8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat Dalam 1 Hari

Lapancara.com - Mata panda hanyalah sebuah istilah bagi Anda yang mempunyai lingkaran hitam di area mata. Lingkaran hitam ini biasanya sering tampak pada mereka yang memiliki kulit putih. Hal ini di sebabkan karena warna mata panda sendiri adalah coklat kehitaman yang membuat area kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap.

Biasanya mata panda berbentuk lingkaran, tepatnya di daerah mata. Bentuk lingkaran berwarna coklat kehitaman sehingga membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri. Meskipun tidak ada rasa sakit yang di timbulkan oleh mata panda, namun lingkaran hitam di area mata ini sungguh mengganggu.

Sebagian besar kasus mata panda di alami oleh kaum wanita, mengapa demikian? Faktor utamanya adalah akibat kosmetik dan stres. Di tambah lagi dengan penuaan dini yang membuat lingkaran hitam di area kulit mata semakin terlihat. Faktor lainnya disebabkan oleh keturunan sejak lahir.

Berikut penyebab lain mata panda :
- Kurang tidur
- Kurang minum
- Sering mengucek mata
- Mata sering iritasi
- Sering terkena polusi udara
- Sering begadang
- Kebanyakan konsumsi makanan asin
- Kebanyakan konsumsi kafein
- Akibat alergi

Itulah beberapa penyebab terjadinya mata panda, dan bagi Anda yang sudah mengalaminya maka silahkan simak beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan mata panda dengan cepat. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Menghilangkan Mata Panda


Berikut 8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat Dalam 1 Hari :


1. Kompres dengan mentimun

Buah timun mengandung vitamin C serta mineral khusus yang mampu merubah kulit menjadi tersamarkan. Bagian kulit yang terkena mentimun biasanya akan lebih pucat. Sehingga membuat lingkarab hitam pada area mata menjadi tersamarkan.

Caranya :

Sediakan 1 buah mentimun segar, lalu kupas kultinya. Kemudian belah timun berukuran bulat dengan tipis sebanyak 2 lembar. Setelah itu tempelkan kedua lembar timun berukuran bulat tadi pada area mata. Biarkan selama 1 jam penuh, lebih baik lagi di lakukan saat hendak tidur.


2. Kompres dengan kantung teh

Adapun kantung teh selain bermanfaat untuk di minum, ternyata kantung teh ini juga mampu mengtasi mata panda dengan cepat. 1 kantung teh mengandung antioksidan serta kafein yang mampu mengurangi area hitam di sekitar kulit mata.

Caranya :

Sediakan 2 buah kantung teh yang belum pernah di gunakan, kemudian rendam dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu ambil kedua kantung teh ini lalu tempelkan pada area mata sambil tiduran. Dan pastikan kantung teh dalam keadaan hangat-hangat kuku.


3. Kompres dengan tomat

Selain memiliki kandungan antioksidan, tomat di perkaya dengan vitamin A dan vitamin C yang membuatnya lebih efektif dalam menyamarkan noda hitam pada wajah termasuk mengatasi masalah mata panda.

Caranya :

Sediakan 1 buah tomat segar, pastikan tomat yang di pilih adalah tomat muda yang berwarna hijau kemerahan. Setelah itu potong tomat 2 lembar tipis berukuran bulat, dan gunakan untuk di tempelkan pada area mata panda. Lakukan cara ini sambil berbaring, atau saat hendak tidur.


4. Kompres dengan es

Mata panda juga bisa terjadi akibat pembuluh darah di sekitar mata mengalami pelebaran, sehingga sirkulasi darah menjadi tidak stabil dan akhirnya efeknya area sekitar kulit mata menjadi gelap. Maka suhu dingin pada es akan bekerja mengecilkan pembuluh darah sekaligus mengecilkan pori di area mata akibat munculnya mata panda.

Caranya :

Sediakan 1 buah handuk tangan kering, kemudian tambahkan es secukupnya dalam handuk tersebut, lalu di bungkus dan gunakan handuk berisi es ini untuk mengkompres area mata. Lakukan selama 15 menit, dengan pola 1 hari 3 kali.


5. Gunakan masker kentang

Kentang mempunyai manfaat tersendiri untuk kulit, salah satunya adalah dalam menyamarkan noda. Jika wajah Anda mempunyai flek atau noda hitam maka kentang dapat mengatasinya. Begitupun dengan mata panda, karena ini adalah masalah yang sama.

Caranya :

Siapkan 1 buah kentang lalu di kupas kulitnya, kemudian kentang di rebus selama 15 menit. Setelah itu giling kentang sampai halus. Setelah halus, tempelkan pada area lingkaran hitam di sekitar mata dan diamkan hingga 60 menit.


6. Gunakan jeruk nipis

Terkadang warna gelap di area mata bisa saja terjadi akibat adanya penumpukan kotoran yang memicu munculnya sel-sel kulit mati pada area sekitar mata sehinga mata kamu terlihat seperti mata panda. Maka jeruk nipis adalah solusinya untuk membersihkan sel-sel kulit mati tersebut

Caranya :

Sediakan 1 buah jeruk nipis lalu belah menjadi 2 bagian. Lalu bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian gosokkan bagian hitam di area mata kamu dengan bagian dalam jeruk nipis yang sudah di belah tadi. Gosok secara perlahan selama 10 menit agar sel kulit mati terangkat.


7. Gunakan krim khusus

Jika Anda tidak suka cara alami, maka cobalah menggunakan krim khusus yang di beri oleh dokter untuk menghilangkan mata panda Anda tersebut. Namun tidak semua krim bekerja efektif dalam menghilangkan mata panda, maka dari itu pastikan krim tersebut memiliki komposisi seperti di bawah ini.

Caranya :

Pilih lah krim yang mengandung retinol, hidrokuinon, asam azelaic, kojic, vitamin C, chemical peel atau asam alfa hidroksid. Akan tetapi tidak perlu semua bahan ini harus ada dalam 1 krim, pastikan krim Anda gunakan mengandung beberapa atau salah satunya saja.


8. Gunakan kosmetik khusus

Jika Anda seorang wanita yang mengalami mata panda, maka memilih kosmetik juga tidak boleh sembarangan. Agar lingkaran hitam di sekitar mata cepat hilang, maka pastikan Anda memilih kosmetik yang tepat yang mengandung bahan di bawah ini.

Caranya :

Pilihlah kosmetik yang memiliki kandungan SPF-15, vitamin E, vitamin C serta antioksidan. Karena kandungan ini biasanya akan membantu mencerahkan kulit serta melindungi kerusakan kulit dari sinar UV.


Tips tambahan mengatasi mata panda :
- Perbanyak minum air putih
- Hindari begadang di malam hari
- Tidur dengan bantal yang lebih tinggi
- Hindari lama di bawah sinar matahari
- Jangan sering mengucek mata
- Jangan sering membuat mata lelah
- Jangan sering mengalami stres
- Jangan sering mengalami ketakutan
- Jangan sering menangis
- Kurangi makanan asin
- Kurangi kafein
- Perhatikan alergi

Semoga bermanfaat...
Prev Article Prev
Next Article Next