8 Cara Terbaru

8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Permanen

Lapancara.com - Blog adalah sebuah layanan online yang memungkinkan penggunanya untuk menulis artikel secara bebas berdasarkan minat atau hobi masing-masing. Artikel yang kita tulis dari blog nantinya akan di publikasikan di internet melalui pencarian google atau semacamnya.

Jika ada orang yang mengetik judul di google sesuai dengan judul artikel yang kita tulis maka artikel kita bisa di baca oleh umum. Dari sinilah pengunjung blog kita dapatkan. Oleh sebab itu pastikan kita membuat judul serta isi artikel yang kemungkinan di cari oleh orang lain.

Tujuannya tidak lain supaya blog kita banyak pengunjungnya, namun yang menjadi masalahnya adalah saingan. Ya, sekarang sudah banyak orang yang ngeblog, bukan cuma kita saja. Sehingga artikel yang ingin kita buat pasti sudah ada yang buat sebelumnya. Bukan hanya puluhan, bahkan bisa sampai jutaan orang sudah pernah membuat artikel yang sama dengan kita.

Jadi pada saat kita publikasikan artikel yang baru saja kita buat, maka artikel itu belum tentu akan di baca oleh umum di pencarian google. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh banyak sekali faktornya. Salah satunya adalah kualitas artikel yang kita buat, sebab bisa saja artikel orang lain lebih bagus dan lebih lengkap dari artikel kita.

Sebelum kita mulai lebih jauh, buat Anda yang masih pemula sebaiknya pahami konsep ini dulu. Ini adalah konsep alur-alur google memberi blog kita pengunjung. Yaitu dengan menampilkan judul blog kita di halaman depan atau halaman pertama google.

Kuncinya adalah :

Jadi kunci utamanya adalah bagaimana caranya supaya artikel yang kita buat itu bisa ada di posisinya di halaman pertama pada pencarian google?


Logikanya begini :

Setiap ada yang ngetik di pencarian google, 98% orang-orang akan memilih artikel yang ada di halaman depan. Artikel posisi pertama paling atas adalah artikel yang kemungkinannya paling besar akan di pilih oleh pengunjung untuk di baca.

Setiap 1 halaman depan google itu berisi 8 judul yang blog atau webnya berbeda-beda. Jika di scroll paling bawah maka kita akan menemukan navigasi di halaman selanjutnya, yaitu halaman 2, 3, 4, 5 dan seterusnya tergantung total hasil pencarian dengan topik yang sama tersebut.

Nah, halaman ke 2, 3, 4, 5 dan seterusnya ini sangat kecil sekali kemungkinan akan di pilih untuk di baca oleh pengunjung. Hanya sekitar 1% saja mungkin yang melakukannya, biasanya itu ketika orang tidak menemukan solusi apa yang mereka cari. Dan 1% nya lagi adalah si blogger atau penulis website yang sedang mencari informasi artikel untuk di gabungkannya pada blog mereka.

Itulah kenapa memunculkan artikel kita di halaman pertama sangatlah penting agar blog kita bisa ramai. Tapi ini bukan perkara mudah mengingat saingan website lain banyak sekali, apalagi kita harus bisa bersaing dengan blog besar, seperti website berita atau website yang sudah terkenal lainnya.

Sudah selesai menghayalnya? Oke kita lanjut...

Sekarang bagaimana dengan blog Anda? Jangankan untuk bisa mendapatkan peringkat pertama posisi google pada hasil pencarian, untuk di indeks saja susah. Begitu kan?

Alih-alih mendapatkan halaman pertama, untuk mendapatkan halaman ke 2, 3, 4 dan 5 saja kita tidak mampu. Lantas bagaimana bisa pengunjung ada di blog kita?

Nah, maka dari itulah di sini kami akan membantu blog Anda agar posisinya bisa tampil di halaman pertama google. Jangan terlalu berharap bisa mendapatkan posisi ke 1, posisi ke 8 juga tidak apa-apa, asalkan artikel kita bisa muncul di halaman depan.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini...


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog


Berikut 8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Permanen :


1. Ubah template ke versi baru

Template adalah kunci utama dasar yang menentukan kesuksesan blog. Layaknya sebuah rumah, semakin bagus rumah maka akan semakin tentram orang yang tinggal di dalamnya.

Begitupun dengan blog, rumah bagi blog adalah template. Maka semakin bagus template maka akan semakin betah pula pengungjung di dalamnya.

Agar tidak ketinggalan jaman dengan script template, maka lebih baik gunakan template versi baru saat ini, karena template versi baru kode html nya biasanya sudah support https dan script lainnya juga sudah di optimasi.


2. Pastikan domain sudah HTTPS

Kalian pasti tau kan domain url? Yaitu url kalian sendiri misalnya saja www.lapancara.com maka pastikan url kalian itu sudah mengandung HTTPS nya.

