8 Cara Supaya Ikan Nila Cepat Besar

Lapancara.com - Ikan nila atau yang lebih dikenal dalam bahasa ilmiahnya Oreochromis niloticus adalah jenis ikan yang hidupnya di air tawar yang banyak ditemukan pada sungai-sungai atau di danau. Pertama kali di temukan di Afrika bagian timur pada tahun 1969.

Panjang ikan nila sendiri bia mencapai 30 cm, fisik tubuhnya sendiri berwarna kehitaman atau keabuan dan siripnya berwarna kemerahan. Ikan nila termasuk jenis omnivora atau pemakan segalanya termasuk tumbuhan, ikan kecil dan juga plankton.

Memlihara ikan nila adalah hal yang menguntungkan, karena ikan ini mampu bertelur 300 sampai dengan 1500 butir sekali proses. Selain itu ikan nila mempunyai nilai gizi yang cukup bagus jika kita konsumsi. Salah satunya adalah kandungan asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang dimilikinya.

Jarang-jarang sekali ada asupan kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6 tersebut, tapi dapat kita temukan dengan mudah pada ikan nila ini. Sehingga siapapun yang sering mengkonsumsinya akan merasakan manfaat yang signifikan.

Oleh sebab itulah ikan nila menjadi sasaran peternak ikan yang paling banyak di pelihara saat ini, meskipun harga jualnya sedikit lebih mahal dari jenis ikan lainnya namun bukanlah masalah bagi anda khususnya pecinta ikan nila.

Memelihara ikan nila itu bisa dibilang susah-susah gampang, susahnya itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu ikan nila menjadi dewasa. Sedangkan gampangnya itu adalah karena ikan nila ini jenis ikan omnivora jadi memberi makannya cukup mudah dan terkadang ikan ini bisa mencari makanan sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara detailnya bagaimana cara agar ikan nila cepat besar dan bisa cepat panen sehingga anda bisa mengkonsumsinya atau menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini...


8 Cara Supaya Ikan Nila Cepat Besar - lapancara.com


Berikut 8 cara supaya ikan nila cepat besar :


1. Memberi pakan ikan nila dari dedak

Pakan adalah makanan pokok dari ikan nila, pakan harus diberikan secara rutin apabila anda mau ikan nila anda tersebut tumbuh besar dengan cepat. Namun biasanya pakan ini sudah dijual dan kita bisa membelinya di pasar.

Akan tetapi tentu saja pakan yang dijual itu kurang efektif untuk pertumbuhan ikan nila kita, kalau kamu mau cobalah untuk membuat pakan sendiri dirumah sehingga lebih hemat dan ikan nila pun lebih sehat dan cepat tumbuh besar. Dan ini adalah salah satu pelet ikan nila yang bagus.

Adapun cara membuat pakan ikan nila dari dedak sebagai berikut :

Bahan :
  • Daging ikan atau (udang) secukupnya
  • Tepung tapioka secukupya
  • Tepung kelapa secukupnya
  • Tepung kedelai secukupnya
  • Vitamin ikan secukupnya

Cara membuat :
  • Pertama haluskan daging ikan atau daging udang terlebih dahulu sampai jadi halus kasar
  • Kemudian tambahkan tepung tapioka, tepung kelapa, tepung kedelai dan vitamin ikan
  • Aduk semua bahan sampai merata sambil menambahkan air sedikit demi sedikit
  • Setelah agak kenyal, kemudian pakan ini di jemur sampai kering lebih kurang 2 hari
  • Terakhir berikan pakan dedak ini kepada ikan nila secara rutin


2. Berikan ikan nila cacing tanah

Cacing tanah adalah makanan yang paling disukai oleh setipa ikan pada umumnya salah satunya adalah ikan nila. Hampir semua ikan mau memakannya, itu karena cacing memiliki tekstur yang lunak dan enak dirasakan oleh setiap ikan yang mengkonsumsinya.

Selain enak bagi ikan ternyata cacing tanah merupakan vitamin alami untuk ikan nila karena kandungan yang gizi dan protein dalam cacing sangat bagus untuk ikan konsumsi. Namun untuk ikan nila yang berukuran sedang kamu dapat memberikan cacing secara langsung.

Akan tetapi untuk makanan ikan nila umur 1 bulan maka cacing harus di olah menjadi serbuk tepung terlebih dahulu. Caranya tinggal menggiling cacing lalu di jemur hingga kering lalu barulah diberikan kepada anak nila yang beruumur 1 bulan.


3. Berikan ikan nila bekicot (keong mas)

Layaknya cacing,ternyata bekicot atau keong mas ini juga mempunyai nilai gizi yang cukup baik untuk di konsumsi oleh ikan nila. Namun untuk ukuran ikan nila sedang dan dewasa kamu bisa memberikan bekicot ini secara langsung namun sudah digiling kasar sebelumnya.

