8 Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lambat Saat Main Game

Lapancara.com - Hp android adalah hp yang paling banyak di gunakan saat ini oleh masyarakat. Hampir semua orang mempunyai hp android ini, mulai dari orang dewasa bahkan anak-anak. Kemajuan teknologi adalah faktor utama yang membuat orang berbondong-bondong memiliki android ini.

Selain sudah bisa mendapatkan mode sentuh, salah satu keunggulan android adalah fitur-fiturnya yang sangat menarik terutama saat main game. Dibandingkan dengan hp biasa, game-game yang ada di hp android sangat banyak dan permainannya sangat seru serta di tambah lagi dengan efek grafis yang luar biasa yang dapat memanjakan penggunanya.

Namun seperti yang kita ketahui kepuasan saat bermain game itu tentu saja di tentukan oleh jenis hp android yang kita gunakan. Karena dapat kita lihat sendiri, tipe-tipe hp android itu ada banyak sekali. Sehingga spesifikasi pada setiap android itu berbeda-beda tergantung tipe hp yang kita gunakan. Faktor harga juga sangat memengaruhi kinerja hp kita biasanya.

Seperti hp android dengan harga yang murah maka tentu saja kita akan mendapatkan spesifikasi yang standar saja. Sehingga kinerja hp juga standar, begitupun sebaliknya hp android dengan harga yang tinggi biasanya memiliki spesifikasi di atas rata-rata sehingga kinerja hp menjadi lebih baik dengan performa yang luar biasa terutama saat main game.

Berikut 4 hal yang mempengaruhi kinerja hp :
- RAM
- CPU
- PROCESSOR
- JARINGAN

Jika hp kalian mempunyai spesifikasi yang tinggi dari 4 hal di atas maka kinerja hp bia sangat bagus. Begitupun sebaliknya, jika 4 spesifikasi di atas rendah maka kinerja hp juga akan rendah tidak bisa maksimal.

Namun bukan berarti spesifikasi hp yang tinggi tidak akan membuat hp android menjadi lambat. Karena ada juga beberapa hp yang mempunyai spek yang tinggi tapi hp masih lambat dan lag serta patah-patah terutama saat main game. Hal ini bisa di sebabkan oleh aplikasi-aplikasi yang bisa memboroskan RAM dan setingan yang kita lakukan.

Nah, bagi anda yang ingin hp androidnya cepat tidak lag dan patah-patah maka bisa mencoba beberapa tips di bawah ini yang mungkin saja bisa membantu. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti cara-cara di bawah berikut.


8 Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lambat Saat Main Game - LapanCara


Berikut 8 Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lambat Saat Main Game :


1. Matikan sinkron data

Setiap hp android pada umumnya tersedia fitur yanh satu ini yaitu fitur sinkron data. Semua pasti ada pengaturan ini apapun tipe hp android kalian. Nah, pada umumnya fitur sinkron data ini aktif secara otomatis. Fungsinya yaitu untuk sinkron aplikas dan backup data seperti gmail dan lain-lain. Jika di matikan maka kamu tidak akan menerima notifikasi email lagi, jika ingin mengetahui ada pesan masuk pada gmail maka harus buka gmail secara manual.

Selain itu jika dimatikan fitur ini foto, kontak, video dan akun tidak akan di backup secara otomatis. Namun jika kalian merasa fitur ini tidak begitu penting maka di matikan saja. Selain bisa membuat hp lebih cepat, daya baterai serta paket data kamu tidak akan cepat habis. Saya pribadi sendiri lebih memilih untuk mematikannya karena bisa buat hp cepat serta hemat baterai dan hemat paket data.

Caranya :

Buka setelan >> pengguna & akun >> otomatis sinkronkan data. Silahkan di geser panahnya ke kiri untuk mematikannya.


