8 Cara Agar Hutang Cepat Lunas Tanpa Kerja

Lapancara.com - Hutang artinya kita meminjam sesuatu kepada orang lain baik itu dalam bentuk uang, barang ataupun hutang dalam bentuk jasa. Biasa hutang berkaitan dengan tempo waktu, sesuai dengan perjanjian ataupun persetujuan kapan kita harus membayarnya kepada orang yang bersangkutan tersebut.

Dalam kegiatan sosial masyarakat, hutang sudah menjadi hal biasa di lakukan dan bahkan bagi sebagian orang sudah menjadi makanan sehari hari mereka. Namun seperti yang Anda ketahui berhutang kepada orang lain dapat membuat hidup kita tidak tenang, ada saja di pikiran kita memikirkan cara melunasi hutang tersebut.

Dan hal ini tentu saja membuat kita sangat terganggu, bahkan jika hutang sudah banyak kita bisa saja tidak bisa tenang seperti sulit untuk tidur dan bahkan sampai stres. Meskipun tidak ada larangan dalam hutang-mengutang, akan tetapi tetap saja berhutang itu tidak baik bagi jiwa dan raga kita sendiri.

Mengapa?

Seperti yang Anda rasakan saat ini, hutang bisa membuat hidup tidak tenang. Dan sangat berbahaya apabila tidak di lunasi. Kawan bisa jadi lawan, saudara bisa jadi musuh. Hubungan harmonis yang selama ini terjaga dengan orang tersebut bisa saja hancur karena hutang.

Kabar buruknya adalah di sisi agama sendiri, jika Anda seorang islam apabila Anda sudah tiada, maka dosa hutang tetap berjalan. Anda juga tidak bisa tenang di alam sana, itulah mengapa hutang tidak di anjurkan meskipun di perbolehkan. Berhutang lah apabila tidak ada cara lain, atau dalam keadaan sangat-sangat mendesak saja.

Di sisi lain kamu harus membayar hutang secepatnya, sehingga orang yang kita hutangi tersebut tidak menaruh rasa marah terhadap kita. Terlebih lagi sekarang ini metode pembayaran kredit juga sudah merajalela. Contohnya saja seperti cicilan sepeda motor, cicilan mobil, rumah, barang rumah tangga atau peminjaman bank.

Jika memang Anda sudah terlanjur berhutang maka segeralah lunasi, sebelum menyesal di kemudian hari. Untuk melunasi hutang memang bukan perkara mudah apalagi jika Anda tidak mempunyai pekerjaan. Maka dari itu berikut di bawah ini hal-hal yang mungkin bisa membantu membuka ide Anda dalam membayar hutang.


8 Cara Agar Hutang Cepat Lunas Tanpa Kerja - LapanCara


Berikut 8 Cara Agar Hutang Cepat Lunas Tanpa Kerja :


1. Menjual barang berharga

Jika Anda memiliki barang berharga, misalnya seperti emas atau hp ataupun kendaraan pribadi dan bahkan surat tanah. Maka sebaiknya Anda jual saja terlebih dahulu. Harta ini bisa kita cari lagi nanti, yang terpenting hutang bisa lunas. Jika masih ada hutang Anda tidak akan bisa bekerja dengan tenang nantinya.

Namun sesuaikan barang berharga Anda dengan jumlah hutang yang di miliki. Jika jumlah hutang tidak terlalu besar, maka jual saja barang-barang yang kurang bernilai pula. Jangan jual tanah hanya melunasi cicilan baju. Setelah hutang lunas baru kita bisa tenang untuk mencari uang lagi, dan beli lagi apa yang sudah kita jual sebelumnya.


2. Manfaatkan pegadaian

Tidak suka menjual barang-barang berharga milikmu? Tenang, gadaikan saja di pegadaian. Semua barang kamu akan di simpan di sana dan tidak akan di jual sampai kamu sudah melunasi hutang dan melunasi pinjaman yang kamu lakukan di pegadaian. Cara ini lebih baik dari pada harus menanggung malu pada orang yang kita hutangi tersebut.

Selain itu untuk menghindari orang yang kita hutangi itu marah ataupun benci melihat kita karena tidak melunasi hutangnya maka sebaiknya menggadaikan barang berharga kita saja. Orang pegadaian tidak mungkin benci kepada kita karena memang pekerjaan mereka adalah meminjami kita uang dengan syarat barang berharga kit di tahan sementara. Pilih yang mana?


