8 Cara Agar Orang Tua Tidak Marah Saat Nilai Jelek

Lapancara.com - Masa belajar adalah masa paling indah dalam hidup, itu adalah masa di mana kita sedang menuntut ilmu. Namun seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki daya pikir atau kecerdasan yang berbeda-beda.

Mungkin selama ini kemampuan belajar kita masih kurang dari orang lain, alhasil terkadang nilai belajar kita tersebut tidak memberikan nilai yang cukup memuaskan sehingga mau tidak mau kita tetap harus menerima kenyataan tersebut.

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua tentu saja nilai belajar, seperti nilai ujian ataupun nilai rapor merupakan momen-momen yang penting untuk di tunjukkan hasilnya kepada orang tua kita.

Akan tetapi terkadang tidak selalu nilai tersebut memberikan hasil yang bagus, sehingga mau tidak mau juga kita tetap juga harus menunjukkannya kepada orang tua kita.

Seperti yang kita ketahui pula bahwa sifat orang tua kita itu berbeda-beda. Tidak semua orang tua menyukai nilai anaknya yang jelek sehingga otomatis hal tersebut bisa membuat orang tua kita marah besar.

Jadi saat menunjukkan nilai kepada orang tua adalah hal yang paling menakutkan bagi sebagian anak-anak. Apabila anda adalah salah satunya maka silahkan simak tips dibawah ini bagaimana cara supaya orang tua tidak marah saat nilai rapor, ujian atau nilai belajar kita buruk.


8 Cara Agar Orang Tua Tidak Marah Saat Nilai Jelek - lapancara.com


Berikut 8 cara agar orang tua tidak marah saat nilai jelek :


1. Menunggu waktu yang tepat untuk mengatakannya

Seperti yang kita ketahui terkadang komentar orang tua saat nilai anaknya jelek itu bisa membuat kita ketakutan, sehingga terkadang kita merasa tidak berani untuk mengatakannya. Namun mau tidak mau kita tetap harus mengungkapkannya.

Tapi ada hal yang harus anda ketahui, sifat manusia itu berbeda-beda maka dari itu kita harus pintar-pintar mengetahui suasana hati orang tua kita sendiri. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menunggu waktu yang tepat untuk mengatakannya.

Kamu harus perhatikan apakah saat ini orang tua kita sedang gembira atau tidak? Apabila mood orang tua kita sedang tidak bagus, maka sebaiknya menunggu saat orang tua kita sedang bahagia dan sering tersenyum, nanti barulah kita mengatakannya.


2. Meminta maaf terlebih dahulu sebelum mengatakannya

Terkadang orang tua kita itu akan luluh hatinya saat melihat kita meminta maaf, mereka merasa sayang terhadap kita karena kata maaf ini pasti ada kesalahan yang telah kita perbuat. Saat ucapan maaf ini kita katakan sebelumnya maka hati orang tua akan tersentuh.

Jadi hal pertama yang perlu kita lakuka adalah menunggu waktu yang tepat, kemudian ucapkan kata maaf. Lalu barulah kita katakan yang sebenarnya bahwa nilai rapor atau nilai ujian kita itu jelek hasilnya.

Maka dengan begitu resiko orang tua kita yang ingin marah menjadi tidak terjadi, karena hatinya sudah luluh akibat permintaan maaf kita sebelumnya yang telah kita ucapkan kepada orang tua kita.


3. Persiapkan kata-kata yang tepat untuk mengatakannya

Sebelum menunjukkan rapor atau nilai ujian kamu kepada orang tua maka ada baiknya persiapkan lah diri kamu paling tidak kata-kata apa yang baik untuk di ucapkan kepada orang tua kita, supaya mereka tidak tambah marah dengan alasan yang kita berikan.

Kalau bisa ungkapkanlah kata-kata penyesalan dan rendahkanlah diri kamu, akuilah kejadian tersebut memang sepenuhnya salah kamu. Jangan pernah menyalahkan orang tua karena atau menyalahkan orang lain karena itu bisa membuat orang tua kita lebih marah lagi.

Karena kita tidakk tahu komentar orang tua tentang nilai ulangan yang jelek itu bisa saja komentar yang positif atau bisa pula komentar yang negatif. Jadi kita juga harus pintar-pintar memanfaatkan situasi komentar dari orang tua kita nantinya.


4. Harus menahan emosi ketika orang tua kita marah

Bagi sebagian anak terkadang emosi mereka tidak dapat di kontrol, saat orang tua mereka marah atau menceramahinya terkadang anak menjadi agresif sehingga emosi tidak terkontrol. Alhasil bukan orang tua yang seharusnya marah, tapi kita juga ikut-ikutan marah.