2. Matikan semua notifikasi aplikasi

Penyebab hp android lambat dan lag meskipun spesifikasinya tinggi itu adalah akibat notifikasi-notifikasi yang muncul terutama ketika kita sedang main game. Nah, tugas kita di sini hanya perlu mematikannya agar tidak muncul lagi, karena notifikasi ini sangat mengganggu saat kita main game. Selain itu hp kita juga menjadi lambat, karena jaringannya di ambil sebagian oleh notifikasi ini.

Caranya :

Buka setelan >> aplikasi & notifikasi >> pilih aplikasi yang sering muncul pemberitahuannya misalnya saja whatsapp >> notifikasi aplikasi >> ubah geser panah ke kiri menjadi tidak aktif. Anda harus melakukannya satu-persatu pada setiap semua aplikasi agar notifikasinya tidak muncul lagi.


3. Uninstall aplikasi tidak perlu

Ketika kita berselancar di internet melalui web browser seperti di google chrome, maka biasanya ada saja iklan-iklan yang mengharuskan kita untuk menginstal sebuah aplikasi. Sehingga secara tidak sengaja dan tanpa kita sadari aplikasi yang tidak perlu itu sudah terinstall di hp kita. Akibatnya penggunaan RAM dan PROCESSOR ikut termakan oleh aplikasi yang tidak penting ini.

Maka tugas kita sekarang adalah membersihkan semua aplikasi sampah tersebut untuk di hapus atau di uninstall saja. Caranya sama seperti nomor 2 di atas namun hanya saja kita bukan mencari notifikasi namun mencari nama yang bertulisan copot pemasangan atau uninstall.

Caranya :

Buka setelan >> aplikasi & notifikasi >> scroll dan lihat semua aplikasi yang aneh lalu di klik >> copot pemasangan / uninstall. Sebelum di lakukan copot pemasangan ada baiknya kamu pilih bagian menu penyimpanan di bawahnya lalu hapus data dan hapus cache. Hal ini bertujuan untuk menghapus aplikasi tersebut sampai ke akar-akarnya seperti folder dan file-filenya di memori internal. Karena jika tidak di lakukan hapus data dan hapus cache maka foldernya masih tetap tinggal meskipun sudah di lakukan uninstall atau copot pemasangan.


4. Matikan salah satu SIM

Hampir semua tipe android sekarang sudah memiliki fitur dual sim. Fitur ini bertujuan agar ke dua sim kita aktif untuk bisa dilakukan panggilan telepon atau sms. Namun tahukah Anda bahwa mengaktifkan 2 sim bisa membuat hp boros baterai dan bisa membuat hp bekerja lebih keras karena selalu menerima sinyal dalam keadaan siap siaga. Meskipun tidak terasa berpengaruh, tapi jika di matikan salah satu sim tersebut maka bisa membuat hp sedikit lebih lega.

Sinyal yang naik turun pada kartu sim yang kita gunakan itulah yang biasanya mempengaruhi kinerja hp. Saya pribadi lebih memilih memasang 1 kartu sim saja, namun jika anda menggunakan 2 sim maka sebaiknya di matikan salah satunya ketika sedang main game. Supaya hp tidak cepat panas, menguragi lag dan menghemat baterai.

Caranya :

Buka setelan >> jaringan & internet >> kartu SIM >> lalu matikan salah satunya dengan cara di geser panah ke arah kiri. Pastikan kartu sim yang di matikan itu adalah kartu sim yang jarang di pakai atau bukan kartu internet saat main game.


5. Gunakan mode pesawat

Cara ini hanya di peruntukan bagi Anda yang main game hanya menggunakan jaringan WIFI di android bukan menggunakan paket data internet dari kartu SIM. Nah, jika kalian main game cuma dengan jaringan wifi saja maka hidupkan saja mode pesawat. Kamu masih bisa main game dengan koneksi wifi apabila mode peswat di hidupkan, namun jika kamu menggunakan koneksi jaringan paket data maka mode pesawat tidak bisa di aktifkan. Sebab kartu sim juga otomatis menjadi tidak aktif jika mode pesawat hidup.

