8 Cara Agar Orang Tua Mau Menuruti Kemauan Kita

Lapancara.com - Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua tentu saja kita sebagai anak harus menuruti keinginan dan kemauan orang tua kita sendiri, supaya kita tidak menjadi anak yang durhaka.

Karena dengan begitu orang tua kita akan menjadi senang dan bangga sebab melihat kita adalah anak yang penurut. Namun terkadang sebagai anak tentu saja kita juga mempunyai sesuatu yang ingin kita miliki.

Bisa dikatakan hampir semua anak mempuyai keinginannya sendiri, hanya saja keinginan tersebut berbeda-beda. Misalnya saja anda sebagai anak menginginkan sebuah handphone ataupun sepeda motor.

Karena kita belum mempunyai pekerjaan ataupun tidak mampu untuk membelinya maka sudah pasti kita akan meminta bantuan dari orang tua kita untuk membelikannya bukan? Ya, ini adalah sifat alami yang wajar melekat pada manusia.

Tidak ada manusia yang tidak mempunyai keinginan, namun selama keinginan itu masih wajar maka adalah hal yang biasa apabila kita meminta sesuatu kepada orang tua kita sendiri.

Namun yang harus anda sadari adalah keinginan anda tersebut, jangan sampai keinganan anda itu tidak mampu untuk di penuhi oleh orang tua anda sendiri. Jangan sampai keinganan kita itu malah menjadi beban yang besar untuk orang tua kita.

Dengan kata lain jangan sampai kemauan kita ini malah menyusahkan orang tua kita, jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka apalagi sampai kita marah karena keinginan kita tidak terpenuhi.

Nah, asal keinginan tersebut masih wajar dan mampu dipenuhi oleh orang tua kita maka silahkan simak dibawah ini bagaimana cara membujuk orang tua kita agar kemauan kita di turuti.


Cara Agar Orang Tua Mau Menuruti Kemauan Kita - lapancara.com


Berikut 8 cara agar orang tua mau menuruti kemauan kita :


1. Jelaskan bahwa tujuan keinginan tersebut bermanfaat

Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda. Sekarang apa keinginan anda? Misalnya anda menginginkan sebuah motor, maka pikirkanlah cara agar orang tua membelikan kita motor. Apa yang harus kita pikirkan?

Cobalah jelaskan kepada mereka alasan anda menginginkan sepeda motor seperti untuk memudahkan anda dalam berpegian, atau melancarkan aktivitas anda dalam segi yang baik-baik misalnya supaya tidak telat pergi sekolah, tidak telat pergi ngaji, atau supaya mereka tidak susah antar jemput.

Kasi mereka alasan yang positif dan bermanfaat seperti yang kami katakan di atas, atau sesuaikan dengan aktivitas positif anda sehari-hari. Jangan pernah memberikan alasan karena iri melihat teman sudah mempunyainya.


2. Harus pintar mengambil hati orang tua

Banyak kemauan anak yang di tolak oleh orang tuanya sendiri itu rata-rata karena anakny itu suka bermalas-malasan serta jarang sekali mematuhi perintah-perintah dari orang tuanya, sehingga orang tua kita kurang respon dengan kemauan kita selama ini.

Maka dari itu buatlah mereka lulu dengan cara mengambil hati orang tua kita sendiri. Salah satu caranya dengan membantu pekerjaan atau aktivitas mereka, serta selalu mematuhi apa saja yang di katakan ataupun perintah dari orang tua kita.

Lakukanlah hal tersebut sekurang-kurangnya selama 1 bulan. Maka nanti pasti orang tua kita merasa bangga sekaligus heran melihat perubahan sikap kita terhadapnya. Dan pada saat ada momen yang tepat disitulah kesempatan kita mengungkapkan keinganan kita.


3. Menunggu waktu yang tepat untuk mengatakannya

Jika kita sebagai anak peduli terhadap orang tua kita maka kita pasti tahu kebiasaan orang tua kita, baik itu dari segi pekerjaannya, aktivitasnya maupun dari segi keuangannya.

Nah, disini yang perlu anda perhatikan adalah dari segi keuangannya. Kita harus mengetahui kapan dan disaat-saat tanggal berapa saja orang kita mempunyai keuangan yang cukup untuk memenuhi kemauan kita ini.

Sebagai contoh misalnya anda sedang memiliki keinginan untuk di belikan sebuah handphone baru, maka cara agar dibelikan hp oleh ortu maka kita harus bersabar dan menunggu waktu yang tepat untuk mengatakannya. Dengan kata lain bicaralah pada saat mereka mempunyai uang yang cukup.


4. Membuat orang tua merasa iba dengan sikap baik kita

Sifat orang tua itu beda-beda, tidak semua orang tua sama. Ada yang mudah di bujuk dan ada yang susah di bujuk, bahkan terkadang sama sekali tidak perduli dengan kemauan anda selama ini.

Maka anda tidak boleh melawan mereka, atau sampai membentak orang tua anda sendiri. Jika watak atau karakter orang tua kita itu sedikit keras, maka kita cukup dengan meluluhkn hatinya saja. Karena jika di paksa pun terkadang orang tua kita malah semakin keras kepada kita.

lalu bagaimana cara membuat orang tua menyesal dengan sikap baik kita?

