warna ikan tersebut sudah kusam dan pudar. Hal tersebut bisa terjadi akibat pertarungan si ikan itu sendiri, sehingga warnanya jadi kurang bagus.

Tapi faktor lain juga bisa membuat warna ikan cupang ini kusam dan pudar yaitu seperti terserang bakteri, pengaruh kualitas air, pengaruh makanan yang di konsumsi dan juga akibat ikan sering mengalami stres.

Nah, pada kesempatan kali ini disini kita akan membahas bagaimana supaya warna ikan cupang ini kembali hidup berseri sehingga enak di pandang mata dan fisik ikan juga akan semakin cantik. Untuk lebigh lengkapnya silahkan simak dibawah ini...


Cara Agar Warna Ikan Cupang Jadi Bagus - lapancara.com


Berikut 8 Cara Agar Warna Ikan Cupang Jadi Bagus :


1. Perhatikan kualitas air ikan cupang

Banyak yang bertanya apa yang mempengaruhi warna ikan cupang? Jawabannya adalah air. Ya, hal pertama yang harus anda pikirkan terlebih dahulu adalah airnya. Mengapa? Itu karena ikan bernapas dengan air melalui siripnya.

Air adalah sumber kehidupan bagi semua ikan termasuk ikan cupang. Kualitas air dapat menentukan kesehatan dari ikan, bila ikan sering berada di air yang kotor maka sudah dapat di pastikan kesehatan ikan juga akan terganggu.

Sehingga otomatis perubahan fisiknya juga akan ikut terpengaruh termasuk warna ikan itu sendiri. Oleh sebab itu kualitas air harus benar-benar kita perhatikan sebelum memelihara ikan dirumah.

Air yang di gunakan harus benar-benar air yang bersih tujuannya supaya tidak terlalu banyak bakteri dalam air yang bisa merusak kesehatan dan fisik ikan.


2. Ganti air ikan cupang dengan rutin

Hal kedua masih berhubungan dengan air, karena sumber kehidupan ikan itu adalah air maka hal ini memang sangatlah penting untuk anda perhatikan sekali lagi. Pastika air tidak keruh, apabila sudah keruh maka harus diganti dengan air yang baru.

Dengan rutin mengganti air maka ikan akan hidup dengan bahagia sehingga ikan tidak mudah stres dan fisiknya pun tidak terganggu oleh hama-hama atau pun kutu yang berada dalam air tersebut.

Namun kita tidak harus mengganti airnya setip hari juga, karena hal tersebut juga sudah berlebihan. Kita cukup mengganti air dari ikan cupang ini seminggun 3-4 kali saja. Sebab bila berlebihan di ganti-ganti nanti ikan juga bisa stres.


3. Memberi makan ikan cupang dengan udang

Banyak yang tidak tahu bahwa udang sangat bagus diberikan kepada ikan cupang, salah satu manfaat udang untuk ikan cupang adalah bisa memperkuat warna dari ikan cupang itu sendiri.

Bukan merubah warna ya teman-teman, tapi memperkuat. Misalnya warna ikan cupang anda itu biru namun sudah pudar dan kusam maka berilah ikan cupang anda dengan daging udang secara rutin.

Udang yang diberikan itu bukanlah udang goreng seperti yang kita konsumsi, namun udang mentah segar yaitu berupa dagingnya. Nah, daging udang inilah yang harus kita berikan kepada ikan cupang.


4. Memberi makan ikan cupang dengan jentik nyamuk

Hampir semua ikan kecil menyukai jentik nyamuk termasuk ikan cupang. Cara agar ikan cupang mengeluarkan warna ini bisa anda coba dengan memberikannya makanan yang berupa jentik-jentik nyamuk.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk sangatlah mudah, kita bisa menemukannya di air-air yang tergenang termasuk di selokan. Namun anda bisa mendapatkannya sendiri dengan mudah.

Caranya tinggal mengisi air dalam piring lalu letakkan dibawah tempat tidur atau tempat yang banyak nyamuk, dan lihat keesokan harinya maka akan ada jentik nyamuk yang mengapung. Kemudian anda ambil dan berikan ke ikan cupang kesayangan anda.


5. Memberi vitamin Spirulina kepada ikan cupang

Cara menaikan warna ikan cupang selanjutnya adalah dengan cara memberinya vitamin tambahan yaitu berupa Spirulina. Spirulina ini adalah makanan tambahan yang biasa digunakan untuk peternak seperti peternak ayam.