Caranya :

Buka setelan >> jaringan & internet >> mode pesawat. Silahkan di matikan dengan cara di geser panahnya ke arah kiri. Ingat, mode pesawat dapat menonaktifkan kartu sim, jadi cara ini cuma buat kamu yang menggunakan jaringan wifi untuk main game.


6. Aktifkan kecerahan adaptif

Kecerahan adaptif adalah mode cahaya yang bisa redup dan terang sendiri secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya di area kita. Biasanya fitur ini tersedia di berbgai tipe android kita, bagi sebagian orang fitur ini malah di matikan karena di kira tidak bermanfaat yang malah terlihat hp kita seperti hp rusak.

Padahal fitur ini sangat penting terutama dalam menjaga suhu hp. Perlu anda ketahui, menyetel cahaya terlalu terang pada hp kita itu bisa membuat hp cepat panas sehingga kinerja hp menjadi lambat. Maka dari itu biarkan fitur ini di aktifkan, sebab fungsinya bukan hanya mengatur kecerahan cahaya secara otomatis tapi bisa sebagai pengatur suhu untuk menghindari overload suhu hp.

Caranya :

Buka setelan >> tampilan >> kecerahan adaptif. Silahkan di aktifkan dengan cara menggeser panahnya ke kanan.


7. Gunakan selalu tema bawaan android

Terkadang kita suka mempercantik hp android kita dengan menggunakan tema lain. Perlu Anda ketahui, tema ini sangat mempengaruhi kinerja hp, karena ia akan terus aktif selama hp android di hidupkan. Maka saat kita menggunakan tema lain, sudah pasti RAM kita akan di konsumsinya. Processor hp kita juga akan ikut mempengaruhi kinerja hp.

Maka tanpa kita sadari ada aktivitas yang berjalan pada latar belakang hp kita yaitu tema yang kita gunakan tersebut. Meskipun tampilan layar menjadi lebih menarik tapi tanpa kita sadari performa hp jadi menurun. Maka oleh sebab itu pastikan untuk tidak pernah menggunakan tema lain kecuali tema standar bawaannya. Jika sudah terlanjur di gunakan maka di hapus saja, cara menghapusnya bisa Anda lihat pada contoh nomor 3 di atas yaitu tentang cara uninstall aplikasi yang tidak perlu.


8. Jangan gunakan wallpaper animasi

Wallpaper animasi adalah wallpaper yang bergerak, biasanya fitur ini bisa membuat hp android kita terlihat lebih kereb dan canggih. Tapi sayangnya fitur ini juga hampir sama kekurangannya seperti menggunakan tema. Karena bisa menyebabkan latar belakang selalu berjalan pada hp yang tidak kita ketahui yang bisa membuat performa menurun.

Wallpaper animasi juga bisa membuat baterai hp lebih boros, karena wallpaper ini hampir sama keadaannya seperti kita yang selalu menonton video. Maka dari itu gunakan saja wallpaper yang tidak bergerak, karena wallpaper bergerak atau animasi ini sangat berpengaruh saat kita main game. Bisa buat game jadi patah-patah akibat ram sudah boros karena wallpaper animasi yang kita gunakan.


Demikianlah 8 cara yang bisa kamu terapkan pada hp android kamu supaya hp tidak lag saat main game. Perlu kamu ketahui tidak semua jenis hp bisa di percepat kinerjanya. Karena ada sebagian hp yang memang spesifikasinya betul-betul rendah sehingga memang tidak cocok untuk main game.

Tapi jika kamu merasa spek hp android lumayan tinggi, maka bisa mencoba 8 cara di atas. Semoga bermanfaat...

Tips tambahan :
  • Hindari menggunakan tema keyboard lain
  • Jangan main game ketika sedang di charger
  • Tutup semua tab aplikasi sebelum main game
  • Tidak perlu menggunakan antivirus di android
  • Bersihkan file sampah yang tidak digunakan (gunakan aplikasi untuk membersihkannya seperti CCLEANER atau RAMboster).
Prev Article Prev
Next Article Next