8 Cara Agar Bisa Sendawa Saat Masuk Angin

Lapancara.com - Sendawa adalah proses keluarnya gas dari dalam tubuh melalui lambung menuju saluran tenggorokan hingga mulut yang terjadi secara alami. Fenomena ini normal, bahkan semua manusia pasti pernah mengalaminya mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan anak bayi sekalipun.

Biasanya sendawa ini akan terjadi dengan sendirinya, dan tidak dapat kita kontrol seperti layaknya bersin. Sendawa paling sering terjadi adalah pada saat seseorang sedang mengalami kekenyangan atau sehabis makan bahkan minum.

Namun sendawa juga dapat terjadi pada orang-orang yang sedang mengalami masalah masuk angin. Biasanya orang yang sedang masuk angin akan lebih sering mengalaminya dari keadaan normal. Hal ini disebabkan karena gas angin di dalam tubuh orang masuk angin lebih banyak sehingga terjadilah sendawa.

Namun meskipun demikian, sendawa bisa saja tidak dapat terjadi khususnya bagi mereka yang sedang masuk angin. Sehingga masalah masuk angin semakin memburuk dari waktu ke waktu. Maka dari itu sendawa sangat di perlukan bagi mereka yang sedang masuk angin, agar gas yang berlebihan dalam tubuh kita bisa keluar dengan sendirinya.

Hal ini penting, karena apabila angin yang berlebihan tersebut terus terpendam dalam tubuh dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan seseorang mengalami angin duduk dan ini sangat berbahaya, karena bisa memicu masalah jantung dan tersumbatnya fungsi organ dalam tubuh.

Oleh sebab itu silahkan simak di bawah ini cara agar kita bisa sendawa secara alami terutama ketika sedang masuk angin. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini.


Cara Agar Bisa Sendawa Saat Masuk Angin


Berikut 8 Cara Agar Bisa Sendawa Saat Masuk Angin :


1. Minum air hangat

Air hangat adalah satu-satunya cara alami yang paling bagus untuk mengeluarkan angin berlebihan dari dalam tubuh. Ini karena air hangat mampu memecah gelembung-gelembung gas padat, sehingga gas akan ternetralisirkan dan memicu terjadinya sendawa.

Bahkan air hangat bisa menghilangkan angin yang berlebihan dalam perut akibat perut kembung, maka dari itu buat kamu yang mengalami masuk angin atau perut kembung maka cobalah perbanyak minum air hangat beberapa kali selang beberapa waktu.


2. Kompres perut dengan handuk hangat

Masih berhubungan dengan yang hangat-hangat, jika air hangat bisa membantu membuat sendawa dari dalam maka kamu juga perlu kehangatan dari luar agar sendawa bisa cepat keluar. Namun disini kamu membutuhkan sebuah handuk kecil atau kain yang tebal sebagai medianya.

Cara agar bisa sendawa dengan handuk :
  • Sediakan 1 buah handuk ukuran kecil
  • Siapkan air hangat dalam baskom
  • Rendam handuk dalam baskom tadi
  • Setelah beberapa menit ambil handuknya
  • Lalu kompres handuknya biar airnya keluar
  • Kemudian letakkan di atas perut sambil berbaring
  • Ulangi cara ini ketika handuk sudah dingin


3. Banyak bergerak

Bergerak adalah suatu kegiatan yang di haruskan khususnya bagi mereka yang sedang masuk angin. Mengapa? Karena angin bisa saja terpendam dan susah keluar melalui sendawa akibat kita jarang bergerak. Dan akhirnya akan menyebabkan angin duduk jika terlalu lama.

Maka dari itu buat kamu yang ingin bisa sendawa saat masuk angin maka cobalah banyak bergerak, agar gas dalam perut berinteraksi lebih cepat dengan sendirinya menuju saluran tenggorokan dan keluar dari mulut.


