8 Cara Agar Kuat Puasa Tidak Mudah Haus dan Lapar

Lapancara.com - Puasa adalah kewajiban terutama bagi kaum muslim, seperti yang kita ketahui bahwa umat muslim setiap tahunnya dalam sebulan harus menjalankan puasa penuh hingga sampai hari raya tiba. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya harus puasa jika memang sudah tiba waktunya, atau lebih tepatnya ketika masuk bulan ramadhan.

Tapi bukan hanya di bulan ramadhan saja umat muslim menjalankan puasa, karena ada juga puasa selain bulan ramadhan seperti puasa sunnah, puasa senin-kamis dan bayar puasa. Selain itu puasa juga tidak hanya di lakukan oleh umat muslim saja, karena bagi sebagian orang berpuasa juga di manfaatkan untuk menurunkan berat badan khususnya bagi mereka yang ingin diet.

Dan seperti yang kita ketahui, syarat puasa itu adalah artinya kita harus menahan haus dan lapar. Kita sama sekali tidak boleh makan ataupun minum air pada batas waktu yang telah di tentukan. Untuk umat islam sendiri khususnya di bulan ramadhan, puasa di mulai dari subuh hingga menjelang magrib. Dan ini sudah kewajiban mereka untuk melaksanakannya.

Yang menjadi masalahnya adalah tidak semua orang mampu menahan puasa mereka, meskipun suatu kewajiban tapi masih banyak juga beberapa orang yang membatalkan puasanya. Biasanya faktor ini di pengaruhi oleh tubuh kita sendiri yang tidak kuat menahan rasa haus dan lapar. Maka oleh sebab itu, di artikel kali ini saya akan membantu Anda bagaimana cara supaya kuat puasa terutama saat sedang bekerja.


8 Cara Agar Kuat Puasa Tidak Mudah Haus dan Lapar - LaanCara


Berikut 8 Cara Agar Kuat Puasa Tidak Mudah Haus dan Lapar :


1. Niat puasa dalam hati harus kuat

Jika kamu serius berpuasa, maka hal pertama yang harus kamu bayangkan itu adalah niat puasa kamu. Maksud kami di sini bukan niat berdoa, melainkan niat keteguhan yang ada dalam diri kita. Karena banyak yang gagal puasa itu karena kita tidak memiliki tekad atau niat yang kuat dalam hati. Sehingga kita sering menyepelekan puasa yang seharusnya sebuah kewajiban untuk kita jalani.

Tahukah kamu, bahwa niat yang kuat bisa mengalahkan apapun, meskipun itu rasa lapar dan haus yang kita alami. Tidak ada satupun yang bisa menghalangi tekad kuat seseorang. Jadi kamu harus benar-benar meniatkan puasa dengan semangat yang membara dalam diri kamu. Anggap saja puasa itu hal kecil, tidak ada apa-apanya di bandingkan dengan tangguhnya diri kamu.


2. Sibukkan diri dengan aktivitas

Orang-orang yang gagal puasa 65% diantaranya adalah orang-orang yang tidak mempunyai aktivitas atau pekerjaan sama sekali. Kerjanya cuma berdiam diri di rumah, tidur-tiduran atau duduk-duduk santai saja sambil menonton televisi. Sehingga pikirannya melayang-layang hingga berujung memikirkan air minum dan makanan.

Jujur saja, dulu kebiasaan seperti ini sering saya alami sendiri. Sehingga akhirnya saya membuka pikiran saya untuk mencari aktivitas selama puasa, tidak mesti harus bekerja. Yang terpenting itu kita tidak boleh bersantai-santai selama puasa, misalnya saja kita membersihkan rumah atau mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Sehingga kita tidak sempat memikirkan minum atau makan.


3. Bermain game saat puasa

Jika memang tidak ada satupun pekerjaan yang bisa kita lakukan, atau terkadang faktor cuaca yang cukup panas sehingga kita tidak sanggup untuk bekerja atau beraktivitas maka tidak ada salahnya meluangkan waktu kosong tersebut dengan bermain game. Ya, main game adalah cara yang paling efektif membuat diri kita lalai.

Namun ingat, jangan sampai terlalu lalai pula, dan jangan sampai gara-gara main game kita tidak menyempatkan diri untuk beribadah. Tapi cara ini lebih baik ketimbang hanya berdiam diri saja tidak melakukan apa-apa. Dengan main game akan meminimalisir pikiran kita dari keinginan untuk makan dan minum pastinya.