Akan tetapi untuk anak nila yang bru berumur 1 bulan keatas maka kamu harus mengolah bekicot menjadi serbuk tepung, agar anak ikan nila mau memakannya. Caranya cukup mudah, kita tinggal menggiling bekicot ini sampai benar-benar halus lalu dikeringkan dan berikan pada anak ikan nila.

Selain cacing tanah, bekicot atau keong mas ini ternyata adalah salah satu pakan ikan nila protein tinggi yang alami. Sehingga kamu bisa lebih hemat tanpa harus membeli pakannya.


4. Berikan ikan nila larva maggot

Larva maggot adalah berupa ulat yang mana bagi sebagian orang ini sangat menjijikan, namun jangan salah lava maggot ini ternyata sudah banyak di budidayakan oleh para peternak ikan. Jika kamu kesulitan mencarinya maka kamu bisa membelinya di tempat penjualan pakan ikan.

Biasanya para pedagang pakan juga sudah membudidayakan larva maggot sebagai pakan untuk di berikan kepada ikan. Nah, dengn larva maggot ini kamu bisa memberikannya untuk ikan nila kesayangan kamu supaya ikan bisa tumbuh lebih cepat dari biasanya.


5. Berikan ikan nila ampas parutan kelapa

Jika kamu sering memeras santan dari parutan kelapa, maka sebaiknya ampas kelapanya jangan dibuang. Karena ampas dari parutan kelapa ini sangat disukai oleh ikan nila. Cobalah lemparkan ampas kelapa dalam kolam yang berisi ikan nila, maka pasti akan di makannya.

Cara ini cukup efektif dan paling banyak diterapkan oleh orang yang membudidayakan ikan nila sehingga selain memberinya pakan, ampas kelapa bisa menjadi cemilan tambahan untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila.


6. Berikan ikan nila daun singkong atau kangkung

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa ikan nila adalah hewan jenis omnivora atau pemakan segalanya, jadi bukan hanya makan jenis daging karena ikan ini juga mau makan jenis tumbuhan.

Tumbuhan yang paling bagus untuk pertumbuhan ikan nila sendiri adalah daun singkon atau daun kangkung. Namun jangan diberikan secara utuh karena ikan nila akan sulit untuk mengkonsumsinya apalagi umur ikan nila masih muda.

Nah, caranya kita hanya perlu merobek-robek daun tadi hingga kecil-kecil kemudian lemparkan daun ini kedalam kolam yang berisi ikan nila. Nanti ikan akan memakan daun tadi dengan sendirinya. Ini adalah salah satu pakan ikan nila dari daun yang terbaik !


7. Berikan ikan nila azolla

Apa itu azolla? azolla adalah tumbuhan hijaun atau sejenis tumbuhan paku liar yang sering mengapung di air. Hampir sejenis dengan eceng gondok, tapi hanya saja bentuk daunnya lebih kecil-kecil.

Tumbuhan ini adalah satu-satunya tumbuhan paling bagus untuk dikonsumsi oleh ikan nila, karena memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi sehingga mampu memaksimalkan pertumbuhan ikan nila.

Kamu dapat menemukan tumbuhan azolla ini di air tawar seperti pinggiran sungan, pinggiran danau, rawa-rawa, kubangan sawah dan di tempat kolam yang tidak terpakai. Tapi jika tidak mau repot-repot beli saja di tempat orang yang membudidayakan ikan, biasanya ada dijual disana.


8. Berikan ikan nila vitamin tambahan

Selain mencoba makanan-makanan alami diatas, kamu juga bisa mempercepat proses pertumbuhan ikan nila agar lebih sehat yaitu dengan memberikan vitamin tambahan khusus kepada ikan nila.

Tentu saja vitamin ini sangat repot jika kita buat sendiri dirumah, maka akan lebih baik kita membelinya saja pada para pembudidaya atau peternak ikan yang memang sudah di jual dengan harga yang berbeda-beda.

Tapi kalau bisa mintalah vitamin ikan nila terbaru, karena vitamin ikan itu ada banyak sekali jenisnya. Nah, dengan memberikan vitamin ini maka kemungkinan besar ikan nila juga akan hidup lebih lama dan sehat.


Sebenarnya ikan nila adalah ikan air tawar yang cepat besar, namun kita bisa memaksimalkan pertumbuhannya lagi dengan menggunakan cara-cara diatas sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu ikan nila ini besar. Semoga salah satu cara di atas ada yang bisa bermanfaat dan memberikan anda sebuah ide baru untuk diterapkan.

Selamat mencoba...