8 Cara Menyimpan Umpan Udang Biar Tetap Hidup

Lapancara.com - Bagi sobat yang mempunyai hobi memancing, pastinya sudah tidak asing lagi dengan umpan udang yang digunakan. Ya, umpan udang adalah satu-satunya umpan yang paling banyak di gunakan untuk memancing ikan. Hampir semua pemancing mania suka menggunakan umpan udang yang satu ini.

Selain mudah di dapat di pasar atau di tempat khusus penjualan udang pancing, umpan udang untuk memancing ini juga merupakan umpan yang paling praktis serta mudah untuk kita gunakan dalam memancing. Biasanya orang-orang menggunakan umpan udang ini untuk memancing di laut ataupun di air tawar seperti di sungai maupun di danau dan rawa-rawa.

Para pemancing yang jenius tentu saja akan memilih umpan udang hidup untuk memancing ikan. Mengapa? Karena dengan umpan udang yang hidup maka udang bisa bergerak dan berjalan meskipun sudah di kailkan. Sehingga saat mata pancing di lempar kedalam air maka udang akan bergerak berenang, dan ini menarik perhatian ikan-ikan yang melihatnya sehingga ikan akan mengira itu adalah makanannya.

Sudah banyak sekali orang yang sukses memancing dengan umpan udang yang hidup, akan tetapi sayangnya udang hidup yang kita beli ini tidak dapat bertahan lama di darat. Jika biasanya kita membeli umpan hidup lalu di masukkan kedalam plastik dan kemudian dibawa untuk pergi mancing, maka udang paling lama dapat bertahan 1 hingga 2 jam saja sebelum udang tersebut mati.

Oleh sebab itulah banyak sekali pemancing yang merasa kecewa karena umpan hidupnya sudah banyak yang mati sebelum di kailkan di mata pancing mereka. Maka dari itulah muncul di benak Saya untuk membuat artikel ini yaitu cara memelihara udang agar tidak mati khususnya menggunakan box udang. Untuk harga box udang hidup sendiri bervariasi, tergantung dari kualitas dan ukuran box itu sendiri. Cara menggunakannya silahkan simak di bawah ini.


Berikut 8 Cara Menyimpan Umpan Udang Biar Tetap Hidup :

8 Cara Menyimpan Umpan Udang Biar Tetap Hidup - LapanCara


1. Masukkan udang dalam box

Perlu Anda ketahui, udang hidup yang kita beli itu jangan di masukkan kedalam plastik. Karena sudah pasti udang akan bertumpuk, sehingga sesak bagi udang untuk bergerak terutama udang yang berada di paling bawah. Maka dari itu kita butuh modal untuk menggunakan box udang khusus sebagai tempat penyimpanannya sebelum di bawa pergi untuk memancing. Ini adalah tempat udang hidup untuk mancing, bisa di dapatkan pada orang yang menjual tempat udang hidup di pasar terdekat.


2. Isi air dalam box udang

Kesalahan kedua para pemancing pemula saat menggunakan box tempat udang hidup, mereka yang tidak mengisi air di dalamnya. Sama seperti ikan, udang juga memerlukan air untuk dapat bertahan hidup. Jadi jika kalian sudah menempatkan udang dalam box, maka jangan sampai lupa untuk mengisi air di dalamnya dengan takaran air setengah dari tinggi box yang kita gunakan.


3. Buat ventilasi udara di box

Box udang yang kita gunakan, pastinya mempunyai tutup agar udang tidak loncat keluar. Tapi kebanyakan dari kita kurang menyadari bahwa box udang tersebut sebenarnya memerlukan ventilasi udara. Ventilasi udara adalah ruang kosong atau lubang tempat keluar masuknya udara, jadi kita harus melubangi bagian atas pada tutup box untuk dilubangi kecil-kecil agar udara bisa masuk. Tanpa udara udang akan cepat mati, karena udang juga membutuhkan oksigen. Tapi ingat, jangan buat ventilasi udara melebihi ukuran tubuh udang, karena udang bisa lolos nantinya.