Jika di copy dan di paste pada tab lain maka akan menghasilkan begini http://www.lapancara.com nah coba perhatikan awalannya. Pastikan awalannya bukan lagi http:// tapi sudah jadi https:// sehingga menghasilkan https://www.lapancara.com

Buat yang belum ganti https silahkan anda ganti sekarang, jika menggunakan hosting dari blogger bisa di ganti pada pengaturan. Jika pakai hosting berbayar maka silahkan hubungi layanan hostingnya untuk ubah https.


3. Upgrade template biasa ke AMP

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages, yang fungsinya adalah untuk mempercepat halaman khususnya saat di buka lewat mobile atau dari Hp masing-masing.

Kecepatan loading sebuah situs menjadi patokan yang serius bagi google untuk setiap pemilik website termasuk blogger. Fitur AMP juga sudah tersedia pada Webmaster Tools.

Maka untuk membuat template biasa menjadi AMP anda harus mengubah template khusus yang sudah support AMP nya. Dengan begini pengunjung blog akan meningkat ketimbang pakai template biasa.


4. Sudah mendaftar webmaster tools

Webmaster tools adalah layanan khusus berbasis web yang bisa di akses di sini : https://search.google.com/search-console/about. Setiap orang yang punya website termasuk blogger wajib mendaftar diri di situs webmaster tools.

Di sana kamu juga mengharuskan untuk mengisi sitemap. Lapancara sendiri sudah melakukannya, setelah mendaftar kami juga mengisi sitemap di dalamnya.

Adapun contoh sitemap kami adalah https://www.lapancara.com/sitemap.xml, kamu juga pastikan sudah mensubmit yang seperti itu. Tujuannya supaya website kamu cepat terindeks oleh google.


5. Optimasi kecepatan blog

Sekarang jamannya sudah fast, blog-blog yang kecepatannya lambat akan di abaikan oleh google meskipun konten kalian berkualitas. Itu karena algoritma google terbaru mengharuskan pemilik blog untuk optimasi kecepatan web nya.

Jika website kalian lambat, maka dari segi kecepatan saja website kalian sudah kalah dengan website lain. Bagaimana mau bersaing artikel? Maka dari itu pikirkan hal ini baik-baik.

Saran saya kalian gunakan saja template yang sudah support AMP, karena template ini sudah fast loading tapi akan banyak script yang tidak support. Namun jika ngerti otak-atik HTML maka lebih baik di permak HTML nya.

Agar lebih mudah mengetahui kesalahannya dimana, maka kalian perlu cek kecepatan blognya di situs PageSpeed Insights atau menggunakan layanan tes kecepatan blog di situs GTmetrix.


6. Buat judul artikel yang unik

Judul adalah user experience utama yang di lihat serta di baca oleh pengunjung sebelum masuk untuk membuka blog kamu. Maka usahakan judulnya buat yang unik tidak sama dengan yang lain.

Karena jika sama artikel kamu akan di abaikan oleh google, karena google tidak menempatkan posisi serp di halaman pertama dengan judul yang sama. Coba saja kamu perhatikan!

Oleh sebab itu buatlah judul yang berbeda dari web lain, usahakan pula tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. Usahakan juga judul dan Url nya itu sama biar lebih Seo.


7. Isi artikel lengkap dan jelas

Menulis panjang-panjang bukan berati semakin bagus, banyak orang yang melakukan cara ini tapi hasilnya 0. Google sekarang udah pintar, tau yang mana artikel yang berkualitas atau tidak.

Percuma kalau nulis panjang tapi gak jelas, selain itu jangan banyak basa-basinya. Poin yang pentingnya malah sedikit, basa basinya panjang lebar. Tipe artikel seperti ini tidak berkualitas.

Selain itu kamu juga wajib menggunakan gambar pada setiap artikel yang kamu buat. Minimal 1 gambar, usahakan jangan terlalu banyak gambar pula karena bisa memberatkan loading blog kamu sendiri.


8. Konsisten menulis setiap hari

Ini adalah kunci utamanya, tidak perlu jago SEO, tidak perlu jago koding HTML atau PHP. Apapun template yang kamu gunakan dan bahkan biarpun loadingnya berat. Tapi...

Apabila kamu bisa konsisten setiap hari buat artikel maka sudah dapat saya pastikan, posisi serp blog kamu di pencarian akan terus naik sampai berada di halaman pertama.

Tidak perlu takut tidak ada pengunjung, jika kamu rajin update artikel maka pengunjung datang sendiri saya jamin 100%. Asalkan artikel yang kamu buat adalah topik yang banyak di cari di internet.


Tips tambahan :
  • Jangan gonta-ganti template
  • Jangan sering ganti widget blog
  • Submit url ke webmaster tools setiap habis menerbitkan artikel
  • Lakukan ping 2 hari sekali pada url artikel, bisa menggunakan pingler.com dan semacamnya
  • Hindari terlalu banyak share artikel ke media sosial, karena ini bukan trafik organik
  • Pasang widget berlangganan di blog
  • Aktifkan komentar blog agar bisa dapat backlink
  • Terus menulis dan menulis sampai indah pada waktunya...

Baca juga : syakirdaulay.com (Situs resmi syakir daulay)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Permanen