Jika anda memiliki orang tua yang seperti ini maka luluhkan lah hatinya, dengan menjadi anak yang baik. Sebab mungkin selama ini mereka tidak mengabulkan kemauan anda karena kepribadian anda masih tidak baik di mata mereka.

Oleh sebab itu ubahlah sifat kita, buatlah orang tua kita menyesal karena kita sekarang menjadi anak yang baik dan patut untuk di berikan hadiah ataupun keinginan yang sudah diketahui sebelumnya. Yakinlah, tidak ada orang tua yang tidak sayang kepada anaknya sendiri, semua tergantung sikap kita kepada mereka.


5. Yakinkan kepada mereka bahwa anda bisa menjaga diri

Terkadang orang tua tidak mengabulkan kemauan kita itu alasannya karena mereka terlalu sayang kepada kita, sehingga mereka belum bisa percaya sepenuhnya kepada kita. Bukan berarti mereka membenci kita tapi seperti yang kami katakan itu semua karena mereka terlalu sayang pada kita.

Misalnya saja ada kemauan kita yang sering kali tidak dipenuhi oleh orang tua kita seperti contohnya tidak diberi izin untuk keluar rumah. maka yang harus anda pikirkan adalah cara merayu orang tua agar diizinkan pergi.

Bagaimana caranya?

Tentu saja kita harus meyakinkan mereka dengan cara meyakinkan mereka bahwa anda sudah dewasa dan bisa menjaga diri. Katakan saja kepada orang tua kita bahwa kita ingin belajar mandiri, tidak harus di kekang atau di awasi sepenuhnya. Buatlah mereka percaya kepada anda !


6. Perlihatkan kesabaran anda kepada orang tua

Orang tua terkadang melihat sikap kita ketika kita menginginkan sesuatu, baik itu dari segi cara kita berbicara, dari segi alasan kita menginginkannya, ataupun dari segi kesabaran kita saat menunggu keinginan kita tersebut.

Kamu harus tahu bahwa sikap anak yang baik ketika meminta sesuatu terhadap orang tua adalah kesabaran. Sebab orang tua kita itu pasti memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Bila belum di kabulkan, mungkin ada alasan tersendiri bagi mereka untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Entah itu mungkin kekurangan ekonomi, ataupun keinginan anda tersebut masih belum dikabulkan karen orang tua anda masih belum bisa percaya kepada anda.

Jadi tugas kita sekarang adalah hanyalah bersabar, jika dengan kata tidak tidak dapat mewujudkan keinginan kita tersebut maka kesabaran kita lah yang akan meluluhkan hati orang tua kita nantinya.


7. Manfaatkan prestasi belajar kita

Biasanya semua orang tua akan bangga apabila anaknya pintar dan mendapatkan nilai bagus disekolah. Kesempatan inilah yang bisa kamu manfaatkan sebagai anak untuk membuat sebuah tawar-menawar kepada orang kamu.

Tawar-menawar ini berupa sebuah janji yang kita katakan kepada orang tua kita, misalnya seperti : meminta kemauan kamu tersebut di kabulkan apabila nilai belajar kamu lebih bagus dari sebelumnya.

Nah, dengan begini orang tua kita pasti akan mengingat janji kita, asalkan nilai atau prestasi belajar kita meningkat dari sebelumnya. Sehingga nantinya apabila prestasi belajar kita meningkat maka keinganan kita pun bisa terpenuhi. Jadi selain mendapatkan hadiah, kita juga tentunya akan semakin giat lagi untuk belajar dan menjadi pintar pastinya.


8. Memanfaatkan kelemahan orang tua kita

Seperti yang sudah kita ketahui sendiri ya teman-teman, bahwa setiap orang tua itu sayang kepada anaknnya. Tapi terkadang rasa sayang tersebut tidak kita rasakan karena sifat orang tua kita yang suka marah-marah dan membentak kita.

Sehingga jangankan untuk meminta sesuatu, terkadang untuk berbicara masalah uang jajan saja kita takut di marahi. Nah, jika sudah begitu mau tidak mau kita harus memendam keinginan kita bukan?

Namun sebaiknya tidak perlu di pendam, ungkapkan saja hal yang anda inginkan atau sesuatu yang anda inginkan kepada orang tua anda. Lihatlah apa komentar mereka ?

Apabila disuruh sabar maka kita harus sabar, tapi apabila tidak di turuti karena memang orang tua kita sedikit pelit maka kita harus memanfaatkan sedikit kelemahan orang tua kita dengan cara menangis ataupun mengeluarkan air mata di depan mereka.

Mungkin bisa di bilang cara ini sedikit licik, namun inilah salah satu cara membuat orang tua kita itu sedikit kasihan dengan kita. Syaratnya asalkan orang tua kita mampu dan memang apabila orang tua kita sedikit pelit maka anda bisa mencoba cara ini.


Demikianlah 8 cara agar orang tua mau menuruti kemauan kita, semoga salah satu dari cara di atas ada yang bisa memberi anda sebuah ide atau motivasi baru untuk mewujudkan keinginan anda tersebut.

Selamat mencoba....