3. Hasilkan uang sampingan

Bagi sebagian orang, berhutang berati kebutuhannya tidak tercukupi. Hal ini biasanya di pengaruhi oleh pendapatan gajinya selama bekerja yang juga tidak tercukupi, sehingga mau tidak mau kita harus berhutang. Faktor ekonomi memang penyebab utamanya, jadi kamu harus cari uang sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Caranya : yaitu dengan memanfaatkan keahlian kamu. Misalnya saja seperti membuka les private, menerima pesanan jahit, membuat kue, membuat makanan untuk di jual dan lain-lain semacamnya. Sehingga kita bisa menghasilkan uang tambahan untuk dapat melunasi hutang.


4. Minta bantuan saudara

Sama siapa kamu berhutang? Sama orang lain? Jika ia, cobalah untuk minta bantuan saudara kita sendiri. Cobalah minta untuk pinjam uang mereka lalu lunasi hutang kamu sama orang lain. Karena biasanya orang lain tidak peduli dengan faktor ekonomi kita, di kepala mereka hanya tanggal jatuh tempo kapan harus menagih.

Sebagian dari mereka (orang lain) terkadang tidak mau tau kita belum punya uang sama sekali. Maka dari itu cobalah minta bantuan saudara kita sendiri, karena biasanya saudara kita pasti mengerti ekonomi kita bagaimana. Dan saudara juga biasanya mau menunggu jika kita belum punya uang, tidak seperti orang lain.


5. Menjadi seorang youtuber

Sekarang jaman sudah canggih bukan lagi jaman Siti Nurbaya yang pada saat itu rata-rata orang harus bekerja banting tulang agar bisa menghasilkan banyak uang. Jika kamu tidak memiliki pekerjaan atau pekerjaan kamu sekarang tidak bisa memenuhi kebutuhan harian, maka cobalah untuk mencari uang dengan memanfaatkan internet.

Ya, hanya dengan internet dan salah satunya adalah menjadi youtuber. Singkat ceritanya kita bisa di gaji perbulan dari youtube apabila syaratnya terpenuhi. Jika kamu tertarik, silahkan baca panduannya pada artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya di bawah ini.

Link : 8 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube dengan Adsense


6. Menjadi seorang blogger

Cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan dan terbukti adalah dengan menjadi seorang blogger seperti saya saat ini. Jika Anda sedang membaca artikel ini, itu berarti saya adalah seorang penulis di internet dengan memanfaatkan blogger milik Google.

Ya, apakah Anda berpikir saya tidak punya tujuan menulis artikel ini? Bukankah hanya buang-buang waktu saja? Jawabannya tentu saja tidak, sama layaknya dengan youtuber yang suka mengunggah video namun saya dalam bentuk artikel. Initinya agar bisa mendapat uang sampingan. Tutorialnya sudah banyak di bahas di internet, kamu tinggal search saja.


7. Menjadi seorang drop shipper

Apa itu drop shipper? Drop shipper adalah orang yang menjual kembali barang milik orang lain. Tanpa modal, tugasnya adalah memamerkan barang kepada pembeli, barang yang di pamer di ambil dari penjual. Dengan memanfaatkan internet, barang tersebut di foto terlebih dahulu, lalu di share kembali kepada pembeli dengan harga yang sedikit di naikkan.

Intinya kita tidak membutuhkan modal, apabila kita banyak teman di sosial media seperti facebook dan instagram, menjadi drop shipper sangatlah mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan sehingga bisa melunasi hutang. Tugas kita cari barang-barang dari penjual, bisa memanfaatkan situs jual beli online, lihat harga di sana dan tawarkan berbeda kepafa calon pembeli baru sehingga kamu mendapatkan keuntungan.


8. Gunakan teknik gali lobang tutup lobang

Cara terakhir ini di rekomendasikan kepada kita yang sudah berhutang kepada orang lebih dari 1 orang. Intinya hutang kita ada di mana-mana. Sesuai dengan judulnya yaitu gali lobang tutup lobang, artinya kita harus hutang lagi pada orang lain untuk membayar hutang lama.

Tapi harus seperti ini : pinjam lah uang kepada siapa saja, atau kepada bank dengan jumlah yang lebih besar. Tujuannya untuk melunasi semua hutang-hutang pada orang lain. Dan jika semuanya sudah lunas, kini kita punya 1 hutang saja yaitu cuma kepada bank misalnya. Cara ini lebih baik, dari pada kita punya banyak hutang sama banyak orang lebih dari 1.

Baca juga : 8 Cara Agar Banyak Uang Dengan Cepat Tanpa Kerja Keras
Prev Article Prev
Next Article Next