8 Cara Supaya Tidak Mudah Lupa dan Pikun

Lapancara.com - Lupa adalah ketidakmampuan otak dalam mengingat sesuatu pada masa yang telah di lalui sebelumnya. Misalnya saja lupa dalam mengingat pelajaran, menyimpan benda, atau lupa telah melihat sesuatu dan lupa telah melakukan sesuatu. Semua orang pada umumnya pernah mengalami lupa termasuk saya sendiri.

Lupa adalah hal yang wajar, tapi jika sering-sering lupa itu yang bisa menjadi masalah dalam kehidupan kita. Karena bisa jadi Anda adalah orang-orang yang tergolong pikun. Lupa dan pikun itu sebenarnya sama saja, hanya saja levelnya yang berbeda. Lupa lebih umum dan lebih mayoritas di alami oleh siapa saja, tapi pikun beda lagi ceritanya.

Jika Anda sudah tergolong orang yang pikun sebaiknya berhati-hati, karena ini sudah di atas level lupa atau sudah parah. Karena mayoritas pikun ini kebanyakan di alami oleh orang-orang lanjut usia saja, yang daya ingat serta daya pikirnya mulai melemah. Jangan sampai Anda yang masih muda saat ini sudah tergolong orang yang pikun.

Pikun lebih bahaya dari pada lupa, meskipun pikun pada dasarnya di karenakan oleh kebanyakan lupa. Sehingga kebiasaan buruk ini akan terus berlangsung hingga kita dewasa sampai menjadi pikun dengan sendirinya. Namun, lupa sebenarnya bisa kita cegah apabila kita melatih kemampuan otak sejak dini. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


8 Cara Supaya Tidak Mudah Lupa dan Pikun - LapanCara


Berikut 8 Cara Supaya Tidak Mudah Lupa dan Pikun :


1. Jangan lewatkan jam makan

Hal pertama sekali yang haru kita pikirkan adalah kenapa kinerja otak kita menurun? Nah, penyebab terbesarnya itu karena kita sering melewatkan jam makan. Terlebih lagi ketika sarapan pagi, hal ini penting dan sangat penting karena selain menjaga kesehatan tubuh otak kita juga perlu energi dari asupan makanan yang kita konsumsi.

Tubuh yang kekurangan energi bisa mempengaruhi kinerja otak, jika sering di abaikan maka otak akan terus mengalami penurunan daya fungsi. Maka dari itu makan 3 kali sehari wajib di lakukan, selain memberi energi pada tubuh secara tidak sengaja kita juga telah memberi energi pada otak.


2. Sering-sering menghafal

Tujuan utama menghafal yang biasanya kita dapatkan dari guru di sekolah ini adalah sebenarnya untuk melatih kemampuan motorik otak kita. Semakin banyak yang di hafal maka kemampuan otak akan terus meningkat, sel-sel otak yang awalnya kurang aktif kini menjadi aktif.

Itulah kenapa kita dulu di sekolah sering di suruh menghafal pelajaran, tujuannya tidak lain adalah agar seluruh sel-sel di otak menjadi aktif. Ketika miliaran sel otak aktit, kemampuan daya ingat anda lebih kuat. Oleh sebab itu mulai sekarang sering-seringlah menghafal apa saja.


3. Biasakan mencatat sesuatu

Selain sering menghafal, kamu juga perlu membiasakan diri untuk mencatat sesuatu yang penting. Baik di catat pada buku ataupun di hp, meskipun terlihat sepele tapi cara ini cukup baik jika kemampuan daya ingat kita terbatas. Banyak hal yang kita lupa, tapi tidak dengan buku catatan kita.

Kita pasti akan selalu ingat apa-apa saja yang sudah kita catat. Tulisan yang kita tulis itu biasanya akan terekam oleh otak melalui mata yang kita lihat ataupun melalui telinga yang kita baca, usahakan setelah mencatat kamu membacanya juga agar telinga kamu mendengar dan suara kamu tersebut akan di tangkap oleh otak.


4. Biasakan mendengar dengan fokus

Kemampuan otak akan berinteraksi pada indra-indra manusia, seperti yang kita ketahui indra manusia ada 5. Yaitu menyentuh, melihat, mendengar, merasa, dan penciuman bau. Kelima indra ini saling berinteraksi dengan otak. Agar kamu tidak mudah lupa cobalah menghafal sesuatu menggunakan beberapa indra kamu.

