8 Cara Supaya Nafas Tidak Bau Saat Puasa

Lapancara.com - Berpuasa berarti kita harus menahan haus dan lapar, sebagai umat islam berpuasa wajib di lakukan terutama saat bulan ramadhan tiba. Bulan ramadhan akan selalu ada setiap tahun, para umat islam di wajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh hingga hari kemenangan tiba yaitu hari raya idul fitri.

Selain harus menahan haus dan lapar, saat berpuasa kita juga tidak boleh memasukkan sesuatu ke dapam mulut termasuk menyikat gigi sampai pada batas waktu yang sudah di tentukan. Jika sudah waktunya untuk berbuka puasa seperti menjelang magrib hingga sahur maka saat-saat itulah kita bisa menyikat gigi atau berkumur dengan larutan pembersih mulut.

Jadi singkat ceritanya, mulai dari subuh hingga menjelang magrib kita tidak boleh menyikat gigi atau berkumur dengan larutan pembersih mulut. Yang di perbolehkan hanya berkumur dengan air biasa, maka bagi sebagian orang inilah yang menjadi timbulnya masalah bau mulut.

Ya, masalah bau mulut saat berpuasa adalah hal yang biasa dan wajar. Mengingat saat puasa kita tidak boleh membersihkan area mulut, sehingga otomatis bau mulut tidak bisa untuk di hindari. Namun akan tetapi, masalah bau mulut bisa kita atasi meskipun kita sedang berpuasa. Untuk mengetahui caranya, silahkan Anda simak di bawah ini.


8 Cara Supaya Nafas Tidak Bau Saat Puasa - LapanCara


Berikut 8 Cara Supaya Nafas Tidak Bau Saat Puasa :


1. Banyak minum air putih sebelum puasa

Sebelum jam puasa di mulai, terutama pada saat sahur Anda harus memperbanyak minuk air putih. Mengapa? Selain dapat mencegah rasa haus selama berpuasa, air putih mampu menghilangkan bau mulut secara alami. Karena air putih ini akan membersihkan saluran kerongkongan dari sisa-sisa makanan hingga ke lambung.

Sisa-sisa makanan yang menempel pada mulut dan pada saluran tenggorokan inilah yang menjadi penyebab bau mulut. Maka dari itu pastikan memperbanyak minum air putih sebelum memulai puasa terutama pada saat selesai makan. Pastikan makanan penutup terakhir Anda adalah air putih, bukan air teh atau kopi karena bisa lengket di gigi dan mulut atau tenggorokan hingga menyebabkan bau mulut.


2. Kumur mulut dengan air garam

Setiap selesai makan dan minum cobalah untuk membiasakan berkumur dengan air garam. Mengapa? Karena garam bisa menghilangkan kuman dan bakteri dalam mulut yang menempel pada gigi. Air garam juga mampu menetralisir kadar asam dalam mulut akibat sisa-sisa makanan yang banyak mengandung gas yang tidak Anda sadari.

Berkumurlah dengan rutin, paling tidak 3 kali sehari. Jika pada saat puasa, Anda dapat berkumur dengan air garam setelah berbuka di saat magrib, lalu sebelum tidur malam dan pada saat sahur setelah makan. Cobalah lakukan cara ini dengan rutin, maka bau mulut akan hilang dengan sendirinya.


3. Rutin sikat gigi minimal dua kali sehari

Saat sedang berpuasa kita memang tidak boleh menyikat gigi tapi jika sudah waktunya berbuka hinnga sahur maka di situlah kesempatan kita untuk menyikat gigi. Nah, meskipun Anda sudah menyadarinya maka pastikan Anda menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu saat berbuka dan sahur saja.

Ya, penyebab bau mulut adalah karena kita tidak rutin membersihkan gigi. Selain itu waktu menyikat gigi saat bulan puasa juga harus Anda ketahui. Yaitu pada saat berbuka sesudah makan bukan sebelum makan, dan di waktu sahur harus sikat gigi juga tepatnya sesudah makan bukan sebelum makan.


4. Kumur dengan larutan pembersih mulut

Jika nafas Anda benar-benar bau meskipun sudah rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari seperti pada poin nomor 3 yang sudah saya jelaskan di atas. Maka berarti Anda perlu cara ekstra tambahan untuk menghilangkan bau mulut. Yaitu dengan menggunakan larutan khusus pembersih mulut dan gigi.