4. Kurangi makanan pedas dan asin

Saat berbuka puasa atau sahur, usahakan kalian untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas dan asin. Mengapa? Karena kedua jenis makanan ini bisa membuat tenggorokan cepat kering, sehingga nanti saat kita puasa maka akan terasa lebih cepat haus. Itulah mengapa saat berbuka puasa kita lebih di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bersifat manis.

Akan tetapi bukan manis buatan, karena makanan yang mengandung pemanis buatan juga justru akan membuat mulut ketagihan untuk minum atau makan. Makanan manis harus manis alami, bukan makanan yang banyak mengandung pemanis buatan. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar memperhatikan 3 hal di atas seperti yang sudah saya jelaskan.


5. Konsumsi makanan tinggi serat

Mau tau rahasia agar tidak cepat lapar? Ya, rahasianya adalah makanan banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Misalnya saja seperti beras merah, gandum dan lain-lain. Mengapa? Karena jenis makanan tinggi serat itu tidak mudah di cerna oleh perut, sehingga perut kita akan teras kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Cara ini cukup ampuh agar perut tidak mudah lapar, selain jenis makanan di atas adapun makanan tinggi serat adalah : jagung, buncis, kacang merah, kacang polong, buah pir, brokoli, buah apel, rasberry, alpukat, pisang, wortel, ketan, ubi jalar, kacang almond, kacang hijau, kurma.


6. Kurangi air es dengan pemanis buatan

Air es memang sangat segar ketika di minum saat buka puasa ataupun sahur, apalagi jika air dalam keadaan dingin maka akan membuat tubuh terasa adem dan sejuk. Rasa haus juga akan lenyap jika minum air dingin yang manis. Namun sayangnya hal ini hanya bersifat sementara. Karena setelah itu kita akan merasa haus lagi dalam waktu yang singkat kedepannya.

Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan karena pemanis buatan dari air tadi menempel di tenggorokan kita, sehingga kita akan terasa kecanduan untuk minum lagi. Rasa candu ini muncul karena pemanis buatan tadi, dan di tambah dengan air es yang bersifat menghilangkan haus hanya sementara. Maka kurangi minum air es apalagi mengandung pemanis buatan. Lebih baik air putih biasa, karena bisa menghilangkan haus lebih lama.


7. Perbanyak makan sayur dan buah

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi serta vitamin agar kita tidak mudah lemas. Banyak orang yang daya tahan tubuhnya kurang fit itu karena antibodinya kurang. Sehingga sering kali merasa lemas, apalagi saat puasa yang harus menahan haus serta menahan lapar. Maka dari itu tidak jarang orang akan mengalami sakit akibat daya tahan tubuh yang tidak maksimal.

Sayur dan buah adalah cara untuk mengatasi masalah ini, memperbanyak konsumsi sayur dan buah dapat memberi vitamin serta nutrisi alami agar tubuh selalu fit meskipun sedang puasa. Karena vitamin-vitamin dalam buah dan sayur akan membantu tubuh kita tetap kuat. Agar lebih efektif, buah di olah menjadi jus untuk di minum. Sedangkan sayur di konsumsi bersama nasi seperti biasa saat berbuka dan sahur.


8. Minum air elektrolit

Minuman elektrolit sangat membantu tubuh untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa. Minuman elektrolit adalah minuman yanh kaya akan kandungan mineral, magnesium dan vitamin C. Fungsinya untuk menambah ion-ion tubuh, serta menjaga kinerja saraf, peredaran darah dan otot. Sehingga membantu tubuh menyeimbangkan kadar air.

Dengan mengkonsusmi minuman elektrolit kamu tidak akan mudah haus lagi. Adapun jenis minuman elektrolit alami yang bisa kita minum adalah : air kelapa, jus semangka, jus sitrus, jus jeruk, air jahe, dan jus timun. Nah, jus mana yang kamu suka? Silahkan di minum saat buka puasa atau sahur maka kamu tidak akan mudah haus saat puasa.

Tips tambahan agar kuat puasa :

- Perbanyak minum air putih saat sahur
- Hindari sering di bawah sinar matahari
- Batasi pekerjaan atau aktivitas yang berat
- Perbanyak konsumsi makanan berprotein
- Tidak terlalu banyak bicara
- Perbanyak asupan vitamin C
- Kontrol emosi agar tidak cepat lelah
- Cukup istirahat selama puasa

Demikanlah 8 cara supaya tidak cepat lapar dan haus saat puasa, sehingga aktivitas menjadi lancar dan puasa bisa kita jalani hingga sebulan penuh hingga hari kemenangan tiba. Bagikan artikel ini kepada yang lain untuk mereka yang akan puasa, niscaya kamu juga akan mendapatkan pahala dengan menyebarkan artikel ini.

Selamat berpuasa....
Prev Article Prev
Next Article Next