Mendengar adalah salah satu indra yang paling kuat hubungannya dengan otak, karena tanpa melihat, tanpa menyentuh dan tanpa merasakan kita bisa mengingat sesuatu apa yang kita dengar. Oleh sebab itu berfokuslah untuk mendengar, salah satu caranya adalah dengan kita ucapkan sendiri. Karena nanti otak akan merekam apa yang di dengar.


5. Sering melihat dan membayangkan

Pernahkah kamu tidak bisa tidur setelah melihat atau membayangkan seseorang yang kamu cintai? Biasanya kita membayangkan wajah atau senyumnya yang rupawan. Ya, itu adalah kerjaan otak kita. Hal-hal yang telah kita lihat kemudian akan di rekam oleh otak.

Kunci utamanya adalah serius, jika kira serius melihat sesuatu maka apa yang kita lihat itu akan lebih cepat di rekam oleh otak. Kamu juga harus melalukan hal yang sama mulai saat ini, cobalah untuk serius melihat dan membayangkan sesuatu yang ingin kamu ingat agar nantinya tidak mudah lupa.


6. Timbulkan rasa sayang dalam hati

Ini adalah kemapuan dari salah satu indra pada manusia yaitu indra untuk merasa. Jika kemampuan indra ini kamu latih, maka kamu akan mudah merasa sayang pada sesuatu, baik pada seseorang, benda ataupun pada pelajaran yang ingin kamu ingat. Cobalah untuk menaruh rasa saya pada sesuatu yang ingin kamu ingat tersebut.

Layaknya rasa sayang ibu kepada anaknya, tidak mungkin seorang ibu akan lupa pada wajah dan sikap anaknya. Begitulah yang harus kita lakukan sekarang, jika ingin tidak mudah lupa sesuatu maka kita harus menaruh rasa sayang pada sesuatu tersebut meskipun itu adalah sebuah benda ataupun sekedar kalimat untuk di ingat.


7. Belajar konsentrasi dan fokus

Orang-orang yang sering lupa kebanyakan adalah orang-orang yang tingkat konsentrasi dan fokusnya rendah. Biasanya mereka tipe orang yang lalai dan ceroboh. Sehingga lupa dan pikun sangat mudah sekali di alami oleh tipe-tipe orang seperti ini, jika kamu tergolong tipe seperti ini maka ubahlah.

Caranya dengan belajar konsentrasi, yang perlu kamu lakukan adalah tenang. Cari tempat yang sunyi, hindari keramaian. Lalu pikirkan hal-hal apa saja yang telah kamu lalui selama ini, sedikit demi sedikit kamu akan mengingat semuanya. Jika lupa menaruh barang ataupun ingin mengingat sesuatu lakukan cara ini seperti penjelasan di atas.


8. Mendengarkan musik tertentu

Terkadang musik dapat membangkitkan kenangan lama, kita bisa mengingat apa saja di masa lalu hanya dengan mendengar jenis musik yang sering kita dengar pada masa itu. Nah, inilah kemampuan otak yang sebenarnya, lewat lantunan dan irama saja kita bisa membangkitkan kenangan lama.

Jika kamu lupa sesuatu yang sudah lama, cobalah untuk mengingatnya sambil mendengarkan musik yang trend saat itu. Karena biasanya memori otak akan memberi Anda sinyal-sinyal tentang hal yang sudah Anda lalui saat itu. Jadi sering mendengar musik dari sekarang juga cukup bagus, jika suatu saat kedepannya kita lupa sesuatu.


Tips tambahan agar tidak mudah lupa :

- Cukup istirahat terutama cukup tidur
- Perbanyak minum air putih
- Konsumsi asupan otak omega 3, DHA dan AHA
- Biasakan tetap tenang jangan mudah emosi
- Hindari merokok yang bisa merusak sel otak
- Hindari juga minuman keras
- Aktif bergerak atau olahraga
- Sering bersosialisasi dengan masyarakat
- Makan sayur hijau yang mengandung klorofil
- Kurangi kebiasaan mengunyah permen karet
- Menyendiri sesekali
- Selalu berpikir positif

Semoga bermanfaat...
Prev Article Prev
Next Article Next