8 Cara Supaya Nasi Tidak Kering dan Basi di Magic Com

Lapancara.com - Nasi atau rice adalah makanan pokok yang mayoritas paling banyak di konsumsi adalah di belahan negara Asia. Hampir semua orang asia memanfaatkan beras untuk di masak menjadi nasi dan di konsumsi. Ya, nasi memang bisa menjadi makanan pokok yang sehat sebab di dalam nasi terkandung karbohidrat yang bisa menambah energi dan membuat seseorang menjadi kenyang dari rasa lapar.

Meskipun nasi bukan makanan pokok di seluruh dunia karena bukan satu-satunya makanan pokok yang ada tapi nasi ini cukup di minati termasuk di Indonesia sendiri. Orang Indonesia seperti kita tentu saja makanan pokoknya adalah nasi dari jaman nenek moyang. Jaman dulu nasi di masak menggunakan tempat yang unik yaitu terbuat dari tanah liat.

Namun seiring berkembangnya jaman nasi mulai di masak dalam panci, namun hingga saat berkembangnya teknologi nasi kini sudah di masak dalam mesin atau yang lebih di kenal dengan sebutan Magic com atau rice cooker. Dengan magic com seseorang yang memasak nasi tidak membutuhkan api lagi, hanya memerlukan arus listrik sehingga proses memasak nasi menjadi lebih praktis.

Tapi sayangnya terkadang memasak nasi dalam magic com tidak sesempurna yang inginkan, salah satunya seperti masalah nasi yang cepat sekali mengering. Akibatnya tekstur nasi menjadi lebih keras saat kita makan, oleh sebab itu banyak sekali orang yang mencari cara bagaimana cara memasak nasi yang benar dalam magic com agar tidak cepat mengering dan tidak cepat basi.Dan bahkan terkadang memasak nasi menggunakan rice cooker ini dapat membuat nasi menjadi lebih menguning.

Nah, pada kesempatan kali ini Kami akan memeberikan beberapa tips yang bermanfaat khususnya bagi para ibu-ibu tentang cara menyimpan nasi agar tidak kering dan tips agar nasi tidak cepat basi di magic com. Selain itu ibu juga harus tahu bagaimana merk magic com yang tidak membuat nasi kering, karena merk ini juga mempengaruhi kualitas nasi kita. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


8 Cara Supaya Nasi Tidak Kering dan Basi di Magic Com - LapanCara


Berikut 8 Cara Supaya Nasi Tidak Kering dan Basi di Magic Com :


1. Perhatikan merek magic com

Ya, hal pertama yang perlu ibu-ibu perhatikan adalah merek si magic com itu sendiri. Karena sebagian orang tidak ada masalah pada nasi yang di masak dengan magic com nya tersebut. Hal ini berpengaruh pada merek magic com yang ibu-ibu gunakan. Disini kami tidak bisa menyebut merek magic com apa saja yang bagus untuk di beli sebelum di gunakan, namun kami hanya bisa memastikan ibu menggunakan magic com yang berkualitas, yang memang mereknya sudah terkenal dan di akui.

Jadi jangan membeli merek yang tidak terkenal, karena biasanya merek tanpa brand itu adalah buatan legal yang tidak bisa di jamin kualitas nasi kita nantinya. Maka dari itu pastikan magic com yang digunakan adalah yang mereknya terkenal dan sudah sering kita dengar atau kita lihat.


2. Perhatikan kualitas beras

Selain merek magic com, para ibu juga harus teliti untuk membeli beras dengan kualitas yang terpercaya. Lihat mereknya juga, pastikan beras tersebut adalah beras pilihan bukan beras abal-abal. Karena kualitas beras ini sangat menentukan hasil jadi nasi ketika sudah di masak. Jangan menggunakan beras yang tidak kita ketahui mereknya, kebanyakan hal seperti ini sering terjadi pada jenis-jenis beras yang pada umumnya berharga murah.

Kita harus benar-benar bijak dalam memilih beras, terlalu putih juga bukan jaminan beras terbaik karena banyak orang yang tidak bertanggung jawab memutihkan beras dengan cara yang curang misalnya menggunakan pemuith pakaian pada beras. Oleh sebab itulah kita harus memilih beras yang berkualitas dan terpercaya serta sudah di akui perusahaannya.


