8 Cara Supaya Usaha Kita Laris Manis

Lapancara.com - Buat kamu yang hobi berdagang atau jualan baik itu secara langsung maupun berdagang secara online maka kami disini mempunyai strategi ampuh agar dagangan laris terus setiap harinya.

Seperti yang sudah anda ketahui sendiri bahwa berdagang adalah hal yang banyak dilakukan oleh orang-orang termasuk anda sendiri. Semua itu semata-mata hanya untuk mendapatkan keuntungan dari hasil jualannya.

Namun bagi sebagian orang usaha jualan itu ada juga yang merupakan sebuah hobi, atau aktivitas rutin supaya tidak bosan. Namun tetap saja pasti ada keuntungan yang mereka dapatkan apakah itu keuntungan dalam jumlah yang besar atau dalam jumlah yang kecil.

Sebenarnya besar kecilnya keuntungan yang kita peroleh itu tergantung dari banyaknya pembeli, bukan dari apa yang kita jual. Sebagai contoh ada yang menjual baju dirumah, dan pedagang lainnya menjual baju di pasar dengan tokonya sendiri.

Belum tentu yang banyak mendapatkan keuntungan tersebut adalah pedagang yang mempunyai toko tadi, karena bisa jadi si pedagang rumahan inilah yang lebih banyak keuntungannya. Mengapa demikian? Seperti yang sudah kami katakan semua itu tergantung dari ramai tidaknya pembeli.

Semakin banyak pembeli tentu saja akan semakin banyak keuntungan yang kita dapatkan. Begitupun sebaliknya, meskipun kita berdagang hanya kecil-kecilan tapi pembelilah yang menentukan nasib dagangan kita ini.

Nah, bagi anda yang gemar jualan di internet ataupun berdagang langsung di toko maka tidak ada salahnya mencoba beberapa cara agar dagangan laris terus seperti yang dijelaskan dibawah ini.


8 Cara Supaya Usaha Kita Laris Manis - lapancara.com


Berikut 8 cara supaya usaha kita laris manis :


1. Sesuaikan usaha anda dengan lingkungan sekitar

Hal pertama sekali yang perlu anda perhatikan agar dagangan laris banyak pembeli adalah dengan memperhatikan lingkungan disekitar anda sendiri. Apakah anda seorang pedagang dengan kios atau toko? Jika ia, maka cobalah perhatikan disekitar apa yang dibutuhkan oleh orang sekeliling anda.

Cobalah untuk memulai usaha yang belum banyak saingan, dan apakah disekitar tempat kios anda tersebut ramai orangnya? jika tidak, cobalah untuk memulai usaha kebutuhan sehari-hari saja. Seperti menjual sembako dan semacamnya. Karena ini kebutuhan pokok maka sudah pasti akan ada pembelinya.

Jangan menjual barang-barang elektronik ataupun pakaian, apalagi jika lingkungan disekitar anda tersebut jauh dari kota. Sebab barang-barang elektronik atau pakaian itu hanya sesekali di butuhkan, sehingga calon pembeli pun akan sangat sepi yang menghampiri toko atau kios anda.


2. Jual yang sedang trend atau banyak dicari saat ini

Seiring perubahan jaman, kita juga harus tahu fashion saat ini ataupun hal-hal apa saja yang sedang trending dan banyak di cari oleh masyarakat. Misalnya saja anda seorang pedagang baju maka pastikan baju yang anda jual itu baju model baru saat ini.

Begitupun apabila anda seorang pedagang make up, atau accesoris wanita dan pria maka jual lah barang-barang baru yang sedang viral dan sedang banyak dicari. Misalnya seperti jam model baru, tas model baru atau sepatu model baru.

Sudah dapat dipastikan 90% calon pembeli itu mencari barang-barang model baru, bukan hanya sekedar terlihat cantik ataupun nyaman untuk di gunakan. Maka dari itu anda harus jadi orang yang up to date !


3. Buat papan nama (spanduk)

Jika anda seorang pedagang baik pedangan rumahan, maupun pedagang online maka ada baiknya anda membuat sebuah papan nama seperti pamplet ataupun spanduk untuk di pajang dirumah maupun dikios kecil anda. Mengapa ?

Ini supaya orang-orang ataupun calon pembeli mengingat kios anda meskipun lapak yang anda gunakan itu hanya dirumah anda sendiri. Dengan begitu orang juga akan lebih percaya bahwa anda adalah benar-benar seorang pedagang yang memiliki usaha meskipun hanya kecil-kecilan.