Hal seperti ini sebaiknya perlu anda pikirkan lagi, karena selain menjadi anak durhaka hal tersebut juga tidak akan bisa menyelesaikan masalah dan malah masalah menjadi bertambah panjang, sehingga orang tua semakin membenci kita.

Oleh sebab itu tunjukkan lah rasa hormat kita kepada mereka dengan cara sabar dan menahan emosi kita sekalipun orang tua kita nantinya akan marah besar kepada kita. Kita perlu motivasi nilai jelek yang di ungkapkan oleh orang tua kita nantinya untuk membuat kita berubah kedepannya.

Tidak perlu khawatir, karena orang tua kita itu sedang emosi sesaat kepada kita sebab itu hal yang wajar simbol rasa sayang kepada kita. Jangan sampai kita balik marah kepada orang tua ya teman-teman.


5. Jelaskan hal yang mengganggu belajar anda selama ini

Kita harus siap menerima komentar orang tua saat melihat nilai anaknya jelek, baik itu komentar yang menyakitkan maupun komentar positif dari orang tua kita sendiri. Dan orang tua kita nanti sudah pasti menanyakan kepada kita mengapa nilai kita jelek.

Nah, disini kamu harus menjelaskan apa saja hal-hal yang mengganggu belajar kamu selama ini. Tidak perlu takut untuk memberitahukan kepada orang tua kita karena sudah pasti nanti orang tua kita akan memperbaiki sistem belajar kita serta menghindari ganguan-gangguan.

Tugas kita sekarang hanyalah memikirkan alasan yang tepat, coba anda bayangkan selama ini apakah ada aktivitas tertentu yang mengganggu proses belajar anda? Baik itu dirumah ataupun disekolah. Jika anda langsung saja katakan pada orang tua kita.


6. Tunjukkan rasa penyesalan dari diri kamu

Bukan hanya kita, orang tua pun akan memikirkanbagaimana cara menghadapi anak yang nilainya jelek. Namun semua itu tergantung dari alasan ataupun sikap yang kita tunjukkan kepada orang tua kita.

Oleh sebab itu disini kamu harus menunjukkan rasa penyesalan yang mendalam bahwa selama ini kamu memang kurang belajar, dan katakan juga kepada orang tua bahwa nanti kedepannya kamu akan lebih giat lagi belajar.

Maka nantinya tanggapan orang tua terhadap nilai anaknya yang jelek pun akan menjadi tanggapan yang positif. Mereka pasti akan menerima alasan kamu dengan baik, karena mereka anggap ini adalah hal yang biasa yang hampir rata-rata anak pernah mengalaminya.


7. Siap menerima hukuman apapun dari orang tua kita

Saat nilai anak jelek, biasanya orang tua telah mempersiapkan rencananya sendiri untuk membuat anaknya lebih rajin belajar dan pintar. Baik itu berupa bejalar tambahan seperti les private, ataupun sebuah hukuman.

Nah, disini kamu harus siap menerima hukuman apapun yang akan di berikan oleh orang tua kita. Jangan pernah membantahnya, karena hukuman tersebut bukan tanpa alasan. Pasti ada tujuan positif yang telah di rencanakan oleh orang tua kita.

Tugas kita sebagai anak yang berbakti adalah menuruti semua keinginan orang tua kita termasuk hukuman yang akan diberikannya, jangan sekali-kali membantahnya karena itu bisa membuat orang tua bertambah marah.


8. Mengatakan alasan dengan sejujur-jujurnya

Kejujuran adalah kunci utama kesuksesan, tidak perlu takut dengan kesalahan yang telah kita lakukan selama ini. Ungkapkan saja hal-hal yang mengganggu proses belajar anda. Orang tua pasti akan menerima alasan apapun yang anda katakan asal itu jujur.

Jika alasan yang kamu berikan itu adalah sebuah kebohongan, maka sama aja itu kamu menipu diri kamu sendiri. Terlebih lagi jika nanti kedepannya ketahuan, maka bukan tidak mungkin orang tua akan lebih marah lagi kepada kita.

Sebab tidak ada hal yang paling di benci oleh orang tua selai kebohongan dari anaknya sendiri. Orang tua kita bisa menerima anaknya yang kurang cerdas, tapi tidak ada satupun orang tua yang menyukai anaknya pintar berbohong. Maka terus terang saja kepada mereka, sebab itu lebih baik.


Demikianlah 8 cara agar orang tua tidak marah saat nilai kita jelek, yang terpenting dari cara di atas adalah kejujuran. Karena sekali kamu berbohong orang tua nantinya tidak percaya lagi dengan alasan yang kamu berikan. Oke semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu yang sedang mendapatkan nilai jelek untuk diberitahukan kepada orang tua

Selamat mencoba...

0 Response to "8 Cara Agar Orang Tua Tidak Marah Saat Nilai Jelek"