8 Cara Buat Tumis Pare Agar Tidak Pahit

Lapancara.com - Pare atau bahasa ilmiahnya sering di sebut dengan Peria adalah tanaman dari anggota labu yang tumbuh secara merambat. Pare banyak di temukan di Asia yang pada umumnya daerah yang tropis, terutama di India dan Indonesia. Hampir semua orang memanfaatkab pare sebagai sayuran lauk pauk untuk di konsumsi.

Bukan hanya sekedar lauk, pare adalah golongan sayur dari suku labu yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat pare untuk kesehatan adalah untuk pencernaan dan sebagai pencahar. Di balik rasa pahit yang di miliki oleh pare ini ternyata kandungan gizinya banyak.

Dalam 1 buah pare saja mengandung energi, karbohidrat, folat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, natrium, zink, vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K dan banyak lainnya. Selain itu pare ini juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kuning (sumber wikipedia). Maka dari itu banyak yang mengolah pare sebagai mengatasi berbagai masalah penyakit.

Akan tetapi, banyak orang yang tidak suka dengan rasa pare yang sangat pahit. Meskipun manfaat kesehatannya banyak, tapi rasa pahitnya inilah yang sering membuat orang untuk enggan mengkonsumsinya. Nah, pada kesempatan kali ini team Lapancara.com akan membagikan rahasinya.


8 Cara Buat Tumis Pare Agar Tidak Pahit - LapanCara


Berikut 8 Cara Buat Tumis Pare Agar Rasanya Tidak Pahit :


1. Rendam dengan kapur sirih

Sebenarnya yang membuat pare itu pahit adalah pada getahnya sendiri, jadi kamu harus benar-benar menghilangkan getah pare sampai ke isi-isinya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kapur sirih.

Caranya :

Potong tipis-tipis pare dan buang kulitnya, lalu cuci pakai air biasa sebanyak 3 kali. Di air yang ke empat jangan di buang, biarkan pare di rendam dengan air. Sekarang ambil lah kapur sirih secukupnya lalu masukkan kedalam wadah yang terendam pare, kocoko sedikit agar merata. Lalu diamkan selama 1 jam sampai meresap agar pahitnya hilang.


2. Rendam pare dengan air garam

Cara yang paling banyak di gunakan oleh ibu-ibu rumah tangga adalah dengan merendamnya terlebih dahulu menggunakan air garam. Air garam sendiri dapat menetralisir basa pada segala jenis makanan ataupun minuman yang rasanya berlebihan.

Caranya :

Potong pare tipis sesuai selera, buang juga kulitnya lalu cuci 3 kali seperti biasa. Kemudian siapka wadah dan tambahkan air secukupnya kemudian masukkan pare bersama 1 genggam garam dapur. Biarkab pare terendam bersama air garam selama 1 jam sebelum di tumis.


3. Rendam pare dengan gula

Salah satu bahan sederhan penghilang rasa pedas, asam, asin yaitu gula. Ya, gula pasir adalah bahan yang paling jitu untuk menetralisit rasa dan membuat rasa lebih manis dari sebelumnya. Kamu bisa merendam pare bersama gula seperti cara di bawah ini.

Caranya :

Potong pare seperti biasa dan di cuci sebanyak 3 kali juga. Kemudian tempatkan pare dalam 1 wadah, lalu isi wadah tersebut dengan air secukupnya. Kemudian tambahkan 5 sendok makan gula pasir lalu di aduk. Biarkan gula larut kemudian di rendam selama 30 menitan.


4. Rendam pare dengan air cuka

Jika garam memiliki rasa asin yang dapat menetralkan rasa, maka cuka memiliki rasa asam yang tinggi dan dapat menetralisir rasa pahit pada pare juga. Jika kamu banyak cuka di rumah, cobalah untuk menggunakannya kepada pare agar rasa pahitnya hilang.

Caranya :

Potong dan cuci pare seperti biasa, jangan lupa kulitnya di buang. Lalu tempatkan pare dalam satu wadah, kemudian jangan di tambahkan air biasa, tapi di tambahkan air cuka di wadah yang berisi pare tadi. Setelah di rendam selama 30 menit dengan air cuka, maka pare di rendam lagi 15 menit dengan air biasa sebelum di masak.


5. Rendam pare dengan asam jawa

Jika kamu tidak mempunyai asam seperti cuka, maka kamu juga bisa memanfaatkan asam jawa sebagai gantinya. Ya, asam jawa sendiri mampu menetralkan rasa pahit pada makanan apabila di olanhnya dengan benar.

Caranya :

Potong pare sesuai seleramu, buang kulitnta lalu di cuci bersih sampai 3 kali. Setelah itu masukkan dalam wadah dan di isi air secukupnya kemudian ambil beberapa asam jawa lalu celupka di dalamnya. Biarkan pare terendam selama 30 menit bersama asam jawa, semakin banyak asam jawa yang di gunakan maka akan semakin hilang rasa pahit pada pare.


6. Pilih pare ukuran kecil / sedang

Pare dengan ukuran kecil memiliki rasa pahit yang sedikit dan sebaliknya, pare yang berukuran besar cenderung lebih pahit. Semakin besar pare maka tingkat kepahitannya juga semakin tinggi. Maka sebelum membeli pare ada baiknya kamu cek ukurannya terlebih dahulu untuk meminimalisir kepahitannya.


7. Pilih pare dengan warna hijau tua

Selain memperhatikan ukuran pare, kamu juga harus jeli dalam memilih pare dari segi warnanya. Ya, warnanya bisa menentukan tingkat kepahitan pare. Semakin hijau tua warna pare maka tingkat kepahitannya semakin kecil dan sebaliknya, pare yang memiliki warna hijau muda itu lebih pahit. Sebab pare muda sedang dalam masa pertumbuhan dan memiliki rasa yang sangat pahit.


8. Remas pare beberapa kali

Jika kamu sama sekali tidak mempunyai bahan-bahan yang dapat menetralkan rasa pahitnya seperti yang sudah di jelaskan di atas, maka kamu cukup menggunakan tangan kamu untuk meremas pare yang yang sudah di potong tipis-tipis pada saat di cuci. Namun harus melakukan cara ini beberapa kali selama 15 menit, agar getah dalam daging pare keluar dan rasa pahitnya berkurang.


Demikianlah 8 cara agar pare tidak pahit saat di masak ataupun di tumis. Pilih salah satu cara di atas yang kamu suka, buat sajian pare sesuai seleramu. Jangan lupa bagika artikel ini pada ibu-ibu yang lain supaya mereka tahu cara mengolah pare.

Selamat mencoba...
Prev Article Prev
Next Article Next