8 Cara Terbaru

8 Cara Agar Naik Kelas Meskipun Jarang Belajar

Setiap anak mempunyai hak wajib belajar 9 tahun, artinya setiap anak harus sekolah minimal sampai jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Jika belum sampai jenjang ini maka sudah bisa di pastikan kamu akan kurang ilmu pendidikan nanti kedepannya.

Itu adalah hak mutlak yang harus di dapatkan oleh setiap anak. Meskipun pada dasarnya nanti kamu harus melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya yaitu tingkat SMA/SMK hingga melanjuti Sarjana di perkuliahan. Sehingga ilmu pelajaran kamu lebih mantap, dan mudah melamar pekerjaan di mana saja.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa setiap siswa itu harus melewati masa-masa ujian, setiap ujian yang berhasil maka siswa wajib naik kelas pada setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadi tantangan untuk setiap murid atau siswa. Sebab tidak semua murid bisa melewati masa ujian mereka supaya bisa naik kelas.Pasti ada saja beberapa murid yang gagal dan tinggal kelas.

Inilah yang membuat semua siswa takut akan sekolah, hampir rata-rata mereka semua takut tinggal kelas. Belum lagi jika kemampuan belajar kita masih rendah dan kurang pintar. Untuk itu silahkan simak beberapa cara di bawah ini agar naik kelas meskipun kalian jarang belajar sekalipun.


Cara Agar Naik Kelas Meskipun Jarang Belajar


Berikut 8 Cara Agar Naik Kelas Meskipun Jarang Belajar :


1. Rutin pergi sekolah setiap hari

Meskipun kamu orang paling pintar di sekolah, tapi jika tidak rutin pergi sekolah setiap hari maka sudah bisa di pastikan kamu dapat mengalami yang namanya tinggal kelas. Tidak ada orang pintar yang jarang pergi sekolah, percuma kamu pintar jika sering bolos kesekolah.

Nah, buat kamu yang kurang pintar dalam pelajaran, usahakanlah pergi sekolah setiap hari. Jangan bolos-bolos, karena kelakuan kamu ini akan di nilai oleh guru. Meskipun kamu orang yang bodoh sekalipun, jika pergi sekolah setiap hari maka di jamin kamu akan naik kelas.


2. Minta menjadi ketua kelas

Kenapa harus menjadi ketua kelas? Itu supaya kamu di kenal dan menjadi pusat perhatian guru. Ada banyak sekali murid yang tidak bisa di kenali oleh guru satu-persatu. Maka dari itu buatlah guru mengenal kamu dengan cara menjadi ketua kelas.

Ketua kelas juga mempunyai nilai tambahan sendiri, dia ada nilai lebih bagi siapa saja yang menjadi ketua kelas. Meskipun kamu jarang belajar dan bodoh, tapi jika kamu seorang ketua kelas maka guru akan membantu kamu suatu saat jika nilai ujian kamu rendah.


3. Minta jadi seketaris guru

Sama seperti menjadi ketua kelas, dengan menjadi seketaris guru kamu akan lebih di kenal oleh guru dan kamu juga akan mendapatkan nilai tambahan oleh guru. Itu semua karena kamu sudah membantu guru menulis di papan tulis ataupun membantu perintah yang diberikan oleh guru kamu.

Jangan malu dan takut menjadi seketaris, karena nanti kamu bisa dapat nilai tambahan sendiri tidak sama dengan murid-murid biasa lainnya. Kamu harus berani mengajukan diri untuk menjadi seketaris guru kedepannya apabila saat ini masih ada teman kamu sebagai posisinya.


4. Usahakan duduk di bangku depan

Mungkin selama ini kamu jarang belajar di rumah dan sering main, tapi saat di sekolah kamu selalu serius. Namun karena masalah penglihatan ataupun pendengaran, terkadang kita kurang begitu mengerti apa yang sedang di jelaskan oleh guru kita di sekolah.

