8 Cara Supaya Bibir Tidak Kering Saat Puasa

Lapancara.com - Bibir kering adalah ciri-ciri bahwa tubuh kita sedang kekurangan air. Namun jika masalah bibir kering ini terjadi pada bulan puasa, maka hal tersebut wajar-wajar saja. Mengingat bulan puasa adalah bulan saat umat Islam harus menahan haus dan lapar, sehingga otomatis pada jam-jam yang sudah di tenntukan tersebut kita tidak boleh makan dan minum.

Hampir semua orang yang berpuasa itu mengalami bibir kering, biasanya bibir juga akan terlihat lebih pucat dan bahkan tidak sedikit juga yang mengalami masalah bibir pecah-pecah. Sehingga terkadang kita merasa malu dengan kondisi seperti ini, terutama saat sedang berbicara dengan orang lain. Hal inilah yang menjadi motivasi saya untuk membantu Anda dalam mencegah bibir kering selama puasa.

Biasanya masalah bibir kering ini akan hilang dengan sendirinya di saat kita sudah minum air atau pas waktu berbuka hingga sahur. Namun kondisi ini akan berulang lagi ketika di pagi hari hingga magrib saat kita sedang puasa di hari berikutnya. Jika terus-terusan di biarkan bibir yang tadinya sering kering, kulit bibir dapat mengelupas dengan sendirinya. Akibatnya muncul luka yang tidak di sengaja pada area bibir.

Bukan hanya Anda, saya sendiri pun mengalami hal yang sama ketika sedang menjalanan puasa, namun ada beberapa hal yang saya lakukan agar bibir tidak kering selama puasa tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mencegah bibir saya kering. Namun perlu cara khusus untuk melakukannya, selain itu Anda juga harus tau bahan-bahan apa saja yang saya maksud tersebut. Silahkan simak di bawah ini...


Berikut 8 Cara Supaya Bibir Tidak Kering Saat Puasa :

8 Cara Supaya Bibir Tidak Kering Saat Puasa - LapanCara


1. Oleskan madu pada bibir

Sesuai dengan pengalaman pribadi yang saya alami, untuk dapat mencegah bibir kering kalian harus memanfaatkan madu. Ya, madu adalah cairan alami yang memiliki sejuta manfaat salah satunya dapat melembabkan bibir serta memerahkannya. Jadi menggunakan madu bukan hanya bisa mencegah bibir Anda kering tapi jika sering di gunakan bisa membuat bibir merah secara alami. Sangat cocok di gunakan pada bibir yang hitam.

Cara menggunakan madu untuk bibir kering :

Sediakan madu alami yang original, lalu oleskan madu pada bibir secara merata. Jika bulan puasa kita tidak boleh menggunakannya pada jam-jam puasa sebab dapat membuat puasa batal menurut beberapa para ahli ulama, cara ini hanya boleh di gunakan pada saat malam hari atau pada saat sahur sebelum adzan subuh misalnya. Kemudian biarkan madu bertahan pada bibir Anda hingga mengering dengan sendirinya.


2. Manfaatkan gel lidah buaya

Gel lidah buaya adalah tanaman yang sangat populer di kalangan para wanita. Biasanya tanaman khususnya pada batangnya sering di manfaatkan untuk di gunakan pada rambut. Kandungan gel yang di miliki oleh tanaman lidah buaya ini benar-benar berkhasiat untuk rambut, namun tahukah Anda ternyata gel ini juga sangat bagus jika di oleskan pada kulit termasuk kulit bibir.

Mengapa?

