8 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19 di Rumah

Lapancara.com - Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan virus yang sangat mematikan yaitu virus Corona atau lebih di kenal dengan sebutan Covid-19. Berita semakin tersebar luas ketika virus ini sudah banyak memakan korbannya, hampir diseluruh bagian dunia melakukan tindakan serta upaya demi bisa terhindar dari serangan virus yang mematikan ini. Awal mula virus ini di duga berasal dari sebuah pasar Cina tepatnya pada kota Wuhan.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apakah virus ini datang dari hewan atau dari seseorang yang sedang terjangkit. Tapi menurut kabar yang beredar, virus ini pertama kali berasal dari hewan akan tetapi jenis hewan tersebut tidak diketahui, apakah itu jenis unggas, ikan atau dari daging ternak. Namun yang jelas pertama kali virus ini muncul katanya di pasar Wuhan tersebut, meskipun tidak sedikit juga yang membantah hal ini terutama warga Cina itu sendiri.

Kabar buruknya adalah proses terinfeksinya yang begitu cepat, virus menular ini sangat cepat menyerang siapa saja yang terinfeksi terutama orang-orang disekitar penderita. Siapa saja yang menyentuh ataupun berkomunikasi di dekat orang yang sudah terinfeksi maka 98% orang lain tersebut pasti akan terinfeksi juga, terkecuali bagi mereka yang menggunakan pengaman antivirus seperti baju pelindung, menggunakan masker, menggunakan sarung tangan, kacamata khusus dan lain-lain sebagainya.

"Bukan berarti di rumah saja aman, dan tidak bisa terkena virus Corona."

8 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19 di Rumah - LapanCara

Jika kita tidak jeli dalam mencegah virus ini maka besar kemungkinan kita juga bisa terjangkit dan menular. Contohnya saja, meskipun virus ini diketahui berasal dari Cina tapi kasus kematian terbanyak terjadi itu pada negara Italia. Negara ini menjadi salah satu kasus terbanyak yang mengalami positif Corona. Sehingga angka kematian akibat virus tersebut menjadi sangat banyak di negara Italia tersebut. Oleh sebab itu jangan anggap remeh virus ini, mengetahui cara mencegahnya adalah cara terbaik untuk menghindari penularan virus ini.

Di Indonesia sendiri sudah ratusan orang yang terpapar virus Corona, angka ini bisa bertambah jika kita tidak mengetahui cara mencegahnya. Salah satu menghindari virus Corona adalah dengan cara menjauhi orang-orang yang sudah terinfeksi. Namun masalahnya kita tidak tahu secara pasti siapa saja orang-orang terdekat kita yang terinfeksi bukan? Maka dari itu, disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara menghindari paparan virus Corona agar tidak menular.

Berikut 8 Cara Agar Terhindar dari Virus Corona Covid-19 di Rumah :


1. Mandi tiga kali sehari pakai sabun

Cegah virus corona dengan mandi tiga kali sehari pakai sabun - LapanCara

Setiap manusia pasti mempunyai aktivitas, meskipun kita seorang pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan maka pasti juga kita mempunyai sebuah aktivitas. Baik itu aktivitas diluar rumah maupun di dalam rumah. Namun yang perlu kita sadari adalah bahwa ini adalah virus, yang mana virus merupakan bakteri jahat. Jadi bakteri ini bisa kita cegah dengan menjaga kebersihan tubuh kita. Salah satunya dengan cara yang paling sederhana yaitu mandi paling tidak 3 kali sehari. Mengapa?

Karena dengan mandi, sudah pasti kita akan menggunakan sabun. Nah, sabun ini fungsinya untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel pada badan kita. Sehingga tubuh menjadi bersih dan bebas kuman. Kita tidak tahu akvitas kita diluar yang kita lakukan ternyata membawa pulang virus, bisa jadi virus ini masih menempel pada badan, leher, tangan atau kaki kita. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dengan mandi menggunakan sabun.


