8 Cara Masak Nasi Biar Tidak Cepat Basi

Lapancara.com - Nasi adalah makanan pokok warga Asia terutama di Indonesia, hampir semua masyarakat Indonesia memanfaatkan nasi sebagai makanan pokok. Nasi merupakan istilah nama makanan yang bahan utamanya itu dari beras, saat beras di rebus dan sudah bisa di konsumsi maka di sebutlah nasi bukan lagi beras. Intinya nasi itu dari beras, semua orang sudah tau hal ini.

Bicara tentang nasi, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kata basi. Ya, basi adalah kata yang sering kita ucapkan pada nasi. Seperti yang kita ketahui nasi itu memang akan basi dengan sendirinya meskipun kita tidak melakukan apa-apa kepada nasi tersebut. Hal ini lah yang menjadi banyak perbincangan, terutama mayoritas ibu-ibu rumah tangga dan para pedagang nasi pastinya.

Banyak dari mereka yang mengeluh tentang nasinya yang cepat sekali basi, sehingga tips supaya nasi tidak mudah basi pastinya akan bermanfaat untuk mereka termasuk Anda di rumah. Di sini akan saya bahas dengan lengkap, mulai dari cara memasaknya, menyimpannya dan sekaligus cara membungkus nasi agar tidak cepat basi (khusus pedagang nasi).

Selain untuk ibu-ibu rumah tangga biasa, para pedagang nasu juga harus tau tips agar nasi bungkus tidak cepat basi. Karena membungkus nasi juga ada triknya, dan pastinya kamu juga bisa lebih untung dan tidak mengalami banyak kerugian nantinya. Okelah untuk lebih lengkapnya silahkan simak cara-cara di bawah ini.


8 Cara Masak Nasi Biar Tidak Cepat Basi - LapanCara


Berikut 8 Cara Masak Nasi Biar Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama :


1. Takaran air beras harus pas

Beras yang sebelum di masak pastinya harus di beri air terlebih dahulu bukan? Nah, disinilah awal mula rahasia pertamanya. Takaran air yang kamu gunakan untuk memasak nasi itu harus pas, tidak lebih ataupun kurang. Jika lebih maka nasi bisa lembek, nasi lembek sudah pasti banyak mengandung air. Sehingga nasi akan cepat basi nantinya, ingat ini masak nasi bukan masak bubur.

Begitupun sebaliknya, takaran air yang kurang dapat membuat nasi terlalu keras dan ini juga bisa membuat nasi cepat basi karena nasi terlalu kering, ingat ini masak nasi bukan masak ketan. Oleh sebab itu pastikan takaran air sebelum masak nasi harus benar-benar pas.

Caranya :
  • Sediakan panci, isi beras dan air seperti biasa
  • Lalu gunakan jari telunjuk kalian
  • Celupkan kedalam air yang sudah di isi beras
  • Gunakan garis paling bawah di jari telunjuk
  • Pastikan jari berada di atas permukaan beras (bukan di dalam beras, tapi di atas permukaannya)
  • Pastikan tinggi air di garis telunjuk paling bawah
  • Cara ini cocok buat semua takaran beras

Lihat gambar :

Takaran Air Masak Nasi - LapanCara


2. Pastikan rice cooker tidak rusak

Rice cooker atau magic com adalah tempat memasak nasi tanpa api, hanya mengunakan bantuan arus listrik. Biasanya rice cooker ini hampir semua orang sudah memilikinya. Namun pastikan magic com milik Anda tersebur dalam keaadaan baik atau tidak rusak, karena bisa membuat masalah pada nasi.

Selain pada mesinnya, kamu juga harus pastikan di bagian pancinya sendiri. Pastikan tidak ada kebocoran atau hal-hal yang membuat nasi menjadi bermasalah. Jika ada kerusakan, atau nasi rasa serta nasi menjadi kuning atau aneh segeralah perbaiki rice cooker kamu secepatnya.


3. Tambahkan air jeruk nipis

Ingin nasi lebih awet dan tahan lama? Gunakan saja jeruk nipis. Karena jeruk nipis ini mengandung asam alami yang bisa membuat nasi menjadi tidak cepat basi. Hampir semua orang mengetahui cara ini dan sudah membuktikannya sendiri, nasi menjadi lebih tahan lama dari biasanya.