Karena gel lidah buaya ini mempunyai sifat memperbaiki sel-sel kulit mati, sehingga jika ada bagian sel-sel kulit yang rusak maka dapat di perbaiki oleh gel lidah buaya ini secara alami. Gel ini juga mempunyai zat khusus yang bersifat dingin serta melembabkan. Sehingga sangat bagus untuk mengatasi bibir kering Anda. Saya pribadi sendiri sudah membuktikannya, dan sering menggunakannya ketika puasa tiba.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk bibir kering :
  • Sediakan 1 batang tanaman lidah buaya
  • Lalu belah batangnya beberapa bagian
  • Kemudian keras dan sisihkan gelnya
  • Dan oleskan gel tersebut secara merata pada bibir
  • Gunakan cara ini setiap hari dan lihat hasilnya
  • Simpan gel dalam kulkas, sisanya bisa digunakan besok
  • Gel keadaan dingin lebih terasa segar pada bibir


3. Menggunakan gula pasir

Gula adalah pemanis buatan yang berasal dari tebu, selain dapat memaniskan makanan gula bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi bibir kering secara instan. Peran gula pada bibir dapat memperbaiki sel-sel kulit mati, serta mencegah bibir kering selama berpuasa. Zat manisnya ini akan menyatu pada bibir dan memperbaiki sel-sel rusak secara perlahan jika di gunakan sevagai scrub.

Cara menggunakan gula untuk bibir kering :
  • Sediakan gula pasir secukupnya
  • Basahi bibir dengan air hangat
  • Lalu tempelkan gula pada bibir dengan jari
  • Biarkan gula larut dengan sendirinya pada bibir
  • Tujuannya supaya zatnya meresap dalam bibir
  • Setelah kering bilas bibir dengan air

Jangan gunakan cara ini ketika sedang puasa, karena nanti puasa bisa saja batal. Usahakan lakukan cara ini di malam hari atau di waktu sahur pada saat Anda bebas makan dan minum.


4. Oleskan vitamin E pada bibir

Kamu pasti tau kan manfaat vitamin E pada kulit? Ya, vitamin E mampu meregenerasi kulit, membuat kulit lebih halus, mengatasi kulit kering serta melembabkan kulit. Nah, kenapa kita tidak berpikiran untuk memanfaatkan vitamin E pada bibir? Ya, menggunakan vitamin E sangat bagus untuk kulit bibir supaya sehat dan mencegah bibir menjadi kering selama puasa.

Cara menggunakan vitamin E untuk bibir kering :

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan vitamin E dalam bentuk kapsul yang di belah dan di ambil airnya. Biasanya jenis vitamin E dalam bentuk kapsul ini sudah tersedia di apotik-apotik terdekat. Tugas kita hanya perlu membelinya, lalu mengambil airnya dan mengoleskannya pada bibir supaya bibir tidak kering dan memperbaiki bibir yang rusak.


5. Manfaatkan minyak ikan

Hampir sama dengan vitamin E, minyak ikan dapat dengan mudah kita temukan pada apotik-apotik terdekat. Fungsi minyak ikan ini tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga bagus dalam menghaluskann kulit. Perlu Anda ketahui bahwa bibir kering ini bisa terjadi bukan hanya akibat kekuranggan air saja, tapi juga bisa terjadi akibat bibir kurang zat minyak. Zat minyak pada bibir kita itu bermanfaat untuk mencegah bibir kering.

Maka dari itu kandungan minyak pada bibir juga di perlukan, apabila Anda sering mengalami masalah bibir kering dan kulit bibir terkelupas maka oleskan saja minyak pada bibir. Namun selain minyak pada vitamin E, minyak yang cukup baik di oleskan pada bibir adalah jenis minyak ikan bukan minyak makan atau minyak goreng biasa.

Cara menggunakan minyak ikan pada bibir kering :
  • Sediakan minyak ikan secukupnya
  • Bersihkn bibir terlebih dahulu dengan air
  • Oleskan minyak ikan secara merata
  • Diamkan begitu hingga mengering dengan sendirinya
  • Tujuannya agar minyak ikan dapat meresap dalam bibir


6. Perbanyak makan sayur dan buah

Terkadang kebutuhan asupan air putih Anda sudah terpenuhi, meskipun selama puasa Anda sudah banyak minum air putih namun bibir tetap saja masih mengalami kekeringan. Dan bahkan bebagai macam cara telah Anda coba namun tetap saja tidak berhasil, sehingga bibir masih saja mengering selama menjalankan puasa. Maka bisa jadi selama ini penyebabnya adalah akibat Anda jarang makan sayur dan buah.