4. Minum teh hangat

Terkadang air putih hangat saja tidak cukup untuk bisa membuat kita bisa bersendawa, maka kamu perlu air teh herbal alami agar prosesnya bisa lebih cepat. Mengapa harus teh herbal? Itu karena teh mengandung antioksidan alami yang bisa membuat angin dalam tubuh berinteraksi.

Interaksi ini akan membuat gas atau angin lebih cepat keluar melalui saluran tenggorokan kita. Namun bagi sebagian orang terkadang teh hangat malah membuat perut semakin kembung, hak ini normal karena gas angin mulai berinteraksi untuk mencari jalan keluarnya.


5. Minum air jahe hangat

Apabila teh hangat tidak cukup membuat kita sendawa, maka berarti kita membutuhkan minuman yang lebih aktif lagi dalam mengeluarkan angin dalam tubuh. Ya, itu adalah minuman herbal yang di olah dari jahe. Air jahe sendiri sering di manfaatkan oleh orang yang sedang masuk angin.

Hal itu memang fakta, karena jahe memiliki zat aktif yang bisa menghangatkan tubuh dari dalam sehingga angin akan lebih mudah keluar. Untuk jenis jahe yang bagus kamu bisa mengolahnya dari jahe merah, karena jahe merah lebih ampuh dari jahe putih soal masuk angin.


6. Minum air soda

Buat kamu yang tidak mempan dengan air hangat, air teh atau air jahe maka sudah saatnya kamu ganti minuman herbal tadi dengan minuman non herbal. Salah satunya adalah minuman yang mengandung soda. Apa saja, asalkan mengandung soda maka cobalah untuk meminumnya.

Air soda sendiri memang mengandung gas, jika gas dalam tubuh susah keluar itu bisa jadi tidak cukup kekuatannya untuk berinteraksi, oleh sebab itu kita harus menambah kekuatan interaksi tersebut dengan menambahkan gas dari minuman bersoda. Sehingga gas dalam perut atau angin duduk akan keluar secara alami.


7. Lakukan teknik pernapasan

Untuk cara yang satu ini kita tidak membutuhkan apa-apa, yang hanya perlu kita lakukan adalah melakukan teknik pernapasan khusus untuk bisa membuat diri kita sendawa. Meskipun efeknya tidak terlalu besar, namun cara ini lebih baik di lakukan ketimbang tidak melakukan usaha apa-apa.

Caranya :
  • Duduk atau berdiri dengan posisi tegak lurus
  • Lalu isi paru-paru dengan menghirup udara
  • Tutup lubang hidung dan mulut dengan tangan
  • Kemudian cobalah menelan udara yang kita hirup tadi
  • Rasakan sensasi menelan udara seperti memakan
  • Setelah beberapa detik lepaskan udara dari mulut
  • Ulangi lagi cara ini beberapa kali


Cara di atas tujuannya untuk memancing udara keluar dari dalam perut dengan menelan udara lalu mengeluarkannya lagi. Ini adalah teknik seperti pompa air yang tidak keluar airnya.


8. Usahakan keluar kentut

Nah, asal kamu tahu bahwa sendawa tujuannya adalah supaya bisa keluar angin. Maka angin tersebut tidak mesti harus keluar dari mulut melalui sendawa, sebab angin bisa juga kita keluarkan melalui kentut. Semakin banyak dan sering kamu kentut maka akan semakin banyak pula angin yang keluar.

Maka dari itu, kita jangan cuma mengandalkan sendawa saja tapi usahakan agar bisa keluar kentut juga. Tapi, seperti yang kita ketahui bahwa kentut juga tidak bisa keluar dengan cara kita kontrol maka dari itu kita harus membuatnya keluar dengan cara-cara alami seperti yang sudah kami bahas sebelumnya pada artikel ini : 8 Cara Agar Kentut Bisa Keluar Secara Alami

Tips : Angin juga bisa keluar jika kita sering buang air besar, maka dari itu sering-sering lah buah air besar. Dan pastikan kamu tidak sedang mengalami masalah sembelit.
Next Article Next