8 Cara Setting Hp Android Agar Hemat Baterai Hingga 3 Hari

lapancara.com - Halo semuanya para androiders, kali ini saya akan membahas masalah hp android yang paling sering terjadi yaitu tentang masalah baterainya. Ya,hp android adalah jenis hp yang paling banyak di gunakan saat ini di seluruh dunia. Hampir setiap orang mempunyai hp ini terutama bagi kalangan anak muda. kecanggihan serta fitur-fiturnya yang lengkap membuat pengguna banyak yang puas memiliki hp ini.

Namun setiap teknologi pasti memiliki kekurangannya sendiri, sebab tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kita katakan saja masalah baterainya, hampir semua orang mengeluh tentang masalah baterai pada hp android yang di milikinya. Meskipun ada beberapa jenis hp android yang memiliki kapasitas yang cukup besar. Namun jika tidak di setting dengan benar, maka semua itu akan sia-sia saja.

Apapun merek dan berapapun harga hp android yang Anda miliki sudah pasti Anda di haruskan untuk menggunakan charger. Sebab sampai saat ini belum ada teknologi smartphone tanpa baterai atau tidak perlu di charger. Oleh sebab itu sampai sekarang charger hp itu sendiri sangat di butuhkan bahkan setiap hari harus di gunakan untuk mengisi daya baterai.

Dan yang menjadi masalahnya adalah lama daya tahan baterai hp itu sendiri. Pada umumnya hp android bisa bertahan dalam kondisi siaga yaitu paling lama 3 hari sebelum baterainya habis, tapi bisa juga lebih dari itu tergantung dari pemakaian kita sendiri. Dan yang paling parah si hp harus di cas setiap hari. Inilah yang membuat kita jengkel !

Mungkin kita sudah terbiasa untuk mencharger hp setiap hari, tapi bukankah hal ini sangat merepotkan? Maka dari itu, apapun jenis hp android anda cobalah untuk menerapkan trik di bawah ini yaitu cara supaya baterai android tidak boros. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


8 Cara Setting Hp Android Agar Hemat Baterai Hingga 3 Hari - LapanCara


Berikut 8 Cara Setting Hp Android Agar Hemat Baterai Hingga 3 Hari :


1. Gunakan satu SIM saja

Pada umumnya hp android jaman sekarang rata-rata sudah menggunakan 2 SIM, atau yang lebih sering di sebut dengab dual sim. Fitur ini memang sangat bermanfaat untuk mengaktifkan kedua kartu sim kita secara bersamaan. Tapi, ada kekurangannya yaitu cepat menghabiskan baterai hp.

Mengapa?

Begini penjelasannya, sinyal hp terkadang tidak selalu stabil, kita bisa lihat terkadang sinyal hp naik turun. Tapi tahukah Anda pada saat sinyal hp turun, hp akan bekerja otomatis untuk mencari sinyal lagi agar bisa penuh. Nah, proses inilah yang bisa membuat baterai hp boros. Selain itu sinyal yang selalu siaga juga membutuhkan data baterai untuk bisa selalu terhubung dalam menerima panggilan atau sms kapan pun dan dimana pun. Bayangkan jika kita menggunakan 2 kartu?


2. Aktifkan fitur kontras otomatis

Setiap hp android biasanya sudah memiliki fitur ini, yaitu fitur kontras kecerahan otomatis. Jika di aktifkan maka cahaya hp android bisa redup dan terang sendiri secara otomatis tergantung dengan kondisi cahaya di sekitar hp kita. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu kalai fitur ini sangat bagus untuk mencegah boroa baterai.

Selain itu fitur ini juga mampu menjaga suhu hp, cara kerjanya hampir mirip dengan strika. Ya, strika alat untuk menggosok baju. Strika mempunyai sistem otomatis untuk mengatur suhu panas. Begitupun dengan fitur kecerahan otomatis pada hp android, selain bisa hemat baterai fitur ini juga bisa otomatis mengontrol panas hp jika di aktifkan.

Cara aktifkan kecerahan otomatis :
- Buka menu setelan di hp
- Lalu pilih menu tampilan
- Kemudian lihat tulisan kecerahan adaptif
- Aktifkan dengan cara di geser ke kanan
- Selesai dan biarkan aktif selamanya


3. Hapus aplikasi tidak penting

Kamu pasti mempunyai banyak aplikasi di smartphone, apalagi jika smartphone android kamu masih banyak sisa memori internal yang mana masih banyak aplikasi untuk dapat di install. Tapi sayangnya tana kamu sadari aplikasi-aplikasi tersebut bisa memboroskan hp android kamu. Meskipun kamu sudah menutup aplikasinya atau sedang tidak dijalankan.