Spirulina ini berupa tumbuhan yang mengndung bakteri yang bagus di konsumsi untuk ayam dan bahkan untuk ikan cupang. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini pada para pedangang ternak unggas atau ternak ikan.

Biasanya vitamin ini sudah di olah menjadi serbuk yang siap di berikan kepada hewan seperti unggas dan ikan. Vitamin ini sangat bagus menambah gizi dan perkembngan fisik ikan cupang.


6. Optimalkan sifat alami ikan cupang

Apa sifat alami ikan cupang? Ya, jawabannya adalah keagresifannya. Ini adalah sifat alami ikan cupang yang tidak dapat kita ubah, maka dari itu optimalkan lah sifat alaminya tersebut.

Caranya dengan mengadu ikan cupang kita dengan ikan cupang lain sejenisnya. Namun tidak perlu terlalu lama karena bisa merusak fisik si ikan cupang itu sendiri.

Tapi ada baiknya saat di adu jangan di masukkan dalam 1 wadah yang sama, karena bisa melukai fisik ikan cupang. Kita bisa mengakalinya dengan cara menaruhnya kedalam wadah atau dalam gelas yang berbeda.

Kemudian wadah atau gelas ini kita letakkan berdekatan sehingga ikan cupang bisa melihat lawannya, lalu muncul lah sifat agresifnya. Kamu juga bisa mengakalinya dengan memanfaatkan cermin apabila tidak mempunyai 2 ekor ikan cupang ini.

Tujuan hal ini adalah supaya ikan tidak bosan dan tidak stres karena sifat alami ikan cupang ini terus terpendam dalam waktu yang lama. Nah, dengan melakukan hal ini kita sudah melakukan salah satu hal yang tepat tentang cara merawat ikan cupang biar cantik.


7. Memberi makan ikan cupang dengan daun ketapang kering

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang juga mengkonsumsi tumbuhan, namun bukan semua tumbuhan. Ada beberapa tumbuhan yang mau di konsumsi oleh ikan cupang salah satunya itu adalah daun ketapang kering.

Daun ketapang ini bermanfaat dapat menimbulkan warna dari si ikan cupang atau salah satu proses mutasi warna ikan cupang dengan cepat. Maka tak heran apabila sang master cupang sering memanfaatkan daun ketapang untuk diberikan kepada ikan cupang.

Namun sekarang bukanlah rahasia lagi, anda dapat mencobanya sendiri dengan cara mencari daun ketapang lalu menjemurnya di bawah sinar matahari selama 1-2 hari sampai daun benar-benar mengering.

Setelah kering ambil daunnya lalu remas sampai remuk, kemudian letakkan di atas permukaan air yang tempat ikan cupang hidup tadi. Biarkan daun tersebut di atas permukaan air, nanti ikan cupang memakannya sedikit demi sedikit.


8. Menjemur ikan cupang di pagi hari

Setiap hewan, tumbuhan dan manusia membutuhkan sinar matahari karena bila tidak 3 makhluk ini akan mati. Begitupun dengan ikan cupang, ia membutuhkan sinar matahari sebagai asupan kehidupan.

Jadi jangan sampai ikan cupang di pelihara dalam tempat yang gelap tanpa terkena sinar matahari. Namun bukan berarti ikan cupang harus terkena sinar matahari setiap saat karena itu juga bisa mempengaruhi kesehatannya.

Nah, untuk waktu penjemuran ikan cupang yang bagus itu adalah di pagi hari antara jam 7 sampai jam 9 pagi saja selama 45 menit dibawah sinar matahari langsung.

Maka pastikan kamu menempatkan wadahnya di bawah sinar matahari pagi. Karena ini adalah salah satu cara menyilangkan warna ikan cupang secara alami dengan cepat.


Demikanlah 8 cara agar warna ikan cupang jadi bagus, semoga informasi di atas salah satunya ada yang bisa berguna terutama bagi anda yang sedang memelihara ikan cupang di rumah. Oh ya banyak juga yang bertanya umur berapa ikan cupang mutasi warna? Jawabannya itu lebih kurang 4 bulan ya teman-teman. Selamat mencoba...

0 Response to "8 Cara Agar Warna Ikan Cupang Jadi Bagus"