2. Cuci tangan setiap kali pakai sabun

Cegah virus corona dengan mencuci tangan pakai sabun - LapanCara

Sabun adalah bahan aktif yang mengandung antiseptik untuk menghilangkan bakteri dan kuman termasuk virus. Di rekomendasikan bagi siapa saja untuk sering-sering mencuci tangan meskipun tangan terlihat bersih. Terutama bagi kamu yang baru saja keluar rumah, setiap kali menyentuh sesuatu baik itu benda ataupun menyentuh tangan orang lain maka diharuskan untuk mencuci tangan setiap kali melakukannya.

Jangan anggap remeh mencuci tangan, karena meskipun tangan terlihat bersih kita tidak tahu bahwa bisa saja di tangan kita itu ada virus Corona akibat kita menyentuh benda atau orang lain. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun maka bisa di pastikan virus ini akan mati. Namun setiap kali mencuci tangan kita harus menunggu paling tidak 30 detik sebelum disiram dengan air agar kuman benar-benar hilang dari tangan kita. Karena tangan kita inilah bagian yang paling sering untuk menyentuh hidung, mulut dan mata kita.


3. Hindari menyentuh mulut, hidung dan mata

Cegah virus corona dengan hindari menyentuh mulut, hidung dan mata - LapanCara

Virus corona hanya bisa bertahan pada inang makhluk hidup. Virus ini biasanya tertular pada manusia lewat mulut, hidung dan mata. Jika kamu bisa menjaga 3 organ penting ini maka kecil kemungkinan kamu untuk tertular virus Corona. Orang-orang yang sudah tertular adalah orang-orang yang tidak menjaga tiga organ penting ini yaitu menjaga mulut, hidung dan mata mereka. Caranya adalah dengan tidak menyentuh ketiga organ ini meskipun dengan tangan kita.

Jika memang hidung atau mata terasa gatal, maka cepat-cepatlah mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun selama 30 detik. Setelah mencuci tangan barulah kamu bisa bebas menyentuh hidung atau mata kamu. Bila dalam beberapa waktu nanti mata atau hidung kita terasa gatal lagi, maka ulangi lagi cara ini yaitu dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Jika tidak ada air atau sabun, maka kamu membutuhkan antiseptik praktis berupa hand sterilzer.


4. Mengkonsumsi makanan dengan sendok

Cegah virus corona makan dengan sendok - LapanCara

Untuk meminimalisir masuknya virus Corona melalui mulut dari tangan kita maka mulai sekarang usahakan setiap kali mengkonsumsi makanan seperti nasi itu menggunakan sendok. Jika selama ini kalian mengkonsumsi makanan dengan tangan meskipun sudah menggunakan sabun maka ada baiknya ubah kebiasan tersebut dengan menggunakan sendok tiap kali makan. Cara ini lebih baik ketimbang kita makan makanan secara langsung menggunakan tangan.

Tapi tetap saja harus menggunakan sendok yang steril, pastikan kita menyimpan sendok terbebas dari kuman di tempat tertutup yang tidak bisa masuk udara bebas. Jika kamu punya kulkas maka sebaiknya simpan sendok beserta tempatnya itu di dalam kulkas saja, karena virus tidak bisa bertahan lama di suhu dinginnya ekstrim tersebut. Tapi awas, jika salah satu keluarga kamu sudah terkena virus Corona maka sebaiknya buang semua sendok yang ada lalu beli baru.


5. Tidak menggunakan gelas umum

Cegah virus corona dengan tidak menggunakan gelas umum - LapanCara

Inilah salah satu alasan mengapa pemerintah melarang kita untuk menghindari keramaian, misalnya untuk tidak duduk di cafee, kedai kopi ataupun duduk di tempat makan. Salah satu alasannya adalah supaya kita bisa menghindari gelas yang kita minum tersebut. Gelas atau cangkir tempat minum yang kita gunakan itu adalah sudah pasti banyak digunakan oleh orang lain, meskipun sudah di cuci sebelumnya. Tapi kita tidak tahu apakah gelas tersebut sudah bersih atau apakah di cuci dengan sabun atau tidak.

Maka dari itulah gelas atau cangkir kopi atau minum itu sebaiknya dihindari saja sementara, bisa jadi di gelas itu sudah terpapar virus akibat di sentuh oleh orang lain meskipun sudah dicuci lagi oleh pemilikinya. Tapi alangkah baiknya jangan menggunakan gelas umum meskipun sudah di cuci ulang, pastikan menggunakan gelas sendiri termasuk sendok dan piring juga. Mengingat proses penularan virus Corona itu bisa melalui mulut.