Mengapa bisa?

Karena setiap aplikasi mempunyai proses latar belakang, proses latar belakang ini sama sekali tidak kita ketahui karena bekerja otomatis meskipun aplikasinya sudah di tutup. Latar belakang ini disebut dengan service atau cache, semakin banyak aplikasi maka akan semakin banyak pula daya baterai yang di konsumsi. Maka dari itu hapus saja aplikasi yang tidak penting dan jarang di gunakan termasuk game.


4. Matikan semua fitur getar

Mode getar adalah mode yang sudah pasti ada di semua ponsel, mode ini berfungsi untuk memberitahukan kepada kita bahwa ada panggilan atau notifikasi yang masuk. Saat begetar kita lebih pekas terhadap hp, biasanya mode ini berguna ketika kita sedang beraktivitas dengan kebisingan yang luar biasa di luar rumah, misalnya saja seperti lagi di jalab atau tempat keramaian.

Tapi mode getar ini sangat mempengaruhi daya baterai, jika di aktifkab baterai akan cepat habis. Maka harus di nonaktifkan termasuk menonaktifkannya pada pada keyboard atau papan ketik yang kita gunakan. Jadi hp tidak boleh menggunakan mode getar sama sekali baik ketika menerima panggilan, sms, notifikasi dan pemberitahuan lainnya termasuk saat menekan nomor.


5. Matikan semua notifikasi aplikasi

Jika kamu menggunakan hp android pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan notifikasi, baik itu notifikasi sms, notifikasi pemberitahuan update, dan notifikasi dari aplikasi lainnya. Biasanya notifikasi ini akan muncul di atas navbar hp kitandi dekat icon baterai atau terkadang muncul sebagai pop up di layar hp masing-masing kalian, terutama notifikasi dari social media seperti facebook, instagram, gmail dan lainnya.

Alangkah baiknya semua notifikasi dari aplikasi ini di nonaktifkan saja untuk menghemat baterai hp kamu. Saya pribadi sendiri hanya mengaktifkan notifikasi penting seperti sms dan notifikasi update android saja. Untuk aplikasi sosial media termasuk game dan lainnya saya matikan semua. Jika kamu ingin mematikannya juga, maka perlu melakukanya satu-persatu pada setiap aplikasi dengan cara di bawah ini.

Cara nonaktifkan notifikasi aplikasi :
- Buka menu setelan di smartphone kamu
- Pilih menu aplikasi & notifikasi
- Lalu klik pada salah satu aplikasi (contoh: whatsapp)
- Kemudian klik pada tulisan "notifikasi aplikasi"
- Ubah pengaturannya menjadi tidak aktif


6. Matikan fitur sinkron data

Ada lagi ni fitur android yang otomatis aktif jika tidak di setting, yaitu fitur backup otomatis. Biasanya fitur ini sudah aktif dengan sendirinya pada setiap android. Fungsinya sesuai namanya yaitu untuk membackup semua data dan di sinkronkan dengan akun google. Saya pribadi lebih untuk menonaktifkannya karena fitur ini juga terkadang membuat hp lambat jika terus aktif terutama saat terkoneksi internet.

Namun jika di matikan semua data seperti kontak, foto dan pesan tidak akan di backup lagi, jika hp kalian suatu saat rusak maka datanya tidak dapat di ambil dan di restore dari akun google kamu, sehingga otomatis hilang. Tapi berhubung saya menyimpan data di kartu SD ekternal memori card, maka saya rasa fitur backup otomatis ini tidak di perlukan.

Cara menonaktifkan sinkron data :
- Buka menu setelan
- Pilih menu pengguna & akun
- Lalu lihat tulisan otomatis sinkronkan data
- Silahkan di nonaktifkan dengan cara geser icon panah

Nonaktifkan juga fitur cadang google drive :
- Buka menu setelan
- Klik pada tulisan Google (layanan & preferensi)
- Lalu pilih menu Pencadangan
- Lihat tulisan cadangkan ke google drive
- Silahkan di nonaktifkan dengan menggeser icon


7. Jangan gunakan tema / wallpaper gerak

Mempercantik tampilan hp mungkin sudah umum di lakukan oleh penggunanya terutama kamu wanita. Tapi, sayangnya tidak banyak yang tau bahwa mengunakan tema lain serta menggunakan wallpaper bergerak itu bisa cepat menghabiskan baterai android. Jika kamu sudah memasang tema lain, maka silahkan di uninstall, begitupun dengan wallpaper gerak maka silahkan di ganti dengan wallpaper biasa tanpa animasi.