4. Gunakan oksigen khusus udang (aerator)

Jika kamu menggunakan box sederhana yang berisi air didalamnya, maka agar udang tidak cepat mati maka gunakanlah oksigen khusus udang. Berdasarkan pengalaman saya memancing, menggunakan oksigen atau aerator udang adalah cara yang paling praktis untuk bisa membuat udang awet hidup tahan lama dalam box yang berisi air. Kamu bisa membeli oksigen udang mancing ini di tempat penjualan akuarium ikan, namun pastikan memilih jenis oksigen yang menggunakan baterai agar bisa di bawa kemana-mana.

Contoh gambar oksigen udang baterai :

oksigen udang baterai - LapanCara


5. Gunakan es batu dalam box

Jika kamu tidak mempunyai oksigen baterai, maka kamu bisa memanfaatkan es batu agar udang awet. Es batu memang mempunyai sifat mengawetkan, namun bukan berarti kita langsung mencampurkan es batu dalam box yang berisi air dan udang di dalamnya. Perlu cara khusus untuk melakukannya, silahkan simak dibawah ini.

Caranya :
  • Persiapkan box udang
  • Masukkan 2 buah es batu
  • Lentangkan plastik di atas es sebagai alasnya
  • Tambahkan sedikit air di atas plastik tadi
  • Kemudian barulah di masukkan udang hidup di atasnya
  • Tutup box, dan pastikan box sudah di buat ventilasi udara
  • Box udang siap siap untuk di bawa pancing


6. Gunakan daun pisang dalam box

Entah mengapa daun pisang ini bisa membuat udang awet tahan lama. Sampai saat ini saya sendiri juga masih heran, khasiat daun pisang ini pada udang. Namun yang pasti dengan menggunakan alas daun pisang dalam box itu bisa membuat udah bertahan hidup lebih lama ketimbang tidak menggunakan daun pisang sama sekali.

Caranya :
  • Persiapkan box udang
  • Siapkan sobekan daun pisang dan masukkan dalam box
  • Tambahkan air lalu masukkan udang

Contoh gambar :

daun pisang dalam box - LapanCara

Kamu juga bisa menambahkan es batu di bawah daun pisang seperti pada cara nomor 5 di atas, jika diatas menggunakan plastik sebagai alasnya. Maka kamu bisa menggantikan plastik dengan daun pisang sebagai gantinya.


7. Pilih udang yang lincah dan gesit

Ini adalah cara terbaik agar udang bisa bertahan hidup dengan lama, yaitu memilih udang yang lincah dan gesit. Udang yang aktif bergerak lebih baik dari pada udang yang diam dan lemah. Nah, sebelum udang kita bawa pancing maka pastikan kita memilih udang yang hidup gerakannya aktif. Udang yang aktif bergerak menandakan udang tersebut sehat, sehingga bisa meminimalisir udang mati saat dibawa pergi mancing.


8. Pilih udang yang tubuhnya keras tidak lembek

Selain memilih udang yang aktif bergerak, kamu juga harus jeli untuk memilih udang yang tubuhnya agak keras jika kita pegang. Biasanya udang yang tubuhnya agak keras ini adalah udang sehat yang memang di pelihara dengan baik oleh yang punya. Maka dari itu jangan segan untuk menyentuh udang sebelum kita beli, jika tidak berani menyentuhnya maka bisa meminta para penjual untuk melakukannya.


Tips tambahan cara pasang umpan udang hidup :

Ini adalah teknik cara mengkailkan udang agar udang bisa lebih lama hidup dalam air dan aktif bergerak sehingga membuat perhatian ikan untuk memburunya. Caranya dengan mengailkan udang pada bagian ekor, bukan pada bagian kepalanya, sebab jika di kailkan pada bagian kepala maka udang bisa langsung mati sebelum mata pancing di lempar dalam air.

Contoh gambar seperti ini :

cara kail udang - LapanCara


Nah, demikianlah 8 cara menyimpan umpan udang biar tetap hidup dan bonus cara mengkailkan udang yang bisa bertahan lama. Semoga salah satu dari 8 cara di atas ada yang bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil...

0 Response to "8 Cara Menyimpan Umpan Udang Biar Tetap Hidup"