6. Sterilkan semua benda yang sering di sentuh

Cegah virus corona dengan sterilkan semua benda yang sering di sentuh - LapanCara

Tidak keluar rumah bukan berarti kita sudah aman dari virus Corona, kecuali kamu dirumah hanya hidup sendirian tidak teman yang datang ataupun tidak ada saudara. Nah, namun jika kamu punya keluarga, saudara atau teman maka sudah pasti mereka akan keluar masuk rumah termasuk diri kamu sendiri. Maka dari itu benda-benda yang sering di sentuh harus di sterilkan. Bukan hanya gelas, sendok dan piring saja. Tapi semua yang sering disentuh seperti gagang pintu, stang sepeda motor, segala tombol elektronik, gagang kulkas, gagang sapu, remote televisi dan lain-lain sebagainya.

Mungkin bukan kita yang menyentuh tapi keluarga, atau bisa saja temn kita yang menyentuhnya. Kita tidak tahu aktivitas apa yang sudah dilakukan oleh mereka di luar sana. Maka mau tidak mau setiap hari kita harus membersihkan bagian-bagian benda yang sering di sentuh itu termasuk termasuk pulpen, buku, gadget, smartphone ataupun laptop. Semua harus dibersihkn setiap hari, kecuali kamu hidup sendirian dirumah dan tidak ada satupun ada orang yang masuk.


7. Tutup semua lubang ventilasi udara di rumah

Cegah virus corona tutup semua lubang ventilasi udara di rumah - LapanCara

Meskipun tidak bertahan lama di udara, karena virus Corona ini membutuhkan inang dari makhluk hidup lain. Tapi ada baiknya kita mencegah virus ini masuk kedalam rumah yang dibawa oleh angin, terutama bagi rumah Anda yang dekat dengan kota atau keramaian. Kita tidak tahu mungkin ada orang yang batuk atau bersi-bersin di dekat rumah kita sehingga partikel-partikel virus ini akan terbang masuk kerumah kita melalui ventilasi udara dan terhirup oleh kita secara tidak sengaja.

Demi mencegah hal itu terjadi, selain menutup pintu dan jendela rumah seperti melakukan lockdown untuk berada dirumah saja seperti yang di katakan oleh pemerintah maka tidak ada salahnya kita melakukan upaya ekstra tambahan untuk memperketat keamanan yaitu dengan menutup semua ventilasi udara menggunakan plastik untuk sementara waktu sampai keadaan benar-benar aman.


8. Menjaga jarak dan hindari keramaian

Cegah virus corona dengan menjaga jarak dan hindari keramaian - LapanCara

Sebelum keadaan belum benar-benar aman dari virus Corona, pencegahan terbaik agar tidak terinfeksi adalah dengan menjaga jarak dari orang lain. Saat berdiri ataupun duduk pastika setidaknya kita berada 1 meter dari siapa saja termasuk pada keluraga kita sendiri. Hal ini benar-benar demi mencegah terjadinya penularan. Karena dengan berbicara saja proses penularan bisa terjadi, maka sebaiknya untuk kita mulai menjaga jaarak serta menghindari keramaian.

Tidak ada yang tahu seseroang sudah terinfeksi virus Corona, karena dampaknya ini baru mengalami gejala setelah 14 hari atau 2 minggu. Maka meskipun orang-orang disekitar kita terlihat sehat tapi bisa jadi orang tersebut sebenarnya sudah tertular sebelumnya, hanya saja gejalanya saja yang belum kelihatan seperti batuk-batuk, bersin, demam dan sesak napas.


Itulah 8 cara yang bisa kamu terapkan mulai sekarang untuk mencegah virus Corona di rumah, selain cara diatas kamu bisa mencegah virus Corona ini dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan atau makanan yang banyak mengandung senyawa anti-bakteri serta anti-inflamasi yang terdapat pada kunyit, jahe, temulawak, serai, bawang putih dan madu.

Semoga bermanfaat....
Prev Article Prev
Next Article Next