Ya, sayur dan buah adalah asupan penting untuk tubuh. Selain dapat menjaga kesehatan dalam sayur dan buah terdapat kandungan nutrisi dan vitaminya sendiri-sendiri. Bisa jadi Anda selama ini kekurangan asupan vitamin yang seharusnya terpenuhi setiap hari dalam tubuh. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi sayur dan buah terutama saat puasa agar bibir tidak bermasalah.

Sariawan juga bisa menjadi masalah ketika Anda sedang berpuasa, orang-orang yang rutin mengkonsumsi sayur dan buah selama puasa biasanya tidak akan mengalami masalah seperti ini. Untuk mendapatkan manfaat ekstra, kamu harus mengolah buah menjadi jus lalu di minum karena sari-sari buah bisa lebih mudah masuk secara langsung pada dinding bibir saat kita minum jus buah tadi.


7. Hindari sementara penggunaan sabun wajah

Jika di hari-hari biasa Anda sering menggunakan sabun wajah untuk membersihkan muka dari kotoran dan debu serta minyak yang berlebihan pada wajah, maka di waktu puasa penggunaan sabun wajah sebaiknya di kurangi atau di tunda untuk sementara. Mengapa? Anda harus tahu bahwa sifat sabun pada dasarnya membersihkan namun efeknya juga bisa mengeringkan kulit.

Maka dari itu selama puasa jangan sering menggunakan sabun wajah, ataupun mengoleskan sabun mandi pada wajah. Karena memang jika sabun menyentuh kulit bibir, maka ini bisa membuat kulit bibir menjadi cepat kering dari biasanya. Tapi kamu boleh menggunakannya, asalkan cairan atau busa sabun tidak sampai menyentuh kulit bibir.


8. Kurangi makanan yang bersifat pedas dan asin

Ya, ada beberapa jenis makanan yang bisa mempengaruhi kelembaban bibir yaitu makanan yang bersifat pedas dan asin. Kedua jenis makanan ini apabila sering di konsumsi selama puasa maka dengan cepat bibir akan kering di waktu tertentu kedepannya. Bukan berarti tidak boleh di konsumsi, akan tetapi lebih baik di hindari saja selama bulan puasa jika kamu sering mengalami masalah bibir kering.

Makanan bersifat pedas dan asin ini bukan hanya mudah membuat bibir kering, tapi juga tenggorokan menjadi cepat kering. Sehingga kamu akan lebih mudah haus selama menjalani puasa. Oleh sebab itu kurangi saja asupan makanan yang pedas dan asin, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang bersifat manis atau netral saja. Mengingat bulan puasa kita jarang minum air putih, tapi jika di hari-hari biasa kamu bebas mengkonsumsinya.


Demikianlah 8 cara agar bibir tidak kering selama puasa, semua cara di atas sering saya terapkan saat bulan puasa datang. Dan hasilnya saya sendiri sangat jarang mengalami masalah bibir kering seperti pada bulan-bulan puasa yang sudah saya lalui sebelumnya. Semoga pengalaman pribadi saya ini bermanfaat untuk Anda.

Tips tambahan mencegah bibir kering :
  • Perbanyak minum air putih terutama saat sahur
  • Jangan sering membasahi bibir dengan air liur
  • Jangan sering menggigit bibir sendiri selam puasa
  • Batasi penggunaan lipstik bagi kaum wanita
  • Hindari merokok di saat sahur bagi kaum pria
  • Jangan terlalu lama berada di sinar matahari
  • Gunakan pelembab bibir bila diperlukan

Selamat mencoba !
Prev Article Prev
Next Article Next