Selain itu bukan hanya pelanggan lama, karena dengan adanya spanduk atau papan nama ini bisa menarik calon pembeli baru yang biasanya numpang lewat saja. Sehingga begitu dia akan membaca papan nama brand anda tersebut yang sudah dilengkapi dengan keterangan apa yang anda jual.


4. Menjualnya lebih murah dari orang lain

Dari sejak jaman dahulu hingga sampai saat ini, tidak ada trik yang paling bagus supaya dagangan usaha kita laris manis. Ya, caranya adalah dengan menjualnya lebih murah dari orang lain. Ini adalah cara agar jualan laris dalam islam yang dihalalkan jadi tidak perlu khawatir.

Hampir semua orang menyukai harga murah, apalagi jika barang yang dijual sama namun harga yang anda jual lebih murah dari tempat lain. Maka sudah bisa dipastikan akan banyak calon pembeli baru yang datang ke tempat anda.

Kelebihan menjual barang lebih murah dari orang lain itu adalah bisa menular dari mulut ke mulut, artinya jika seseorang mengetahui barang yang anda jual lebih murah maka kemungkinan besar pelanggan tadi akan memberitahukannya kepada orang lain bahwa di tempat anda lebih murah.


5. Service pelanggan dengan baik

Tidak ada yang lebih baik dalam bedagang selain memuaskan pelanggannya, karena terkadang orang suka membeli ketempat anda itu karena anda adalah orang yang sangat ramah dan sangat baik dalam melayani pembeli.

Jika sifat kita ramah dalam melayani calon pembeli maka sudah bisa di pastikan calon pembeli akan betah dengan kita, sehingga bisa saja dia datang lagi ketempat kita meskipun harga barang yang kita jual itu mahal.

Namun karena ramahnya diri anda, maka soal harga bukanlah masalah bagi sebagian orang. Karena yang terpenting calon pembeli puas dengan keterangan serta layanan yang anda berikan kepadanya.


6. Manfaatkan social media saat ini

Internet kini telh berkembang pesat di dunia maya. Apalagi saat ini rata-rata orang sudah menggunakan smartphone seperti Android atau Apple. Sehingga social media bukanlah hal yang asing lagi bagi orang-orang masa kini.

Bisa dikatakan anak muda jaman sekarang rata-rata juga sudah mempunyai social media, misalnya seperti facebook, instagram dan semacamnya. Nah, kenapa kamu tidak memanfaatkan saja social media ini sebagai tempat sharing ?

Kamu bisa menjual barang kamu kepada orang lain bahkan dengan jangkauan tempat yang lebih luas. Maka dari itu cobalah untuk mempromosikan dagangan usaha kamu itu di sosial media. Kamu juga dapat melakukan sistem transfer barang melalui jasa pengiriman barang pastinya.


7. Manfaatkan situs jual beli online

Selain cara jualan laris di facebook harus anda ketahui dengan memanfaatkan social media seperti yang kami jelaskan di atas, kamu juga bisa loh memanfaatkan situs-situs jual beli online seperti : Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Nah, dari situs-situs belanja online inilah kamu bisa menjual barang dagangan kamu. Karena ini situs jual beli maka sudah bisa dipastikan orang-orang yang mengunjungi situs tersebut adalah sebagian besar calon pembeli.

Oleh sebab itu sekarang saatnya memperluas jangkauan penjualan anda. Karena ini adalah salah satu cara jualan online laris terpopuler saat ini yang dapat kamu manfaatkan secara gratis dari situs-situs tersebut.


8. Beritakan di koran atau radio

Cara jualan laris manis selanjutnya yang masih banyak belum diketahui oleh orang lain adalah dengan cara mempromosikan usaha dagangan anda itu kepada media cetak seperti pada koran ataupun melalui radio.

Meskipun jaman sekarang ini sudah canggih, masih ada loh orang-orang yang membaca koran dan mendengarkan radio. Nah, inilah kesempatan anda untuk mempromosikannya dari sana. Anda hanya perlu mengubungi pihak terkait saja untuk mengiklankan bisnis anda itu.

Sehingga dengan begitu selain dapat mendatangkan pengunjung baru, usaha bisnis dagangan anda juga akan semakin banyak di kenal oleh orang lain dan hal ini sangat bagus untuk reputasi bisnis anda kedepannya.


Demikianlah 8 cara supaya usaha kita laris terus setiap hari. Semoga salah satu cara diatas bisa memberikan anda ide-ide baru yang selama ini mungkin belum terpikirkan di benak anda. Semoga sukses....

0 Response to "8 Cara Supaya Usaha Kita Laris Manis"