8 Cara Agar Pintar di Semua Pelajaran dalam Waktu Singkat

Lapancara.com - Bicara soal pelajaran tentu akan membuat kepala kita pusing, namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang gemar dalam pelajaran seperti suka membaca, menulis dan berhitung. Ya, belajar adalah sebuah proses kegiatan yang membutuhkan otak untuk berfikir. Hal ini bertujan tentu saja agar kita bisa cerdas dan pintar.

Bukan hanya bisa pintar di sekolah, orang yang pintar juga lebih berpeluang besar dalam menentukan karir pekerjaan kedepannya. Lihat saja orang-orang yang sudah sukses sekarang, hampir semua kesuksesan tersebut mereka raih karena kecerdasan mereka sendiri. Meskipun ada juga sebagian orang sukses itu bukan di ukur dari kecerdasannya melainkan dari peluang serta usaha yang di lakukannya sendiri.

Tapi setidaknya bekal untuk menjadi orang pintar tentu saja harus ada dan harus kita persiapkan pada diri kita. Sebab 80% orang sukses itu berasal dari kecerdasan otaknya. Caranya gimana ? Ya, tentu saja kita harus belajar dan terus belajar. Salah satunya yaitu dengan bisa menguasai semua mata pelajaran.

Meskipun bukan perkara yang mudah, untuk dapat bisa menguasai semua mata pelajaran itu di butuhkan keyakinan yang kuat dalam diri kita. Niat dalam hati harus benar-benar ada demi mencapai masa depan, serta tidak boleh patah semangat. Jika gagal itu adalah hal biasa, yang perlu kita lakukan adalah usaha dan berdoa.

Nah, bagi Anda yang merasa dirinya masih kurang cerdas maka dapat mencoba 8 cara di bawah ini. Karena selain belajar, masih banyak cara-cara alternatif yang bisa membuat otak kita cerdas dengan cepat. Sehingga kamu bisa lebih percaya diri di sekolah maupun di luar sekolah. Oke, untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


8 Cara Agar Pintar di Semua Pelajaran dalam Waktu Singkat - LapanCara


Berikut 8 Cara Agar Pintar di Semua Pelajaran dalam Waktu Singkat :


1. Pelajari yang belum di bahas

Kebanyakan dari kita mempelajari pelajaran sekolah itu ketika pelajaran tersebut di berikan kepada guru kita. Padahal ada cara tercepat agar kita tidak kelihatan bodoh di sekolah, yaitu dengan belajar pelajaran besok yang belum di bahas oleh guru kita. Jika di antara teman-teman kamu ada yang dapat menjawab soal dengan mudah di sekolah, bisa jadi kemungkinan dia sudah pelajari pelajaran tersebut.

Maka dari itu, jika ingin terlihat lebih pintar dari teman kita maka kita harus 1 langkah lebih di depan dari mereka, yaitu dengan memelajari pelajaran yang belum di terangkan oleh guru kita di sekolah. Dengan begitu kamu lebih mudah memahami isi soal dan materi nantinya.


2. Ikut les tambahan di luar sekolah

Les adalah kegiatan ekstra khususnya bagi anak-anak dan remaja, hal ini sangat penting jika kamu ingin cepat pintar menguasai seluruh mata pelajaran sekolah. Jika kamu mengira teman kamu pintar ity adalah bawaan lahirnya maka asumsi tersebut tentu saja salah.

Orang lain bisa pintar itu karena kita tidak tahu selama ini usaha apa saja yang sudah ia lalui, bisa jadi selama ini orang lain atau teman kita bisa pintar itu karena dia mengikuti pelajaran ektra tambahan di luar sekolah yaitu les. Ya, dengan les pengetahuan kamu lebih banyak dan tentu saja kamu bisa meminta guru les kamu untuk mempelajari soal besok yang belum di bahas di sekolah.


3. Sering-sering baca koran

Orang-orang yang baca koran itu bukan sekedar membaca, tujuan lain dari mereka membaca koran adalah untuk memperluas wawasan. Semakin luas wawasan maka akan semakin banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita dapat. Terkadang baca koran tidak untuk mencerdaskan kamu di sekolah tapi dapat mencerdaskan kamu di luar sekolah, terutama ketika bergaul dengan teman.

Sering-sering membaca koran juga bisa meningkatkan kinerja otak, segala informasi yang kita baca akan di rekam oleh otak meskipun pembahasaannya di luar materi sekolah namum setidaknya sering membaca otak kita akan terlatih dan terbiasa ketika hendak membaca buku pelajaran.