3. Takaran air beras harus pas

Nah, kesalahan para ibu-ibu saat menanak nasi itu adalah kapasitas airnya sendiri. Air yang terlalu sedikit digunakan dapat membuat nasi menjadi cepat kering. Begitupun sebaliknya, jika air terlalu banyak digunakan maka dapat membuat nasi menjadi cepat lembek. Jadi takaran air harus benar-benar pas, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

Jika Anda para pengguna magic com atau panci maka dapat menggunakan teknik sederhana yaitu mengukurnya dengan menggunakan jari telunjuk kita. Caranya pastikan beras dan air sudah ada dalam magic com, lalu letakkan jari telunjuk dengan menyentuh permukaan atas beras dan pastikan tinggi air itu sebatas garis pertama ujung jari telunjuk kita (bukan pada garis tengah).

Lihat contoh gambar :

Takaran Air Beras Masak Nasi - LapanCara


4. Cuci beras hingga bersih

Kesalahan sederhana yang sering di abaikan juga dapat terjadi pada saat kita mencuci beras itu tidak benar-benar bersih. Beras yang tida bersih di cuci biasanya masih mengandung banyak tepung beras alaminya, tepung beras yang mengedap dalam air bersama beras.

Inilah yang saat di masak dapat membuat warna beras menjadi lebih keruh dan dapat menyebab tekstur beras lebih keras sehingga nasi menjadi cepat kering. Maka dari itu cucilah beras setidaknya di aduk-aduk dalam air sebelumnya paling sedikit 3 kali, buang air pertama, kedua dan ketiga. Air ke empat baru digunakan untuk memasak nasi. Pastikan juga warna air benar-benar sudah bening dan jernih.


5. Tambahkan perasan air lemon

Mungkin banyak yang sudah tahu cara ini, namun untuk anda yang belum tahu maka cobalah setiap kali sebelum nasi di masak itu di tambahkan beberapa tetes air perasan lemon terlebih dahulu setelah itu di aduk sedikit agar merata dan barulah di masak. Air lemon ini dapat membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut sehingga nasi tidak akan mudah mengering dan warna nasi juga lebih cerah putih tidak menguning.

Tapi jangan menggunakan air lemon secara berlebihan jika tidak ingin rasa nasi menjadi asam. Maka cukup di gunakan beberapa tetes saja dan lihat sendiri hasilnya, namun tetap harus di imbangi dengan takaran air yang pas seperti yang sudah di jelaskan di atas.


6. Aduk nasi saat setengah matang

Mungkin biasanya kita menggunakan magic com dengan cara yang praktis yaitu mengisi air dan beras lalu tinggal colok ke listrik dan menunggu nasi matang. Akan tetapi cara tersebut kurang tepat, menurut pengalaman pribadi pada saat nasi sedang di masak menggunakan magic com maka kamu harus mengaduknya 1 kali menggunakan sendok nasi khusus.

Tepatnya pada waktu nasi setengah matang, tergantung magic com kamu juga, jika biasanya memasak nasi menggunakan magic com membutuhkan waktu 1 jam maka setelah 30 menit kamu harus mengaduk-aduk nasi sebentar lalu tutup magic com seperti biasa dan barulah tunggu sampai matang. Cara ini dapat membuat nasi tidak menggumpal dan tidak mudah kering.


7. Jangan mencabut arus listrik magic com

Saat nasi sudah matang, biasanya kita sering mencabut stop kontak listriknya dengan angan-angan agar hemat listrik pastinya. Namun sebaiknya jangan di cabut, karena jika di cabut mode hangat nasi akan hilang. Saat mode hangat ini sudah tidak ada maka uap yang seharusnya ada dalam magic com pun ikut lenyap sehingga nasi akan cepat kering.

Inilah yang menjadi penyebab utama mengapa nasi selalu cepat kering dalam magic com, karena arus listriknya sudah di lepas. Oleh sebab itu selama nasi masih ada dalam magic com maka ada baiknya arus listriknya jangan dimatikan, agar kelembaban nasi tetap terjaga.


8. Hindari menyentuh nasi dalam magic com

Tangan kita tidak boleh menyentuh nasi yang ada dalam magic com, usahakan selalu menggunakan sendok khususnya. Kecuali jika nasi sudah di tempatkan dalam piring kita maka kita bebas menyentuhnya dan bahkan mengkonsumsinya dengan tangan kosong. Tapi tidak jika nasi masih berada dalam magic com tersebut, karena nasi dalam magic com bisa cepat basi sekalipun tangan kita benar-benar bersih dan sudah di cuci pakai sabun.

Namun tahukah Anda bahwa tangan kita ini ada bakteri khusus yang bisa membuat nasi cepat basi, manfaat bakteri ini biasanya untuk melancarkan pencernaan. Maka dari itulah mengapa kita di anjurkan untuk memakan nasi menggunakan tangan kosong bukan dengan sendok. Jadi seperti yang sudah dijelaskan, jika nasi masih dalam magic com jangan coba-coba menyentuhnya dengan tangan kosong.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !
Prev Article Prev
Next Article Next