Larutan ini pada umumnya bisa Anda dapatkan di Apotik terdekat, misalnya saja seperti Listerine dan semacamnya. Karena biasanya larutan ini sudah mengandung antibiotik yang mampu menghilangkan kuman dan mencegah bau mulut. Jadi jika tidak mempan dengan sikat gigi saja, Anda benar-benar membutuhkan larutan ini.


5. Pastikan Anda tidak sedang sariawan

Salah satu penyebab bau mulut yang berlebihan itu adalah akibat kita sedang mengalami sariawan. Jadi segala macam cara untuk menghilangkan bau mulut akan sia-sia saja Anda lakukan apabila saat ini Anda sedang mengalami masalah dengan sariawan.Biasanya gejala awal sariawan ini tidak di ketahui oleh penderitanya sebelum keadaan sariawan benar-benar parah.

Jika sudah parah barulah biasanya bibir, gusi atau lidah akan terasa sakit. Maka dari itu jika segala cara sudah di coba tapi tidak mempan, maka cobalah periksa mulut Anda karena siapa tau Anda sedang sariawan. Jika benar ia sedang sariawan, maka atasi dulu sariawannya.


6. Kumur dengan air daun sirih

Daun sirih adalah daun herbal alami yang salah satu manfaatnya adalah untuk menghilangkan bau mulut. Mengapa? Karena daun sirih memiliki kandungan antibiotik alami serta anti bakteri yang mampu menuntas bersihkan kuman-kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Sudah banyak orang yang membuktikan cara ini dan berhasil, ternyata daun sirih memang benar-benar mampu mengatasi bau mulut. Caranya membuatnya yaitu dengan meremukkan beberapa lembar daun sirih, lalu di masukkan dalam air putih dan kemudian airnya di kumur-kumur selama beberapa menit. Cobain aja!


7. Hindari makanan yang memicu bau mulut

Selain akibat kuman dan bakteri, penyebab bau mulut juga di picu oleh jenis-jenis makanan tertentu yang kita makan sebelumnya. Jadi meskipun Anda sedang tidak sariawan dan Anda sudah rutin membersihkan mulut maka bau mulut bisa saja terjadi akibat pengaruh dari makanan yang Anda konsumsi sebelumnya.

Adapun contoh jenis-jenis makanan yang memicu bau mulut adalah : jengkol, durian, pete, telur, terasi, ikan tongkol, kuah ikan dan lain-lain sebagainya. Selain jenis makanan yang di sebutkan tadi, masih banyak lagi jenis-jenis makanan lain yang mampu membuat mulut Anda bau. Tugas kita sekarang untuk mengurangi jenis makanan tersebut.


8. Atasi dengan buah jeruk

Buah jeruk adalah buah yang sering di jadikan makanan penutup, selain apel dan pir. Jika apel dan pir hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi dari sisa-sia makanan maka tidak dengan jeruk. Buah jeruk sendiri mengandung asam dan vitamin C yang mampu menetralisir bau dalam mulut.

Jadi tidak heran apabila buah jeruk sering di jadikan makanan penutup oleh sebagian orang dari dulu hingga sekarang. Maka dari itu jika Anda tidak mempunyai waktu untuk membersihkan gigi dan mulut, maka cobalah makan buah jeruk agar bau mulut hilang. Cara ini cukup praktis dan mampu bertahan lama mengindari bau mulut.


Demikianlah 8 cara supaya nafas tidak bau saat puasa, meskipun masih banyak cara-cara alami lainnya tapi cara di atas adalah cara yang paling bagus sesuai dengan pengalaman pribadi saya.

Tips tambahan mencegah bau mulut :
  • Selalu minum air setelah merokok (jika Anda perokok)
  • Perbanyak konsumsi vitamin C untuk cegah sariawan
  • Bersihkan juga lidah, bukan hanya gigi saja
  • Sering minum air hangat agar bakteri mulut hilang
  • Kurangi makanan pedas dan asin penyebab mulut kering

Selamat berpuasa...
Prev Article Prev
Next Article Next