Perlu kamu ketahui, menggunakan tema lain pada android itu sama saja memaksa hp bekerja 2 kali lebih keras. Oleh sebab itu hentikan menggunakan tema lain, pastikan tema bawaan default hp yang di gunakan. Hindari wallpaper animasi serta tema keyboard juga tidak perlu di ganti-ganti. Biarkan semuanya default.


8. Aktifkan selalu fitur hemat baterai

Pada umumnya fitur yang satu ini juga sudah tersedia di hp android, yaitu fitur hemat baterai. Hanya saja jika tidak di setting ia dalam keadaan default alias dalam keadaan nonaktif. Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa menghemat baterai kamu. Biasanya ia hanya otomatis aktif ketika baterai hp sudah lemah.

Tapi tentu saja kita bisa selalu mengaktifkannya secara manual, dengan cara sebagai berikut : Buka setelan > Pilih menu bertulisan baterai > lalu aktifkan mode hemat baterai dengan cara menggeser icon panah ke arah kanan. Cara kerjanya mode ini adalah membatasi latar belakang yang berjalan serta menghancurkan kegiatan aplikasi yang sudah di tinggalkan atau di tutup, sehingga baterai kamu hemat. Kontras cahaya juga akan di redupkan otomatis.


Tips tambahan :

Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi daya tahan baterai, sehingga baterai cepat habis dan boros adalah :
  • Mode getar yang di aktifkan
  • Kecerahan layar yang berlebihan
  • Tingkat volume suara yang berlebihan
  • Aplikasi berjalan di latar belakang
  • Tema bergerak yang di gunakan
  • Wallpaper bergerak yang di gunakan
  • Suhu di sekitar hp yang terlalu panas
  • Jumlah kartu SIM yang digunakan
  • Mengaktifkan paket data
  • Mengaktifkan wifi
  • Mengaktifkan camera
  • Menghidupkan musik
  • Melakukan panggilan telepon
  • Bermain game
  • Menonton video secara online
  • Menggunakan screen saver

Semua fitur-fitur di atas bukan berati tidak boleh di gunakan, namun ada baiknya di minimalisir penggunaannya. Tujuannya supaya hp android kamu lebih power full baterainya. Jadi minimalisir sendiri semua penggunaan di atas !

Dan satu hal lagi, kamu juga perlu mematikan fitur lokasi atau GPS google, karena fitur yang satu ini juga sangat besar pengaruhnya dalam mengkonsumsi baterai hp android kita.

Tapi terkadang kita membutuhkan fitur ini untuk mencari lokasi, melacak hp hilang atau saat sedang membuka google maps. Namun kita bisa menurunkan frekuensinya ke mode hemat baterai, jadi meskipun di aktifkan setidaknya hp kita lebih hemat baterai.

Cara ubah frekuensi lokasi GPS menjadi hemat baterai :

- Buka menu setelan di hp
- Pilih menu keamanan lokasi
- Lalu klik lokasi
- Kemudian di aktifkan dulu bila belum
- Setelah aktif klik mode
- Ubah mode tinggi menjadi hemat baterai
- Kemudian matikan lokasi
- Hidupkan kembali lokasi jika diperlukan saja


Bonus cara agar hemat baterai :

Kamu juga harus menyeting pengaturan mode tidur di ponsel android kamu, yaitu dengan jeda paling sedikit detiknya. Mode tidur adalah mode layar mati otomatis ketika hp tidak di sentuh. Ubahlah jeda waktuknya menjadi lebih sedikit agar lebih hemat baterai.

Cara mempersingkat waktu mode tidur :

- Buka menu setelan
- Klik menu tampilan
- Klik lagi pada tulisan "Lanjutan"
- Cari dan pilih tulisan Tidur
- Silahkan ubah jeda waktu menjadi 15 detik saja

Selain itu...

Matikan paket data dan wifi jika tidak di perlukan, hidupkan mode pesawat jika diperlukan, tapi mode pesawat ini akan menonaktifkan fungsi kartu sim hp Anda. Aktifkan mode pesawat saat hendak tidur malam atau sedang menggunakan koneksi internet wifi. Namun kamu tidak dapat menerima panggilan telepon serta sms jika mode pesawat di aktifkan. Namun mode pesawat benar-benar menghemat baterai kamu.

Semoga bermanfaat...
Prev Article Prev
Next Article Next