Untuk menggunakannya, tentu saja di saat nasi beluk di masak yaitu pada saat nasi akan di masak. Caranua kamu cuci beras terlebih dahulu seperti biasa dengan takaran air yang pas, lalu ambil 1 buah jeruk nipis dan belah menjadi dua bagian. Gunakan sebagian saja, lalu peras dalam beras kemudian masaklah nasi seperti biasa.


4. Hindari suhu udara dingin

Nasi akan lebih mudah basi apabika udara suhu di sekitarnya lebih dingin. Terutama apabila nasi yang sudah masak itu sudah di pisahkan dari rice cooker atau magic com. Jika sudah di pisahkan otomatis mode hangat pada nasi sudah hilang, dan suhu dingin akan mulai berinteraksi pada nasi.

Jika terus di biarkan dalam keadaan dingin, nasi hangat tersebut akan menguap dan airnya akan keluar sendiri. Air dingin yang membasahi nasi inilah yang menimbulkan kuman atau bakteri tak terlihat yang bisa membuat nasi atau makanan menjadi cepat basi. Itulah kenapa bakteri dan kuman cepat berkembang biak di udara dingin serta lembab.


5. Gunakan bawang putih

Selain dapat menggunakan jeruk nipis, kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk menjaga ketahanan nasi dari basi. Bawang putih sendiri mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat sekali menetralisir kuman dan bakteri pada makanan.

Sehingga secara tidak langsung nasi kamu sudah mengandung anti bakteri dari bawang putih. Antibakteri ini akan menjaga nasi tetap awet dan tahan lama, meskipun sedang tidak di hangatkan. Cara menggunakannya yaitu dengan meremukkan 1 siung bawang putih lalu celupkan kedalam beras sebelum nasi di masak.


6. Simpan nasi dalam termos

Jika Anda tidak menggunakan magic com sebagai penghangat nasi, maka ada baiknya mulai saat ini untuk selalu menyimpan nasi dalam termos khusus nasi. Seperti yang kita ketahui, fungsi termos adalah untuk menjaga suhu agar tetap hangat layaknya termos air. Ini adalah cara menyimpan nasi di termos supaya tidak basi, sekaligus cara menyimpan nasi agar tetap hangat.

Tapi berbeda dengan termos air, meskipun fungsinya sama tapi ukuran termos nasi lebih besar dari termos air pastinya. Tugas kita sekarang setiap nasi selesai di masak, segeralah masukkan nasi tersebut ke dalam termos nasi. Jangan lupa, tutup bagian atas termos nasi dengan handuk bersih kemudiab barulah di tutup menggunakan penutuo termos itu sendiri.


7. Bungkus nasi dengan rapat

Jika kamu seorang pedagang nasi, atau ingin membungkus nasi maka usahakan di bungkus dengan benar. Asal membungkus dapat membuat nasi cepat basi, salah satunya adalah masalah kerapatan. Perlu kamu ketahui, nasi yang hendak di bungkus haruslah di bungkus dengan rapat.

Entah itu menggunakan daun atau kertas mie, pastikan di bungkus rapat. Tidak ada celah udara yang masuk, jika ada celah terutama di bagian atasnya, maka bakteri dan udara akan mudah masuk kedalamnya, membuat nasi di dalamnya lembab sehingga cepat sekali basi.


8. Jangan sentuh nasi dengan tangan

Kesalahan yang paling sering kita lakukan itu adalah menyentuh nasi secara langsung menggunakan tangan kita. Akibatnya nasi akan mudah basi dari biasanya, mengapa hal ini bisa terjadi? Itu semua karena di tangan kita ada bakteri yang tidak kasat mata.

Apalagi jika kita belum mencuci tangan pakai sabun antiseptik, maka jika nasi di sentuh otomatis nasi akan terkontaminasi bakteri. Bakteri di tangan kita adalah bakteri khusus, fungsinya untuk membuat makanan cepat basi agar pencernaan menjadi lancar. Maka hindari menyentuh nasi, kecuali jika tidak mengkonsumsinya secara langsung.


Selamat mencoba...
Prev Article Prev
Next Article Next