Maka dari itu usahakan duduklah di bangku paling depan, dengan begitu pelajaran yang dijelaskan oleh guru akan lebih mudah kamu mengerti. Murid-murid yang duduk di bangku depan biasanya pintar-pintar semua, itu karena pandangan dan pendengaran mereka lebih baik dari kita yang duduk di belakang.


5. Dekati wali kelas kalian

Setiap kelas mempunyai guru yang disebut dengan guru wali kelas. Nah, guru wali kelas inilah yang perlu kalian dekati. Kenapa? Karena jika guru sudah mengenal kalian maka sudah pasti dia akan sayang dengan kalian, dia akan ingat dan juga tau dengan kalian asalkan kalian orangnya baik.

Saat nilai ujian kita buruk, suatu saat bukan tidak mungkin guru akan mempertimbangkan diri kamu supaya kamu bisa naik kelas, meskipun padahal pada saat itu seharusnya kamu tinggal kelas.

Maka dari itu kita harus lebih dekat dengan guru, terutama guru wali kelas. Baik disekolah maupun di luar sekolah. Caranya harus ramah, dan banyak bertanya pada guru tersebut tentang pelajaran ataupun tentang hal-hal yang baik lainnya.


6. Aktif di kegiatan sosial lainnya

Tidak harus pintar seperti lainnya, kamu bisa menarik perhatian guru dan mendapatkan nilai lebih dari kegiatan sosial lainnya di sekolah. Misalnya saja kamu hebat dalam olahraga sehingga kamu patut mendapatkan prestasi di bidang olahraga. Ini bisa membuat guru kagum dan bangga kepadamu karena mengharumkan nama sekolah mereka dari segi lainnya.

Begitupun dengan kegiatan sosial lainnya misalnya seperti harus aktif di bidang seni musik, tarian ataupun kerja bakti seperti kegiatan pramuka. Jika kamu ada bakat dalam salah satu kegiatan sosial lainnya selain belajar ini, maka guru akan mengenalimu dan dianggap kamu punya prestasi lainnya yang bisa membuatmu naik kelas meskipun jarang belajar.


7. Kelakuan dan sikap harus baik

Guru tidak semata-mata menilai muridnya hanya dari kecerdasaan kita saja, karena percuma saja apabila kamu orang yang pintar tapi mempunyai kelakuan yang buruk. Guru lebih suka orang yang bodoh namun baik dari pada orang yang pintar tapi sikapnya tidak sopan.

Dengan berperilaku baik di sekolah, maka guru akan lebih sayang kepada kamu secara diam-diam. Karena guru pasti tau siapa murid-murid yang baik dan sopan. Dengan begitu rasa sayang guru ini bisa menjadi nilai pertimbangan saat kamu tidak naik kelas nantinya.


8. Selalu rutin mengerjakan tugas

Setiap PR (Pekerjaan Rumah) yang diberikan oleh guru itu wajib kamu selesaikan. Tidak mesti PR, karena terkadang guru sering menyuruh kita untuk menulis catatan ataupun menghafal. Semua tugas-tugas yang diberikan oleh guru ini harus kamu selesaikan jangan sampai tidak diselesaikan.

Guru mempunyai maksud sendiri dalam menilai muridnya, biasanya mereka akan melihat murid-murid mana yang patuh. Jika kamu patuh dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru maka guru tersebut akan memperhatikan kamu dan kamu akan sering mendapat nilai bagus, di saat akhir ujian nasional biasanya guru tersebut akan membantu nilai kamu jika buruk, dengan nilai-nilai selama ini yang sudah kamu kerjakan dengan rajin.


Demikanlah 8 cara supaya kamu naik kelas meskipun kamu jarang belajar dan bukan orang yang pintar-pintar amat disekolah. Asalkan 8 cara di atas ada di kamu, maka 80% kamu akan naik kelas, meskipun kamu orang yang bodoh sekalipun. Namun bukan berarti kamu tidak harus belajar, karena belajar tetap wajib, kalau tidak belajar bagaimana kamu bisa menjawab ujian nasional? ini cara untuk kamu yang punya keinginan lebih untuk naik kelas.

Selamat mencoba...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Cara Agar Naik Kelas Meskipun Jarang Belajar