8 Cara Terbaru

8 Cara Agar Uang Gajian Tidak Cepat Habis

Siapa sih yang tidak pernah gajian? Orang-orang yang memiliki pekerjaan sudah pasti akan menerima hak gajinya. Baik itu gaji perhari ataupun perbulannya, biasanya gaji yang di dapatkan ada yang berupa dalam bentuk persen maupun nominal yang sudah di tetapkan oleh manager masing-masing di tempat pekerjaannya.

Setiap orang yang gajian akan menerima uang hasil keringat mereka sendiri selama bekerja, uang yang kita terima ini biasanya di gunakan untuk membeli sesuatu ataupun untuk di tabung. Bagi sebagian orang gajian merupakan yang di tunggu-tunggu terutama jika di ambil setiap bulannya. Namun yang menjadi masalahnya adalah cara mengelolanya.

Tidak semua orang bisa mengelola gajian mereka sendiri. Secara tidak sadar kita terkadang tidak bisa mengontrol nafsu kita untuk membeli ini dan itu. Ada saja keinginan kita untuk membeli sesuatu saat gajian sudah tiba, sehingga hanya dalam beberapa hari uang gaji kita pun habis.

Hal ini paling sering di alami oleh orang-orang termasuk kita sendiri. Sehingga untuk menabung uang kita pun jarang sekali melakukannya. Nah, bagi anda yang suka sekali menghabiskan uang secara tidak sadar maka silahkan simak tips di bawah ini supaya uang kamu tidak cepat habis saat baru gajian, dan kamu juga bisa menabung uang secara konsisten.


Cara Agar Uang Gajian Tidak Cepat Habis


Berikut 8 Cara Agar Uang Gajian Tidak Cepat Habis :


1. Buat sebuah konsep

Mulai sekarang sebaiknya Anda membeli sebuah buku catatan kecil untuk menulis sebuah konsep yang berupa jumlah total pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda. Cobalah hitung berapa banyak uang yang habis setiap hari atau setiap bulannya.

Dan hitung pula berapa banyak sisa uang setiap hari dan setiap bulannya. Jangan sampai banyak pengeluaran dengan pemasukan. Sehingga nanti kamu kedepannya tidak bisa menabung dan tidak bisa membeli sesuatu yang berharga untuk masa depan kamu sendiri.

Maka dengan adanya konsep catatan ini untuk kedepannya kamu bisa lebih teliti lagi dan lebih hemat dalam mengelola keuangan kamu sendiri. Karena kalau tidak buat konsep seperti ini kita sering tidak sadar mengambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak berguna.


2. Impikan sesuatu yang besar

Dalam hidup kamu harus mempunya cita-cita untuk membeli sesuatu, kita tidak boleh hidup kosong atau hidup hanya untuk mencari makan saja. Sebab kalau seperti itu nanti kedepannya kita tidak akan maju-maju. Jadi kamu harus punya tujuan hidup untuk membeli sesuatu.

Contohnya ingin beli rumah sendiri, mobil sendiri ataupun sepeda motor sendiri. Kamu harus mempunyai keinginan seperti ini, kalau tidak kamu tidak akan pernah bisa menyimpan uang dan pasti uang gaji kamu akan di habiskan untuk hal-hal yang tidak perlu.


3. Niatkan untuk menikah

Apakah kamu masih lajang? Jika ia, cobalah menyimpan uang gaji kamu dengan niat untuk menikah. Meskipun saat ini kamu masih muda tapi tidak ada salahnya kamu mulai dari sekarang. Kamu harus sadar bahwa untuk meminang anak orang itu kita harus punya modal.

Setidaknya biaya nikah itu adalah biaya uang kita sendiri bukan di biayai oleh orang tua kita apalagi saudara. Jika kamu tidak mampu membiayai pernikahan kamu sendiri maka berarti kamu belum siap menikah. Ingat, nikah itu harus punya modal sendiri. Karena semua orang pasti menikah termasuk kamu, maka persiapkan diri dari sekarang.


4. Membeli emas

Agar uang gaji kamu tidak cepat habis maka ada baiknya uang yang kamu dapatkan dari hasil gaji kamu sulap menjadi sebuah emas. Mengapa harus emas? Karena emas ini adalah investasi masa depan untuk diri kamu sendiri.

Selain itu emas adalah benda berharga yang bisa dijual kembali jika di perlukan, yang menariknya adalah harga emas itu sendiri yang setiap saat tidak pernah turun. Jadi kamu tidak akn rugi, biasanya jika kita sudah membeli emas maka kita akan malas menjualnya lagi.


5. Bergaya dengan sederhana

Baik wanita maupun pria semuanya suka fashion, apalagi anak-anak muda. Fashion yang di maksud disini adalah gaya penampilan kamu seperti pakaian atau memakai perhiasan. Kamu tidak perlu ikut-ikutan trend, cukup bergaya sederhana saja asal rapi dan bersih.

Tidak perlu menghamburkan uang untuk selalu membeli baju baru, perhiasan baru, tas baru dan lain-lain semacamnya. Kenapa? Karena kamu harus bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian. Lebih baik berpenampilan sederhana tapi banyak tabungan. Lihat nanti kedepannya siapa yang akan lebih bahagia, kamu yang hemat atau mereka yang boros.


6. Keluar rumah saat perlu saja

Ada baiknya kamu tidak sering keluar rumah jika keadaan tidak perlu. Keluar rumah hanya sekedar untuk bersenang-senang tentu saja hanya akan menghabiskan uang kamu. Pasti ada saja hal yang kita beli di luar, apalagi jika kamu tipe orang yang suka shoping.

Lebih baik dirumah saja, membantu pekerjaan orang tua ataupun membereskan rumah. Keluarlah jika memang kamu sangat suntuk di rumah dan butuh liburan, atau ngumpul sama teman sesekali dan tidak berlebihan. Jangan buang-buang waktut untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya.


7. Wajib tabung uang walau sedikit

Setiap kamu gajian kamu wajib menabung uang meskipun sisa uang kamu hanya sedikit akibat sudah menggunakan sebelumnya untuk kebutuhan primer. Jadi berapapun sisa uang kamu maka tabunglah! Karena tabungan kamu inilah satu-satunya harapan kamu di masa depan.

Tidak ada orang yang bisa kaya tanpa menabung uang, logikanya orang kaya saja menabung uang apalagi kita yang cuma hidup sederhana. Namun biarpun nominalnya tidak banyak yang penting adalah menabung. Kamu tidak boleh menghabiskan uang gaji kamu semua, karena usaha apapun yang kamu lakukan akan sia-sia nantinya.


8. Hindari teman yang royal

Dalam hidup kita memang membutuhkan teman, tapi ingat sifat teman itu beda-beda. Kemampuan keuangannya pun masing-masing berbeda. Jangan setarakan kita dengan orang lain, jangan mengikuti gaya fashionnya. Kita harus sadar diri dengan kemampuan keuangan kita.

Selain itu kita tidak boleh iri pada mereka yang suka beli ini itu, karena itu akan mempengaruhi kita nantinya. Apalagi jika kamu punya teman yang suka berbelanja atau shoping, maka hindari sementara tipe teman seperti ini sebab pengaruhnya nanti ke kamu juga. Bertemanlah dengan orang yang sederhana dan hemat, karena sifat seperti ini lama-lama akan kamu ikuti.


Semoga berhasil...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Cara Agar Uang Gajian Tidak Cepat Habis