4. Sering-sering baca berita

Berita adalah sumber informasi yang bisa menambah wawasan kamu, bukan hanya sekedar ingin tahu ataupun mengetahui sesuatu. Namun sering membac berita bisa melatih otak secara motorik. Buat kamu yang malas membaca buku, maka bisa membaca berita tapi berita tersebut harus bermanfaat.

Sesuaikan materi berita yang kamu baca dengan usia kamu saat ini, agar keinginan untuk rajin membaca bisa muncul dalam diri kamu. Karena terkadang orang pintar itu bukan hanya di ukur dari segi pelajaran yang di kuasainya, tapi di ukur juga dari wawasan serta ilmu pengetahuan yang di miliki. Banyak mengetahui informasi akan mempermudah kamu berteman dengam siapa saja.


5. Hafal poin-poin penting saja

Salah satu syarat menjadi orang pintar dan cerdas adalah dengan cara sering-sering menghafal pelajaran di buku. Namun sayangnya kebanyakan dari mereka menghafal dengan cara yang salah. Kesalahan tersebut terjadi ketika kita menghafal swmua materinya. Padahal inti-intinya saja sudah cukup, asalkan kita memahami maksud dari alur kalimat yang kita hafal itu.

Ingat, tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa menghafal semua materi dalam buku. Bahkan professor sekalipun tidak mampu menghafal semua isi buku, cara mereka mengatasi hal tersebut adalah dengan mengingat poin-poin pentingnya saja, bukan kalimat-kalimat yang tidak penting yang harus kita hafal.


6. Manfaatkan smartphone untuk belajar

Smartphone adalah satu-satunya teknologi saat ini yang paling dekat dan paling sering kita gunakan. Di bantu dengan adanya koneksi internet, kenapa kita tidak belajar dari sini saja? Di eras yang canggih sekarang ini Google dan Youtube merupakan pusat sarana informasi bagi siapa saja.

Jika anda ingin menguasai semua pelajaran, selain dari guru sekolah kita tentu bisa belajar sendiri di rumah. Salah satunya seperti menonton video pelajaran di youtube, atau mencari informasi pelajaran di google. Karena semua sudah ada di sana, kita tinggal ketik saja apa yang kita butuhkan.


7. Berteman dengan orang pintar

Bukan berarti berteman dengan orang bodoh kita ikut-ikutan bodoh, namun otak kita terkadang merekam kebiasaan yang sering kita lakukan. Baik itu kebiasaan baik ataupun kebiasaan buruk. Biasanya orang-orang pintar itu memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti belajar, membaca dan suka berbahas tentang pelajaran bermanfaat.

Nah, dari sisi inilah kebiasaan positif dari orang-orang cerdas itu bisa kita contohi. Berteman dengan orang cerdas tentu akan membawa kebiasaan baik pada kita, selain itu kita bisa belajar hal-hal baru pada mereka yang selama ini tidak kita ketahui. Mereka juga pasti mempunyai pembahasan pembicaraan yang penting untuk kita ketahui pula. Maka dari itu bertemanlah dengan orang yanh punya banyak ilmu.


8. Perbanyak konsumsi asupan nutrisi otak

Selain melatih otak dari luar seperti cara-cara yang sudah saya jelaskan di atas, kamu juga perlu memberi asupan nutrisi ekstra untuk otak kamu. Yaitu dengan sering mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang bergizi serta berprotein. Karena otak kita juga butuh asupan agar kinerjanya bisa maksimal.

Ada banyak sekali asupan nutrisi untuk otak, mulai dari jenis suplemen atupun jenis-jenis makanan bernutrisi yang bisa kita dapatkan pada sayuran, buah-buahan, daging, telur atau makanan lainnya yang berprotein. Susu juga dapat membantu perkembangan otak, ada baiknya mencari makanan yang mengandung omega-3, AHA dan DHA. Karena pada umumnya jenis nutrisi tersebut yang sangat mempengaruhi kinerja otak kita.

Tips tambahan :
  • Sering-seringlah bertanya kepada siapapun
  • Hindari makanan yang banyak penyedap rasa
  • Pastikan cukup istirahat terutama malam hari
  • Pastikan setiap hari cukup minum air putih
  • Jangan sering menunda makan saat perut lapar
  • Jalani pola hidup sehat agar tidak mudah stres

Semoga bermanfaat!
Prev Article Prev
Next Article Next